Ketahuilah 5 Anjuran dan 9 Pantangan Makan Cacar Air Ini Yuk!

Pantangan Makan Cacar Air – Penyakit cacar air seringkali menyerang anak – anak. Namun terkadang ada juga orang dewasa yang terkena cacar air, karena sistem kekebalan tubuhnya melemah. Oleh sebab itu bila Anda terkena penyakit cacar air, harus mematuhi berbagai macam anjuran dan pantangan yang sudah disarankan oleh dokter. Salah satunya anjuran dan pantangan makan cacar air. Adanya pantangan tersebut, bertujuan agar penyakit Anda tidak semakin parah.

Anjuran Makan saat Cacar Air

Ketika Anda menderita penyakit cacar air, maka harus mengkonsumsi makanan yang sangat dianjurkan oleh dokter. Hal ini bertujuan agar makanan tersebut tidak menimbulkan reaksi yang akan memperburuk kondisi Anda. Mulai dari rasa gatal pada luka, iritasi, hingga melepuhnya kulit. Oleh sebab itu, Anda wajib mengkonsumsi beberapa makanan yang bukan menjadi pantangan makan cacar air.

1. Kacang Hijau

Kacang hijau sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh Anda yang menderita cacar air. Hal ini karena di dalam kacang hijau mengandung mineral, protein, dan juga vitamin B. Dengan mengkonsumsi kacang hijau ini, akan memudahkan proses pembentukan sel baru dalam tubuh. Oleh sebab itu Anda harus banyak mengkonsumsi kacang hijau, agar penyakit cacar air segera sembuh.

2. Oatmeal

Oatmeal wajib Anda konsumsi sebagai pengganti nasi. Hal ini karena di dalam oatmeal mengandung mineral dan juga serat yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan begitu Anda bisa melawan virus varicella zoster, agar cepat sembuh dari penyakit cacar air tersebut.

3. Buah Alpukat

Buah alpukat sangat baik untuk Anda penderita penyakit cacar air. Dengan mengkonsumsi buah alpukat, Anda bisa segera sembuh dari penyakit tersebut. Hal ini karena di dalam buah alpukat mengandung vitamin B1, vitamin c, dan vitamin b6. Oleh sebab itu, Anda wajib memperbanyak konsumsi buah alpukat setiap hari.

4. Ubi Jalar

Ubi jalar sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita cacar air. Hal ini karena ubi jalar mengandung protein, mineral, dan vitamin. Kandungan tersebut sangat ampuh digunakan untuk meningkatkan trombosit pada penderita cacar air. Dengan begitu, Anda bisa segera sembuh dari penyakit cacar air Anda.

5. Jahe

Jahe sangat ampuh dalam meminimalisir perkembangan virus varicella zoster pada tubuh. Hal ini karena jahe memiliki kandungan antibakteri dan antioksidan yang sangat baik untuk Anda penderita cacar air. Tidak hanya itu, di dalam jahe ternyata memiliki kandungan antimikroba yang dapat menyembuhkan infeksi cacar air.

Pantangan Makan Cacar Air

Penyakit cacar air disebabkan oleh virus varicella zoster, yang menyebar di udara. Bila virus tersebut mengenai tubuh Anda yang memiliki imun lemah, maka secara langsung Anda bisa terkena cacar air. Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui pantangan makan cacar air, yang wajib dihindari. Dengan begitu, Anda segera sembuh dari penyakit yang menyiksa ini.

1. Makanan mengandung Lemak Jenuh

Makanan yang mengandung lemak jenuh, wajib Anda dihindari. Hal ini karena makanan tersebut dapat membuat peradangan pada tubuh Anda meningkat. Bila Anda nekat mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, maka akan membuat ruam di tubuh Anda semakin parah. Bahkan proses penyembuhan penyakit cacar air Anda, akan semakin lama. Makanan yang mengandung lemak jenuh berupa susu full cream dan juga daging.

2. Makanan Asam

Pantangan makan cacar air

Pantangan Makan Cacar Air
Pantangan Makan Cacar Air

yang wajib dihindari bagi penderita cacar air adalah makanan asam. Makanan asam tersebut berupa jeruk. Hal ini karena jeruk dapat membuat peradangan di mulut dan tenggorokan Anda menjadi iritasi. Bahkan bisa membuat peradangan tersebut menjadi lebih parah dari semula. Selain jeruk, Anda juga wajib menghindari minuman kemasan yang mengandung asam sitrat. Tujuannya agar kondisi cacar air Anda tidak semakin buruk.

3. Makanan Asin

Makanan asin harus Anda hindari, selama penyakit cacar air Anda masih belum sembuh. Hal ini karena makanan asin dapat meningkatkan rasa gatal layaknya terbakar. Sehingga akan meninggalkan bekas luka yang sulit hilang, di kemudian hari. Oleh sebab itu, jangan pernah Anda melanggar pantangan makan cacar air yang sudah ditetapkan oleh dokter. Itu semua dilakukan agar penyakit Anda segera sembuh.

4. Makanan Pedas

Makanan pedas sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita cacar air. Hal ini karena makanan tersebut akan menimbulkan kesan panas pada bagian pencernaan Anda. Tidak hanya itu, makanan pedas akan memperparah peradangan yang terjadi di tenggorokan dan juga mulut Anda. Makanan pedas yang harus dihindari antara lain cabai, sambal, saos, dan juga camilan ringan.

5. Makanan Sumber Arginin

Makanan sumber arignin merupakan protein yang dapat memudahkan proses replikasi virus varicella zoster. Sehingga makanan tersebut sangat dilarang untuk dikonsumsi oleh penderita cacar air. Hal ini karena makanan arginin, mengandung asam amino yang bisa membuat virus varicella zoster lebih mudah berkembang biak. Alhasil penyakit cacar air Anda akan semakin parah dan susah untuk sembuh. Makanan ariginin berupa kismi, kacang tanah, dan coklat.

6. Buah Nanas

Buah nanas memiliki kandungan vitamin yang cukup tinggi. Oleh sebab itu bagi Anda penderita cacar air, dilarang mengkonsumsi buah ini walau hanya satu iris saja. Hal ini karena buah nanas dapat menyebabkan iritasi pada luka cacar Anda. Tidak hanya itu, buah nanas juga dapat membuat rasa gatal pada cacar air semakin meningkat. Sehingga bila Anda nekat mengkonsumsi buah ini, sudah dapat dipastikan bila luka cacar air Anda menjadi melepuh.

7. Daging Merah

Daging merah harus dihindari selama Anda menderita penyakit cacar air. Hal ini karena di dalam daging merah mengandung arginine yang dapat meningkatkan suhu tubuh Anda. Kondisi tersebut malah akan membuat penyakit cacar air Anda semakin parah. Oleh sebab itu bila Anda sudah terlanjur mengkonsumsi daging merah, segera konsultasikan kepada dokter kulit. Dengan begitu, penyakit cacar air Anda tidak semakin parah.

8. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji harus dihindari oleh Anda penderita penyakit cacar air. Hal ini karena makanan tersebut akan membuat rasa gatal pada cacar air semakin parah. Oleh sebab itu Anda harus menghindari makanan cepat saji terlebih dahulu, sampai penyakit cacar Anda sembuh.

9. Makanan dari Bahan Susu

Makanan dari bahan susu, harus Anda hindari selama Anda masih terkena cacar air. Mulai dari yogurt, es krim, mentega, hingga keju. Hal ini karena makanan yang berbahan susu, akan membuat kulit Anda menjadi berminyak. Alhasil kondisi cacar air Anda akan semakin parah. Padahal selama Anda menderita cacar air, tidak boleh bersentuhan dengan air. Bila kulit Anda berminyak, pastinya Anda ingin mandi untuk membersihkan badan.

Ada banyak anjuran dan pantangan makan cacar air yang bisa Anda terapkan setiap hari. Hal ini bertujuan agar Anda segera sembuh dari penyakit cacar air tersebut. Dengan begitu Anda dapat kembali beraktivitas kembali, tanpa merasakan gatal akibat cacar air tersebut.

About Alvindayu

Check Also

cara menghilangkan rasa cemas

13 Cara Menghilangkan Rasa Cemas yang Paling Efektif, Sudah Tahu?

sumbersehat.com – Cara menghilangkan rasa cemas merupakan hal yang bisa dilakukan ketika rasa cemas menyerang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *