5 Obat Herbal Flu tulang yang Paling Aman dan Mudah Didapatkan

Flu tulang atau chikungunya merupakan penyakit yang disebabkan virus dan disebarkan oleh nyamuk Aedes Aegypti. Virus ini tidak akan menular sesama manusia, kecuali jika terkena oleh gigitan nyamuk tersebut. Penyakit ini bisa disembuhkan dengan menggunakan beberapa obat herbal flu tulang. Ada banyak kok jenis obat herbal yang bisa Anda temukan di tempat Anda tinggal.

Anda tidak perlu mengeluarkan uang hanya untuk membeli obat flue tulang. Obat herbal ini terbilang lebih aman dan tanpa ada efek samping berbahaya karena berasal dari alam.

A. Jenis-Jenis Obat Herbal Flu Tulang

Seperti yang diketahui, flu tulang atau chikungunya bisa dialami oleh siapa saja, termasuk bayi yang baru lahir sampai orang lanjut usia dengan umur di atas 65 tahun. Apalagi jika seseorang itu memiliki riwayat penyakit jantung, diabetes dan hipertensi akan rentan terkena penyakit ini. Untuk menghindari dan mengobati flu tulang, Anda bisa melakukannya dengan beberapa obat herbal berikut.

1. Tanaman Obat Brotowali atau Giloy

Brotowali yang memiliki nama ilmiah Tinospora cordifolia diketahui mampu meredakan dan mempercepat proses penyembuhan flu tulang. Obat ini mampu meredakan demam yang merupakan salah satu gejala terkena chikungunya secara efektif.

Hal ini dikarenakan brotowali memiliki banyak sifat, seperti antiinflamasi, antiinfeksi, dan imunomodulator yang merupakan senyawa untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, brotowali memiliki sifat anti mikroba yang mampu mempercepat proses kesembuhan penyakit flu tulang.

Untuk penggunaannya, Anda dapat memakan secara langsung tanaman ini dengan cara direbus lalu disantap sebagai lauk pauk. Perlu diingat, bahwa brotowali tidak boleh dikonsumsi melebihi 3 gram perharinya. Jadi, usahakan untuk menggunakan tanaman obat ini tidak melebihi dosis yang dianjurkan.

2. Daun Pepaya atau Papaya leaves

Jenis obat herbal flu tulang yang dapat Anda gunakan adalah daun pepaya. Perlu diketahui bahwa gejala penyakit flu tulang hampir sama dengan demam berdarah, yaitu berkurangnya hemoglobin dalam darah.

Daun pepaya memiliki kandungan larvasida yang berguna untuk mengeliminasi larva nyamuk penyebab flu tulang dan meningkatkan kandungan hemoglobin secara cepat. Meskipun rasa dari daun pepaya begitu pahit, tapi itulah yang menjadi obat dan harus dikonsumsi oleh penderita flu tulang.

Untuk mengobati flu tulang dengan menggunakan obat herbal dari daun pepaya, Anda bisa mengubahnya menjadi sebuah jus yang diminum sebanyak 2 sendok makan setiap 3 jam sekali. Lakukan ini secara berturut-turut selama 2 sampai 3 hari dan lihatlah perkembangan yang akan dirasakan.

3. Bawang Putih atau Garlic

Bawang putih merupakan bumbu atau rempah-rempah khas Indonesia yang memiliki sejuta manfaat untuk mengobati segala macam penyakit, termasuk flu tulang. Hal ini dikarenakan bawang putih memiliki khasiat yang baik untuk meredakan sakit di bagian persendian serta peradangan dan mampu meningkatkan sirkulasi darah.

Untuk mengobati flu tulang, Anda bisa menyiapkan 10 sampai 12 siung bawang putih, lalu tumbuk hingga halus. Jika sudah, oleskan tumbukan bawang putih tersebut di daerah persendian atau otot yang terasa sakit.

Diamkan selama beberapa jam lamanya, kemudian cuci dengan air hangat dan tepuk-tepuk menggunakan handuk bersih. Anda bisa melakukan ini sebanyak 2 kali dalam sehari. Lakukan dengan rutin untuk mendapatkan hasil terbaik dan mempercepat proses penyembuhan penyakit flu tulang itu sendiri.

4. Air Kelapa atau Coconut Water

Meskipun tidak termasuk sebagai obat yang mampu menyembuhkan penyakit flu tulang, tetapi air kepala mampu mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh virus dari nyamuk Aedes Aegypti tersebut. Hal ini dikarenakan air kelapa mengandung mangan yang mampu mengurangi perradangan serta rasa sakit di persendian.

Air kelapa lebih ampuh dalam mendetoksifikasi hati atau liver di dalam tubuh. Bagi Anda yang ingin meminum air kelapa untuk mengurangi rasa sakit akibat flu burung, maka bisa meminumnya sebanyak 3-4 gelas perhari. Selain mendapatkan kesegaran yang tiada tara, Anda bisa memiliki kesehatan dan mengurangi rasa sakit jika meminumnya dengan rutin.

5. Kunyit atau Tumeric

Obat herbal flu tulang yang ampuh dalam menyembuhkan penyakit chikungunya ini adalah kunyit. Tanaman obat tradisional sekaligus bahan bumbu masakan tersebut memiliki sejuta manfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit ringan maupun berat.

Rempah-rempah ini mengandung kurkurim, hingga anti oksidan yang mampu menangkal inflamasi dan peradangan akibat virus dari nyamuk Aedes Aegypti. Untuk pengolahan atau cara membuat obat kunyit ini sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah.

Anda bisa menyiapkan kunyit asli lalu parut. Saring kunyit tersebut hingga menghasilkan air kunyit sekitar seperempat gelas saja. Kemudian, Anda bisa menambahkannya pada makanan yang akan dikonsumsi atau dicampurkan dengan susu hangat. Minumlah segelas susu hangat di waktu pagi dan malam hari sebelum tidur.

Agar lebih instan, Anda bisa menggunakan kunyit bubuk yang sudah banyak dijual. Cara penggunaannya masih sama, yaitu dengan mencampurkan setengah sendok teh kunyit bubuk tersebut ke dalam makanan atau susu hangat yang akan diminum.

B. Tips Mengurangi Gejala Penyakit Flu Tulang

Selain dengan menggunakan obat herbal flu tulang diatas, Anda bisa menjalankan beberapa tips mudah yang akan mengurangi gejala dari penyakit tersebut. Beberapa tips tersebut adalah sebagai berikut.

1. Minum Air Putih Secara Teratur

Air putih memang sangat baik untuk menjaga kesehatan dan meredakan demam akibat flu tulang. Meminum air putih sebanyak 8 kali sehari dapat mengeluarkan racun dari tubuh, sehingga sedikit demi sedikit gejala dari flu tulang berangsur hilang.

Air putih memiliki banyak kandungan mineral yang bisa mencegah terjadinya dehidrasi dan mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh. Oleh karena itu, saat mengalami penyakit flu tulang usahakan untuk sering meminum air putih setiap hari.

2. Istirahat yang Cukup

Sama halnya dengan penyakit demam berdarah, seseorang yang terkena flu tulang diharapkan untuk beristirahat lebih banyak dan cukup. Hal ini bertujuan untuk menghindari resiko kelelahan yang memudahkan banyak penyakit berbahaya masuk ke dalam tubuh.

Pastikan selama sakit Anda beristirahat dengan cukup dan meminta cuti atau ijin jika masih sekolah atau bekerja. Dengan istirahat selama beberapa hari dan mengkonsumsi beberapa obat herbal, Anda bisa kembali beraktivitas dan sembuh dari penyakit flu tulang.

3. Mandi Menggunakan Air Hangat

Selain banyak meminum air putih dan beristiraht dengan cukup, Anda diharuskan untuk mandi menggunakan air hangat. Perlu diketahui bahwa sedang sakit pun Anda harus terlihat bersih untuk membantu proses penyembuhan.

Mandi menggunakan air hangat merupakan salah satu tips yang bisa mengurangi gejala chikungunya atau flu tulang. Selain itu, mandi air hangat bisa menjaga kekebalan tubuh, meningkatkan sistem imun, dan mengurangi rasa sakit di bagian persendian.

Itulah 5 obat herbal flu tulang yang bisa digunakan beserta tips ampuh untuk mengurangi gejala penyakit chikungunya. Kini, sebelum menggunakan obat dari dokter, ada baiknya Anda mencoba terlebih dahulu beragam obat herbal yang ditawarkan untuk menghindari efek samping atau gejala lain yang akan ditimbulkan.

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

manfaat buah leci madu

8 Manfaat Buah Leci Madu Untuk Kesehatan Dari Atasi Sembelit Hingga Cegah Kanker

Buah leci madu dikenal sebagai buah yang memiliki cita rasa paling manis dibandingkan buah leci

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *