Daftar 16 Obat Kolesterol Alami Buah dan Sayuran Paling Bagus, Aman dan Murah

Jenis obat kolesterol alami buah dan sayuran ada banyak. Mulai dari tanaman sehari-hari, hingga jenis buah langka nan mahal. Ada baiknya kita mengetahui berbagai obat kolesterol alami buah dan sayuran tersebut. Karena, pengetahuan mengenai obat alami untuk kolesterol punya peran yang cukup penting dalam kehidupan sehari-hari.

Mengenal jenis obat kolesterol alami buah dan sayuran bisa dilakukan dengan mudah. Jenisnya banyak dan juga bisa dibeli secara mudah di pasar tradisional atau swalayan. Lalu, apa saja pilihan terbaik obat kolesterol alami buah dan sayuran? Berikut ini beberapa jenis obat kolesterol alami buah dan sayuran yang bisa jadi pilihan.

1. Obat Kolesterol Alami Buah dan Sayuran

Buah memang bahan makanan yang sehat bagi tubuh. Banyak dokter dan ahli kesehatan yang menyarankan untuk mengonsumsi banyak buah agar tubuh jadi sehat. Ada banyak jenis buah yang mampu membantu mengobati penyakit kolesterol. Berikut ini beberapa jenis buah yang cocok untuk penyakit kolesterol.

Strawberry

Jenis buah pertama yang dapat membantu mengobati atau mengatasi kolesterol adalah strawberry. Buah yang punya cita rasa asam manis ini memang digemari berbagai kalangan karena rasanya yang lezat. Selain enak, buah berwarna merah ini juga menyehatkan. Kandungan polyphenols yang tinggi pada strawberry berguna untuk menurunkan serangan jantung serta kolesterol. Untuk mendapatkan manfaatnya, kita bisa memakannya langsung atau membuatnya jadi jus.

Apel

Buah yang sering dimakan sebagai penutup mulut ini juga punya manfaat untuk mengatasi kolesterol. Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa konsumsi apel secara rutin dan teratur bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kandungan antioksidan yang cukup tinggi pada buah apel juga berguna untuk membuat jantung jadi lebih sehat. Sangat disarankan untuk makan apel secara langsung, tanpa diolah lagi.

Alpukat

Buah alpukat yang identik dengan rasa manis sepat juga punya banyak manfaat bagi kesehatan. Terutama kesehatan yang menyangkut jantung dan kolesterol. Alpukat dari banyak penelitian dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol secara maksimal. Selain mengatasi kolesterol, alpukat juga berfungsi untuk mencegah penyakit kanker dan stroke. Untuk mendapatkan manfaatnya, alpukat bisa dimakan secara langsung tanpa perlu dibuat jus dulu.

Pisang

Buah yang mengenyangkan ini juga sangat cocok dikonsumsi untuk mengatasi kolesterol. Pisang adalah buah yang mengandung banyak vitamin dan zat yang bagus bagi tubuh. Pisang konon mampu mengikat zat-zat berbahaya penyebab kolesterol. Pisang ini juga sangat cocok sebagai menu diet utama. Dengan rasa enak dan mengenyangkan, pisang jadi buah utama yang cocok bagi yang ingin diet sekaligus menurunkan kolesterol.

Guava atau Jambu Merah

Buah tropis satu ini sangatlah berguna dalam berbagai hal. Jambu merah memiliki zat bernama flavonoid yang punya efek baik untuk kesehatan jantung. Kemudian kandungan serat yang tinggi pada jambu merah juga mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh kita.

Ceri

Ceri adalah buah yang biasa jadi tambahan di berbagai makanan penutup seperti puding dan kue. Selain enak, ceri ternyata juga jadi obat yang ampuh untuk kolesterol. Ceri punya kandungan zat bernama antosianin. Zat antosianin ini bermanfaat sebagai antioksidan yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Konsumsi ceri secara tepat dapat memberikan manfaat besar untuk kesehatan, terutama dalam menanggulangi kolesterol.

Mangga

Vitamin C juga ikut berperan dalam menurunkan kolesterol dalam tubuh. Untuk itu, sangat disarankan untuk mengonsumsi buah yang mengandung banyak vitamin C. Contohnya adalah buah manga. Buah yang punya daging berwarna kuning ini sangat cocok dijadikan sebagai makanan penutup yang mampu menurunkan kadar kolesterol pada tubuh.

2. Sayuran Penurun Kolesterol

Selain buah-buahan, sayuran juga punya peran amat penting dalam mengatasi kolesterol dalam tubuh. Ada sejumlah sayuran yang sangat direkomendasikan kepada para penderita kolesterol tinggi. Berikut ini adalah beberapa jenis sayuran yang cocok dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Okra

Sayuran yang punya bentuk unik ini punya berbagai manfaat luar biasa bagi tubuh. Salah satunya untuk mengatasi tingginya kolesterol pada tubuh. Kalori pada okra sangatlah rendah. Serat yang tinggi pada okra juga mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Jika sering mengonsumsinya, kolesterol pada tubuh bisa terjaga dan tak terus meninggi.

Tomat

Sayuran yang identik dengan warna merah menyala ini sangatlah populer di Indonesia. Ia jadi sayuran pelengkap dan bumbu masak sehari-hari. Tomat punya kandungan antioksidan yang lumayan tinggi yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Jangan lagi ragu untuk mengonsumsi tomat karena sayuran tersebut sangatlah bermanfaat.

Oats

Dokter dan ahli gizi akan selalu menyarankan orang yang punya kolesterol tinggi untuk menigngalkan nasi untuk berganti mengonsumsi oats. Oats adalah bahan makanan yang tinggi serat dan rendah lemak. Dengan fakta seperti itu, jangan heran jika oats selalu direkomendasikan untuk mengatasi kolesterol. Makan oats secara teratur akan membuat kadar kolesterol tetap terjaga serta jantung selalu sehat.

Rempah-rempah

Rempah-rempah yang jumlah dan jenisnya sangat banyak juga jadi andalan utama untuk mengatasi kolesterol. Berbagai macam rempah-rempah khas Indonesia seperti jahe, kunyit, daun mint, hingga kencur bisa jadi bahan untuk menurunkan kolesterol pada tubuh. Hal itu bisa terjadi karena kandungan antioksidan yang amat tinggi pada rempah-rempah.

Bayam

Sayuran yang juga populer di kalangan ibu rumah tangga ini juga jadi asupan baik untuk para penderita kolesterol tinggi. Menurut banyak penelitian, bayam punya kemampuan untuk menurunkan kadar gula darah dan membantu mengatasi kolesterol. Mulai sekarang, jangan ragu untuk sering mengonsumsi sayur bayam untuk konsumsi sehari-hari.

Terong

Di Indonesia, terong juga jadi sayuran yang amat populer. Sayuran yang punya warna ungu dan hijau ini kerap dimasak atau dijadikan lalapan di samping sambel terasi. Namun tahukah bahwa terong punya manfaat yang baik untuk mengatasi kolesterol? Dari beberapa penelitian, terong terbukti bisa menurunkan kolesterol pada tubuh karena efek anti inflamasi yang dimilikinya.

Labu

Sayuran yang mengenyangkan ini punya kandungan serat yang tinggi. Di sisi lain, kalori yang dimiliki labu juga sedikit. Fakta ini membuat labu jadi bahan makanan yang sangat tepat bagi para penderita kolesterol tinggi.

Aneka Biji-bijian

Berbagai sayur biji-bijian juga amat penting dalam upaya menurunkan kolesterol pada tubuh. Ada beberapa macam jenis biji-bijian yang bisa dikonsumsi dan memberikan efek baik dalam mengatasi kolesterol. Beberapa contohnya adalah kacang hijau, kedelai, dan kacang merah. Jenis kacang tersebut bisa dimasukkan ke dalam daftar makanan sehat untuk menurunkan kolesterol.

Demikianlah obat kolesterol alami buah dan sayuran yang bisa dicoba. Jika ingin mengatasi kolesterol dengan mudah dan cepat. Maka deretan obat kolesterol alami buah dan sayuran yang sudah disebutkan tadi sangat bisa diandalkan untuk mengatasi kolesterol. Obat-obat ini selain mudah didapatkan juga memiliki harga yang lebih murah.

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

cara mengatasi sakit kepala sebelah

8 Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Tanpa Obat, Coba Yuk!

sumbersehat.com – Cara mengatasi sakit kepala sebelah tanpa obat, sangat penting untuk diketahui. Pasalnya, penggunaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *