Obat Sakit Gigi Medis yang Mampu Meredakan Sakit Gigi

Ada banyak obat sakit Gigi medis yang mampu meredakan sakit Gigi. Ada banyak macam obat yang bisa meredakan sakit gigi, ada yang obat medis dan ada yang alami. Obat medis maupun obat alami sama sama memiliki efek samping. Sebagian besar obat medis bisa didapatkan di apotek terdekat.

Namun kamu juga harus ingat bahwa mengobati gigi yang sakit dengan obat penghilang rasa sakit hanya akan bertahan sementara waktu dan langsung bawa ke dokter supaya diberikan penanganan langsung pada gigi yang sakit, dokter juga bisa meresepkan beberapa jenis obat paling ampuh untuk kamu yang sedang mengalami sakit gigi. Berikut ini beberapa obat medis yang bisa meredakan rasa sakit gigi dan nyeri.

Obat Sakit Gigi yang Sesuai Dengan Ketentuan Medis

Ibuprofen

Ibuprofen adalah salah satu obat sakit gigi yang dapat membantu meredakan rasa sakit pada gigi tersebut. Ibuprofen termasuk dalam golongan obat antiinflamasi non steroid. Ibuprofen bekerja dengan menghalangi produksi zat-zat alami tubuh yang dapat menyebabkan peradangan yang dapat memicu rasa sakit pada gigi.

obat sakit gigi
obat sakit gigi

Sama seperti semua obat-obatan pada umumnya, ibuprofen juga dapat menimbulkan efek samping yang ringan hingga yang berat. Beberapa efek samping yang ringan antara lain sakit perut, mual, dan banyak lagi.  Sedangkan efek samping ibuprofen yang berat berupa nyeri dada, sesak napas, hingga kulit dan bagian putih mata yang menguning. Jika mengalami efek samping yang segera hentikan pemakaian obat ini dan segera hubungi dokter.

Dentasol

Jika kamu kesulitan memilih obat sakit gigi untuk anak, Dentasol bisa menjadi pilihan yang tepat bagi anak. Obat ini efektif meredakan nyeri pada gusi akibat gigi berlubang, selain efektif nyeri dentasol juga mudah digunakan. Berbeda dengan obat obat lain yang cara penggunaannya dengan cara diminum, Dentasol hanya perlu dioleskan pada bagian gigi yang sakit dan gusi yang merasa nyeri.

Bentuk dari dentasol berupa cairan sehingga si anak pasti tidak akan menolak karena takut rasanya yang pahit. Pada dasarnya, memiliki masalah gigi bersumber dari kebiasaan dan pola hidup yang buruk seperti makan makanan sembarangan. Ketimbang harus bergantung dengan obat terus-menerus lebih baik menjaga kesehatan gigi kamu dan kebersihannya mulai sekarang.

Antalgin

Antalgin adalah salah satu obat sakit gigi yang sudah terkenal di seluruh Indonesia. Hal itu disebabkan karena antalgin ini merupakan obat yang paling ampuh untuk meredakan sakit pada gigi dan juga paling mudah untuk dicari di apotek terdekat. Sebenarnya untuk mengkonsumsi obat ini harus menggunakan resep atau petunjuk dari dokter supaya tidak menimbulkan efek samping saat mengkonsumsi obat ini.

Aturan untuk dalam meminum Antalgin adalah tidak boleh diberikan kepada orang yang alergi terhadap obat, bayi yang baru berusia di bawah 4 bulan, ibu yang sedang hamil dan juga yang memiliki tekanan darah rendah. Hal ini dikarenakan Antalgin mempunyai efek samping yang berupa radang pada lambung dan ulu hati dan menyebabkan retensi cairan dan garam. Jika kamu mengalami efek samping segera hentikan mengkonsumsi antalgin dan segera pergi ke dokter terdekat untuk diperiksa.

Cataflam

Obat sakit Gigi yang selanjutnya adalah Cataflam. Cataflam memang dari dulu merupakan obat untuk meredakan sakit pada gigi dan nyeri pada gusi. Karena pada dasarnya Cataflam berguna untuk menghilangkan rasa nyeri pada gusi. Selain untuk mengobati sakit gigi dan nyeri pada gusi, obat ini juga berguna untuk meredakan nyeri sendi pada punggung yang disesuaikan dengan resep atau petunjuk dokter.

Cataflam ini tidak boleh digunakan untuk orang yang menderita penyakit antara lain penyakit pada lambung karena dapat menimbulkan efek samping yaitu mual, muntah, diare dan kembung. Selain itu juga tidak boleh diberikan bagi orang hamil dan memiliki kelainan pembekuan darah. Bagi yang mengalami efek samping segera hentikan mengkonsumsi obat ini dan segera pergi ke dokter terdekat.

Ponstan

Ponstan juga merupakan obat sakit gigi yang mudah dibeli ketika orang menderita sakit gigi. Digemari karena mudah dicari karena tidak hanya ada di apotik, tetapi juga bisa ditemukan di toko toko kelontong biasa yang ada di dekat rumah juga ada. Selain itu Ponstan juga ampuh untuk meredakan sakit pada gigi nyeri pada gusi dalam waktu yang terbilang singkat. Tetapi mengkonsumsi obat ini atas saran dari dokter melalui resep atau petunjuk dokter.

Ponstan memiliki efek samping yang tidak hanya satu tetapi ada banyak efek samping ketika dikonsumsi oleh orang yang tidak cocok dengan obat ini. Efek samping dari ponstan antara lain mulut kering, gatal pada kulit, pusing dan gangguan pada perut. Jika sudah sangat sering mengkonsumsi obat ini bisa bisa menimbulkan nyeri pada dada, sesak nafas, demam dan badan terasa terbakar. Jika terjadi efek samping segera hentikan dan segera hubungi dokter terdekat.

Aspirin

Aspirin memiliki khasiat yang sangat bermanfaat yakni untuk menghilangkan rasa sakit pada gigi dan nyeri pada gusi, selain menggunakan rasa sakit dan nyeri obat sakit gigi ini ternyata bisa membuat gigi menyembuhkan dirinya sendiri walaupun sudah mengalami kerusakan pada gigi. Misal gigi kamu membusuk, gigi kamu yang membusuk bisa menyembuhkan giginya sendiri ketika mengkonsumsi aspirin.

Obat ini tidak boleh digunakan oleh sembarang orang Contoh orang yang tidak boleh mengkonsumsi obat ini antara lain yang memiliki masalah pada ginjal dan hati. Selain yang memiliki masalah ginjal dan hati anak-anak juga tidak boleh mengkonsumsi obat ini. Akan lebih baik jika Aspirin dikonsumsi sesuai dengan resep atau petunjuk dokter.

Naproxen

Naproxen adalah salah satu obat sakit gigi paling ampuh berbentuk tablet yang banyak digunakan untuk meredakan sakit pada gigi  akibat adanya lubang yang ada pada gigi. Kamu dapat menemukan obat jenis ini di apotek terdekat. Perlu kamu ketahui Naproxen memiliki beberapa efek samping atas pemakaiannya, seperti Perut mulas, Perut kembung, Diare, dan Gangguan penglihatan.

Baca juga artikel menarik lainnya : disini

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi obat ini untuk meredakan sakit pada gigi dan nyeri pada gusi mintalah resep atau petunjuk dari dokter terlebih dahulu agar tidak salah dosis agar tidak menimbulkan efek samping saat mengkonsumsi obat ini.

Nah itu saja beberapa obat sakit gigi yang dapat meredakan sakit gigi dan nyeri. masih banyak lagi obat yang ada di apotik yang bisa meredakan sakit gigi dan nyeri pada gusi. Agar sakit gigi kamu tidak berkepanjangan, lebih baik menghindari makan makanan yang yang bersifat manis, dingin dan asam. Setelah tidak makan makanan yang manis dingin dan asam konsumsilah salah satu obat yang ada di atas  untuk mempercepat proses penyembuhan sakit gigi.

About Aziza Linda Verra

Check Also

manfaat tapak liman

11 Manfaat Tapak Liman dari Mengatasi Diare sampai Kanker

sumbersehat.com - Manfaat tapak liman telah digunakan sejak lama sebagai obat herbal beragam penyakit yang sangat efektif dalam penyembuhannya. Kandungan beberapa senyawa bioaktif, bahan kimia alami dan minyak essential

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *