11 Latihan Olahraga Sehat dan Aman untuk Penderita Penyakit Jantung

11 Latihan Olahraga Sehat dan Aman untuk Penderita Penyakit Jantung. Aerobik adalah salah satu kunci kesehatan jantung yang lebih baik. Jadi cobalah latihan ini untuk menambahkan unsur kesenangan pada rutinitas kebugaran Anda. Latihan aerobik sedang hingga berat selama 30 menit di hampir setiap hari dalam seminggu, sangat direkomendasikan untuk mengoptimalkan kesehatan jantung. Namun jika Anda tidak bisa melakukannya dalam 30 menit sekaligus, maka ubahlah menjadi segmen 10 atau 15 menit.

Jenis latihan aerobik umumnya dapat meningkatkan kebugaran jantung dan paru-paru. Selain itu, ini juga dapat memengaruhi banyak faktor risiko penyakit jantung. Namun seperti apa tepatnya jenis latihan yang cocok dan aman untuk penderita penyakit jantung? Berikut ini kami berikan ulasannya. Ini mungkin butuh waktu beberapa minggu untuk teratur melakukannya, jadi jangan terburu-buru

olahraga sehat dan aman
olahraga sehat dan aman

Jenis Olahraga Sehat dan Aman Untuk Kesehatan Jantung

Berjalan untuk kesehatan jantung

Berjalan kaki adalah jenis latihan olahraga sehat dan aman yang paling sering direkomendasikan bagi pemula. Jenis latihan aerobik ini menyenangkan, aman, murah, dan mudah dilakukan pada hampir semua orang yang sibuk. Anda bahkan bisa mendapatkan waktu berjalan ketika pergi ke tempat kerja, ke toko, atau saat bersantai di sekitar lingkungan Anda. Menurut banyak ahli, latihan aerobik adalah latihan yang menggunakan otot besar secara terus menerus dan ritmis dari waktu ke waktu. Jadi, berjalan adalah contoh yang bagus.

Latihan di rumah dengan memanjat tangga

Usahakan mencapai 50-85 persen detak jantung maksimum, jika ingin mendapatkan manfaat maksimal dari latihan aerobik. Dan cara termudah mencapai kisaran target tersebut adalah dengan menaiki tangga, baik Anda melakukannya di rumah atau di gym. Untuk menghitung detak jantung maksimum, kurangi angka 220 dengan usia Anda. Namun jika tidak ingin menghitung detak jantung, maka cukup asumsikan saja. Anggap Anda berada di detak jantung yang ditargetkan, jika Anda bisa bercakap sambil berolahraga (tanpa bernapas terlalu berlebihan).

Pergi untuk bersepeda

Gerakan memompa dari otot-otot besar di kaki Anda merupakan latihan aerobik yang bagus untuk jantung Anda. Sepeda jalan raya atau sepeda statis bisa digunakan untuk rutinitas latihan olahraga sehat dan aman. Mengayuh sepeda statis di rumah dapat membantu Anda meningkatkan kesehatan jantung, terutama saat cuaca terlalu basah atau panas di luar. Posisi jok dan pedal juga penting untuk mencegah cedera saat bersepeda, jadi pastikan sepeda Anda disesuaikan dengan tubuh Anda.

Berenang

Berenang adalah salah satu latihan aerobik terbaik dan merupakan aktivitas olahraga dengan dampak yang rendah. Dua setengah jam berenang per minggu, akan memberi Anda semua manfaat kesehatan jantung yang Anda butuhkan. Keuntungan lain dari latihan rutin ini adalah bahwa berenang mengurangi tekanan pada tulang dan persendian Anda. Itu bisa sangat bermanfaat jika Anda memulai dengan sedikit kelebihan berat badan atau memiliki kondisi radang sendi.

Lakukan putaran di mesin elliptical

Mesin elliptical adalah salah satu opsi latihan aerobik yang tumbuh paling cepat. Peralatan ini bisa Anda temukan di sebagian besar pusat kebugaran. Namun kini mesin elliptical semakin banyak dibeli untuk menunjang aktivitas olahraga sehat dan aman di rumah. Keuntungan dari mesin ini adalah memberikan Anda latihan tubuh bagian atas dan bawah sekaligus. Gerakan kaki mesin ini meniru gerakan lari dengan dampak rendah saat bersepeda. Pada saat yang sama, gerakan lengan yang ritmis membuat darah mengalir ke punggung dan otot bahu Anda.

Menari sepuas hati Anda

Menari untuk kesehatan jantung dapat dibuat dari rutinitas latihan ritmis dan aerobik. Yang Anda butuhkan hanyalah alas kaki yang bagus, ruang, dan musik yang memotivasi Anda. Denyut aerobik yang baik adalah sekitar 120 hingga 135 denyut per menit. Tarian dapat berkisar dari dampak tinggi hingga dampak rendah, tergantung pada kemampuan dan preferensi Anda. Cobalah untuk menari bersama orang lain di kelas seperti Zumba, atau Anda bisa melakukannya sendiri di rumah.

Bersantai dengan Tai Chi

Tai Chi adalah rutinitas aerobik berdampak rendah yang paling banyak diminati sebagai bentuk aktivitas olahraga sehat dan aman. Aktivitas ini merupakan bentuk latihan Tiongkok kuno yang didasarkan pada seni bela diri. Ini menggunakan gerakan tubuh berirama lambat, yang dikombinasikan dengan pernapasan dalam dan konsentrasi. Itulah mengapa ini disebut sebagai “meditasi mengalir”. Rutinitas olahraga ini bagus untuk pikiran dan tubuh Anda, termasuk kesehatan jantung Anda.

Tetap bugar di rumah dengan Wii Fit

Bermain video game interaktif adalah pilihan yang bagus untuk berolahraga di rumah. Studi menunjukkan bahwa tinju, tenis, dan bowling Wii Fit dapat meningkatkan detak jantung Anda. Ini bahkan cukup untuk memenuhi syarat sebagai latihan aerobik. Banyak ahli menyatakan bahwa Wii Fit memang memberikan bentuk latihan yang efektif. Namun ingatlah, bahwa untuk memenuhi pedoman aktivitas fisik, Anda perlu bermain sekitar 30 menit lima hari seminggu.

Buat percikan dengan aerobik air

Seperti halnya berenang, aerobik air juga menawarkan manfaat kesehatan jantung. Namun berbeda dari aerobik darat, latihan olahraga sehat dan aman ini memiliki dampak rendah. Jadi ini tidak menyebabkan banyak tekanan pada sendi. Jika Anda memiliki kondisi seperti artritis, nyeri lutut, atau kelebihan berat badan, maka aerobik air adalah pilihan yang tepat. Latihan air ini terbukti dapat meningkatkan penggunaan persendian pada penderita radang sendi, tanpa memperburuk gejala mereka.

Mendayung di mesin rower

Jangan abaikan mesin dayung (rower) di sudut gym Anda. Ini adalah cara berdampak rendah yang bagus untuk meningkatkan detak jantung dan menjaga bentuk tubuh Anda. Beberapa orang suka menggabungkan latihan mereka dengan 15 menit mendayung, dan 15 menit berjalan atau berlari di atas treadmill. Bagaimanapun, mendayung adalah tambahan yang bagus untuk menjaga rutinitas olahraga Anda tetap menarik. Jika Anda lebih suka mendayung di luar ruangan, maka cobalah bergabung ke klub dayung yang mungkin ada di kota Anda.

Baca artikel lain disini

Menenangkan pikiran dengan yoga

Yoga adalah jenis olahraga sehat dan aman yang cukup ringan, dan cocok untuk siapapun yang memiliki riwayat serangan jantung. Jenis latihan ini mungkin tidak meningkatkan detak jantung sebanyak aerobik, namun ini bisa membentuk tubuh Anda lebih kuat. Anda tetap harus menggerakkan badan dalam yoga, sembari fokus untuk membuat otot Anda lebih panjang dan fleksibel. Selain itu, Anda juga fokus melatih pikiran Anda untuk beristirahat, yang sangat bagus untuk menurunkan tekanan darah. Sulit untuk menemukan kebiasaan gaya hidup lain yang menawarkan kesehatan jantung sebanyak aerobik.

Jika Anda melakukan latihan olahraga sehat dan aman ini secara teratur, maka Anda bisa memperoleh banyak manfaat kesehatan. Termasuk dapat mengontrol tekanan darah, mengurangi stres dan depresi, meningkatkan kadar kolesterol, dan membantu penurunan dan pemeliharaan berat badan. Selain itu, ini juga membantu menurunkan gula darah pada penderita diabetes, meningkatkan kekuatan otot dan tulang, serta mencegah penggumpalan darah.

About Aziza Linda Verra

Check Also

olahraga sehat untuk wanita

1 Alasan Penting Dibalik Olahraga Sehat Untuk Wanita yang Banyak Dilakukan

1 Alasan Penting Dibalik Olahraga Sehat Untuk Wanita yang Banyak Dilakukan. Olahraga merupakan hal yang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *