Obat Sakit Gigi Alami yang Aman Untuk Ibu Hamil

Obat Sakit Gigi Alami yang Aman Untuk Ibu Hamil. Sebagian besar wanita hamil mengantisipasi banyak ketidaknyamanan selama kehamilan, seperti mual di pagi hari, kaki bengkak, kelelahan dan sebagainya. Namun ketika datang ke sakit gigi, masalah ini membuat mereka lengah. Padahal sakit gigi ini tidak lain karena adanya penumpukan plak akibat perubahan hormon selama kehamilan.

Selama kehamilan tubuh Anda akan mengalami perubahan karena adanya peningkatan hormon estrogen dan progesteron. Peningkatan hormon ini dapat menyebabkan gejala seperti mual dan muntah yang mana dapat membuat Anda rentan terhadap plak gigi. Penumpukan plak yang tidak terkendali akan menyebabkan peradangan dan pendarahan gusi atau kondisi yang sering disebut sebagai gingivitis.

obat sakit gigi alami
obat sakit gigi alami

Menurut suatu sumber yang bisa dipercaya, kondisi gingivitis ini telah mempengaruhi hingga 75 persen wanita saat hamil. Jika ini terjadi, maka kegiatan makan atau minum Anda akan terganggu untuk sementara waktu. Sementara itu, menggunakan obat penghilang rasa sakit tidak akan sesuai dengan kondisi Anda saat hamil. Untungnya, Anda bisa menggunakan obat sakit gigi alami untuk mencegah ginggivitis dan kemungkinan periodontitis selama kehamilan.

Obat Sakit Gigi Alami Paling Efektif Untuk Ibu Hamil

1.   Cengkeh

Penggunaan minyak cengkeh atau cengkeh bekerja dengan baik dalam kasus masalah gigi dan gusi selama kehamilan. Ini merupakan antiseptik alami yang efektif dan dapat menghilangkan infeksi bakteri dengan cepat. Jika Anda mengalami sakit gigi saat hamil, maka cobalah untuk mengunyah cengkeh atau oleskan minyak cengkeh di gigi dan gusi Anda yang meradang. Untuk penggunaan yang lebih efektif, maka bisa juga dengan merendam bola kapas di dalam minyak cengkeh, kemudian letakkan di atas area yang paling menyakitkan.

2.   Delima

Delima merupakan obat sakit gigi alami yang dikenal memiliki sifat anti-bakteri yang kuat, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan mulut agar tetap baik. Anda bisa mengkonsumsi 30 ml jus buah delima setiap hari untuk mengurangi tumpukan plak gigi di mulut. Cara ini juga dipercaya dapat mengurangi infeksi bakteri penyebab sakit gigi. Namun pastikan jusnya segar, dan jangan menambahkan gula ke dalamnya. Gunakan itu sebagai langkah pencegahan dan Anda dapat mencegah penumpukan plak selama kehamilan.

3.   Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh (tea tree oil) dikenal sebagai salah satu perawatan yang paling dapat diandalkan untuk masalah gigi. Ini juga aman digunakan saat kehamilan. Kandungan minyak ini memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri, yang membuatnya menjadi pilihan tepat untuk mengatasi radang gusi dan membunuh mikroorganisme penyebab infeksi. Caranya, cukup campurkan empat tetes minyak pohon teh ke dalam 90 ml air, lalu gunakan larutan ini sebagai obat kumur setiap hari.

4.   Aloe Vera

Tanaman multi talenta dan bernilai ini tentu saja merupakan salah satu pilihan terbaik obat sakit gigi alami selama kehamilan. Kandungan tanaman ini terdiri dari 99 persen air dan memiliki berbagai sifat penyembuhan yang sangat luar biasa. Aloe vera juga dipercaya memiliki sifat antibakteri, antijamur dan antimikroba.

Selama kehamilan (ketika gusi menjadi sangat sensitif), maka kandungan aloe vera sangat bermanfaat untuk membantu mengurangi peradangan, pembengkakan, dan pendarahan gusi. Manfaat ini bisa didapat dari jus aloe vera, suplemen, gel, obat kumur, atau pasta gigi yang mengandung aloe vera. Pilih yang menurut Anda sesuai kebutuhan.

5.   Bawang Putih

Bawang putih telah membuktikan dirinya sebagai obat sakit gigi alami yang sangat efektif untuk wanita hamil. Ini bisa digunakan dengan mudah dan dapat menggantikan peran antibiotik dan pereda rasa sakit selama kehamilan. Caranya, kupas satu siung bawang putih dan kunyah langsung atau oleskan di area yang sakit. Kandungan antibiotik alami pada bawang putih akan membunuh bakteri di daerah yang terinfeksi dan mengurangi rasa sakit tanpa efek samping.

6.   Baking Soda

Bahan yang umum digunakan di setiap dapur ini adalah penetral berbagai asam yang menyebabkan infeksi gusi di mulut. Anda bisa mengandalkannya untuk mengurangi masalah gigi selama kehamilan, namun jangan terlalu berlebih. Caranya, celupkan sikat gigi basah Anda ke dalam bubuk soda lalu gunakan sebagaimana Anda menyikat gigi. Anda juga bisa mengaplikasikannya sebagai obat kumur, setidaknya 2-3 kali sehari.

7.   Daun mimba (intaran)

Selama berabad-abad, daun mimba (intaran) telah digunakan masyarakat India untuk mengobati iritasi dan radang gusi. Ini adalah obat sakit gigi alami yang aman bagi wanita hamil. Sifat antimikroba dari daun ini dapat mencegah penumpukan plak dan juga membantu menghentikan pendarahan pada gusi. Anda bisa mengunyah satu atau dua daun mimba setiap hari setelah makan untuk mencegah infeksi jamur dan bakteri.

Selain itu, daun mimba juga memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat yang membuatnya sempurna untuk mengobati masalah gigi dan gusi yang terjadi selama perubahan hormon. Untuk hal ini Anda juga bisa mengaplikasikannya sebagai obat kumur, dan ini terbukti lebih baik daripada obat medis karena tidak ada efek sampingnya.

8.   Kunyit

Karena kunyit merupakan obat sakit gigi alami yang memiliki banyak sifat terapeutik, maka kunyit ini harus dikombinasikan dengan bahan lain untuk mengobati masalah gigi. Kunyit sendiri dipercaya dapat mengobati masalah gigi seperti infeksi dan peradangan karena mengandung curcumin.

Untuk mengambil manfaat curcumin ini maka campurkan satu sendok teh bubuk kunyit dan setengah sendok teh minyak mustard serta garam. Campurkan bahan ini sehingga membentuk pasta, lalu oleskan dengan cara memijat pada bagian yang terasa sakit, setidaknya dua kali sehari untuk hasil yang lebih baik.

9.   Minyak kelapa / minyak wijen

Minyak kelapa adalah obat sakit gigi alami, yang banyak dijadikan metode tradisional untuk menjaga kesehatan mulut selama kehamilan. Selain minyak kelapa, Anda juga bisa menggunakan minyak wijen untuk melakukan ini. Baik minyak kelapa atau minyak wijen memiliki sifat antimikroba dengan kadar yang tinggi, jadi ini lebih disukai untuk meringankan infeksi pada gusi dan gigi.

Selain itu kedua minyak ini juga dapat menghasilkan antioksidan yang bisa menghancurkan mikroba berbahaya pada mulut. Untuk menggunakannya maka kumur minyak ini di mulut Anda selama kurang lebih 10 menit, pastikan setiap sudut mulut tercapai. Kemudian muntahkan dan bersihkan mulut Anda dengan air. Lakukan ini setiap hari agar infeksi seperti gingivitis dan periodontitis dapat segera teratasi. Simak obat ampuh lainnya disini.

10. Susu

Susu adalah obat sakit gigi alami yang dapat mencegah sekaligus menjaga kesehatan gusi dan gigi. Kandungan pada susu seperti vitamin K dan kalsium dapat membantu memperkuat gigi dan gusi. Ini juga dapat menenangkan peradangan gusi dan mengurangi ketidaknyamanan yang disebabkan oleh gingivitis. Untuk memaksimal hasil maka minumlah susu hangat setidaknya dua kali sehari saat kehamilan, namun jangan lupa membersihkan mulut Anda setelahnya agar tidak terjadi penumpukan plak gigi.

Semua obat sakit gigi alami yang disebutkan di atas dapat digunakan untuk tindakan pencegahan sekaligus bantuan segera untuk mengatasi gingivitis selama kehamilan. Ini cukup aman dan efektif, namun jika rasa sakitnya masih menetap maka lebih baik hubungi dokter untuk mendapatkan perawatan sesegera mungkin.

About Aziza Linda Verra

Check Also

obat sakit gigi anak

Sebelum Bunda Memberikan Obat Sakit Gigi Anak Ada 5 Penanganan Pertama Sakit Gigi

Sebelum Bunda Memberikan Obat Sakit Gigi Anak Ada 5 Penanganan Pertama Sakit Gigi. sakit gigi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.