10 Olahraga Untuk Menjaga Kesehatan Otot dan Tulang, Lakukan Yuk!

By

sumbersehat.com – Anda wajib tahu mengapa kita harus melakukan olahraga untuk menjaga kesehatan otot dan tulang. Bahkan, penelitian pun telah membuktikan efek serta peran penting olahraga terhadap kesehatan tulang. Tulang sebagai penopang bagi tubuh untuk melakukan segala aktivitas sehari-hari. Menjaga kesehatan tulang dan sendi, adalah tanggung jawab bagi setiap orang.

Olahraga sejak dini dapat membantu kepadatan, pertumbuhan, dan kekuatan tulang secara maksimal. Jika berolahraga secara teratur, kepadatan tulang mencapai 1-3% untuk usia 30-40 tahun. Anda pun akan terhindar dari kepadatan tulang berkurang di usia senja, depresi, dan mudah sakit. Ingin tahu apa saja dan pentingnya olahraga untuk menjaga kesehatan otot dan tulang? Simak ulasannya di bawah ini.

olahraga untuk menjaga kesehatan otot dan tulang

Pentingkah Menjaga Kesehatan Tulang dan Sendi?

Menjaga kesehatan tulang dan sendi, sudah seharusnya mulai dilakukan sejak masa pertumbuhan pada usia anak-anak, salah satunya dengan berolahraga. Mengapa olahraga dapat membuat tulang menjadi kuat? Anda perlu ketahui hal ini. Olahraga dapat memberikan tekanan pada tulang, sehingga memicu tulang untuk melepas jaringan lama membentuk struktur jaringan yang baru. 

Berolahraga dapat melancarkan metabolisme dan peredaran darah dengan membawa kalsium dan mineral untuk pembentukan tulang. Tekanan yang terjadi pada tulang ketika berolahraga akan merangsang osteoblas, yaitu sel yang diperlukan untuk pembentukan tulang baru. Baca juga 6 Penyebab Kelainan Otot Kaku Leher dan Tetanus, Ketahui Yuk!

Jika seorang remaja usia 21 tahun jarang berolahraga, kepadatan tulang akan rendah karena kurang aktif pada masa kanak-kanaknya. Sedangkan jika sudah dewasa, akan mudah terjatuh dan cedera bahkan terjadi pengeroposan tulang. Oleh karena itu, olahraga penting untuk menjaga kesehatan otot dan tulang. Anda pun tentunya harus melakukan olahraga untuk menjaga kesehatan otot dan tulang.

Berikut Ini Olahraga Untuk Menjaga Kesehatan Otot dan Tulang yang Tepat!

Anda ingin tahu apa saja olahraga untuk menjaga kesehatan otot dan tulang? Olahraga weight bearing sepertinya memang cocok untuk hal ini. Olahraga weight bearing cocok untuk menjaga  kesehatan tulang. Olahraga ini memiliki sifat melawan gravitasi, karena dilatih menanggung beban serta meningkatkan kekuatan dan keseimbangan otot. Berikut ini contoh olahraga weight bearing :

Latihan Beban

Melakukan latihan mengangkat beban dipercaya mampu membuat otot dan tulang bekerja keras guna meningkatkan kepadatan tulang. Latihan beban ini biasanya dilakukan dengan barbel, dumbel, dan kettlebell. Tak hanya melatih otot, latihan beban pun bisa membakar lemak. Lakukan latihan secara perlahan dan bertahap minimal seminggu 2 kali agar tulang menjadi kuat.

Berdansa

Untuk mendapatkan kekuatan dan kesehatan pada tulang dan otot, bisa mengandalkan seni tari, lho. Jenis-jenis dansa dari Latin seperti Tari Salsa dan Tari Tango dapat memberi tekanan yang cukup pada tulang dan kelenturan sendi.

Naik Turun Tangga

Siapa sangka, melakukan aktivitas fisik seperti naik turun tangga ternyata menjadi salah satu olahraga untuk menjaga kesehatan otot dan tulang. Aktivitas ini dapat menjadi cara efektif mengganti waktu olahraga yang terlewatkan. Anda bisa melakukannya saat berada di fasilitas umum, seperti jembatan, kantor, terminal atau stasiun, atau bisa juga dalam rumah Anda.

Aktivitas naik turun tangga dapat menguatkan otot-otot dalam tubuh. Saat naik tangga, seluruh tulang dan otot bergerak aktif. Semakin banyak bergerak, maka metabolisme tubuh meningkat sehingga membakar kalori dalam jumlah banyak. Melakukan aktivitas ini, dapat mencegah adanya pengeroposan tulang.

Lompat Tali

Olahraga untuk menjaga kesehatan otot dan tulang ini terbilang cukup mudah dan banyak sekali manfaatnya. Olahraga lompat tali atau skipping ini ternyata dapat menjaga kebugaran jantung dan pembuluh darah juga, lho. Olahraga ini mampu mengembangkan kekuatan otot secara maksimal dalam waktu pendek. Olahraga lompat tali mengandalkan kecepatan dalam bergerak.

Manfaat lompat tali ini sangat beragam dalam kesehatan, salah satunya dapat membentuk otot tubuh bagian atas dan bawah. Karena mengandalkan kecepatan, saat melakukan olahraga ini kerja jantung akan berpacu lebih cepat. Jika dilakukan secara rutin, akan menyehatkan jantung. Olahraga ini cocok untuk menurunkan berat badan, lakukan durasi selama 20 menit.

Taichi

Disaat usia senja, menjaga kepadatan tulang memang penting. Namun, perlu juga untuk melatih dan menjaga keseimbangan tubuh. Salah satu olahraga untuk menjaga kesehatan otot dan tulang yang cocok, dengan melakukan Taichi. Olahraga ini memiliki intensitas yang terfokus pada tubuh bagian bawah dan keseimbangan.

Pada mereka yang menderita osteoporosis, direkomendasikan untuk melakukan Taichi satu sampai tiga set berisi 5-8 kali pengulangan gerakan. Olahraga ini juga berguna membuat tubuh rileks layaknya bermeditasi. Gerakan dinamis dari olahraga ini seperti berjongkok, membungkuk dan menendang akan membuat jantung dan pembuluh darah lebih sehat.

Jogging

Jika bertanya olahraga apa yang mudah murah? Jogging pastilah jawabannya. Olahraga ini dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun yang Anda mau tanpa harus mengeluarkan uang sepeser pun. Lakukan aktivitas ini selama empat jam dalam seminggu mampu menurunkan risiko patah tulang dan pinggul sebesar 41 persen.

Hiking

Bagi siapapun yang menyukai dunia travelling, mendaki atau hiking menjadi salah satu prioritas utama. Ternyata, hiking pun dapat memberi manfaat bagi kesehatan, terutama untuk memberi kepadatan pada tulang. Selain untuk kesehatan, hiking pun menjadi sarana untuk melepaskan stres karena Anda bisa melihat pemandangan indah.

Olahraga Badminton

Olahraga untuk menjaga kesehatan otot dan tulang selanjutnya adalah olahraga bulu tangkis atau badminton. Olahraga ini memicu kekuatan dan kepadatan tulang, karena teknik yang diciptakan dari olahraga ini. Gerakan mengayunkan raket yang melibatkan lengan, pergelangan tangan, dan bahu mampu membuat tubuh lebih bergerak.

Olahraga Non Weight Bearing, Apa Sajakah Itu?

Masih ada banyak jenis olahraga untuk menjaga kesehatan otot dan tulang yang sangat bermanfaat sekali. Selain olahraga yang bertumpu pada berat tubuh atau weight bearing, ada juga olahraga non weight bearing. Olahraga non weight bearing merupakan kebalikan dari weight bearing, yaitu tidak bertumpu pada berat tubuh.

Ada dua macam olahraga non weight bearing, yaitu berenang dan bersepeda. Kedua olahraga ini mempunyai peran yang sama dalam menyehatkan dan menjaga kepadatan tulang. Hanya memiliki perbedaan dengan menggunakan media dalam olahraga tersebut.

Berenang

Berenang merupakan salah satu olahraga untuk menjaga kesehatan otot dan tulang. Aktivitas ini tidak bertumpu dengan gaya gravitasi bumi, karena menggunakan media air Ada banyak sekali manfaat dalam berenang, yaitu dapat membentuk otot, meningkatkan fungi paru-paru dan jantung. Ketika berenang, seluruh anggota badan bekerja, maka kepadatan tulang akan terjaga. Selain itu, berenang dipercaya mampu menambah tinggi dan mengurangi berat badan.

Bersepeda

Bersepeda merupakan aktivitas yang sangat bermanfaat juga menyenangkan untuk dilakukan. Selain untuk kesehatan tubuh, bersepeda dapat membuat hati nyaman karena bisa menikmati pemandangan sekitar. Bersepeda tiap 30 menit tiap pagi secara rutin dapat memberi dampak positif bagi tubuh.

Olahraga ini mampu menurunkan berat badan, karena dapat membakar kalori dalam tubuh. Namun, tergantung dengan lama durasi, jauh, dan berapa cepat melakukan bersepeda. Dapat meningkatkan kesehatan otak dan yang paling penting, dapat meminimalisir terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah.

Demikianlah uraian secara lengkap apa saja olahraga untuk menjaga kesehatan otot dan tulang yang mudah Anda aplikasikan. Tak hanya asupan nutrisi seperti vitamin, mineral, protein, dan lain-lain. Namun, aktvitas olahraga pun sangat diperlukan bagi tubuh. Dengan melakukan olahraga, kesehatan tulang dan otot akan lebih terjaga.

Tinggalkan komentar