Obat Sakit Gigi Alami untuk Mengatasi Gigi Berlubang

Ada banyak macam obat sakit gigi alami untuk mengatasi sakit gigi. Mengalami sakit gigi dapat menyebabkan orang kehilangan nafsu makannya. Bahkan bila mengalami sakit gigi juga menyebabkan sakit kepala, sakit di bagian pipi, nyeri pada gusi dan masih banyak lagi. Saat sakit gigi tentu obat menjadi solusi utama untuk mengurangi rasa sakit pada gigi dan nyeri pada gusi Obat  yang digunakan berbagai macam ada yang alami atau ada yang membeli di apotek. Banyak yang mengetahui sakit gigi menjadi penyakit yang paling banyak dialami.

Sakit gigi dapat disebabkan karena gigi berlubang. Selain gigi berlubang ada lagi penyebab sakit gigi antara lain gigi sensitif, tumbuhnya gigi geraham, retaknya gigi, dan ada banyak lagi. Ada beberapa cara yang tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun yakni cara alami yang dapat mengatasi sakit gigi karena gigi berlubang. Berikut ini beberapa bahan yang ada di rumah yang bisa mengatasi gigi berlubang yang mengakibatkan sakit pada gigi.

Obat Sakit Gigi yang Bisa Diperoleh Di Rumah

Garam

Selain diberikan obat, salah satu obat sakit gigi yang paling ampuh adalah berkumur kumur dengan larutan garam yang bisa mengurangi sakit pada gigi, nyeri pada gusi ,dan dan bisa mengatasi gigi berlubang. Garam juga mengandung anti-inflamasi dan anti-bakteri yang bisa dijadikan obat untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri pada gusi, garam juga bisa mengatasi gigi berlubang yang bisa mengakibatkan sakit gigi. Caranya adalah dengan larutkan satu sendok garam ke dalam satu gelas air.

obat sakit Gigi
obat sakit Gigi

Setelah selesai garam dilarutkan, gunakan untuk berkumur-kumur hingga rasa sakitnya sedikit menghilang. Berkumur air garam juga dapat membersihkan gigi dari bakteri dan menarik keluar cairan yang menjadi penyebab kebengkakan. Larutan garam juga bisa memberikan dari sisa sisa makanan yang ada di sekitar gigi.

Bawang putih

Bawang putih mengandung anti bakteri yang dapat digunakan sebagai obat sakit Gigi alternatif. Kandungan yang ada di dalam bawang putih dapat dipercaya membersihkan kuman di sekitar gigi. Bawang putih juga dipercaya dapat mengurangi peradangan yang dapat mengakibatkan sakit gigi. Bawang putih juga mengandung allicin saat bawang putih dikunyah ataupun dicincang. Kandungan ini dipercaya dapat melawan penyakit yang ada pada gigi.

Untuk mengeluarkan kandungan allicin cukup dikupas dan di cincang. Meski alami bawang putih juga beresiko jika digunakan terlalu lama, resiko yang dapat ditimbulkan adalah iritasi pada bagian gigi. Bawang  putih bila digunakan terlalu lama akan muncul rasa panas di gusi, setelah bawang putih dikeluarkan berkumur dengan air supaya mengurangi rasa panas pada gusi.

Daun jambu biji

Daun jambu biji bisa dikatakan dengan obat sakit gigi karena banyak mengandung zat anti radang, antimikroba, dan pereda nyeri. Karena inilah, daun jambu biji bisa dijadikan sebagai obat  paling ampuh yang ada di rumah. Caranya cukup dengan melipat atau menggulung satu sampai dua lembar daun jambu biji yang sudah dicuci. Setelah dicuci daun jambu biji dikunyah hingga ekstraknya keluar.

Kamu juga bisa mencincang atau menghaluskan beberapa lembar daun jambu biji dan meletakkannya di dalam gelas, setelah dimasukkan ke dalam gelas siram dengan air mendidih. Setelah larutan ini agak dingin, gunakan larutan ini untuk kumur kumur. Meski cara ini sudah sangat sering digunakan sebagai cara alternatif, masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan khasiat bahan yang digunakan alami. Sehingga, Anda perlu lebih berhati-hati dalam menggunakan larutan ini.

Minyak cengkeh

Minyak cengkeh juga banyak yang mempercayai sebagai salah satu obat sakit gigi yang paling ampuh. Minyak ini dapat mengurangi nyeri pada gusi dan peradangan. Kemampuan ini didapat berkat eugenol yang terkandung di dalam minyak cengkeh. Eugenol merupakan zat antiseptik alami yang terkandung di dalam minyak cengkeh. Cara menggunakan minyak cengkeh tidaklah sulit. Kamu bisa menuangkan beberapa tetes minyak cengkeh ini pada kapas, setelah kapas sedikit basah tempelkan pada gigi yang terasa sakit.

Kamu juga dapat dicampur dengan sedikit minyak zaitun atau air pada kapas yang sama, sebelum kapas ditempelkan pada gigi yang sakit dan juga nyeri pada gigi. Jangan tempelkan kapas yang sudah dicelupkan ke minyak cengkeh terlalu lama jika tidak ingin jaringan gigi mengalami iritasi atau peradangan. Jika kamu ingin menjadikan minyak cengkeh ini sebagai obat kumur, kamu bisa menuangkan beberapa tetes minyak cengkeh dalam segelas air hangat Lalu berkumur.

Kompres dengan es batu

Jika kamu sakit gigi disebabkan oleh radang gusi yang disertai pembengkakan, kamu bisa menggunakan es batu karena bisa menjadikan obat sakit gigi yang berguna untuk membantu dalam meredakan sakit gigi. Untuk melakukan dengan cara dikompres dengan es batu, kamu cukup membungkus beberapa es batu ke dalam handuk atau kain bersih, lalu es batu yang sudah dibungkus ditempelkan pada sisi gigi yang sakit. Jika kamu tidak mempunyai es batu, kamu juga bisa menggantinya dengan sayuran beku. Ulangi langkah langkah ini tiap beberapa jam sekali agar sakit gigi mereda.

Berkumur menggunakan larutan cuka

Hal ini bisa dilakukan dengan cara berkumur menggunakan larutan cuka. Jika kamu tidak berminat dengan larutan air garam, mungkin cara ini bisa jadi pilihan untuk mengobati sakit gigi. Cuka dapur dan cuka apel  sama sama mengandung sifat antibakteri dan antimikroba yang ampuh dalam membunuh bakteri penyebab sakit gigi. Jika kamu menggunakan cara ini, jangan berkumur kumur dengan cuka murni. Asam dari cuka murni juga bisa merusak lapisan enamel gigi jika terpapar langsung.

Maka larutkan dulu setengah sendok teh cuka ke dalam segelas air hangat. Setelah larutan sudah jadi kumur dan tahan di bagian gigi yang sakit selama kurang lebih tiga puluh detik. Setelah berkumur segera buang larutan cuka. Apabila kamu tidak kuat dengan rasa asam dari cuka, kamu bisa teteskan cuka pada kapas dan tempel kapas pada gigi yang sakit selama beberapa detik. Setelah selesai segera berkumur dan sikat gigi seperti biasa dengan pasta gigi khusus gigi sensitif. Cara cara tersebut merupakan salah satu obat sakit gigi yang sangat ampuh juga.

Baca juga artikel menarik lainnya : disini

Jahe

Salah satu rempah yang dapat meredakan sakit gigi adalah jahe. Beberapa kandungan pada jahe dapat dipercaya mampu mengobati gigi berlubang yang menyebabkan sakit gigi. Jahe mengandung antibiotik alami yang efektif meredakan rasa nyeri pada gusi. Tidak hanya itu saja, beberapa kandungan lainnya juga dapat menghangatkan tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Cara menggunakan jahe terbilang sangat mudah untuk menghilangkan sakit gigi, cukup geprek jahe terlebih dahulu dan tempelkan ke area gigi yang mengalami sakit dan nyeri pada gusi. Hal ini bisa dilakukan berulang-ulang hingga gigi terasa jauh lebih baik daripada sebelumnya.

Nah itu saja beberapa obat sakit Gigi bagi kamu yang sedang mengalami gigi berlubang yang mengakibatkan sakit gigi.

About Aziza Linda Verra

Check Also

pexels photo 351448 min

Grow Local Business With Online Marketing

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *