Simak Yuk Ini Dia 11 Pantangan Makan Asam Lambung

Pantangan Makan Asam Lambung – Dalam dunia kesehatan semua penderita maag dilarang untuk sembarangan dalam mengonsumsi makanan atau minuman apabila tidak ingin asam lambung naik. Oleh karena itu, ada beberapa pantangan makan asam lambung yang benar-benar harus dipatuhi. Apa saja? Simak penjelasan ini dari awal hingga akhir ya.

Maag terjadi karena pola makan yang tidak teratur, entah itu ditunda atau yang lainnya. Perut akan terasa sakit sebagai salah satu tanda bahwa asam lambung sudah naik. Berikut ini daftar pantangan yang perlu Anda tahu, sehingga kesehatan tetap terjaga.

11 Pantangan Makan Asam Lambung

1. Minuman dan Makanan Berlemak Tinggi

Iya, memang lemak dibutuhkan oleh tubuh dalam kondisi tertentu. Tapi apabila terlalu tinggi dengan porsi yang cukup banyak maka akan memicu munculnya gejala maag. Pada waktu itu otot katup kerongkongan melemah. Sehingga mudah terbuka dan asam lambung akan naik ke kerongkongan.

Kalau sudah seperti ini, biasanya si penderita akan mengalami nyeri seperti dada terbakar. Selain itu, makanan dan minuman yang berlemak akan lebih susah untuk dicerna. Sehingga produksi asam lambung akan berlebih. Anda harus menghindari :

  • Susu berlemak tinggi
  • Daging sapi, domba atau kambing
  • Gorengan
  • Es krim, kue atau yang lainnya

2. Makanan yang Digoreng

Tidak bisa dipungkiri bahwa semua makanan yang digoreng itu sangatlah lezat dan membuat ketagihan. Namun sayangnya, hal ini menjadi pantangan bagi siapapun yang menderita penyakit maag agar asam lambung tidka naik.

3. Kopi

Anda pasti sudah pernah mendengar kan? bahwa siapapun yang menderita penyakit maag dilarang untuk terlalu sering mengonsumsi kopi. Mengapa? Karena kopi mengandung kafein yang mampu melemahkan otot katup kerongokan. Sehingga asam lambung lebih leluasa naik sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman.

4. Cokelat

Wah siapa sih yang tidak suka cokelat? Semua orang pasti menyukainya. Namun, terkhusus bagi penderita maag, konsumsi cokelat harus dibatasi ya. karena di dalamnya mengandung kafein serta stimulan lainnya seperti theobromine sebagai penyebab meningkatnya asam lambung.

Selain itu juga ada methylxanthine yang dipercaya mampu melemahkan kekuatan otot katup. Cokelat juga terkenal sebagai makanan berlemak, sehingga tidak boleh sering-sering dikonsumsi ya.

5. Alkohol

Masih satu rumpun dengan kopi, jenis alkohol atau minuman keras lainnya sangat berkontribusi terhadap penyakit maag. Pertama karena alkohol mampu meningkatkan jumla produksi asam lambung. Dibuktikan dengan penelitian yang sudah dilakukan oleh University Science B.

Juga tidak baik untuk organ tubuh yang lain. Karena akan menimbulkan penyakit berbahaya di kemudian hari. Memang sebulan atau dua bulan tidak akan terlihat. Tapi dampaknya di hari tua. Bagaimana sampai sini paham kan?

6. Makanan yang Pedas

Kalau makanan pedas, sebenarnya tidak hanya menjadi pantangan bagi orang yang menderita maag saja tetapi juga semua orang. Karena bisa mengakibatkan sakit perut. Cabe memiliki kandungan capsaicin yang mampu memperlembat sistem kerja pencernaan, yang apabila dikonsumsi oleh penderita maag maka bisa memperburuk keadaannya.

Semakin lama sebuah makanan berada di sistem pencernaan maka semakin meningkat pula risiko naiknya asam lambung. Akibatnya akan membutuhkan waktu dan perawatan yang ekstra untuk mengembalikannya seperti semula. Belum lagi ancaman iritasi pada lapisan kerongkongan. Pasti Anda tidak ingin hal ini terjadi kan?

7. Soda

Minuman soda tak hanya membuat perut terasa kembing tapi juga memicu naiknya asam lambung karena termasuk dalam kategori minuman berkarbonasi. Otot katup kerongkongan bagian bawah melemah. Sehingga pantang bagi Anda yang menderita penyakit maag ya.

8. Makanan Asin

Hampir sama dengan makanan pedas, penderita asam lambung juga tidak boleh mengonsumsi makanan asin. Apalagi jika dikombinasikan dengan makanan berlemak seperti gorengan dan lainnya. Oleh karena itu, jaga kadar rasa makanan Anda demi kestabilan asam lambung.

9. Buah Citrus

Jika Anda bertanya apa saja yang termasuk ke dalam buah citrus. Jawabannya adalah jeruk biasa, nipis, bali hingga lemon. Jika Anda mendengar batuk akan mereda jika mengonsumsi jeruk nipis ini memang benar. Tapi di sisi lain mampu memicu naiknya asam lambung.

Hal ini bukan tanpa alasan, sudah dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan di Korea. Bahwasanya ada sekitar 382 orang sering mengeluhkan rasa terbakar di dada, sebanyak 67% nya semakin parah setelah mengonsumsi buah citrus. Jadi, lebih aman jangan terlalu banyak dan ganti konsumsi dengan buah yang lain ya.

10. Tomat

Selain citrus, tomat juga masuk ke dalam pantangan makan asam lambung. Karena mengandung asam malat dan sitrat yang membuat asam lambung menjadi naik. Apabila dikonsumsi dalam kadar yang wajar maka tidak masalah. Tapi jika berlebihan tidak hanya lambung saja tetapi juga sistem pencernaan yang lain.

11. Bawang

Semua bentuk bawang baik merah, putih atau bombay jika dikonsumsi berlebihan maka otot katup akan melemah dan asam lambung menjadi naik. Salah satu cirinya adalah sering sendawa. Pasti sangat mengganggu kan?

Sebenarnya, beberapa pantangan makan asam lambung di atas baik untuk dikonsumsi. Bukan berarti sama sekali tidak boleh dimakan ya. Hanya saja kadarnya tidak berlebihan. Hal ini sangat penting untuk dijaga agar Anda tetap lancar beraktivitas seperti biasanya tanpa gangguan sakit.

Baca Juga: 8 Makanan Sehat untuk Jantung dan Lambung, Bisa Anda Coba Konsumsi!

Pantangan Kebiasaan Makan Bagi Penderita Sakit Asam Lambung

Nah setelah mengetahui apa saja pantangan makan asam lambung, Anda juga harus memperhatikan kebiasaan apa saja sih yang harus dihindari bagi pera penderita maag?Pertama, Jangan Makan Dalam Porsi yang Amat Banyak Makan banyak memang menyenangkan dan melegakan.

Tapi tahukah Anda, hal ini bisa memicu peregangan yang memberikan tekanan cukup kuat di otot katup. Sehingga bisa terbuka secara tiba-tiba dan asam lambung naik. Disarankan untuk makan sedikit saja dengan intensitas yang sering. Dibandingkan banyak sekaligus.

Kedua, Jangan Makan Terlalu Dekat Dengan Waktu Tidur. Anda tidak diperbolehkan makan terlalu dekat dengan waktu tidur. Kenapa? Karena makanan tidak akan dapat dicerna dengan baik. Alih-aliih kenyang, ia akan kembali menuju kerongkongan dengan membawa serta asam lambung.

Usahakan memberikan jeda waktu 2-3 jam apabila ingin tidur. Dengan ini, makanan akan tercerna dengan baik. Hindari langsung berbaring setelah selesai makan. Lebih baik mencegah kan daripada mengobati? Karena apabila sudah akut maka akan sulit disembuhkan.

Jadi, sebelum semuanya semakin parah. Maka jagalah pola hidup sehat. Jangan sembarangan makan dan minum dan senantiasa olahraga yang teratur. Karena jika bukan diri sendiri yang menjaga lalu siapa lagi? Konsultasikan ke Dokter apabila Anda merasa tidak nyaman.

Jangan pernah membeli sembarang obat (khususnya yang dosisnya tinggi) ketika sakit. Karena justru akan membahayakan. Lebih baik, banyaklah konsumsi air minum dan yogurt secukupnya untuk membersihkan sistem pencernaan. Sekali lagi ingat ya, jaga pantangan makan asam lambung agar sehat selalu.

Baca Juga: Tidak Hanya Obat Asam Lambung, Terapkan Cara Ini Agar Lambung Tetap Aman

Sekarang sudah tahu kan apa saja pantangan makan asam lambung. Jadi, untuk kalian para penderita penyakit asam lambung, pastikan tidak mengkonsumsi beberapa daftar makanan yang sudah disebutkan diatas ya!

About Alvindayu

Check Also

penyakit kulit langka

10 Jenis Penyakit Kulit Langka yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya permasalahan kulit seperti jerawat, panu, ataupun gatal-gatal. Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *