Obat Sakit Gigi Anak yang Praktis dan Alami Serta 3 Penyebabnya

By

Obat Sakit Gigi Anak yang Praktis dan Alami Serta 3 Penyebabnya – Obat yang praktis dan alami sangat dibutuhkan oleh orang tua. Memiliki anak yang baru tumbuh gigi harus ekstra hati-hati. Kebersihan gigi harus dijaga setiap hari dengan gosok gigi minimal dua kali sehari. Setelah anak menggosok giginya, orang tua juga harus memeriksa, memastikan gigi anak sudah benar-benar bersih atau belum.

Karena biasanya anak kurang teliti saat menggosok gigi sendiri. Mereka ingin cepat selesai, buru-buru ingin bermain air, dan tidak suka gosok gigi karena cenderung ingin muntah bagi yang tidak suka dengan aroma pasta giginya. Sekali saja gigi anak dibiarkan berlubang kecil, jika tidak segera ditambal sebelum lubangnya menembus email gigi, maka dapat dipastikan anak akan merasa kesakitan dan nyeri luar biasa.

obat sakit gigi anak
obat sakit gigi anak

Jika sudah demikian, anak cenderung susah makan dan menghidari segala jenis makanan yang harus masuk ke perutnya. Kondisi ini menyebabkan anak mudah salit karena kurangnya asupan makanan yang masuk ketubuh. Perkara sakit gigi bagi orang dewasa terasa sangat menyiksa. Apalagi bagi anak-anak? Itulah mengapa kita perlu mengetahui obat sakit gigi anak yang praktis dan alami.

Orang tua sebaiknya tidak panik ketika menghadapi anak yang mengalami sakit gigi. Tentu perlu dipahami bahwa sakit gigi tidak terjadi tiba-tiba. Pasti ada sebab yang menyertainya. Penting untuk mengetahui sebab sakit agar dapat menangani masalah sakit gigi pada anak dengan tepat. Selain itu, orang tua perlu melakukan pencegahan sejak dini agar anak terhindar dari sakit gigi dan tidak perlu mengalami nyeri luar biasa.

Obat sakit gigi anak tentu tidak diperlukan jika upaya pencegahan telah dilakukan sejak dini. Setidaknya, risiko sakit gigi setelah dilakukan upaya pencegahan jauh lebih kecil dibanding jika orang tua abai terhadap kebersihan gigi dan mulut anaknya. Upaya pencegahan yang dapat dilakukan diantaranya adalah mencukupi kebutuhan kalsium anak dan memastikan kebersihan gigi dan mulut anak terutama sebelum tidur.

Penyebab sakit gigi pada anak

Sakit gigi baik pada anak maupun orang dewasa dapat ditandai dengan adanya pembengkakan pada gusi, gusi kemerahan, dan adanya lubang yang menembus email gigi. Rasa sakit yang ditimbulkan akibat gigi berlubang disebabkan oleh adanya saraf gigi yang terbuka dan rentan tersentuh dengan benda asing karena tidak lagi dilindungi oleh email atau lapisan keras gigi paling luar.

Kasus terbanyak sakit gigi pada anak disebabkan oleh gigi berlubang. Memberi obat sakit gigi anak dengan sembarangan tanpa meneliti penyebabnya hanya akan memperparah kondisi dan tidak menyelesaikan masalah. Biasanya orang tua panik ketika anak mulai sakit gigi tanpa meneliti penyebabnya, padahal selama ini kurang memperhatikan kebersihan gigi anaknya terutama setiap selesai makan dan sebelum tidur. Penyebab sakit gigi pada anak yang biasa muncul adalah:

Tumbuh gigi baru

Tidak hanya anak-anak yang bisa merasakan demam, tubuh terasa lemas, dan enggan beraktifitas ketika ada gigi yang baru akan atau sedang tumbuh. Orang dewasa pun demikian, terutama ketika akan tumbuh geraham paling belakang. Rasanya ingin sekali mencegah pertumbuhan gigi baru jika mungkin terjadi. Sakit akibat tumbuh gigi baru tidak direkomendasikan untuk mengonsumsi obat karena merupakan peristiwa alami. Baik anak maupun orang dewasa hanya perlu makan dengan gizi cukup agar gigi baru dapat tumbuh sempurna.

Pembusukan sisa makanan di antara sela gigi

Makanan yang tersisa dalam rongga mulut baik dengan atau tanpa gosok gigi dapat berakibat fatal. Bakteri dalam rongga mulut akan mengubah sisa makanan yang biasanya tertinggal di antara sela gigi menjadi asam. Zat asam inilah yang menempel dan merusak email gigi sehingga membuatnya berlubang. Meskipun lapisan email gigi cukup tebal, pembusukan yang terus menerus dapat menghabiskan lapisan email dan jika terjadi pada anak membuat orang tua membutuhkan obat sakit gigi anak.

Proses pembersihan gigi sangat penting dan menjadi kunci pencegahan sakit gigi. Orang tua harus ekstra mengawasi kebersihan gigi anaknya setiap selesai digosok. Ini untuk memastikan tidak ada makanan yang tersisa dan mengalami pembusukan. Sisa makanan yang tertinggal di sela gigi membuat bakteri berpesta dan mengubahnya menjadi asam yang merusak email gigi. Jika hal ini terjadi berkali-kali setiap hari, email gigi rusak dan saraf gigi terbuka, maka sakit gigi tidak akan bisa dihindari.

Infeksi

Infeksi pada gigi atau gusi yang dialami oleh anak menyebabkan sakit dalam rongga mulut. Terjadinya infeksi dalam rongga mulut dapat ditandai dengan adanya bengkak pada gusi atau ruang di sekitar gigi dan mulut. Dalam kondisi ini obat sakit gigi anak sangat dibutuhkan untuk mengurangi nyeri dan rangkaian obat lain seperti antibiotik untuk menyembuhkan infeksi.

Infeksi pada gigi dan mulut dapat dicegah dengan makan makanan bergizi seimbang, cukup kalsium dan kebutuhan tubuh lainnya. Selain itu, olahraga penting untuk melancarkan peredaran darah termasuk ke area sekitar mulut. Kondisi tubuh yang sehat adalah tindakan preventif agar kuman yang masuk ke tubuh ketika beraktifitas sehari-hari dapat ditangkal dan tidak berbahaya bagi tubuh, sehingga infeksi dapat dihindari.

Obat sakit gigi anak yang praktis dan alami

Jika sakit gigi akhirnya harus terjadi pada anak, maka tindakan pengobatan harus segera dilakukan. Hal ini untuk mencegah sakit yang lebih parah dan menular dari satu gigi ke gigi lainnya. Jika dibiarkan maka gigi anak rentan habis dan hanya tersisa akarnya saja. Obat sakit gigi anak perlu dipilih yang praktis dan alami agar dapat langsung dipalikasikan ketika anak mengalami sakit gigi. Berikut beberapa rekomendasi yang dapat diikuti tergantung pada kondisi: air hangat, minyak cengkeh, air dingin, bawang putih, getah daun jarak dan obat pereda nyeri.

Berkumur dengan air hangat dicampur sedikit garam adalah cara tradisional mengatasi sakit gigi yang populer. Larutan garam akan membunuh kuman dalam rongga mulut dan meredakan nyeri pada gigi. Minyak cengkeh adalah atsiri yang diekstrak dari buah cengkeh dan minyak zaitun. Minyak ini bermanfaat untuk menghilangkan nyeri namun tidak disarankan untuk digunakan setiap hari karena dapat merusak membran mukosa.

Perhatikan juga artikel lainnya disini.

Obat sakit gigi anak juga dapat menggunakan air dingin untuk mengompres gusi yang bengkak. Bawang putih yang tinggi antioksidan dapat dipotong dan ditempel pada gigi yang sakit untuk meredakan nyeri. Selain itu, getah daun jarak juga dapat diteteskan pada gigi anak yang sakit untuk menghilangkan nyeri. Beberapa obat alami tersebut dapat diperoleh dengan mudah di lingkungan rumah.

Jika beberapa alternatif di atas tidak membuahkan hasil seperti yang diinginkan, maka obat pereda nyeri dapat digunakan oleh anak dalam dosis rendah. Obat pereda nyeri hanya berfungsi meredakan nyeri pada gigi, bukan mematikan saraf atau menghilangkan rasa sakit gigi di waktu yang lain. Untuk kasus yang lebih parah anak dapat dibawa ke dokter gigi dan diperiksa lebih lanjut agar mendapat penanganan yang tepat.

Observasi yang dilakukan oleh dokter gigi akan menentukan jenis dan dosis obat sakit gigi anak yang tepat untuk dikonsumsi. Tindakan klinis mungkin juga perlu dilakukan pada kondisi gigi anak yang terinfeksi atau berlubang, dengan menambal atau memberi antibiotik yang tepat. Untuk itu penting bagi orang tua mengenalkan anak pada dokter gigi agar terbiasa menjaga keberihan dan kesehatan gigi sejak dini.

Tinggalkan komentar