obat sakit gigi berlubang dan ngilu

Pertolongan Pertama Dan Obat Sakit Gigi Berlubang – Rasa nyeri yang diakibatkan sakit gigi memang sangat mengganggu. Karena di dalam gigi terdapat saraf-saraf yang terhubung ke kepala dan seluruh tubuh. Sehingga jika gigi berlubang, saraf-saraf tersebut langusng terhubung ke rangsangan yang ada dari luar. Jadi tidak heran jika rasanya sangat nyeri dan menganggu. Lantaran saraf yang biasa terlindung di dalam lapisan keras gigi, tidak lagi memiliki tempat berlindung dari rasangan langsung. Sebagai pertolongan pertama, berikut obat atau bahan yang bisa digunakan untuk pertolongan pertama dan segera ke dokter untuk memeriksakan diri.

Ragam Produk Atau Bahan Untuk Pertolongan Pertama dan Obat Sakit Gigi Berlubang

Es Batu

Punya kulkas di rumah? Sediakan selalu es batu. Karena es batu mempunyai manfaat lain yakni untuk mengompres danĀ  mengurangi rasa sakit. Es batu dijadikan obat sakit gigi yang alami karena cukup sederhana penggunaannya, yakni dengan cara meletakan bongkahan es batu pada selembar kain bersih, kemudian ditempelkan pada pipi atau gigi si yang sakit. Lakukan selama 10 menit. Jika gusi terasa mulai nyeri, segera tempelkan lagi es batu. Tunggu beberapa menit hingga gusi terasa hilang rasa nyerinya.

obat sakit gigi berlubang
obat sakit gigi berlubang

Kompres Dengan Air Dingin

Tidak punya es batu? Jangan khawatir dan segera masukkan air dalam freezer kemudian tunggu hingga dingin. Karena tidak jarang, sakit gigi yang berlubang disertai dengan gusi yang bermasalah sehingga pipi menjadi membengkak. Jika terjadi hal tersebut, bisa dicoba mengompres pipi menggunakan air dingin atau es. Caranya, rendam kain ke dalam air dingin lalu tempelkan kain tersebut ke pipi si kecil dekat gigi yang sakit. Lakukan secara terus menerus hingga gigi berkurang nyerinya dan cara ini sudah dikenal sejak lama sebagai obat sakit gigi berlubang.

Air Garam

Meluncurlah ke dapur dan temukan garam, kemudian larutkan dengan air. Air garam bisa dijadikan sebagai obat saat gigi berlubang. Caranya yaitu dengan merendam satu sendok teh garam meja ke dalam segelas air hangat. Kemudian minta anak untuk berkumur-kumur dengan air larutan garam tersebut selama 30 detik. Larutan air garam mampu membunuh bakteri pada sekitar daerah yang sakit dan membuat penyembuhan menjadi lebih cepat. Cara ini patut dicoba jika sakit gigi terjadi.

Bawang Merah

Bawang merah adalah bumbu dapur yang paling sering digunakan dalam memasak. Bawang merah ternyata juga menyimpang manfaat yakni sebagai anti bakteri, sehingga efektif digunakan sebagai obat untuk sakit gigi yang aman digunakan. Cara penggunaanya yakni, bawang merah diparut, kemudian ditempelkan pada bagian gigi yang terasa sakit. Tunggu hingga 10 menit, setelah itu buang sisa bawang merah tersebut. Alternatif kedua untuk obat sakit gigi berlubang dengan cara bawang merah diiris menjadi dua bagian, kemudian gigit bawang merah tersebut pada bagian yang terasa nyeri.

Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh merupakan obat sakit gigi tradisional yang banyak digunakan orang sejak dulu. Kandungan euganol pada minyak cengkeh berfungsi sebagai anetesi alami yang mampu meredakan nyeri pada gigi. Cara menggunakannya, yaitu dengan meneteskan minyak cengkeh pada gulungan kapas kecil. Kemudian tempelkan kapas yang telah ditetesi minyak cengkeh tersebut pada gigi yang terasa sakit.

Cuka Apel

Cara mengatasi sakit gigi karena gigi berlubang berikutnya yaitu menggunakan cuka apel atau cuka dapur. Kandungan antimikrobal dan antibakteri pada cuka apel berfungsi sebagai obat sakit gigi berlubang. Cara menggunakannya, dengan melarutkan satu sendok makan cuka apel ke dalam satu gelas air. Lalu berkumur-kumurlah dengan air cuka apel tersebut. Bisa juga meneteskan cuka apel pada gulungan kapas kecil, kemudian tempelkan pada gigi yang sakit dan diamkan hingga rasa sakit reda.

Paracetamol

Paracetamol biasanya digunakan sebagai obat penurun panas atau demam. Namun, obat ini dapat digunakan sebagai pereda rasa sakit pada kepala dan juga gigi. Penggunaan paracetamol pada anak harus dengan dosis yang tepat, yaitu maksimal 500 mg sekali pakai dan maksimal 3 kali dalam sehari. Obat ini bisa diminum 4 sampai 6 jam sekali dalam kurun waktu 24 jam jika kondisi memburuk.

Ibuprofen

Selain paracetamol, ibu profen juga aman digunakan sebagai obat sakit gigi karena kandungan anti nyerinya bisa berguna untuk meredam rasa tidak nyaman di gigi. Ibuprofen dikonsumsi dalam 6 sampai 8 jam sekali. Berbeda dengan dosis obat paracetamol yang dosisnya 4 sampai 6 jam sekali. Gunakan obat sakit gigi berlubang ini sesuai dengan dosis yang tertera dalam kemasan atau konfimasikan pada petugas apotek yang ada.

Asam Mefenamat

Asam mefenamat merupakan salah satu obat yang dianjurkan untuk mengobati sakit gigi. Asam mefenamat berfungsi untuk mengobati rasa sakit dan peradangan pada sakit gigi yang tengah bengkak atau meradang. Asam mefenamat termasuk golongan anti inflamasi non steroid yang mampu mengurangi rasa nyeri tingkat ringan hingga tingkat sedang. Selain itu juga dapat mengatasi peradangan akibat penyakit tertentu. Obat ini tersedia dalam bentuk tablet dan sirup khusus untuk anak-anak.

Panadol Sirup

Jika anak-anak yang mengalami sakit gigi, maka jangan khawatir. Karena kini, Panadol mengeluarkan varian baru, yaitu berbentuk sirup dengan rasa raspberry yang manis. Di setiap mililiternya berisi 32 miligram paracetamol, yang berfungsi untuk menurunkan demam, sakit kepala, dan nyeri karena sakit gigi. Obat sakit gigi berlubang ini tersedia dalam kemasan 60ml dan 30ml yang dilengkapi dengan gelas takar atau pipet. Untuk anak berusia 2 sampai 3 tahun, berikan dosis sebanyak 1,5ml atau satu sendok takar. Sedangkan untuk anak berusia 4 sampai 5 tahun, berikan dosis sebanyak 5ml atau 1,5 sendok takar.

Proris

Menyediakan Proris di rumah bisa menjadi pertolongan pertama saat anak demam dan sakit gigi. Kandungan utamanya adalah ibuprofen yang berfungi sebagai obat antipiretik dan analgesik. Perlu diingat, berikan Proris sesuai dengan takaran yang dianjurkan. Karena ibuprofen memiliki dosis yang lebih tinggi, jika dibandingkan dengan paracetamol. Dan berhati-hatilah terhadap anak yang menderita gangguan ginjal, hati, penyakit asma, dan pembekuan darah. Berikan setelah makan dengan gelas takar yang sudah disediakan.

Perhatikan juga artikel lainnya disini.

Cataflam Drops

Obat sakit gigi berlubang selanjutnya adalah Cataflam Drops. Obat ini termasuk obat antinyeri golongan OAINS atau Obat Anti Inflamasi Non Steroid dengan kandungan utamanya diklofenak sodium. Senyawa aktif ini berfungsi untuk mengurangi rasa sakit serta pembengkakan, mulai dari yang ringan hingga sedang. Sehingga sering digunakan untuk mengatasi nyeri gigi. Namun, Cataflam Drops adalah obat keras. Pastikan mengikuti petunjuk penggunaan dengan benar.

Demikian ulasan mengenai beragam bahan dan obat sakit gigi berlubang yang bisa dengan mudah di temui di rumah dan apotek terdekat. Namun, jika gejala awal sudah mereda, jangan tunda untuk ke dokter karena gigi berlubang butuh perawatan lain untuk menyelamatkan sisa gigi yang ada. Selain itu, jaga selalu kesehatan gigi dengan sikat gigi dan pengaturan pola makan. Salam sehat.

About Ibnu Khamill

Check Also

penyebab kulit kering dan gatal

11 Penyebab Kulit Kering dan Gatal Paling Jarang Orang Sadari

Kulit kering dan gatal kerap kali orang alami bahkan hampir pernah dialami oleh semua orang,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *