5 Jenis Obat Herbal Kanker Tulang Paling Aman dan Tanpa Efek Samping

By

Kanker tulang adalah salah satu kanker yang jarang ditemui, hanya 1% dari seluruh penderita kanker. Jenis kanker ini menyerang tulang di seluruh tubuh. Tapi lebih banyak menyerang tungkai, lengan dan panggul. Kanker tulang dapat dialami oleh semua usia, mulai dari anak-anak sampai dengan dewasa. Untuk kanker ini lebih banyak menyerang anak-anak dan remaja, persentasenya 3% dari penderita kanker. Kanker ini sangat berbahaya, tapi jangan takut di sekitar kita sebenarnya ada obat herbal kanker tulang yang dijamin tanpa efek samping.

A. Gejala Kanker Tulang

Sebelum lanjut, kita harus tahu bagaimana sih gejala kanker tulang. Simak penjelasannya dibawah ini!

  • Nyeri
  • Pembengkakan
  • Tulang menjadi rapuh sehingga risiko patah tulang meningkat
  • Penurunan berat badan secara signifikan, tanpa disertai sebab yang jelas
  • Di malam hari muncul keringat
  • Badan menjadi mudah lelah
  • Demam
  • Timbul kebas atau mati rasa, ini terjadi jika kanker menjangkiti di tulang belakang dan menekan saraf
  • Sesak napas, jika sel  kanker tulang menyebar ke paru-paru.

B. Penyebab Kanker Tulang

Kanker tulang sendiri penyebabnya belum diketahui secara jelas. Namun diduga, ini disebabkan oleh mutasi gen pengendali pertumbuhan sel. Hal tersebut menyebabkan pertumbuhan sel tidak terkendali sehingga membentuk kanker pada tulang. Kanker yang terbentuk di tulang, secara perlahan dapat menyebar ke bagian tubuh lain melalui aliran darah atau aliran getah bening.

C. Diagnosis Untuk Kanker Tulang

Selain dari gejala yang terlihat, untuk memastikan anda memerlukan pemeriksaan lanjutan. Untuk pemeriksaan lanjutannya antara lain :

  • Foto Rontgen

untuk mengetahui kerusakan tulang yang terjadi dapat dilihat dari pemeriksaan foto Rontgen. Pemeriksaan ini akan menunjukan kepada dokter, apakah kerusakan atau gejala pada penderita kanker tulang.

  • Computerised tomography (CT) scan

CT scan merupakan jenis pemeriksaan sinar X secara komputerisasi untuk menghasilkan gambar tiga dimensi  bagian tubuh. Pemeriksaan ini  dilakukan untuk melihat penyebaran kanker ke bagian yang lain.

  • Magnetic resonance imaging (MRI)

Pemeriksaan MRI dapat digunakan untuk menunjukan  ukuran kanker, dan penyebaran kanker tersebut.

  • Pemeriksaan nuklir

Untuk beberapa case, dokter dapat menggunaan bahan radioaktif ke dalam pembuluh darah dan memeriksanya dengan pemeriksaan Sinar X. Bahan radioaktif akan diserap oleh jaringan yang terkena kanker sehingga dokter dapat melihat jaringan anker.

  • Biopsi

Pemeriksaan ini merupakan pemeriksaan dengan mikroskop untuk sampel tulang yang terserang kanker.  Metode ini merupakan metode terakurat untuk mendeteksi kanker tulang.

D. Stadium Dari kanker Tulang

Penyakit kanker tulang seringkali membentuk benjolan tumor. Makin lama waktu tumor akan membesar dan penyebaran sel kanker makin besar.

Untuk mempermudah dokter mengobati kanker, maka penyakit ini dikategorikan menjadi beberapa stadium

Adapun stadium tulang ini dibagi menjadi:

  • Stadium 1: tumor ukuran kurang dari 8 cm
  • Stadium 2: tumor berukuran lebih dari 8 cm dan mulai agresif
  • Stadium 3: lebih dari satu tumor berada pada tulang yang sama
  • Stadium 4: Lebih dari satu tumor pada tulang, dan telah menyebar ke organ lain, seperti paru-paru, otak, atau jantung

E. Obat Herbal Kanker Tulang Alternatif

Untuk pengobatan kanker tulang sendiri secara medis modern yaitu melakukan pembedahan dan kemoterapi. Tapi perawatan medis tersebut mempunyai efek samping.

Oleh karena itu, penderita kanker sering mencari alternatif pengobatan yang tidak mempunyai efek samping. Salah satu pilihan alternatif untuk pengobatannya adalah menggunakan  pengobatan melalui tanaman herbal. Adapun beberapa jenis obat herbal kanker tulang di antaranya adalah:

1. Obat Herbal Kanker Tulang Sarang Semut

Tanaman herbal yang baru-baru ini sedang banyak dicari untuk melawan kanker ialah Sarang Semut Papua, dan herbal inilah yang akan kami bahas di sini.

Tanaman yang direkomendasikan untuk menjadi obat herbal kanker yang pertama adalah Sarang Semut Papua. Tanaman herbal ini merupakah tanaman asli indonesia. Pada tahun 2006, tanaman ini pertama kali  diperkenalkan sebagai obat herbal yang bisa mengobati kanker.

Tanaman ini masuk kedalam spesies Myrmecodia pendans. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) telah menyelidiki tanaman ini dan diketahui mengandung senyawa yang dapat membasmi kanker. Flavonoid merupakan salah satu senyawa yang banyak dikandung tanaman sarang semut papua.

Dikutip dari artikel ilmiah dengan judul “Flavonoids: A versatile source of anticancer drugs”, flavonoid memiliki cara-cara kerja yang berperan dalam membasmi sel-sel kanker, antara lain :

  • Inaktivasi karsinogen :  membuat karsinogen tidak aktif, zat karsinogen merupakan pemicu kanker di dalam tubuh
  • Anti-proliferasi: memberikan hambatan dari proses perbanyakan sel-sel abnormal pembentuk kanker
  • Penghambatan siklus sel: sebuah proses di mana siklus pembelahan sel-sel abnormal pembentuk kanker dihambat
  • Proses Induksi apoptosis serta diferensiasi: proses ini merangsang saat-saat pertama proses kematian sel yang sudah terprogram, hal inilah sisi positifnya karena yang mendesak sel-sel kanker bereaksi dan lebih cepat mati
  • Inhibisi angiogenesis: begitu juga proses pembentukan pembuluh darah baru pada peristiwa ini ternyata dapat menjadi terhambat, pembuluh ini yang akan senantiasa mengalirkan nutrisi kepada sel kanker.

Dari tujuh puluh jenis tanaman Sarang Semut di Indonesia, setelah diteliti hanya jenis Myrmecodia pendans yang berkhasiat membasmi sel kanker.

Inilah cara pengolahan herbal Sarang Semut Papua:

  • Sarang Semut dipotong kecil, lalu dihaluskan dengan blender.
  • Siapkan tempat  yang terbuat dari tanah liat, keramik atau gelas tahan panas.
  • Isi Gelas atau tempat dengan  2 gelas air  (250 cc) ke dalamnya
  • Tambahkan Sarang Semut yang telah dihaluskan sebnayak 10gr atau 1 sendok makan.
  • Rebus sampai air menjadi 1 gelas dengan api sedang
  • Matikan api dan biarkan hingga air rebusannya menjadi dingin.
  • Saring airnya dan jadilah ramuan herbal untuk mengobati kanker tulang
  • Minumlah ramuan ini satu sampai  tiga kali sehari.

 Minum secara tertaur untuk mendapat hasil yang masksimal, dari pengalaman jika sudah dikonsumsi 1 bulan maka akan terasa manfaatnya.

2. Obat Herbal Kanker Tulang Kunyit

Kunyit merupakan salah satu obat herbal yang ias membasmi kanker. Dalam kunyit banyak terkandung  curcumin.

Dikutip dari penelitian yang ditulis dalam  Journal of Applied Materials and Interfaces, menjelaskan bahwa curcumin berhasil mencegah penyebaran sel-sel kanker tulang. Curcumin juga membuat pertumbuhan sel-sel tulang yang sehat meningkat.

Bahan aktif curcumin mempunyai manfaat sebagai anti-oksidan, anti-inflamasi serta pembentukan tulang. Curcumin juga terbukti memberikan pencegahan teerhadap berbagai bentuk kanker.

3. Obat Herbal Kanker Tulang Teh Hijau

Setelah diteliti teh hijau memiliki kandungan polifenofik yang dapat menjadi obat kanker. Selain menjadi obat kanker. Senyawa polifenofik dapat melawan tumor dan perubahan mutasi genetis.

Penelitian pada hewan menunjukkan, polifenol  tidak hanya menghambat pembelahan diri sel kanker, tetapi juga merusak dan  membunuh sel-sel tumor.

Pengobatan herbal semacam ini,  hanya sebagai pengobatan  pendukung dan upaya meningkatkan serta menjaga kesehatan tubuh. Tetap upaya medis juga dijalankan, dengan ditunjang oleh pengobatan herbal teh hijau.

4. Obat Herbal Kanker Tulang Daun Sirsak

Ada beberapa penelitian yang mengklaim daun sirsak memiliki sifat anti kanker. Hasil penelitian yang yang diterbitkan dalam American Journal of Cancer Prevention, misalnya. Riset tersebut memngemukakan bahwa faun sirsak mempunyai kandungan zat annonaceous acetogenins . Zat tersebut berfungsi untuk menghambat perkembangan sel kanker. Riset dari Universty of Nebraska Medical Center juga memberikan hasil yang sama.

Dilihat dar berbagai penelitian, Sayangnya bukti ilmiah tentang khasiat daun sirsak dalam mengobati kanker kurang kuat. Temuan ini berdasarkan hasil penelitian kultural di laboratorium dan belum di coba pada pasien kanker yang sedang menjalani pemulihan dan  pengobatan.

Inilah empat bahan alami yang diklaim sebagai obat herbal untuk mengobati kanker tulang. Ada baiknya selain menggunakan pengobatan melalui obat herbal kita juga menjalani pengobatan medis. Jadi obat herbal adalah sebagai penunjang pengobatan medis.

Semua penyakit pasti ada obatnya, jadi kita tidak boleh berputus asa, tetapan mencoba semua pengobatan dan jangan lupa berdoa kepada Allah SWT. Salam sehat dan semoga kita diberi kesehatan selalu.

Tinggalkan komentar