11 Olahraga Sehat untuk Diet dan Mempercepat Pembakaran Kalori

11 Olahraga Sehat untuk Diet dan Mempercepat Pembakaran Kalori – Olahraga merupakan salah satu aktifitas menyehatkan yang kerap dilakukan seseorang yang berperan dalam menjaga kesehatan badan. Aktifitas ini juga bisa dilakukan untuk mengontrol dan mempertahankan berat badan tubuh supaya tetap ideal. Hal ini dikarenakan olahraga mempunyai fungsi dalam membakar kalori lebih cepat. Ada berbagai pilihan jenis olahraga yang tepat dan bisa menunjang hasil akhir yang ingin anda dapatkan.

Bahkan hampir seluruh aktifitas olahraga yang dijadikan latihan, bisa memberikan dampak pembakaran kalori. Hanya saja setiap jenis olahraga mempunyai perbedaan dalam hal besarnya jumlah kalori yang dibakar kalori. Sehingga jika anda ingin melakukan olahraga dengan tujuan untuk diet dalam waktu cepat, sebaiknya pilihlah olahraga yang membakar kalori dalam cukup banyak. Begitu pula sebaliknya, jika anda menginginkan diet secara ringan tentu pembakaran kalori jadi lebih sedikit dan penurunan berat badan juga lebih sedikit. Berikut ini pilihannya.

olahraga sehat untuk diet
olahraga sehat untuk diet

Olahraga Sehat untuk Diet

Cross fit

Cross fit menjadi olahraga yang membutuhkan pergerakan, sehingga  memaksimalkan gerak bagian anggota tubuh dalam penurunan berat badan. Bahkan menurut penelitian, melakukan latihan olahraga sehat untuk diet melalui cross-fit bisa membakar 12 kalori. Atau hasil ini juga setara dengan pembakaran 700 kalori dalam satu jam anda melakukannya.

Aerobik

Meski terkesan ringan, tetapi jangan meremehkan olahraga yang satu ini untuk dijadikan latihan diet. Ketahuilah bahwa aerobik ini efektif dalam membuat berat badan anda turun dalam waktu lebih cepat. Apabila anda melakukan latihan denhan intensitas tinggi dan teratur, tentu penurunan berat badan akan lebih optimal. Hal ini dikarenakan saat anda berlatih, seluruh bagian tubuh akan ikut bergerak dan lemak yang terbakar pun juga lebih banyak. Anda bisa melakukannya sendiri dengan mudah di rumah. Cobalah dengan menonton tutorial di internet atau mengikuti kelas aerobik di studio senam.

Yoga

Latihan yang satu ini merupakan olahraga sehat untuk diet dan menggabungkan antara ketenangan, meditasi, serta pembakaran lemak dan kalori tubuh. Adanya ke 3 kombinasi tersebut, tentu penurunan berat badan juga akan jadi lebih efektif jika anda rutin melakukan yoga. Lakukan olahrga ini dengan bimbingan instruktur selama tiga kali seminggu jika anda masih pemula dan belum memahami gerakan yoga. Namun jika sudah sering ikut kelas yoga dan memahami aturan gerakannya, anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Dengan yoga tidak hanya berat badan saja yang turun, tetapi juga tubuh akan terasa ringan dan nyenyak ketika istirahat.

Berenang

Berenang menjadi salah satu olahraga sehat yang cocok untuk diet yang bisa anda jadikan pilihan. Latihan berenang memungkinkan tubuh menggerakkan semua organ, sehingga latihan ini cukup ampuh dalam penurunan berat badan. Anda bisa melakukan olahraga dengan intensitas tinggi jika sudah terbiasa berolahraga. Lakukan kurang lebih selama 30 – 60 menit bolak-balik agar lebih banyak lemak dan kalori yang dibakar tubuh. Dengan melakukan olahraga renang, berat badan anda akan jadi lebih ideal dan postur tubuh jadi lebih baik.

Lompat tali

Lompat tali atau yang juga dikenal dengan sebutan skipping, ternyata juga efektif dijadikan  olahraga sehat untuk diet. Karena lompat tali bisa membuat lemak yang terbakar lebih banyak dan berat badan turun dengan cukup cepat. Anda dapat melakukan lompat tali secara rutin dan mengombinasikannya dengan pola makan yang sehat. Apabila dilakukan secara teratur selama satu jam setiap harinya, lompat tali bisa membakar kalori hingga 900 kalori.

Bersepeda

Bersepeda menjadi cara yang tepat bagi anda yang ingin mengencangkan dan menggerakkan perut di bagian bawah. Latihan ini akan memberi dampak pada seluruh tubuh, sehingga pembakaran kalori yang terjadi juga cukup tinggi. Ketahuilah bahwa rata-rata terjadinya pembakaran kalori kurang lebih 700 kalori saat olahraga. Hal ini terlepas dari berapa banyak waktu yang dilakukan, postur gerakan bersepeds, serta kekuatan yang dikeluarkan ketika olahraga.

Berlari

Dalam membakar lemak dan memperkuat tubuh, berlari merupakan salah satu cara olahraga sehat untuk diet. Cara ini bisa dilakukan dengan begitu gampang ketimbang olahraga lain. Untuk melakukannya, anda bisa lari lari sejauh 1 kilometer untuk mendapatkan pembakaran 100 kalori. Untuk tiap penambahan kilometer berikutnya, berarti jumlah kalori yang dibakar tubuh juga akan lebih banyak. Walau begitu, sebaiknya anda memperhatikan pemanasan terlebih dulu untuk menghindari munculnya cedera.

Zumba

Zumba menjadi salah satu jenis olahraga senam yang biasa digemari oleh para wanita. Karena zumba ini sangat banyak membutuhkan tenaga dan memadukan antara tarian dan olahraga di dalam gerakannya. Aktifitas olahraga ini cukup menyenangkan, serta mampu membakar kalori dalam jumlah lebih besar. Untuk satu jam sesi zumba, latihan senam ini mampu membakar kurang lebih 400 hingga 700 kalori. Dengan latihan zumba ini, anda bisa mendapatkan bentuk badan yang lebih ideal dan aktifitasnya pun menyenangkan.

Bertinju

Olahraga tinju merupakan olahraga sehat untuk diet yang memerlukan tenaga dan kekuatan cukup besar dari seluruh tubuh. Ketahuilah bahwa latihan tinju ini membutuhkan keseimbangan tubuh yang baik. Diperlukan juga adanya kekuatan otot dari tubuh secara keseluruhan ketika melakukannya, di mana hal ini perlu dipahami oleh setiap pemainnya.

Olahraga tinju dapat membakar sekitar 800 – 1000 kalori di setiap satu sesinya. Jumlah ini dinilai jauh lebih tinggi dibanding olahraga lain dalam hal pembakaran kalori yang terjadi. Selain membakar kalori dari seluruh tubuh, latihan tinju dengan tepat juga mampu membakar lemak pada bagian bawah lengan. Jadi bagi anda yang ingin menjalankan diet dan memiliki stamina bagus, latihan tinju bisa jadi pilihan.

Tuck Jumps

Olahraga tuck jumps adalah latihan yang dilakukan dengan melakukan gerakan melompat di tempat. Gerakan seperti ini mampu membakar banyak kalori dan meningkatkan stamina, sehingga bisa dilakukan secara rutin. Lakukan olahraga ini dengan cara memperpanjang lengan ke depan, lalu tarik lutut anda ketika melompat. Setelah itu, anda perlu menyentuh lutut dengan tangan. Olahraga sehat untuk diet yang mudah dan tak membutuhkan ruang yang besar bukan?

Baca artikel lainnya disini

Kick boxing

Olahraga yang satu ini merupakan pengembangan dari tinju dan muay thai yang biasa dijadikan olahraga sehat untuk diet. Latihan ini lebih fokus pada gerakan memukul dan menendang. Dengan melakukan gerakan ini dijamin akan membuat seluruh bagian otot tubuh anda bergerak dan jadi lebih berbentuk, sehingga memberikan tampilan proporsional pada tubuh. Bukan itu saja, jika anda rutin untuk melakukan kick boxing, tubuh akan menjadi lebih fleksibel dan mampu meningkatkan stamina anda.

Melakukan olahraga untuk menurunkan berat badan merupakan hal yang sering dijadikan pilihan saat diet, selain menjaga pola makan. Untuk mendapatkan berat badan yang ideal, Anda perlu melakukan olahraga sehat untuk diet dengan gerakan dan teknik yang tepat. Pastikan anda melakukan olahraga tersebut secara teratur, supaya pembakaran kalori juga lebih optimal.

About Aziza Linda Verra

Check Also

diet alami sehat

Diet Alami Sehat Dengan Metode GM Serta Berbagai Menu Dalam 1 Minggu

Diet Alami Sehat Dengan Metode Gm Serta Berbagai Menu Dalam 1 Minggu. Anda memiliki berat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *