Cara Memaksimalkan Bawang Putih Untuk Obat Sakit Gigi Alami

Cara Memaksimalkan Bawang Putih Untuk Obat Sakit Gigi Alami. Sakit gigi dapat terjadi karena beberapa alasan, termasuk gigi berlubang, gusi yang terinfeksi, gigi sensitif, atau karena flossing yang terlalu agresif. Apa pun alasannya, sakit gigi ini bisa membuat Anda tidak nyaman dan ingin segera sembuh. Dalam kebanyakan kasus, Anda mungkin harus mengunjungi dokter untuk melakukan pemeriksaan gigi. Namun ada cara yang lebih mudah yang bisa Anda lakukan di rumah untuk meringankan rasa sakit gigi. Salah satunya yakni dengan bawang putih.

Anda mungkin menganggap bawang putih hanya sebagai bahan pokok untuk bumbu masakan. Padahal, kualitas bahan ini telah dipakai selama berabad-abad untuk meredakan sakit gigi. Salah satu senyawa dalam bawang putih yang dapat membantu dalam hal ini adalah allicin. Ini adalah senyawa yang memiliki sifat antibakteri dan antimikroba, yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab sakit gigi. Biasanya, allicin ini dapat ditemukan dalam bawang putih segar setelah dihancurkan atau dipotong.

obat sakit gigi alami
obat sakit gigi alami

Cara Menggunakan Bawang Putih untuk Obat Sakit Gigi Alami

1. Kunyah dalam bentuk segar

Kandungan allicin untuk obat sakit gigi alami biasanya bersifat sementara, dan khasiatnya akan hilang jika bawang putih tidak lagi segar. Untuk itu mengunyah langsung irisan bawang putih akan memberikan efek yang lebih maksimal. Masukkan setengah irisan bawang putih ke dalam mulut Anda (di dekat gigi yang sakit),  kemudian gigit dan giling bawang tersebut untuk melepaskan allicin dari bawang. Perlu Anda ketahui, pelepasan allicin ini akan memberikan sensasi menyengat atau terbakar saat pertama kali menyentuh gigi yang sakit.

2. Buat pasta bawang putih

Jika mengunyah bawang putih terlalu ekstrim untuk Anda lakukan, maka cobalah untuk membuat pasta bawang putih.  Gunakan mortar atau bagian belakang sendok untuk menghancurkan bawang putih ini. Lalu oleskan dengan menggunakan bantuan kapas ke bagian gigi yang sakit. Namun perlu diingat,  jangan pernah menjejalkan bawang putih terlalu jauh ke dalam gigi (terutama pada gigi berlubang) sehingga gigi tidak macet dan memperparah keadaan.

3. Campurkan dengan garam

Campuran bawang putih dan garam akan menghasilkan obat sakit gigi alami yang sangat ampuh untuk meringankan sakit gigi. Caranya, haluskan satu siung bawang putih dan sedikit garam dalam mortar. Buat menjadi pasta halus. Setelah itu oleskan sedikit campuran ini langsung ke gigi yang sakit. Jangan terlalu banyak mengaplikasikannya karena bisa menimbulkan sensasi terbakar yang kuat.

Biarkan pasta ini berada di dalam gigi Anda selama beberapa menit, lalu bilas dengan air garam hangat. Air garam atau air asin ini akan membantu menghilangkan infeksi dan membunuh bakteri dalam mulut Anda, selain itu air ini juga dapat meringankan sensasi terbakar yang tersisa dari pasta bawang putih yang Anda pakai.

4. Campurkan dengan selai kacang

Untuk Anda yang menginginkan obat sakit gigi alami yang tidak pahit maka bisa menggunakan campuran bawang putih dan selai kacang. Selai kacang dipercaya mengandung zat yang disebut resveratrol, yaitu antibiotik alami dan antioksidan yang dapat digunakan sendiri untuk obat sakit gigi. Namun khasiat dari selai kacang ini tidak cukup kuat dan kurang efektif dibandingkan bawang putih.

Jadi dengan memadukan kedua bawang putih dan selai kacang akan membuat rasanya lebih enak, tanpa mengurangi khasiatnya. Caranya, campurkan satu sendok teh bawang putih halus dengan jumlah yang sama dengan selai kacang. Lalu oleskan pasta ini secara bebas di sekitar gigi yang sakit. Biarkan selama beberapa menit lalu bilas dengan air garam hangat.

5. Kombinasikan dengan cengkeh

Kombinasi obat sakit gigi alami dari cengkeh dan bawang putih bisa Anda gunakan untuk mengurangi rasa sakit gigi yang cukup parah. Ini bisa Anda gunakan untuk mengurangi peradangan dan pengurangan nyeri abses. Untuk menggunakannya maka letakkan setengah potongan bawang putih dan setengah cengkeh di kedua sisi gusi atau gigi yang sakit. Lalu gosok secara perlahan antara 7-10 menit.

Anda mungkin merasakan rasa sakit yang menyengat saat pertama kali menggosoknya. Namun setelah rasa sakit ini mulai mereda, maka kunyah bawang putih dan cengkeh ini dengan gigi yang sakit agar bisa melepaskan lebih banyak ramuan penyembuhnya. Biasanya rasa sakitnya akan hilang dalam 15-30 menit. Manfaat lain dari mengunyah cengkeh dan bawang yaitu dapat memperkuat gigi yang lemah, dan memungkinkannya untuk menyembuhkan infeksi pada gigi.

6. Buat obat kumur bawang

Ini mungkin terdengar sedikit kotor, namun bisa menghasilkan obat sakit gigi alami yang sebenarnya cukup menguntungkan. Caranya hancurkan empat siung bawang putih ke dalam cangkir ukuran standar. Selanjutnya tambahkan satu sendok teh garam dan isi dengan air panas. Aduk campuran ini dengan baik, lalu tunggu sampai mendingin.

Minum sedikit demi sedikit campuran larutan ini, dan kibaskan di sekitar mulut Anda yang sakit lalu muntahkan. Anda bisa melakukan ini beberapa kali sehari, meskipun Anda harus sadar bahwa itu mungkin akan menimbulkan bau mulut saat bernapas. Namun ini adalah campuran yang kuat dan bisa meringankan sakit gigi dengan cepat.

7. Gunakan bubuk bawang putih

Kandungan allicin pada bubuk bawang putih mungkin tidak sebesar pada bawang putih segar, namun ini patut dicoba jika Anda tidak memiliki alternatif bawang putih segar di rumah Anda. Obat sakit gigi alami ini mungkin sedikit lebih menyengat, jadi siapkan cotton bud untuk mengoleskannya. Basahi ujung cotton bud dengan air lalu oleskan pada bubuk bawang putih. Usapkan ini perlahan ke area yang sakit, lalu biarkan selama beberapa menit sampai rasa sakitnya mereda sebelum dibilas dengan air garam hangat.

8. Campurkan dengan yoghurt

Jika ada banyak peradangan dan pembengkakan di daerah rahang karena infeksi abses, sariawan, atau kondisi lain pada gigi,  maka Anda bisa mengobatinya dari dalam. Berbeda dengan solusi di atas, Anda mungkin harus menelan bawang putih mentah ini untuk membantu melawan infeksi dari dalam tubuh dan meringankan pembengkakan lebih cepat. Simak obat ampuh lainnya disini.

Bawang putih adalah obat sakit gigi alami dengan antibiotik yang luar biasa. Ini sangat efektif untuk menyembuhkan berbagai penyakit tanpa ada efek samping, tidak peduli seberapa sering Anda menggunakannya. Jadi meskipun mentah,  Anda masih bisa memakannya (dengan syarat tertentu). Adapun cara untuk menelan bawang putih ini yaitu dengan menghaluskan dulu 3-4 siung bawang mentah lalu dicampurkan dengan sajian yoghurt polos.

Itulah langkah-langkah yang bisa Anda gunakan untuk meringankan sakit gigi dengan bawang putih. Meskipun bawang putih ini terbukti dapat digunakan sebagai obat sakit gigi alami,  namun perhatikan lagi penggunaannya. Waspadai risiko lain dari bawang putih mentah, seperti: dapat menimbulkan kembung, bau mulut, sakit perut, sensasi terbakar di mulut, refluks asam, atau reaksi alergi. Untuk itu,  segera periksakan ke dokter manakala sakit gigi Anda belum kunjung sembuh.

About Aziza Linda Verra

Check Also

manfaat tapak liman

11 Manfaat Tapak Liman dari Mengatasi Diare sampai Kanker

sumbersehat.com - Manfaat tapak liman telah digunakan sejak lama sebagai obat herbal beragam penyakit yang sangat efektif dalam penyembuhannya. Kandungan beberapa senyawa bioaktif, bahan kimia alami dan minyak essential

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *