10 Obat Sakit Tenggorokan Alami Aman, Manjur dan Tanpa Efek Samping

Tenggorokan sakit, terasa gatal, dan seperti ada sesuatu mengganjal merupakan salah satu tanda bahwa Anda terkena sakit tenggorokan. Bahkan bisa menyebabkan kanker tenggorokan jika dibiarkan terlalu lama. Jangan langsung atasi dengan obat dari dokter, apotik atau dari warung. Coba saja dengan mengkonsumsi obat sakit tenggorokan alami.

Obat ini berasal dari bahan-bahan alami yang berasal dari alam. Beragam jenis bahan ini memang sudah terbukti memiliki banyak khasiat, termasuk salah satunya adalah dapat digunakan untuk atasi sakit tenggorokan. Cara ini mungkin akan terbilang lama, namun akan sangat ampuh atasi sakit tenggorokan anda secara permanen.

1. Madu

Jenis obat sakit tenggorokan alami pertama adalah madu. Jika Anda merasakan semua gejala sakit tenggorokan, maka Anda bisa mengonsumsi madu dengan rutin. Madu sudah terbukti khasiatnya sebagai ramuan obat yang ampuh dalam mengatasi masalah radang tenggorokan. Sebuah penelitian pada jurnal Pediatrics 2014 sudah membuktikan akan kebenaran tersebut.

 Dalam jurnal tersebut menyatakan bahwa radang tenggorokan akan lebih cepat bisa sembuh apabila para penderitanya mengonsumsi madu setiap hari. Dalam jurnal tersebut dikatakan juga, jika madu bisa menurunkan produksi lendir pada tenggorokan serta mempunyai sifat antibakterial alami yang akan membasmi bakteri penyebab radang tenggorokan atau sakit tenggorokan.

Anda bisa mengonsumsi madu secara langsung sebanyak 1 sendok teh. Selain itu, anda juga bisa mencampurkan 1 sendok teh madu dan dicampur dengan satu gelas air hangat. Konsumsilah sebanyak dua kali sehari ya  yaitu pada waktu pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Lakukanlah hingga radang tenggorokan Anda sembuh. Anda juga bisa mengonsumsi madu setiap hari untuk menjaga daya tahan tubuh.

2. Air Garam

Air garam juga bisa dijadikan sebagai obat alami untuk mengatasi masalah radang tenggorokan. Ramuan ini mengandung zat anti Inflamasi yang berguna untuk mengurangi atau mencegah terjadinya pembengkakan pada dinding tenggorokan. Sehingga,tenggorakan akan tetap dalam keadaan normal.

Dalam pembuatannya pun, terbilang sangat mudah. Anda hanya  cukup melarutkan garam ke air hangat dan Aduklah hingga merata. Setelah itu, pakailah air untuk berkumur di dalam tenggorokan beberapa saat dan setelah itu buang airnya. Mungkin, terasa asin bahkan pahit di lidah Anda setelah melakukan hal ini, akan tetapi, itu normal terjadi.

Garam memiliki sifat anti bakteri yang sangat bagus digunakan sebagai salah satu jenis obat sakit tenggorokan alami.

3. Kayu Manis

Harumnya kayu manis tidak hanya dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks. Akan tetapi, juga bisa digunakan untuk mengobati masalah gangguan  radang tenggorokan. Di dalam kayu manis terdapat zat antioksidan dan anti bakterial yang cukup tinggi.

Zat ini berguna untuk obat alami dalam mengatasi rasa sakit pada tenggorokan. Untuk membuat ramuan dari kayu manis ini, Anda bisa mencampurkan satu batang kayu manis pada seduhan teh di pagi hari. Lakukan secara rutin dan sakit tenggorokan akan hilang.

Kayu manis bisa menjadi salah satu alternatif obat sakit tenggorokan alami yang tepat digunakan. Selain dapat atasi masalah tenggorokan, kayu manis juga aman dikonsumsi oleh siapapun.

4. Air Lemon

Jika Anda ingin rasa yang lebih segar, Anda bisa menggunakan lemon sebagai obat sakit tenggorokan alami. Perasan air lemon ini mengandung banyak vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan alami. Vitamin ini juga bisa digunakan untuk meningkatkan imunitas dan melawan bakteri dan virus yang masuk di dalam tubuh.  Anda hanya perlu memerah jeruk dan dicampur dengan ½ sendok makan madu alami ke dalam air putih hangat. Setelah itu, minumlah selagi kondisi masih hangat.

Air lemon adalah salah satu jenis obat sakit tenggorokan alami yang sudah sering digunakan oleh orang tua jaman dulu. Orang dulu jika sakit kepala atau batuk pasti memilih lemon sebagai salah atu obat alternatif yang mereka gunakan.

5. Minyak Kelapa

Selain digunakan untuk memasak, minyak kelapa ternyata juga mempunyai khasiat untuk mengatasi masalah radang tenggorokan dan juga melawan Infeksi. Minyak kelapa ini bisa mengecerkan lendir, sehingga membuat tenggorokan menjadi lebih lega.

Anda pun bisa menambahkan minyak ini pada masakan, untuk menggoreng atau hal lainnya. Sehingga, manfaat dari minyak kelapa ini tetap Anda rasakan. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi dua sendok teh minyak kelapa per hari dengan menambahkan madu untuk mengatasi masalah radang tenggorokan.

6. Teh Hijau

Teh hijau memang sangat terkenal sekali manfaatnya dalam dunia kesehatan. Selain untuk diet dan detox, teh hijau juga bisa mengurangi rasa gatal pada tenggorokan dan mengurangi terjadi pembengkakan. Hal ini dikarenakan di dalam teh hijau terdapat kandungan antioksidan yang cukup tinggi dan terdapat zat anti radang. Konsumsilah teh hijau secara rutin di pagi hari. Akan tetapi, jangan mencampurnya dengan gula, itu tidak baik untuk kesehatan tenggorakan Anda.

Teh hijau adalah jenis obat sakit tenggorokan alami yang sangat bagus dan memiliki banyak khasiat lainnya bagi tubuh. Ketika anda konsumsi, bukan hanya tenggorokan yang akan sembuh melainkan juga dapat khasiat lainnya.

7. Kunyit

Pasti sudah tidak asing lagi dengan rempah satu ini. Kunyit adalah salah satu rempah yang biasanya digunakan sebagai bahan untuk jamu. Bahkan ada beberapa masakan yang juga menggunakan rempah satu ini.

Selain itu, kunyit ternyata juga bisa digunakan sebagai ramuan obat ampuh untuk mengatasi masalah radang tenggorokan. Dengan mengonsumsinya secara rutin, Anda akan terbebas dari yang namanya sakit tenggorokan yang menyiksa.

Larutkan setengah bubuk kunyit ke dalam setengah sendok teh air hangat. Lalu gunakanlah untuk berkumur. Selain itu, Anda juga bisa memarut sendiri kunyit. Peras sari kunyit dan tambahkan segelas air hangat.

8. Air Jahe

Selain kunyit, Anda juga dapat menggunakan jahe sebagai obat sakit tenggorokan secara alami. Jahe bisa membunuh semua bakteri dan kuman yang menyebabkan terjadinya radang tenggorokan. Hal ini karena jahe mempunyai kandungan anti bakterial. Selain itu, jahe juga mempunyai kemampuan untuk mengurangi kemerahan dan juga peradangan pada area tenggorokan. Anda bisa mengonsumsi obat ini dalam bentuk wedang jahe.

9. Mandi Air Hangat

Menghirup udara yang lembab juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi masalah radang tenggorokan. Cara ini bisa membantu dalam mengurangi pembengkakan akibat dari radang tenggorokan dan juga flu.  Anda bisa mengganti air dingin yang biasanya anda gunakan untuk mandi, dengan air hangat. Anda juga bisa mengisi sebuah wadah besar dengan air hangat dan menutupi muka  dan kepala Anda dengan handuk. Bukalah mulut dan hirup uap airnya.

Nah, itulah tadi beberapa jenis obat sakit tenggorokan alami yang dapat mencegah masalah sakit tenggorokan dengan tepat. Semua obat yang disebutkan di atas berbahan alami dan tanpa efek samping. Sehingga ramuan ini bisa dikonsumsi oleh semua kalangan baik tua maupun muda, bahkan anak-anak bisa menggunakan ramuan obat ini.

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

cara menghilangkan sesak di dada

11 Cara Menghilangkan Sesak di Dada yang Cepat Sembuhkan dan Mudah Dilakukan

sumbersehat.com – Cara menghilangkan sesak di dada mungkin menjadi hal yang belum diketahui oleh beberapa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *