9 Tips Olahraga Sehat untuk Diet dalam Mempercepat Penurunan Berat Badan

9 Tips Olahraga Sehat untuk Diet dalam Mempercepat Penurunan Berat Badan –, Bukan suatu yang aneh jika memperhatikan fakta bahwa sebagian besar wanita, pasti ingin mempunyai bentuk badan yang ideal dan proporsional. Bahkan sering kali, para wanita ini selalu memperhatikan kondisi berat badannya kapan pun dan di mana pun karena takut berat badan bertambah. Banyak dari para wanita tersebut, akhirnya memilih jalan dengan diet melalui berbagai macam metode yang ada.

Sayangnya untuk menurunkan berat badan tidaklah semudah membalikan telapak tangan, terlebih jika anda tidak diet dengan serius. Padahal untuk diet ini dibutuhkan waktu dan proses yang tidak sebentar, serta komitmen dalam menjalankannya. Apalagi banyak orang berangapan bahwa diet sulit dilakukan, lantaran ada banyak kasus rpogram diet gah dan berat badan tak kunjung turun. Alih alih turun, yang ada justru berat badan malah cenderung naik. Jika sudah begini, tentu anda harus segera menggunakan pilihan diet tepat yang sehat.

Ketahuilah bahwa ada banyak penyebab mengapa orang orang gagal melakukan diet. Salah satunya yaitu munculnya rasa malas berolahraga, serta malas menjaga pola makan. Tak heran, jika akhirnya berat badan anda stuck tidak bertambah ataupun berkurang. Sebenarnya cara untuk menjaga berat badan agar tidak naik dan tetap ideal tidaklah sulit jika anda tahu tipsnya. Misalnya saja dengan olahraga secara tepat untuk diet anda. Berikut ini ada beberapa tips melakukan olahraga sehat untuk diet dalam mempercepat penurunan berat badan.

olahraga sehat untuk diet
olahraga sehat untuk diet

Tips Olahraga Sehat untuk Diet dalam Menurunkan Berat Badan

Lakukan olahraga intensitas tinggi dengan selang waktu yang tepat

Dalam melakukan olahraga sehat untuk diet, Anda perlu melakukan latihan interval intensitas tinggi (high – intensity interval training/ HIIT). HIIT dipercaya mampu membakar kalori dengan lebih efektif dan perlu anda lakukan dengan berselang-seling. Maksudnya, anda perlu memberikan jeda antara istirahat dan olahraga intensitas tinggi. Karena melakukan tips olahraga dengan intensitas tinggi, berarti anda menggunakan energi sebanyak mungkin dalam waktu singkat saat olahraga.

Didampingi instruktur pribadi

Jika anda ingin hasil yang maksimal, Anda perlu untuk didampingi instruktur pribadi saat tengah menjalankan olahraga. Instruktur pribadi dapat memotivasi dan membantu Anda dalam memberikan jenis latihan dan gerakan yang tepat. Karena tidak semua jenis olahraga cocok dan tepat untuk dilakukan sebagai program diet, serta bagi orang dengan kondisi kesehatan tertentu. Instruktur juga akan membantu penurunan berat badan dengan cara yang tepat sesuai kebutuhan dan kemampuan Anda, sehingga bisa meminimalisir terjadinya kesalahan atau cedera.

Ajaklah kerabat atau sahabat

Agar Anda tidak malas untuk melakukan olahraga sehat untuk diet, ajaklah kerabat atau sahabat untuk melakukan olahraga bersama sama. Dengan kehadiran orang terdekat Anda, tentu aktifitas olahraga akan jadi lebih bersemangat dan anda pun dapat lebih termotivasi. Kondisi ini tentu akan sangat bermanfaat dalam memaksimalkan pencapaian target yang diinginkan dalam melakukan olahraga sehat untuk diet. Namun satu hal yang perlu diperhatikan, yaitu pilihlah kerabat atau sahabat yang benar-benar menyukai olahraga dan mampu memberikan dukungan pada anda. Jangan sampai kehadiran orang tersebut justru mengganggu dan membuat olahraga anda jadi kurang maksimal.

Fokus dan Konsentrasilah

Satu hal penting yang tak boleh anda lewatkan saat olahraga, yaitu pastikan anda konsentrasi dan fokus saat sedang melakukan latihan fisik. Dengan fokus dan konsentrasi, penurunan berat badan akan lebih optimal dan sesuai target yang anda harapkan sebelumnya. Seperti halnya ketika Anda menghabiskan waktu olahraga di rumah dengan push up, tetapi anda juga melakukan aktifitas lain misalnya nonton televisi. Tentu hasilnya tidak maksimal, begitu pula jika anda berolahraga diselingi dengan mengonsumsi cemilan atau pun minuman manis dengan kalori tinggi.

Olahraga secara disiplin dan konsisten

Apa pun jenis olahraga yang Anda lakukan, pastikan anda menjalankannya disertai dengan sikap disiplin dan selalu konsisten. Tanpa adanya kedua sika tersebut, akan sangat mustahil anda bisa menghasilkan penurunan berat badan yang maksimal melalui olahraga sehat untuk diet. Jadi jika ingin program diet anda berjalan cepat, sebaiknya lakukanlah olahraga secara rutin tiap atau minimal 3 kali dalam satu minggu.

Olahraga dengan durasi tepat

Apakah anda sudah terbiasa melakukan olahraga sebelumnya, atau justru jarang dan sama sekali tidak pernah berolahraga? Bagi Anda yang baru saja memulai olahraga, tentu akan lebih baik jika anda memulainya secara bertahap paling tidak dengan durasi 30 menit setiap hari. Jangan terlalu memaksakannya di awal, berbeda ketika anda sudah terbiasa. Jika begini Anda bisa mulai menaikkan durasi olahraga anda menjadi lebih lama, sehingga membiasakan diri untuk lebih mudah dalam melakukan olahraga.

Mulailah dari olahraga ringan

Selain harus melakukan olahraga dengan durasi waktu yang bertahap, anda juga harus memulai olahraga sehat untuk diet dari tingkatan ringan. Misalnya saja anda bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan jalan pagi, lari kecil di sekitar kompleks, atau pun sekedar pemanasan di awal latihan. Sebaiknya mulailah meningkatkannya jika sudah terbiasa, seperti dengan melanjutkan olahraga yang lebih berat seperti bersepeda, senam, futsal, basket, dan lain sebagainya. Dengan melakukan olahraga secara bertahap dari ringan hingga berat, tubuh akan lebih bisa beradaptasi dan akan bisa meminimalisir resiko terjadinya cidera.

Sesuaikan latihan dengan kemampuan

Pastikan anda melakukan latihan sesuai kemampuan, sebagai tips olahraga untuk diet selanjutnya. Ketahuilah bahwa sebaiknya-baiknya durasi olahraga yaitu yang sesuai dengan kemampuan dan kondisi kesehatan, serta jangan sampai memaksakan kemampuan hingga olahraga berlebihan. Contohnya seperti terus berolahraga saat tubuh benar-benar lemah dan hampir pingsan, yang justru akan memberikan resiko buruk terhadap kesehatan dan membuat anda rawan cedera.

Baca artikel lainnya disini

Mengatur pola makan

Di samping melakukan olahraga sehat untuk diet, anda juga perlu memperhatikan pola makan yang tepat. Jaga selalu pola makan anda dan berikan tubuh dengan asupan nutrisi yang cukup. Penuhi asupan yang dibutuhkan, seperti vitamin, mineral, protein dan nutrisi lain yang penting bagi kesehatan dan kinerja organ tubuh. Namun perhatikan supaya tidak berlebihan dalam mengonsumsi makanan, terlebih jenis makanan yang tidak sehat dan beresiko membuat penumpukan lemak pada tubuh.

Jika Anda menjalani diet yang tidak sehat seperti itu, alih-alih mendapatkan berat yang diinginkan justru anda akan beresiko mengalami banyak penyakit. Di antaranya seperti resiko penyakit diabetes, tekanan darah tinggi, kanker, kardiovaskular, dan juga terjadinya obesitas. Tentu anda tidak ingin mengalami berbagai resiko penyakit tersebut karena tidak memperhatikan aturan diet bukan?

Itulah tadi berbagai tips olahraga sehat untuk diet yang perlu anda perhatikan saat tengah menjalankan latihan maupun aktifitas fisik. Apstikan anda menerapkan tips di atas sebagai aturan dalam menjalani program diet, supaya hasilnya lebih efektif dan maksimal sesuai yang diharapkan.

About Aziza Linda Verra

Check Also

Diet Alami Sehat

10 Manfaat Menjalankan Program Diet Alami Sehat Tanpa Efek Samping

10 Manfaat Menjalankan Program Diet Alami Sehat Tanpa Efek Samping. Mempunyai tubuh ideal adalah hal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *