Obat Sakit Gigi Alami Tradisional yang Masih Eksis Hingga Sekarang

By

Obat Sakit Gigi Alami Tradisional yang Masih Eksis Hingga Sekarang. Ketertarikan pada produkalami, organik, dan tumbuhan hijau di banyak industri (termasuk kedokteran gigi dan kesehatan alternatif) telah menjadi bisnis yang bernilai milyaran rupiah. Belum lagi, kini banyak juga orang vegetarian yang selalu mencari solusi alami untuk permasalahan kesehatan mereka seperti sakit gigi.

Untuk itu, kami disini akan memberitahu Anda beberapa rahasia penyembuhan sakit gigi alami yang masih bertahan dalam ujian waktu. Apa yang digunakan orang pada zaman dulu untuk menghilangkan rasa sakit gigi dan apakah ini masih digunakan? Lalu apa manfaat ramuan ini dalam meredakan atau mengobati kondisi mulut? Berikut ini adalah penjelasannya.

obat sakit gigi alami
obat sakit gigi alami

Obat Untuk Sakit Gigi Alami

1. Minyak thyme

Minyak thyme adalah obat sakit gigi alami yang sudah lama digunakan oleh orang Romawi dan Yunani kuno. Obat ini berasal dari tumbuhan Thymus vulgaris, yang masih termasuk anggota keluarga tanaman mint. Minyak thyme secara topical dapat membantu meredakan rasa sakit, nyeri, dan juga keseleo. Kandungan pada minyak thyme ini dipercaya dapat menaikkan darah ke permukaan kulit sehingga dapat mengurangi rasa nyeri, dan ini bisa diaplikasikan juga pada sakit gigi.

2. Cabe rawit

Di beberapa bagian Amerika Selatan, Meksiko, dan pulau-pulau Karibia, cabe rawit dikenal sebagai obat penawar yang sangat kuat untuk mengobati sakit gigi. Terutama karena cabai rawit memiliki kandungan capsaicin yang bisa memberikan rasa panas dan meredakan nyeri. Untuk menggunakannya maka cabut bagian atas cabai rawit ini dan buang bijinya. Haluskan cabai tersebut dan beri sedikit air. Lalu terapkan pasta cabai ini pada gigi yang sakit dengan menggunakan bantuan kapas.

3. Biji adas

Biji adas digunakan oleh orang Mesir sebagai obat sakit gigi alami dengan berbagai cara. Biasanya mereka mengunyah biji adas ini untuk membantu meringankan sakit gigi dan minum the adas untuk meningkatkan pencernaan, batuk, serta untuk meredakan sakit kepala. Untuk menggunakannya sebagai teh, maka pukul biji ini sampai memar kemudian seduh pada air mendidih selama 10 menit. Setelah selesai maka saring biji adas ini untuk mendapatkan ramuan teh yang sehat.

4. Minyak cengkeh

Tanaman cengkeh yang berasal dari Indonesia ini banyak dipakai oleh negara-negara Eropa untuk membuat minyak atsiri. Hasilnya mereka mendapatkan minyak cengkeh yang dapat dipakai langsung pada gigi yang sakit. Ekstrak dari kuncup bunga cengkeh kering (eugenol) adalah zat yang bersifat analgesic alami dan dipercaya bisa meringankan rasa sakit pada gigi setelah sengatan awal yang cukup pedas.

Obat Sakit Gigi Alami Untuk Gusi Bengkak dan Berdarah

1. Witch hazel

Witch hazel adalah salah satu obat tradisional Amerika yang memiliki banyak manfaat, diantaranya untuk kesehatan kulit dan mengurangi pembengkakan. Obat sakit gigi alami ini berasal dari tanaman Hamamelis virginiana yang diekstrak (dalam bentuk daun kering, ranting, dan kulit kayunya), kemudian disuling agar bisa dipasarkan dalam bentuk air hamamelis. Air ini bisa dijadikan obat kumur untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi, serta bisa mengurangi pembengkakan yang diakibatkan oleh sakit gigi.

2. Akupresur

Akupresur adalah teknik pemijatan kuno dari China yang dipercaya bisa menghentikan pendarahan pada gusi. Pemijatan ini dilakukan dengan memberikan tekanan pada titik Hoku (jaringan antara jari telunjuk dan ibu jari) untuk menghentikan pendarahan dalam tubuh, termasuk gusi. Anda bisa melakukannya selama satu kali, namun ini tidak dianjurkan untuk wanita hamil karena bisa merangsang kontraksi rahim.

3. Akar jelatang

Di Rusia dan Balkan, akar jelatang sering dijadikan obat sakit gigi alami untuk meredakan rasa sakit dan mengurangi pembengkakan pada gusi. Mereka biasanya merebus akar jelatang bubuk dan kunyit kedalam satu liter susu segar. Setelah itu, mereka mencelupkan kain besar dan bersih untuk dijadikan kompres dari ramuan tersebut. Mereka menerapkan ini pada pipi yang bengkat saat masih hangat, dan mengulangi kembali saat kompres tersebut sudah dingin.

Obat Untuk Gusi yang Meradang

1. Arnica

Di negara seperti Inggris, Prancis, dan Jerman, tanaman arnica telah digunakan sebagai obat tradisional selama lebih dari 200 tahun. Bahkan baru-baru ini (dalam 50 tahun terakhir atau lebih), tanaman ini terbukti memberikan penyembuhan luka pada pasien gigi. Anda bisa mendapatkan ekstrak tanaman ini dalam bentuk gel yang bisa dibeli di toko-toko online. Selain bisa menyebuhkan radang gusi, ini juga bisa mengurangi rasa sakit pada gigi sensitif.

2. Licorice

Selama lebih dari 5.000 tahun, orang China telah menggunakan licorice (Glycyrrhiza glabra dan Glycyrrhiza uralensis) untuk obat sakit gigi alami. Obat yang mengandung licorice ini dianggap bisa meredakan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh borok aphthous (sariawan). Namun ini tidak dianjurkan untuk orang yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi.

3. Bunga calendula

Bunga calendula adalah obat andalan rakyat Eropa yang banyak digunakan untuk masalah kesehatan, termasuk gigi. Orang Perancis biasanya menggunakan jus calendula encer sebagai obat kumur untuk meredakan radang pada gusi. Sementara di Swiss, Belgia, dan Belanda, mereka menggunakan the calendula sebagai obat kumur untuk menenangkan gusi yang sensitif.

4. Blueberry

Blueberry (Vaccinium myrtillus) adalah obat sakit gigi alami yang sangat berharga. Bahkan sampai saat ini, banyak obat kumur yang dibuat dari blueberry untuk membantu meredakan peradangan pada gusi. Untuk membuat ramuan ini, maka Anda bisa mengambil beberapa blueberry segar atau tanpa pemanis, kemudian buat pasta dari blueberry ini dengan menggunakan sedikit air. Selanjutnya oleskan pasta blueberryini di atasgusi yang meradang. Simak obat ampuh lainnya disini.

Obat Untuk Peradangan, Karies, dan Periodontitis

1. Akar Blackberry

Penyakit periodontitis dan gigi yang longgar selalu menjadi masalah, terutama untuk orang yang mengalami radang gusi. Namun selama berabad-abad yang lalu, ahli jamu dari Inggris memiliki solusi unik untuk masalah ini. Mereka menggunakan akar blackberry dan merebusnya dalam cuka selama setengah jam.

Obat sakit gigi alami yang terbuat dari ekstrak akar blackberry dan cuka hangat ini kemudian diberikan kepada pasien periodontitis. Pasien ini dianjurkan untuk mencuci gigi dengan cairan ekstrak akar blackberry selama tiga kali sehari. Hasil dari studi tersebut menunjukkan bahwa setelah tiga minggu, gigi pasien periodontitis ini tidak lagi goyah atau longgar.

2. Lavender

Orang di Inggris menggunakan ekstrak lavender untuk mengawetkan gigi mereka dari penyakit periodontitis agar tidak mudah lepas. Mereka percaya bahwa dengan merebus segenggam tanaman lavender kedalam air mendidih dan menjadikannya sebagai obat kumur dapat mengawetkan gigi. Namun Anda harus menyaring dan mendinginkan ramuan ini terlebih dahulu.

Sakit gigi selalu menjadi bagian dari kondisi manusia. Untuk itu, ada kebutuhan dari leluhur kita yang cenderung menggunakan solusi yang hari ini kita anggap sebagai “alternatif”. Obat sakit gigi alami ini mungkin tidak semuanya bekerja, namun sebagian dari mereka cukup efektif.

Tinggalkan komentar