8 Pantangan Makan Kelenjar Getah Bening Ini, Wajib Anda Ketahui

Pantangan Makan Kelenjar Getah Bening – Makanan memang bukan faktor utama penyebab penyakit kelenjar getah bening ini hinggap di tubuh sesorang. Namun, bukan berarti penderita tidak memiliki pantangan makanan, karena sejatinya, pantangan makan kelenjar getah bening ini untuk menghindari kondisi penderita agar tidak semakin buruk pun menghindari penyakit ini hinggap di tubuh Anda.

Lantas apa saja makanan yang harus dihindari oleh penderita pembengkakkan kelenjar getah bening ini? Sebelum masuk membahas makanan apa saja, Anda terlebih dahulu harus paham mengenai pembengakakkan kelenjar getah bening ini.

Penyakit Pembengkakkan Kelenjar Getah Bening

Penyakit pembengkakkan Kelenjar Getah bening, tentu sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Cukup banyaknya artis Indonesia yang terkena penyakit ini, akhirnya menuntut kita untuk paham mengenai penyakit pembengkakkan kelenjar getah bening.

Kelenjar limfe atau kelenjar getah bening merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh yang membantu tubuh untuk menghalau virus atau bakteri. Selain itu kelenjar getah bening ini juga menyediakan sel darah putih untuk melawan virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh Anda.

Nah, pembengkakkan kelenjar getah bening biasa terjadi karena ada infeksi atau penyakit lain yang menyerang jaringan di dekatnya. Pembengkakkan ini sering terjadi di leher, ketiak, bawah rahang, belakang telinga, bahkan di area selangkangan.

Untuk menghindari pembengkakan kelenjar getah bening, Anda harus menghindari beberapa pantangan makan kelenjar getah bening di bawah ini. Apa saja? Simak baik-baik.

Pantangan Makan Kelenjar Getah Bening

Ada beberapa kasus yang memang jarang terjadi, pembengkakan kelenjar getah bening ini juga bisa disebabkan oleh kanker limfoma. Jika pembengkakkan ini terlanjur terjadi, maka Anda perlu mengurangi bahkan menghindari konsumsi beberapa jenis makanan tertentu.

Berikut beberapa pantangan makan kelenjar getah bening jika Anda menderita pembengkakkan kelenjar getah bening.

Baca Juga: 13 Pantangan Makanan Darah Tinggi yang Wajib Anda Hindari!

1. Daging Berlemak

Pantangan makan kelenjar getah bening yang pertama yakni daging berlemak. Sebenarnya konsmsi daging berlemak secara berlebihan juga tidak dianjurkan untuk siapapun. Namun, jika Anda merupakan salah astu penderita yang mengalami pembengkakkan kelenjar getah bening, makanan ini harus Anda hindari. Merujuk dari Web MD, terlalu banyak mengonsumsi daging berlemak dapat meningkatkan risiko kanker kelenjar getah bening.

2. Protein Hewani

Protein memang bagus untuk tubuh. Namun, jika Anda tengah terkena pembengkakkan kelenjar getah bening, Anda harus menghindari segala jenis protein hewani. Protein yang dimaksud adalah segala jenis daging, susu, dan telur. Mengapa ini harus dihindari? Karena protein hewani ini mengandung banyak lemak jenuh dan jika terlalu banyak mengonsumsi protein hewani ini, dapat meningkatkan resiko kanker limfoma.

3. Makanan Cepat Saji

Siapa yang tidak suka dengan makanan cepat saji? Selain cepat, tidak ribet, rasanya yang sangat memanjakan lidah, harganya pun cukup murah. Namun, siapa sangka, makanan ini menjadi salah satu pantangan makan kelenjar getah bening.

Anda tentu tahu, makanan cepat saji memang kurang sehat untuk dikonsumsi sebagai asupan harian, karena dengan terlalu banyak dan sering mengonsumsi makanan cepat saji akan memengaruhi sistem kerja imun tubuh. Buruknya kandungan yang ada di makanan cepat saji membuat sistem imun selalu waspada, hingga berpotensi membuat kelenjar getah bening selalu bengkak.

4. Makanan yang Mengandung MSG

MSG mungkin memang penyedap rasa yang bisa membuat makanan yang Anda makan menjadi terasa lebih enak. Namun, MSG juga berbahaya bagi tubuh jika Anda mengonsumsinya secara berlebihan. Di masyarakat kita pun kini telah gencar mendemokan untuk mengurangi konsumsi MSG.

Bagi penderita pembengkakkan kelenjar getah bening, MGS harus dihindari. Penyedap rasa yang ini jika berlebihan dicampurkan dalam makanan,  dapat mengubah kinerja kelenjar timus dan limpa. Timus dan limpa merupakan bagian pembentuk limfosit. Limfosit adalah sel darah putih yang memerangi virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

5. Alkohol, Kafein, dan Nikotin

Apakah Anda suka mengonsumsi Alkohol? Atau minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh? Apakah Anda juga seorang perokok? Mulai sekarang coba hindari ketiga jenis makanan pun minuman yang mengandung zat alkohol, kafein, dan nikotin.

Kenapa? Bagi Anda yang menderita pembengkakkan kelenjar getah bening, jelas ini sangat berbahaya, karena zat-zat tersebut dapat menstimulasi kinerja sistem limpa. Membuat limpa bekerja lebih keras sehingga menyebabkan terjadinya pembengkakkan kelenjar getah bening. Tentu Anda tidak mau ‘kan? Mulai sekarang hindari.

6. Makanan yang Dibakar

Pantangan makan kelenjar getah bening selanjutnya adalah makanan yang dibakar. Jika Anda menyukai makan-makanan yang dibakar seperi ayam bakar, ikan, dan sebagainya, sekarang coba kurangi atau bahkan hindari. Makanan yang dibakar mengandung zat Karsinogen, zat yang dapat memicu tumbuhnya kanker dalam tubuh. Jadi, Anda harus menghindarinya.

7. Makanan yang Mengandung Gula Berlebih

Selain penderita diabetes, ternyata penderita pembengkakkan kelenjar getah bening juga diharapkan tidak mengonsumsi makanan yang mengandung gula berlebih. Konsumsi gula berlebih dapat memicu pembengkakkan pada kelenjar limfoma. Maka dari itu, sebisa mungkin Anda mengurangi konsumsi gula.  Mengurangi konsumsi gula, dapat menurunkan perkembangan pembengkakkan yang terjadi pada kelenjar getah bening dan meminimalisasi resiko komplikasi yang mungkin bisa terjadi.

8. Anggur

Buah anggur juga disarankan untuk tidak Anda konsumsi selama menjalani pengobatan limfoma. Kenapa? Karena Anggur, buah delima dan beri-berian dapat mengganggu penyerapan obat kanker oleh tubuh. Jadi, Anda harus menghindarinya agar obat yang Anda konsumsi bisa bekerja dengan baik.

Itulah beberapa pantangan makan kelenjar getah bening yang sebaiknya dihindari. Melansir dari Lymphoma Action, ada beberapa kandungan nutrisi yang perlu dipenuhi bagi Anda pengidap penyakit pembengkakkan kelenjar getah bening, seperti karbohidrat, protein nabati, vitamin, dan juga serat.

Baca Juga: Punya Batu Ginjal? Waspada, Ini 6 Pantangan Makanan untuk Batu Ginjal!  

Pembengkakkan kelenjar getah bening tidak dapat dicegah sepenuhnya. Akan tetapi, resiko infeksi kelenjar limfoma ini dapat Anda turunkan jika Anda menjalani pola hidup sehat, seperti berolahraga teratur, mengonsumsi banyak makanan bergizi dan berserat, menjaga berat badan ideal, istirahat yang cukup, tidak merokok, hindari alkohol, dan kurangi konsumsi minuman yang mengandung kafein, terutama kopi.

Pembengkakkan kelenjar getah bening ringan biasanya dapat sembuh dengan sendirinya. Pembengkakkan kelenjar getah bening ringan contohnya pilek atau demam kelenjar. Untuk pembengkakkan yang ini, Anda hanya perlu beristirahat dan minum banyak cairan. Rasa nyeri yang timbul akibat pilek dan demam dapat diatasi dengan mengonsumsi obat-obatan pereda rasa sakit, seperti ibuprofen atau parasetamol.

Lakukan perawatan untuk penyakit kelenjar getah bening yang Anda alami sekiranya serius dan bahkan bisa mengancam nyawa. Perbanyak mengonsumsi sayuran dan buah serta penuhi kebutuhan cairan setiap harinya. Tetap hidup sehat dan makan makanan yang sehat. Hindari makanan di atas agar terhindar dari pembengkakkan kelenjar getah bening yang akan menimbulkan berbagai macam penyakit lain. Sekian, semoga bermanfaat!

About Alvindayu

Check Also

olahraga sehat penurun berat badan

Diet Dengan Mengatur pola Makan dan Melakukan 5 Olahraga Sehat Penurun Berat Badan

Diet Dengan Mengatur pola Makan dan Melakukan 5 Olahraga Sehat Penurun Berat Badan – diet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *