Obat Gatal Berair : Obat Medis dan Tradisonal

By

Sumbersehat.com – Obat gatal berair alami, lebih baik dikombinasikan dengan obat medis agar segera hilang. Kulit seluruh badan bisa terasa gatal disertai dengan gejala lain seperti ruam kemerahan, bintik-bintik, dan benjolan.

Pengobatan gatal biasanya dilakukan berdasarkan penyebab gatal tersebut. Bisa karena digigit serangga, infeksi jamur, alergi makanan, biang keringat, dan lainnya. Berikut jenis obat-obatan medis dan tradisonal pereda gatal seluruh badan yang dapat Anda gunakan.

Inilah Obat Gatal Berair Alami dan Medis

Ada beberapa obat gatal berair alami dan medis yang bisa anda aplikasikan untuk mengobati kulit anda. Cara mengobati gatal berair dengan obat alami dan medis adalah:

Obat gatal berair alami

Kulit pisang juga bisa sebagai obat gatal berair alami. Pisang mengandung beragam vitamin seperti vitamin C dan E, lalu juga magnesium dan histamin. Cara mengobati gala dengan kulit pisang adalah oleskan kulit pisang ke kulit yang gatal. Biarkan selama 10 sampai 15 menit. Lalu, bersihkan area kulit tersebut dan rutinlah melakukannya.

Baca juga : Ketahui 4 Penyakit Penyebab Gatal Berair dan Cara Mengatasinya, Simak Yuk!

Selain pisang, minyak kelapa juga mampu mengobati gatal berair. Minyak kelapa ini mengandung vitamin C, E dan nutrisi lainnya. Selain itu, juga mengandung sifat anti bakteri yang bisa membunuh bakter penyebab gatal berair. Cara mengobati gatal berair dengan minyak kelapa adalah mengoleskan minyak ke kulit yang gatal.

Lalu, biarkan meresap selama 15 menit. Setelah itu, bisa dibiarkan mengering atau dibersihkan dengan air. Tak hanya pisang dan minyak kelapa saja, tapi teh chamomile juga bisa. Ada banyak obat tradisional kemasan siap minum di pasaran.

Walaupun alami, Anda tetap harus memperhatikan jenis bahan alami, izin produksi, masa kadaluwarsa, efek samping, dan keamanan obat tradisional ini. Pastikan anda riset terlebih dahulu sebelum mencobanya. Jika muncul tanda-tanda alergi, maka hentikan penggunaanya.

Obat Gatal Berair Secara Medis

Sedangkan cara mengobati gatal berair secara medis adalah pemberian obat-obat gatal berair seperti di bawah ini:

Kortikosteroid

Dokter biasanya meresepkan obat kortikosteroid pada pasien yang mengalami gatal-gatal seluruh badan karena peradangan. Bentuk obat ini ada dua bentuk, yaitu bentuk tablet dan oles. Obat ini beragam seperti hydrocortisone atau cortisone dalam benuk salep.

Sementara itu, obat kortikosteroid dalam bentuk tablet seperti prednisolone, methylprednisolone, dexamethasone, dan triamcinolone. Obat gatal berair jenis ini sering diberikan pada pasien yang mengalami gatal akibat alergi, eksim, peradangan kulit atau dermatitis, dan gigitan serangga.

Antihistamin

Sesuai dengan namanya, obat gatal berair ini berfungsi untuk menghambat pembentukan histaminn yang menyebabkan gatal akibat alergi. Dokter biasanya memberikan jenis obat antihistamin berdasarkan kondisi kulit pasien dan tubuh pasien dalam merespon obat.

Jenis obat histamin antara lain cetirizine, chlorpheniramine, dan loratadine. Sebagai tambahan, iobat ini menyebabkan kantuk setelah mengkonsumsi sehingga Anda tidak dianjurkan menyetir kendaraan.

Antibiotik

Infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri bisa ditangani dengan mengkonsumsi antibiotik. Antibiotik harus dikonsumsi dan dihabiskan sesuai anjuran dokter. Tak hanya itu, antibiotik juga harus dikonsumsi sesuai dosis dan tepat waktu.

Antibiotik bekerja dengan cara merusak tubuh bakteri sehingga pertumbuhan bakteri terhambat. Selain itu, Anda juga haru stahu bahwa antibiotik memiliki efek samping mulai dari reaksi alergi hingga resistensi antibiotik.

Baca juga : 18 Manfaat Teh Hijau yang Bagus untuk Kesehatan

Obat Oles

Obat oles banyak jenisnya seperti clotrimazole, miconazole, dan terbinafine hydrochloride yang bisa Anda beli di apotek tanpa resep dokter. Ketiga obat ini digunakan sebagai pereda gatal karena infeksi jamur jenis kurap, kutu air, dan jamur selangkangan.

Obat salep crotamiton digunakan sebagai obat kudis atau scabies karena adanya infeksi dari tungau. Sementara itu, obat salep lain yang mengandung calamine mengobati iritasi kulit ringan. Bentuk obat oles tersedia dalam bentuk lotion, bedak, gel, dan krim.

Obat gatal berair dengan gejala ringan seperti gigitan serangga bisa Anda beli di apotek tanpa resep dokter. Sebaliknya, gatal pada seluruh badan karena penyakit tertentu sebaiknya Anda konsultasikan ke dokter agar mendapatkan resep obat yang Anda beli di apotek.

Obat tradisional oles hanya membantu penanganan pertama. Jika Anda ingin mengkonsumsi ramuan obat tradisional, sebaiknya perhatikan keamanan obat ini dengan detil.

Tinggalkan komentar