Obat Sakit Gigi Berlubang Ampuh, Untuk Diterapkan di Rumah

By

Obat Sakit Gigi Berlubang Ampuh, Untuk Diterapkan di Rumah. Tidak ada yang suka berurusan dengan gigi berlubang. Karena tidak hanya rasanya saja yang menyakitkan, tapi ini juga bisa mempengaruhi kesehatan Anda secara keseluruhan. Kerusakan akibat gigi berlubang bisa menyebabkan rasa sakit yang sangat parah, dan jika terus dibiarkan akan mengakibatkan infeksi hingga kehilangan gigi.

Penyebab gigi berlubang biasanya meliputi banyak faktor termasuk: bakteri di mulut, terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman manis, dan jarang membersihkan gigi dengan baik. Kondisi ini banyak ditemui pada anak kecil, remaja, dan juga orang tua. Sementara itu, sampai saat ini belum ada obat yang benar-benar bisa menyembuhkan penyakit gigi melainkan hanya meredakan rasa sakitnya saja. Untuk itu cara yang tepat dalam melawan penyakit gigi adalah dengan mencegahnya.

obat sakit gigi berlubang
obat sakit gigi berlubang

Lubang pada gigi biasanya bermula dari lapisan lengket (plak) yang diakibatkan oleh berkembangnya bakteri di permukaan gigi. Bakteri ini berkembang dengan memakan gula dan menghasilkan asam yang merusak permukaan gigi hingga menciptakan lubang di bawahnya. Jika lubang ini sampai menembus dentin gigi, maka tidak ada obat sakit gigi berlubang rumahan yang bisa menyembuhkannya.

Sementara itu, Anda bisa menggunakan obat rumahan berikut untuk mengobati sekaligus mencegah gigi berlubang sebelum terlalu parah. Beberapa obat ini bekerja dengan cara re-mineralisasi area yang melemah pada email gigi Anda. Jadi proses ini bisa mencegah terbentuknya lubang agar tidak semakin parah.

Obat sakit gigi berlubang yang bisa dicoba dirumah

Konsumsi permen karet bebas gula

Mengunyah permen karet bebas gula setelah makan telah dipercaya secara klinis dapat membantu re-mineralisasi email gigi. Jadi, jangan takut mengunyah permen karet Anda karena tidak akan merusak gigi melainkan bisa jadi obat sakit gigi berlubang. Getah pada permen karet yang mengandung xylitol dipercaya secara luas dapat menstimulasi aliran saliva, meningkatkan pH plak, dan mengurangi bakteri pada gigi. Namun hipotesa ini masih butuh studi dalam jangka panjang.

Jika Anda mencari permen karet untuk kudapan di waktu senggang, maka pilihlah permen karet yang bebas gula. Permen ini biasanya mengandung senyawa yang disebut kaseinfosfopeptida-amorfkalsiumfosfat(CPP-ACP) yang telah terbukti dapat mengurangi bakteri mulut bahkan lebih baik dari permen karet xylitol biasa.

Tingkatkan vitamin D

Beberapa pakar kesehatan mengakitkan kondisi gigi berlubang dengan kurangnya vitamin D. Vitamin D ini dikenal baik dapat membantu menyerap kalsium dan fosfat dari makanan. Sementara kalsium ini sangat dibutuhkan untuk menjaga gigi Anda tetap sehat. Untuk itulah banyak suplemen dengan kandungan vitamin D yang dijual sebagai obat sakit gigi berlubang. Namun vitamin D tidak didapatkan dari suplemen saja, Anda bisa memperolehnya dari produk susu, yogurt, atau langsung dari sinar matahari.

Sikat dengan pasta gigi ber-fluoride

Fluoride memainkan peran penting dalam mencegah gigi berlubang dan re-mineralisasi email gigi. Menurut banyak sumber yang bisa dipercaya, menyikat gigi secara teratur dengan pasta gigi ber-fluoride dapat mencegah gigi berlubang. Namun sebagian besar hipotesa ini hanya berlaku baik pada anak-anak atau remaja, sehingga perlu adanya studi lebih lanjut untuk orang dewasa dan orang yang lebih tua.

Berkumur dengan garam

Sudah bukan rahasia umum lagi, jika garam dapat dijadikan obat sakit gigi berlubang. Garam dipercaya memiliki kandungan anti-bakteri dan anti-inflamasi yang dapat meringankan gejala sakit gigi berlubang. Namun hati-hati dengan penggunaan garam pada anak-anak, karena kandungan pH garam yang tinggi bisa saja merusak email gigi.

Untuk mendapatkan khasiat dari garam maka cukup larutkan satu sendok makan garam kedalam air. Kemudian pakai air garam ini sama seperti saat Anda memakai obat kumur. Dengan berkumur menggunakan larutan garam, maka sakit yang ditimbulkan dari gigi berlubang akan sedikit mereda dalam waktu tertentu. Untuk itu, jika rasa sakitnya tidak kunjung membaik maka segera bawa ke dokter gigi.

Hindari makanan manis

Tidak ada obat sakit gigi berlubang yang bisa mengembalikan rongga gigi, jadi berhentilah makan apapun yang dapat menambah kerusakan gigi. Makanan dan minuman manis biasanya merupakan faktor risiko paling tinggi untuk kasus gigi berlubang. Jadi akan lebih baik jika Anda mengurangi asupan gula hingga kurang dari 10 persen dari total asupan kalori yang Anda butuhkan setiap hari.

Namun jika Anda tidak bisa mengontrol asupan gula pada makanan Anda, maka cobalah untuk tidak mengudap makanan manis sepanjang hari. Karena setelah kandungan gula hilang pada permukaan gigi, maka email gigi Anda akan memiliki peluang untuk re-mineralisasi. Tetapi jika Anda terus menerus makan gula, maka gigi Anda tidak mendapat kesempatan untuk re-mineralisasi.

Memanfaatkan minyak tradisional

Sebagian orang percaya bahwa minyak wijen dan minyak kelapa bisa dijadikan obat sakit gigi berlubang. Caranya dengan menggunakan minyak untuk berkumur selama 20 menit, namun jangan ditelan. Beberapa klaim mengatakan jika menggunakan minyak ini dapat menarik racun dari tubuh (meskipun tidak ada bukti yang kuat). Namun dalam sebuah percobaan klinis kecil, dikatakan bahwa minyak wijen yang dibuat untuk berkumur bisa mengurangi jumlah bakteri, plak, dan radang gusi pada mulut sama efektifnya seperti obat kumur chlorhexidine.

Memanfaatkan akar tanaman licorice

Ekstrak dari tanaman licorice China (Glycyrrhiza uralensis) dipercaya dapat memerangi bakteri yang bertanggung jawab atas gigi berlubang, namun butuh penelitian lebih lanjut akan hal ini. Pada penelitian kecil yang sudah ada, mereka menggunakan ekstrak licorice dalam lollipop untuk menunjukkan bahwa akar tanaman ini efektif untuk mengurangi bakteri mulut dan mencegah gigi berlubang, dan hasilnya sangat signifikan.

Kompres dengan air dingin

Sakit gigi yang muncul tiba-tiba memang sangat menyakitkan, terlebih jika rasa sakitnya tidak kunjung hilang. Untuk itu, cobalah gunakan kompres air dingin sebagai obat sakit gigi berlubang. Menggunakan air dingin ini dipercaya cukup efektif untuk menenangkan saraf-saraf Anda yang menegang akibat lubang pada gigi. Namun jangan terlalu lama menerapkan air dingin ini, cukup lakukan sekitar 15 menit saja, karena jika berlebihan bisa menyebabkan rahang Anda menegang.

Baca juga artikel menarik lainnya : disini

Bawang merah dan bawang putih

Baik bawang merah maupun bawang putih dipercaya mengandung anti-septik dan anti-bakteri alami yang dapat meredakan nyeri akibat gigi berlubang. Caranya cukup dengan mengoleskan bawang merah atau bawang putih halus ke area gigi yang sakit. Atau jika memungkinkan maka Anda juga bisa mengunyah bawang ini secara langsung untuk membersihkan semua bakteri yang ada di mulut.

Mengingat gigi berlubang tidak bisa disembuhkan, kecuali dengan cara medis. Maka akan lebih baik jika Anda mampu menjaga kesehatan gigi dengan lebih baik. Namun jika sakit gigi berlubang Anda kambuh tiba-tiba maka bisa mencoba sebagian alternative obat sakit gigi berlubang di atas untuk meredakan rasa nyerinya. Jika tidakkunjung sembuh, maka cobalah untuk memeriksakannya ke dokter gigi yang terdekat.

Tinggalkan komentar