9 Pantangan Makan Kolesterol yang Wajib Anda Ketahui

Pantangan Makan Kolesterol – Kolesterol menjadi salah satu penyakit yang berbahaya bahkan dapat menyebabkan kematian. Bagi Anda yang terdiagnosis penyakit ini pasti memiliki berbagai pantangan baik dalam perilaku maupun makanan yang dikonsumsi. Penderitanya memiliki pantangan makan kolesterol yang wajib diperhatikan agar dapat menjaga kesehatan agar tetap stabil.

9 Pantangan Makan Kolesterol

Bagi Anda penderita kolesterol pastikan untuk mengkonsumsi makanan yang dapat membantu menurunkan kolesterol dengan baik. Adapun beberapa pantangan makan kolesterol yang perlu Anda ketahui agar tidak menyebabkan kolesterol bertambah adalah sebagai berikut.

1. Jeroan

Bagi masyarakat Indonesia, jeroan hati, ampela, usus, otak, jantung, dan lain sebagainya merupakan makanan favorit yang nikmat untuk dikonsumsi. Jeroan mengandung folat, vitamin B12, vitamin B, mineral, magnesium, selenium dan seng, zat besi, vitamin A, E, K, dan D yang baik bagi kesehatan tubuh.

Namun jeroan juga mengandung kalori, kolesterol, dan lemak yang dapat membahayakan tubuh terutama bagi penderita kolesterol. Karena kolesterol jahat akan selalu menumpuk dan dapat membahayakan orang yang memiliki kolesterol dalam jumlah yang banyak.

Dalam setiap 100 gram hati sapi terdapat 165 kalori, 365 kolesterol dan 4, 73 gram lemak. Sedangkan pada 100 gram hati ayam mengandung 116 kalori, 345 mg kolesterol, dan 4, 83 gram lemak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam jumlah yang sama, hati ayam atau jeroan ayam mengandung lemak yang lebih besar dibandingkan dengan hati sapi atau jeroan sapi.

2. Telur Ayam

Telur ayam memang menjadi santapan yang dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari. Namun apabila Anda memiliki penyakit kolesterol segera ubah pola makan Anda karena salah satu pantangannya adalah tidak memakan telur ayam. Hal ini karena telur ayam mengandung 164 miligram kolesterol dan mengandung kolesterol kurang lebih 242 miligram.

Kandungan kolesterol tersebut belum termasuk ketika telur diolah dengan minyak atau dengan cara digoreng. Jumlah kolesterol yang terdapat di dalamnya akan bertambah dan dapat menyebabkan dampak yang buruk bagi kesehatan. Oleh karena itu bagi penderita diabetes alangkah baiknya untuk disiplin melakukan pantangan untuk tidak mengkonsumsi telur ayam.

3. Makanan Cepat Saji

Pantangan makan kolesterol berikutnya adalah segala macam makanan cepat saji. Makanan cepat saji sering dipilih sebagai makanan yang efisien dikonsumsi dalam berbagai situasi. Selain cepat, makanan cepat saji juga memiliki rasa yang nikmat. Namun kandungan kolesterol dan lemak yang terkandung di dalamnya sangat tinggi akibat proses pengolahannya.

Makanan cepat saji seperti ayam goreng, kentang goreng, burger, dan lain sebagainya diolah dengan cara digoreng dan dapat meningkatkan kadar lemak dan kolesterol yang di dalamnya. Bagi penderita kolesterol, tentu makanan cepat saji ini merupakan pantangan yang harus dihindari agar tubuh tetap sehat.

Baca Juga: Punya Batu Ginjal? Waspada, Ini 6 Pantangan Makanan untuk Batu Ginjal!  

4. Gorengan

Tidak hanya dikonsumsi sebagai cemilan, gorengan terkadang juga dikonsumsi sebagai lauk atau makanan sehari-hari. Gorengan yang terdiri dari bakwan, martabak telur, ayam goreng, tahu dan tempe yang digoreng berkali-kali dengan minyak yang sama memang nikmat. Namun kandungan kolesterol dan lemak yang ada di dalamnya sangat tinggi sehingga bahaya untuk dikonsumsi.

Bagi Anda yang membeli gorengan di tempat yang tidak diketahui proses penggorengannya tentu harus waspada. Karena gorengan yang digoreng dengan minyak jelantah yang telah berwarna hitam akan membahayakan tubuh. Terlebih ketika Anda mengalami penyakit kolesterol maka akan membahayakan kesehatan Anda pada saat itu. Sehingga gorengan menjadi salah satu pantangan makan kolesterol.

5. Lemak Trans

Lemak trans adalah minyak yang telah dipadatkan. Lemak trans biasanya terdapat pada margarin atau minyak kelapa. Makanan yang diproses menggunakan kedua hal yang mengandung lemak trans tersebut akan secara otomatis menjadi pantangan bagi Anda yang memiliki penyakit kolesterol. Namun Anda masih bisa mencari margarin yang mengandung bebas lemak trans.

Berbagai makanan seperti fast food, junk food, dan lain sebagainya juga mengandung lemak trans yang harus dihindari bagi penderita kolesterol. Oleh karena itu Anda harus memperhatikan kandungan yang terdapat pada makanan yang akan dikonsumsi. Hal ini dapat membantu Anda menjaga kesehatan dan dapat beraktivitas seperti biasanya.

6. Lemak Jenuh

Biasanya makanan yang mengandung lemak jenuh adalah daging kemasan seperti sosis dan kornet, santan kelapa, minyak palm, dan mentega yang mengandung kolesterol yang tinggi. Bagi Anda yang telah mengetahui bahwa kandungan makanan atau bahan produksi di atas mengandung lemak jenuh, segera tinggalkan saat ini juga karena kesehatan Anda lebih penting.

Sebaiknya ganti makanan dan bahan yang mengandung lemak jenuh yang tinggi dengan bahan yang mengandung lemak tidak jenuh. Contohnya Anda tidak perlu menggunakan minyak palm lagi untuk memproses lauk, kini Anda dapat mengolah bahan makanan menggunakan minyak zaitun yang 100% aman untuk dikonsumsi penderita kolesterol.

6. Udang

Makanan laut juga tak luput dari kolesterol yang tinggi akibat dari pengolahannya. Dibandingkan dengan olahan laut lain seperti cumi dan ikan, udang mengandung kadar kolesterol yang tinggi dari tubuhnya. Oleh karena itu udang termasuk dalam salah satu pantangan makan penderita kolesterol karena dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Bagi Anda yang memang ingin mengkonsumsi udang namun hanya sesekali, pastikan untuk mengkonsumsi nutrisi lain seperti sayur dan buah agar dapat menjadi penyeimbang nutrisi tubuh Anda. jika udang mengandung lemak dan kolesterol tinggi, buah dan sayur akan menjadi penyeimbang sehingga dapat menetralisir kolesterol yang masuk pada tubuh Anda.

7. Produk Susu

Susu mengandung lemak jenuh yang tentunya dapat berdampak buruk bagi penderita kolesterol. Lemak jenuh yang terdapat pada berbagai produk susu adalah asam miristat dan asam laurat yang berpotensi meningkatkan kolesterol jahat. Jika ingin mengkonsumsi susu, pilih produk susu yang bebas lemak atau hasil fermentasi seperti yogurt yang aman bagi penderita diabetes.

Salah satu produk yang tinggi kolesterol dan wajib dihindari adalah keju. Keju mengandung 95 miligram kolesterol dalam setiap 100 gramnya. Pastikan untuk menjaga tubuh dan kesehatan Anda untuk tidak mengkonsumsi produk olahan susu karena akan berdampak buruk bagi tubuh Anda.

8. Daging Olahan

Daging memang sangat nikmat diolah menjadi berbagai masakan yang nikmat. Beberapa hasil olahan daging seperti ham, daging koernet, sosis, dan lain sebagainya jika diolah akan mengandung kolesterol tinggi yang dapat berdampak pada penyakit lain seperti kanker dan jantung. Daging olahan adalah daging yang telah diproses dengan diawetkan agar tahan lama.

9. Makanan Manis

Makanan manis memang nikmat setelah mengkonsumsi berbagai makanan yang gurih. Sayangnya makanan manis ini mengandung kolesterol yang tinggi. makanan manis seperti kue, es krim, serta camilan manis lainnya mengandung kalori, lemak jahat, kolesterol, dan gula yang berbahaya pada tubuh. Kandungan di dalamnya juga dapat berdampak pada penyakit jantung, kanker, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 13 Pantangan Makanan Darah Tinggi yang Wajib Anda Hindari!

Penjelasan tentang 9 pantangan makan kolesterol di atas dapat menjadi salah satu pedoman bagi Anda untuk menjaga kesehatan agar tetap stabil. Makanan yang mengandung kolesterol dan lemak sangat banyak ditemukan di berbagai makanan. Oleh karena itu pastikan untuk mengkonsumsi makanan sehat dengan mengolahnya menggunakan kukusan dan lain sebagainya.

About Alvindayu

Check Also

9 Penyebab Telapak Tangan Bengkak dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

9 Penyebab Telapak Tangan Bengkak dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

Penyebab telapak tangan bengkak sering disebabkan oleh banyak faktor, beberapa diantaranya karena faktor peradangan, penumpukan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *