8 Tips Olahraga Sehat untuk Diet yang Menunjang Penurunan Berat Badan

8 Tips Olahraga Sehat untuk Diet yang Menunjang Penurunan Berat Badan – Apakah anda berniat untuk menurunkan berat badan, namun masih saja merasa bingung dalam memilih cara yang ampuh dan efektif? Ketahuilah bahwa sebenarnya ada banyak cara yang dapat dipraktekkan untuk menurunkan berat badan. Termasuk bagi anda yang ingin turun berat badan dengan cepat, salah satunya yaitu melakukan olahraga.

Sekarang ini olahraga menjadi solusi diet yang paling banyak digandrungi masyarakat, selain menjaga pola makan. Aktifitas olahraga yang dilakukan secara tepat, pastinya akan memaksimalkan pembakaran kalori dan lemak pada tubuh. Tetapi faktanya, sebagian orang justru tidak mendapatkan hasil sesuai yang diharapkan tersebut. Alih alih menjadi kurus, justru berat badan sama sekali tidak berkurang dan tubuh semakin lemas. Untuk mengatasi kondisi seperti ini, perhatikan tips olahraga untuk diet berikut.

olahraga sehat untuk diet
olahraga sehat untuk diet

Tips Olahraga Sehat untuk Diet yang Efektif Dilakukan

Lakukan pemanasan sebelum olahraga

Sebelum melakukan olahraga sehat untuk diet, sebaiknya lakukan pemanasan sebelum berolahraga untuk mempersiapkan tubuh. Anda bisa meluangkan waktu di awal olahraga kurang lebih 5 hingga 10 menit dengan gerakan yang tepat dan maksimal. Jangan sampai anda melakukan pemanasan dengan gerakan asal, demi mempersiapkan otot, denyut jantung, serta suhu tubuh selama latihan.

Fokuslah saat olahraga

Fokus saat sedang latihan fisik sangatlah penting, supaya hasil olahraga akan lebih optimal dan sesuai yang anda inginkan. Anda bisa mengalami penurunan berat badan dengan fokus pada satu jenis olahraga terlebih dahulu tanpa melakukannya bersamaan dengan olahraga lain. Misalnya saja melakukan treadmill yang dibarengi dengan menonton tv ditambah memakan cemilan. Aktifitas ini pastinya tidak akan efektif, terlebih jika anda lebih banyak melakukan aktifitas selingan dari pada olahraga.

Ketika anda ngemil saat olahraga sehat untuk diet, kalori yang sudah terbakar tentu akan sia sia dan tidak menunjang penurunan berat badan. Yang terjadi justru anda menambah kalori yang masuk, sehingga tubuh harus lebih keras dan berusaha lebih untuk membakar kalori. Maka dari itu, pastikan anda hanya fokus olahraga saat latihan dan tidak terpengaruh dengan aktifitas lainnya. Baik itu godaan untuk nonton, sedikit sedikit istirahat, ngemil, bermain handphone, dan lain sebagainya.

Berolahraga secara bertahap

Anda yang baru saja memulai olahraga atau tidak terbiasa melakukannya, hal ini juga harus diperhatikan. Ada baiknya bila anda memulainya secara bertahap dengan durasi yang semakin meningkat. Anda dapat berolahraga paling tidak dengan durasi 30 menit setiap harinya. Selain itu, lakukanlah latihan sesuai kemampuan dan jangan terlalu dipaksakan. Apabila anda sudah terbiasa, tentu anda akan mudah dalam melakukan olahraga sehat untuk diet, sehingga aktifitas ini bisa anda jadikan kebiasaan.

Olahraga dimulai dari yang ringan

Bukan hanya olahraga sehat untuk diet dengan durasi yang bertahap, tetapi anda juga harus bertahap dalam melakukan tingkatan dari yang ringan ke olahraga berat. Terlebih dulu anda bisa melakukan olahraga ringan yang meliputi jalan jalan pagi, lari kecil di sekitar kompleks, atau pun sekedar pemanasan. Setelah terbiasa, anda bisa kembali meningkatkannya dan melanjutkan dengan olahraga lebih berat seperti bersepeda, senam, futsal, basket, dan lain lain.

Olahragalah sesuai kemampuan

Meski anda olahraga untuk diet bukan berarti anda bisa olahraga secara berlebihan. Tetapi sebaiknya tetaplah memastikan bahwa jenis dan durasi latihan yang anda lakukan sesuai kemampuan. Ketahuilah bahwa sebaiknya-baiknya durasi olahraga, yaitu sesuai dengan kemampuan anda dan sesuai kondisi kesehatan yang anda miliki. Jangan sampai anda memaksakan kemampuan dengan berolahraga berlebihan hingga kelelahan berlebihan dan tak bertenaga.

Contohnya seperti jika anda terus terusan berolahraga ketika tubuh sudah tak kuat, sehingga menimbulkan resiko buruk terhadap kesehatan tubuh anda. Beberapa ciri yang bisa anda perhatikan ketika tubuh sudah waktunya istirahat saat olahraga sehat untuk diet yaitu, tubuh terlalu lemah, kelelahan yang berarti, jantung berdebar kencang, mulai terasa kram, kepala pusing, dan lain sebaganya. Jika anda sudah merasakan tanda dan ciri tersebut, sebaiknya hentikan terlebih dulu latihan olahraga hingga kondisi pulih.

Lakukan Pendinginan

Melakukan pendinginan setelah olahraga merupakan hal penting yang sangat disarankan, guna mencegah terjadinya hal tak diinginkan seperti risiko cedera pada otot-otot tubuh. Namun tidak hanya itu, tetapi pendinginan atau meregangkan tubuh sehabis berolahraga juga bisa membantu mengatasi tasa nyeri setelah anda berolahraaga. Saat olahraga inilah otot tubuh anda akan merasa hangat akibat adanya gerakan dan kecepatan dalam latihan.

Di sinilah fungsi dari pendinginan, yaitu dapat meningkatkan rentang gerak otot. Tujuannya supaya tidak terjadi robekan dan terluka dalam kondisi otot yang masih hangat. Apabila rutin melakukan pendinginan setelah olahraga sehat untuk diet, tentu anda bisa mengurangi resiko nyeri yang biasanya muncul 1 atau 2 hari setelah olahraga. Dengan begini, kondisi tubuh anda akan pulih seperti semula.

Seimbangkan dengan tidur yang cukup

Saat melakukan olahraga untuk diet, anda haruslah mengimbanginya dengan istirahat yang cukup. Ketahuilah bahwa tubuh yang kurang tidur biasanya mempunya indeks massa tubuh yang lebih tinggi dan lingkar pinggang yang lebih besar, sehingga beresiko kegemukan. Aktifitas olahraga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, serta menghindari konsekuensi kurang tidur seperti peningkatan risiko penyakit kardiovaskular dan masalah metabolisme.

Minumlah air putih sehabis berolahraga

Saat olahraga sehat untuk diet, ada baiknya jangan hanya fokus pada pemanasan, latihan inti, dan pendinginan saja, tetapi ada juga hal lain yang perlu anda perhatikan. Karena biasanya akibat terlalu bersemangat saat olahraga, sebagian orang justru mengabaikan paling penting yang diperlukan oleh tubuh kita. Kebutuhan tersebut adalah cairan tubuh, lantaran sekitar 70 persen tubuh terdiri dari air. Sehingga kebutuhan tubuh akan air ini harus benar benar dipenuhi hingga cukup.

Jika sampai tubuh kekurangan cairan, bisa jadi anda akan mengalami berbagai masalah kesehatan. Misalnya saja rasa nyeri pada otot atau kram saat anda berolahraga yang sebenarnya bukan hanya karena kurang pemanasan saja, tetapi juga kurangnya cairan tubuh.  Ketahuilah bahwa kram saat olahraga itu bisa terjadi karena penggunaan otot otot tertentu secara fasik, sehingga terjadi kontraksi secara terus-menerus.

Baca artikel lainnya disini

Nah, hal ini biasanya disebabkan karena kurangnya pemanasan dan juga kekurangan cairan serta elektrolik tubuh. Maka dari itu, jangan melupakan konsumsi air putih sesudah olahraga sehat untuk diet dengan cukup. Sebaiknya siapkan dan bawalah selalu botol minum untuk dikonsumsi shabis olahraga. Hindari pula mengganti air putih dengan minuman kemasan berperisa seperti teh, kopi, sirup, minuman bersoda, dan lain lain. Justru minuman tersebut akan menambah kalori pada tubuh karena mengandung gula tersembunyi di dalamnya.

Demikianlah tips olahraga sehat untuk diet yang perlu anda perhatikan dan kombinasikan salam program diet. Satu hal yang tak boleh terlewat, yaitu berolahragalah secara konsisten untuk memaksimalkan manfaat dan latihannya. Anda pun dapat memilih jenis olahraga yang disukai dan dirasa cocok, lalu lakukan secara serius dan konsisten.

About Aziza Linda Verra

Check Also

Manfaat ketumbar untuk diet

Ketahui 4 Manfaat Ketumbar Untuk Diet, Badan Langsing dan Sehat

sumbersehat – Manfaat ketumbar untuk diet belum banyak diketahui oleh masyarakat umum. Namun belakangan hal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *