3 Olahraga Sehat dan Aman Selama Menstruasi

By

3 Olahraga Sehat dan Aman Selama Menstruasi. Apakah pikiran untuk berolahraga saat haid membuat Anda ingin berhenti dari aktivitas sehat ini selamanya? Jika Anda khawatir tentang bagaimana menstruasi memengaruhi rutinitas kebugaran Anda, maka Anda tidak sendirian. Karena berbagai alasan, banyak orang melewatkan olahraga mereka selama periode ini. Tetapi sebenarnya tidak ada alasan untuk tidak berolahraga, hanya karena Anda sedang menstruasi.

olahraga sehat dan aman
olahraga sehat dan aman

Manfaat Berolahraga Saat Menstruasi

Manfaat dari olahraga tidak akan hilang hanya karena Anda sedang menstruasi. Faktanya, menjalani rutinitas ini sebenarnya dapat membantu meringankan beberapa keluhan umum yang menyertai menstruasi. Menurut beberapa ahli, periode menstruasi adalah waktu yang kompleks dari sudut pandang hormonal. Baik progesteron dan estrogen berada di titik terendah selama fase menstruasi, yang dapat membuat orang merasa lelah dan kurang energik.

Oleh karenanya, menghindari olahraga sehat dan aman tidak akan menghemat energi atau membuat Anda merasa lebih baik. Alih-alih menghentikan semua aktivitas selama menstruasi, gunakan minggu ini sebagai kesempatan untuk mencoba beberapa latihan baru. Adapun manfaat lain yang bisa Anda peroleh selama menstruasi yaitu sebagai berikut.

Meningkatkan mood selama menstruasi

Menurut banyak penelitian, olahraga dapat membantu mengurangi perasaan depresi. Jadi, berolahraga selama menstruasi dapat membantu mengangkat suasana hati dan meningkatkan sirkulasi. Berolahraga selama menstruasi dapat mengurangi perasaan sedih, mudah tersinggung, atau marah selama menstruasi. Selain itu, ini juga dapat meredakan kram, sakit kepala, atau sakit punggung yang berhubungan dengan menstruasi.

Mengurangi kelelahan

Perubahan hormonal dalam tubuh dapat meningkatkan sensasi kelelahan pada orang selama menstruasi. Sementara aktivitas fisik seperti olahraga sehat dan aman cenderung dapat meningkatkan tingkat energi, alih-alih menurunkannya selama fase ini. Salah satu studi menemukan bahwa dua minggu pertama siklus menstruasi, memungkinkan Anda mengalami peningkatan kekuatan. Dan salah satu alasan kekuatan yang lebih besar ini karena rendahnya tingkat hormon wanita.

Lebih banyak endorfin

Olahraga dapat meningkatkan endorfin secara alami, sehingga ini dapat meningkatkan suasana hati dan benar-benar membuat Anda merasa lebih baik. Banyak ahli percaya bahwa salah satu manfaat utama dari olahraga saat sedang menstruasi adalah pelepasan endorfin dan energi yang tinggi. Mereka juga percaya bahwa endorfin adalah obat penghilang rasa sakit alami, yang ketika dilepaskan saat olahraga akan membuat Anda lega.

Mengurangi nyeri haid

Orang yang berolahraga 3 hari seminggu (30 menit selama 8 minggu) cenderung mengalami sedikit nyeri haid dibandingkan mereka yang tidak. Untuk itu, melakukan olahraga sehat dan aman selama atau sebelum menstruasi akan mengurangi gejala ini. Adapun aktivitas fisik yang bisa Anda lakukan tidak harus kuat atau lama. Bahkan dua kali jalan kaki selama 15 menit sehari juga dapat memberikan manfaat. Selain itu, olahraga adalah pilihan yang sehat secara umum. Ini membantu seseorang menjaga berat badan dan menjaga kesehatan jantung serta paru-paru.

Olahraga Sehat dan Aman Terbaik yang Bisa Dilakukan Saat Menstruasi

Beberapa hari pertama dalam siklus haid adalah saat yang paling tidak nyaman, terutama jika Anda cenderung banyak mengeluarkan darah. Itulah mengapa fokus pada gerakan lembut dan olahraga harus menjadi yang teratas dalam daftar aktivitas Anda. Beberapa ahli mengatakan bahwa olahraga terbaik selama menstruasi adalah yang ingin Anda lakukan. Meski begitu, mereka menekankan pentingnya variasi latihan selama minggu ini. Selain itu, Anda mungkin ingin mengurangi intensitas olahraga Anda. untuk itu, cobalah ikuti beberapa ide berikut ini.

Jalan kaki ringan atau latihan kardio ringan lainnya

Pertahankan latihan kardiovaskular atau aerobik Anda pada intensitas yang lebih rendah atau kurangi jumlah yang Anda lakukan. Selain itu, pertimbangkan latihan kardio ringan, berjalan kaki, atau latihan aerobik yang lebih pendek. Ada suatu penelitian yang mendukung gagasan bahwa paru-paru bekerja lebih baik di kemudian hari dalam siklus Anda. Jadi pertimbangkan untuk mempertahankan jenis latihan olahraga sehat dan aman ini di akhir periode Anda.

Latihan kekuatan intensitas rendah atas aktivitas berbasis daya tahan

Mengingat Anda mungkin mengalami peningkatan kekuatan selama periode ini, maka memasukkan latihan kekuatan bervolume rendah adalah langka cerdas. Anda juga bisa memasukkan aktivitas berbasis tenaga pada saat ini. Banyak fakta menunjukkan jika ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan sesi aliran lebih lama. Yang mana Anda bisa melibatkan campuran latihan kekuatan dan kardio.

Yoga dan Pilates

Dua hingga tiga hari menjelang menstruasi adalah waktu yang tepat untuk melakukan aktivitas seperti yoga. Mengingat olahraga sehat dan aman ini dapat membantu merilekskan tubuh dan berpotensi mengurangi gejala seperti kram, nyeri, serta kelelahan. Jika Anda tidak mengalami nyeri haid selama menstruasi, maka tetap lanjutkan rutinitas olahraga Anda secara teratur. Namun berhati-hatilah dengan penyesuaian yang dilakukan tubuh Anda selama ini. Jika ternyata tubuh Anda tidak berkinerja seperti biasanya, istirahatkan diri Anda dan kurangi intensitasnya.

Olahraga yang Harus Dihindari Selama Menstruasi

Sama seperti olahraga tertentu yang mungkin lebih sesuai saat menstruasi, ada juga beberapa olahraga yang mungkin ingin Anda hindari. Secara umum, beberapa ahli mengatakan jika Anda harus mengurangi volume latihan selama ini. Namun ini tidak berarti menghentikan olahraga sama sekali, sebaliknya ini hanya mengurangi intensitas atau durasinya menjadi lebih sedikit.

Tidak semua olahraga sehat dan aman bisa dilakukan selama menstruasi. Jika Anda merasa lelah, Anda mungkin ingin mengurangi latihan kardiovaskular atau latihan daya tahan yang intens. Selama periode ini, banyak wanita melaporkan adanya penggunaan energi yang meningkat. Untuk itu, melakukan latihan yang berat akan terasa jauh lebih berat lagi. Karenanya, sangat ideal untuk menghilangkan keterampilan dan pelatihan presisi selama periode ini.

Baca artikel lain disini

Tips untuk Berolahraga Saat Menstruasi

Beberapa manfaat potensial akan datang selama Anda melakukan olahraga saat menstruasi. Namun ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan selama latihan. Yang pertama adalah peregangan. Jenis peregangan lembut seperti yoga, Tai chi, dan Pilates, dapat membantu Anda meregangkan otot yang tegang terutama saat sedang menstruasi. Sementara itu, beberapa orang mungkin juga menemukan bahwa berenang bisa membantu mengurangi efek nyeri haid. Terutama karena ini dapat membantu Anda merasa tidak berbobot di dalam air.

Selanjutnya, jaga tubuh Anda tetap terhidrasi selama melakukan olahraga sehat dan aman saat menstruasi. Menghidrasi tubuh selama olahraga akan mengurangi kemungkinan efek samping yang tidak menyenangkan. Ini termasuk kembung atau sembelit, yang sering dirasakan selama menstruasi. Menjaga tubuh tetap terhidrasi dapat membuat feses terus bergerak melalui usus dan mengurangi ketidaknyamanan selama sesi olahraga. Jadi, cobalah menyimpan air di tangan dan minum setidaknya setiap 15 menit selama sesi olahraga.

Kesimpulan

Olahraga sehat dan aman yang dilakukan secara teratur akan bermanfaat bagi tubuh dan pikiran Anda. Tidak ada alasan ilmiah mengapa Anda harus melewatkan olahraga selama menstruasi. Faktanya, ada banyak bukti bahwa olahraga bisa membantu selama periode ini. Intinya, lanjutkan olahraga Anda, namun kurangi intensitasnya (terutama jika Anda merasa lelah). Selain itu variasikan latihan Anda, dan luangkan waktu ekstra untuk memulihkan diri, dan hargai kemampuan Anda.

Tinggalkan komentar