5 Khasiat Obat Herbal Kumis Kucing, Ampuh Mengatasi Penyakit!

sumbersehat.com – Obat herbal kumis kucing adalah salah satu obat herbal yang cukup dikenal khasiatnya bagi kebugaran dan kesehatan tubuh. Obat herbal ini memiliki manfaat yang sangat beragam dan tidak dapat disepelekan. Masyarakat meyakini khasiat kumis kucing sebagai pengobatan tradisional. Hal ini pun telah dipercaya secara turun temurun.

Obat herbal kaya manfaat ini dihasilkan dari tanaman yang memiliki nama latin Orthosiphon aristatus. Tanaman ini dikenal luas oleh masyarakat dengan nama kumis kucing. Tanaman kumis kucing dapat hidup dan tumbuh dengan baik di daerah dengan tanah yang banyak mengandung humus. Kumis kucing, baik dalam bentuk alami maupun yang sudah diekstrak dapat membantu menyembuhkan berbagai penyakit.

obat herbal kumis kucing
obat herbal kumis kucing

Kandungan Obat Herbal Kumis Kucing

Seperti yang disebutkan di atas, tanaman kumis kucing dapat membantu menyembuhkan berbagai penyakit. Hal ini dikarenakan terdapat sejumlah kandungan kumis kucing berupa senyawa aktif didalamnya. Senyawa aktif inilah yang akan berproses dalam metabolisme tubuh apabila dikonsumsi dengan baik dan teratur sesuai kebutuhan. Berikut ini adalah beberapa senyawa kandungan kumis kucing:

Flavonoid

Dalam tanaman kumis kucing terdapat kandungan senyawa Flavonoid. Flavonoid merupakan salah satu senyawa yang bersifat antioksidan. Disamping itu, senyawa flavonoid ini juga merupakan senyawa kimia yang bersifat antibakteri. Sehingga, jika dikonsumsi dan diproses dalam tubuh, senyawa ini akan membantu menghambat pertumbuhan bakteri dalam tubuh.

Terpenoid

Terpenoid merupakan salah satu senyawa yang dapat membuat suatu tumbuhan punya rasa yang pahit. Karena rasa pahit itu, senyawa ini mampu membunuh bakteri dengan menghambat perkembanganya. Biasanya terpenoid membuat serangga atau bakteri enggan hinggap.

Alkaloid

Obat herbal kumis kucing juga mengandung Alkaloid yang dapat berperan untuk membantu menolak bakteri untuk masuk ke dalam tubuh. Alkaloid bekerjasama dengan Terpenoid dan Flavonoid dapat menjadi antibakteri yang ampuh dalam hal menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh manusia.

Saponin

Senyawa berikutnya dalam kandungan kumis kucing adalah Saponin. Senyawa ini juga berperan sebagai antibakteri maupun anti fungi (anti jamur). Disamping perannya tadi, Saponin juga dapat membantu menurunkan kolesterol serta menghambat pertumbuhan tumor.

Polifenol

Obat herbal kumis kucing dapat mencegah penyakit kardiovaskular. Ini karena di dalam tanaman kumis kucing juga terdapat Polifenol. Polifenol memiliki manfaat yang sangat banyak bagi tubuh, termasuk menurunkan gula darah, meningkatkan kemampuan daya ingat otak, serta membantu meminimalisir resiko kanker. Polifenol juga dapat membantu merawat pencernaan agar tetap sehat.

Myonositol

Berikutnya, dalam tanaman kumis kucing ada senyawa myonotisol. Myonotisol adalah zat yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh agar tetap sehat. Zat ini mengambil peran sebagai zat yang mampu meningkatkan sensitivitas insulin. Myonotisol juga berfungsi untuk menurunkan kemungkinan kanker dan mengobati penderita kanker.

Kalium

Selain itu, tanaman kumis kucing juga mengandung mineral dalam bentuk Kalium yang membantu menurunkan tekanan darah. Fungsi lain dari Kalium adalah menjaga kesehatan jantung, menjaga kepadatan tulang, serta berperan dalam membantu mengatasi kram otot.

Fosfat

Fosfat adalah zat berikutnya yang terkandung dalam tanaman kumis kucing. Fosfat dapat mendukung pertumbuhan tulang dan gigi, serta memperbaikinya sehingga tidak mudah dimakan usia. Disamping itu, fosfat membantu menjalankan fungsi saraf dan kontraksi otot.

Inilah Khasiat Obat Herbal Kumis Kucing untuk Kesehatan

Tanaman kumis kucing banyak dimanfaatkan sebagai ramuan herbal tradisional. Masyarakat biasa mengkonsumsi tanaman kumis kucing untuk berbagai keperluan kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat dan khasiat yang bisa didapat dengan mengkonsumsi obat herbal kumis kucing :

1. Manfaat kumis kucing untuk batu ginjal

Konsumsi herbal kumis kucing dapat membantu penderita batu ginjal untuk sembuh. Manfaat kumis kucing untuk batu ginjal dapat dirasakan setelah Anda mengkonsumsinya secara tepat dan berkala, sesuai anjuran dokter.

Ramuan herbal kumis kucing bekerja dengan cara menghancurkan batu ginjal di dalam tubuh. Dalam hal ini, tanaman kumis kucing yang dikonsumsi adalah yang berukuran kecil atau kurang dari 5 cm karena kandungannya sangat kuat dan ampuh mengobati batu ginjal.

2. Khasiat Obat Herbal Kumis Kucing untuk Mengatasi Infeksi Saluran Kemih

Manfaat obat herbal kumis kucing yang tak kalah mengesankan adalah membantu menyembuhkan infeksi pada saluran kemih. Ramuan herbal ini bekerja membersihkan bagian traktat pada saluran kemih.

Sehingga dapat meredakan infeksi dan membunuh bakteri maupun jamur pada saluran kemih. Biasanya, orang yang menderita penyakit infeksi saluran kemih meminum air rebusan kumis kucing untuk dapat membantu proses pengobatannya.

3. Mengatasi Rematik

Enzim flavonoid yang terkandung dalam tanaman kumis kucing memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Dalam hal ini, manfaatnya yaitu adanya kemampuan untuk meredakan gejala encok serta rematik. Dengan mengkonsumsi ramuan kumis kucing, permasalahan rematik dapat berangsur-angsur terselesaikan.

4. Obat Herbal Kumis Kucing Sebagai Anti Jamur

Khasiat kumis kucing berikutnya yang sangat bermanfaat bagi tubuh adalah kemampuannya yang bertindak sebagai anti jamur. Sebagai tanaman yang mengandung senyawa anti jamur, kumis kucing dapat membunuh pertumbuhan jamur dan menyingkirkan parasit yang mencoba tumbuh di bagian tubuh manusia.

5. Sebagai Anti Bakteri

Kumis kucing memiliki senyawa seperti alkaloid, flavonoid, fenol yang bekerjasama melakukan fungsinya yakni melawan bakteri. Dengan mengkonsumsi tanaman kumis kucing secara rutin, bakteri yang tumbuh dan berkembang dalam tubuh dapat teratasi secara bertahap.

Cara Mengkonsumsi Obat Herbal Kumis Kucing

Obat herbal kumis kucing dapat dirasakan khasiat dan manfaatnya bila Anda mengkonsumsinya dengan cara yang tepat. Ada beberapa cara yang dapat digunakan, mulai dari yang alami hingga cara modern yang lebih praktis. Anda bisa memilih satu dari beberapa cara berikut yang paling Anda yakini dapat mengaktifkan zat-zat di dalam kumis kucing:

Rebusan kumis kucing

Cara pertama adalah dengan merebus sekitar 4-5 lembar kumis kucing. Kemudian air rebusannya bisa Anda konsumsi untuk pengobatan.

Minuman herbal kumis kucing

Siapkan kira-kira 45 gram tanaman kumis kucing dan 135 ml air matang. Campur keduanya, lalu haluskan dengan cara diblender, saring ampasnya, dan tuang airnya ke dalam gelas. Minuman herbal nan sehat pun siap dinikmati.

Ekstrak kumis kucing

Ini merupakan cara modern yang lebih praktis, yaitu menggunakan ekstrak kapsul ataupun daun kumis kucing yang telah dikeringkan. Daun kumis kucing yang telah dikeringkan dapat Anda seduh seperti menyeduh teh. Agar lebih nikmat dan terasa khasiatnya secara maksimal, habiskan teh ekstrak tersebut selagi hangat.

Efek Samping Obat Herbal Kumis Kucing

Hati-hati bila mengkonsumsi obat herbal ini berlebihan atau dengan cara yang salah, karena dapat meningkatkan kadar glukosa darah. Kondisi ini akan menjadi berbahaya dan dapat meningkatkan kadar urea darah, sehingga bukan manfaat kesehatan yang Anda dapatkan, tetapi justru gangguan pada saluran kemih dan ginjal.

Nah, ulasan singkat mengenai obat herbal kumis kucing di atas akan menambah daftar obat herbal kaya manfaat yang bisa Anda gunakan untuk menjaga kesehatan. Namun jangan lupa pula untuk mengimbanginya dengan olahraga rutin dan makanan makanan bergizi.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat daun salam untuk wanita

6 Manfaat Daun Salam Untuk Wanita, Nomor 5 Sangat Menggoda

sumbersehat – Berita tentang manfaat daun salam untuk wanita sempat tenar beberapa waktu lalu. Sejak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *