Obat Sakit Gigi Berlubang yang Bisa Didapatkan di Apotik

By

Obat Sakit Gigi Berlubang yang Bisa Didapatkan di Apotik – Mengalami sakit pada gigi, tentu akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari karena sakit yang dirasakan sangatlah menyiksa. Sakit ini tidak hanya menyebabkan nyeri di area gigi, tetapi juga bisa menyebabkan demam dan seseorang tidak nafsu makan. Penderita sakit gigi akibat berlubang juga seringkali mengalami pembengkakan di gusi dan area pipi, nyeri gusi, hingga sakit kepala. Jika dibiarkan berlanjut, tentu rasa sakit ini bisa mengganggu aktivitas anda setiap harinya.

Apalagi jika rasa sakit disebabkan oleh gigi yang berlubang, sehingga menyebabkan infeksi kuman maupun bakteri. Rasa nyeri akibat gigi berlubang ini bisa timbul dengan intensitas yang ringan hingga cukup parah. Bahkan terkadang, penderitanya mengalami rasa sakit yang hilang timbul. Sebaiknya segera obati sakit gigi anda, supya tidak semakin parah dan menyebabkan kerusakan gigi. Untuk mengurangi rasa sakit ini anda bisa konsumsi obat-obatan dari apotik.

obat sakit gigi berlubang
obat sakit gigi berlubang

Namun pastikan jika anda sudah melakukan konsultasi terlebih dahulu ke dokter atau layanan kesehatan lain, untuk mendapatkan dosis obat sakit gigi berlubangyang tepat. Dalam mengatasi sakit gigi karena adanya lubang, biasanya dokter akan meresepkan beberapa merk obat-obatan. Beberapa obat yang ampuh dalam mengatasi sakit gigi berlubang, antara lain sebagai berikut. 

Obat Sakit Gigi Berlubang dari Apotik

Kalium Diklofenac

Obat sakit gigi yang pertama adalah kalium diklofenac yang efektif dalam meredakan rasa nyeri pada gigi. Rasa nyeri pada gigi yang bisa diatasi menggunakan kalium diklofenak adalah nyeri dengan intensitas ringan maupun berat. Namun untuk mendapatkan kalium diklofenak di apotek Anda harus terlebih berkonsultasi dengan dokter. Karena obat ini masuk ke dalam golongan obat keras dan tidak dapat dikonsumsi terus-menerus untuk penyakit tertentu.

Jadi ketika anda telah merasa sembuh atau nyeri akibat gigi berlubang tidak dirasakan, sebaiknya segera hentikan pemakaian. Apalagi kalium diklofenac juga memiliki efek samping jika dikonsumsi oleh penderita dengan riwayat kesehatan tertentu. Nah, untuk mengurangi resiko kesalahan dalam pemakaian, konsultasi dokter memang menjadi hal yang perlu Anda lakukan sebelum mengonsumsi obat sakit gigi berlubang

Antalgin

Obat Antalgin juga sering kali menjadi pilihan untuk obat sakit gigi berlubang yang banyak dijual di toko-toko kecil maupun apotik. Antalgin adalah obat dengan golongan analgesik yang berfungsi untuk meredakan terjadinya peradangan atau inflamasi. Fungsi ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi rasa nyeri yang timbul akibat gigi berlubang. Namun beberapa orang tidak disarankan untuk mengonsumsi antalgin, lantaran bisa mengakibatkan penumpukan cairan atau gejala alergi. Misalnya saja tidak disarankan bagi ibu hamil serta penderita yang memiliki tekanan darah rendah.

Ponstan

Ponstan adalah obat sakit gigi berlubang yang bisa dikonsumsi dan dibeli di apotek, tanpa harus menggunakan resep dokter. Antalgin tidak hanya efektif dalam mengatasi nyeri pada gigi berlubang saja. Tetapi obat ini juga efektif dalam mengurangi rasa nyeri akibat peradangan dan pembengkakan gusi, serta sakit gigi yang disertai adanya vertigo. Obat ini cukup aman untuk dikonsumsi siapapun, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Namun tidak ada salahnya anda terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter, jika memiliki riwayat penyakit tertentu yang diderita.

Ibuprofen

Ibuprofen adalah obat-obatan yang bergolongan OAINS atau Obat antiinflamasinonsteroid. Fungsi obat golongan ini adalah mampu mengurangi rasa nyeri, termasuk nyeri yang diakibatkan gigi berlubang. Sistem kerja Ibuprofen adalah dengan menghambat zat alami tubuh yang menjadi penyebab inflamasi dan pemicu munculnya rasa nyeri. Meski obat ini cukup efektif dalam mengurangi rasa nyeri pada sakit gigi, tetapi penggunaannya bisa menyebabkan timbulnya efek samping.

Efek samping yang mungkin terjadi bisa dalam intensitas ringan ataupun berat yang dipengaruhi oleh kondisi kesehatan. Untuk efek samping yang relatif ringan beberapa gejala yang sering timbul seperti mual, muntah, sakit kepala dan pusing, serta gangguan pada pencernaan seperti sembelit dan diare. Sedangkan pada efek samping obat sakit gigi berlubangyang berat bisa mengakibatkan terjadinya gangguan yang lebih parah. Misalnya saja terjadi sesak nafas, nyeri dada, warna urine gelap, serta tampak kekuningan pada area kulit dan putih mata.

Naproxen

Obat sakit gigi yang efektif selanjutnya adalah Naproxen yang masuk dalam golongan Obat Antiinflamasi Non Steroid atau OAINS. Sistem kerja dari obat antiinflamasi ini adalah dengan menghambat produksi zat atau senyawa prostaglandin. Karena senyawa tersebut bisa menyebabkan rasa sakit, sehingga produksi senyawa ini perlu dihambat. Di apotek, obat ini tersedia dalam bentuk kaplet yang bisa anda dapatkan setelah diresepkan dokter.

Perlu andaketahui, bahwa obat sakit gigi berlubang bisa menyebabkan efek samping yang umum dirasakan oleh orang yang mengonsumsinya. Berapa gejala yang timbul akibat terjadinya efek samping misalnya diare, perut kembung, mual, dan juga sembelit. Selain gangguan pencernaan, efek samping seperti kulit terasa gatal dan kemerahan, serta gangguan penglihatan juga mungkin terjadi. Untuk itulah sangat penting mengonsumsi Naproxen sesuai anjuran dari dokter terkait penyakit yang diderita.

Asam Mefenamat

Asamefenamat adalah salah satu jenis obat yang tentu sudah sering anda dengar penggunaannya. Obat ini sering menjadi pilihan bagi orang yang menderita sakit dan nyeri karena gigi berlubang. Karena di dalamnya terkandung anti inflamasi yang bisa meredakan rasa sakit dalam waktu cepat. Selain nyeri karena gigi berlubang, Asam Mefenamat juga bisa mengurangi nyeri di beberapa bagian tubuh lain.

Paracetamol

Obat sakit gigi berlubang yang satu ini pastinya sudah cukup sering anda dengar dan gunakan dalam untuk mengatasi berbagai gejala nyeri yang mungkin timbul. Salah satunya yakni nyeri yang disebabkan gigi berlubang sehingga menyebabkan pembengkakan pada gusi, area pipi, serta efek demam. Di pasaran, paracetamol juga biasa dikenal dengan nama acetaminophen.

Penggunaan obat ini relatif aman dikonsumsi oleh orang dewasa maupun anak-anak. Karena itulah saat ini banyak produsen obat yang memproduksi paracetamol anak dalam bentuk sirup. Meski begitu, penggunaan paracetamol pada anak sebaiknya mengikuti saran dokter. Begitu juga konsumsi paracetamol untuk nyeri sakit gigi dengan gejala yang parah dan nyeri hebat. Misalnya jika terjadi infeksi dan nyeri menjalar ke bagian kepala sehingga mengganggu aktifitas.

Baca juga artikel menarik lainnya : disini

Perlu andaketahui, bahwa obat sakit gigi berlubang yang sudah dijelaskan di atas cenderung berfungsi dalam mengurangi atau meredakan rasa sakit. Setelah mengonsumsinya beberapa jam, bisa jadi rasa nyeri akan kembali dirasakan. Hal ini bisa terjadi karena efek obat yang diminum tersebut sudah hilang. Maka dari itu, solusi paling tepat untuk mengatasi sakit gigi berlubang adalah dengan memeriksakan diri ke dokter gigi.

Dokter akan mengecek bagaimana kondisi lubang gigi anda, apakah mengalami gangguan yang ringan ataukah berat. Sehingga dokter bisa memberikan terapi menggunakan obat sakit gigi berlubang ataupun prosedur medis. Nah, supaya tak perlu merasakan sakit gigi dan mengikuti prosedur terapi, sebaiknya rutinlah memeriksakan kesehatan gigi. Setidaknya lakukan 2 kali dalam setahun agar gigi selalu sehat dan terhindar dari gangguan.

Tinggalkan komentar