13 Jenis Obat Flu dan Batuk untuk Ibu Menyusui Alami dan Aman

Sakit flu dan batuk bisa menyerang siapa saja, termasuk ibu hamil dan menyusui. Sayangnya, penanganan terhadap ibu yang hamil atau sedang menyusui tidak bisa disamakan dengan orang biasa lho. Ibu hamil dan menyusui tentu lebih sensitif terhadap obat.  Lalu ada gak sih jenis obat flu dan batuk untuk ibu menyusui? Aman dan tidak menimbulkan efek samping?

Nah jika anda saat ini sedang hamil namun mengalami flu atau batuk, berikut ini saya tuliskan rekomendasi beberapa jenis obatnya yang sangat bagus dan aman sekali dikonsumsi bahkan oleh wanita hamil dan menyusui sekalipun.

1. Konsumsi Yogurt

Kita ketahui bahwa batuk dan flu biasnya menyerang sistem kekebalan tubuh. Oleh sebab itu, untuk mengatasinya kita perlu bakteri baik dalam tubuh. Bakteri yang baik bisa diperoleh dengan mengkonsumsi prebiotik. Unsur prebiotik sendiri terdapat pada Yogurt.

Yogurt adalah jenis mi numan probiotik yang tentu sangat aman sekali ketika dikonsumsi oleh wanita hamil. Yogurt bisa dengan baik meningkatkan imun tubuh dan membantu beragam jenis bakteri dan virus tidak baik bagi tubuh.

2. Sari Cuka Apel

Jenis obat flu dan batuk untuk ibu menyusui adalah cuka apel. Jenis obat ini merupakan obat alami yang dapat meningkatkan sel darah putih serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dalam penyajiannya, Anda boleh mencampurkannya pada segelas air hangat dan perasan jeruk atau madu untuk menambah unsur vitamin C.

Namun tentu jangan dikonsumsi dalam jumlah berlebih juga. Walau terbilang aman dan tidak ada efek sampingnya, namun konsumsi cuka apel dalam jumlah berlebih juga tidak bagus. Konsumsi 1-2 sendok 3 kali sehari. Konsumsi secara rutin maka flu atau batuk bisa hilang dengan baik.

3. Jamu Kunyit

Kita tahu bahwa kunyit memiliki banyak sekali manfaat. Anda tidak hanya menggunakannya sebagai bumbu ketika memasak. Kandungan curcumim pada kunyit dapat membantu meredakan sakit tenggorokan, batuk, flu serta menjadi antioksidan yang baik. Jamu kunyit sangat baik terutama untuk ibu yang sedang menyusui.

Kunyit tidak akan menimbulkan efek samping yang berbahaya bahkan untuk ibu hamil sekalipun. Terkecuali apabila terdapat riwayat penyakit lain yang kontra indikasi dengan kunyit. Maka hal ii tentu harus dihindari dengan baik.

4. Teh Hijau

Jenis minuman herbal yang satu ini juga kaya akan unsur-unsur penting bagi kesehatan tubuh, terutama untuk ibu menyusui. Ada klorofil, EGCG, Flavonoid, thoefilin serta L-theanine yang sangat baik untuk melawan berbagai virus. Terutama virus yang mengakibatkan batuk dan flu.

Teh hijau bisa menjadi salah satu jenis obat flu dan batuk untuk ibu menyusui yang paling aman dikonsumsi. Selain bisa atasi masalah tenggorokan dan flu, teh hijau juga memiliki banyak manfaat lainnya.

5. Bawang Putih

Kita tahu bahwa bawang putih memiliki senyawa yang dapat bertindak sebagai anti bakteri, anti jamur serta antivirus. Saat diiris atau dimasak, senyawa tersebut keluar dan dapat dimanfaatkan. Ketika menggunakannya sebagai obat batuk dan flu untuk ibu menyusui, Anda bisa memakannya tanpa perlu di masak atau digoreng. Jika tidak kuat, bisa dicampurkan dengan segelas air hangat atau madu.

6. Ramuan Jahe

Kita tahu bahwa jahe juga tidak kalah banyak manfaatnya. Kandungan jahe dapat difungsikan sebagai anti inflamasi, pereda nyeri, antioksidan serta anti mikroba. Jahe juga dapat meningkatkan imunitas, menghangatkan tubuh serta membersihkan paru-paru Anda. Bahkan, Anda pun bisa memanfaatkannya sebagai obat alami batuk dan flu untuk ibu menyusui. 

Jahe bisa jadi alternatif obat flu dan batuk untuk ibu menyusui yang juga sangat aman dikonsumsi. Bahkan jika dikonsumsi secara rutinpun juga tidak masalah.

7. Buah Berry

Buah berry juga dipercaya memiliki kandungan oksidan yang cukup tinggi. Bahkan, buah ini mampu membersihkan tubuh dari adanya racun. Racun dalam tubuh inilah yang biasanya menjadi penyebab sembelit serta iritasi pada kerongkongan. Bahkan, buah ini juga mampu menyembuhkan gejala flu serta batuk pada ibu menyusui. Anda bisa mengkonsumsi jenis buah berry seperti blackberry, raspeberry, blueberry serta buah strawberry.

8. Air Hangat

Beberapa ibu mungkin akan sedikit ketakutan jika apa yang dikonsumsinya saat sakit akan berdampak pada sang anak. Maka dari itu, Anda bisa memilih meminum air hangat saja untuk meredakan batuk dan memberikan efek rileks pada hidung, dada bahkan tenggorokan. Jika hidung tersumbat pun, air hangat mampu mengatasinya.

Air hangat bisa menjadi salah satu obat flu dan batuk untuk ibu menyusui paling aman dan sederhana. Namun sifatnya tidak menyembuhkan melainkan hanya bisa meredakan saja.

9. Madu

Obat batuk dan flu untuk ibu menyusui juga bisa Anda dapatkan dari madu. Madu pun punya banyak khasiat yang bermanfaat bagi tubuh. Baik sebagai bahan kecantikan maupun sebagai obat alami mengatasi berbagai penyakit. Rasanya yang manis membuat siapa saja tidak bosan mengkonsumsinya. Madu juga mudah didapatkan. Anda bisa mengkonsumsinya tanpa campuran atau di campurnm dengan bahan herbal lainnya.

10. Jeruk Nipis atau Lemon

Apabila Anda terserang flu atau batuk sementara sedang menyusui, maka jangan buru-buru mengkonsumsi obat. Ada baiknya, gunakan beberapa bumbu dapur yang punya khasiat meredakan flu serta batuk.

Salah satu bahan yang sangat dipercaya untuk kedua oenyakit tersebut adalah jeruk nipis atau lemon. Anda boleh menggunakan salah satu diantaranya. Baiknya, konsumsi dengan segelas air yang masih hangat. Jeruk nipis bisa menjadi obat flu dan batuk untuk ibu menyusui yang aman dan ampuh.

11. Makan Buah Dan Sayuran

Obat paling enak adalah buah dan sayuran. Jika flu dan batuk menyerang, baiknya perbanyak mengkonsumsi buah serta sayur-mayur. Terutama untuk jenis yang mengandung vitamin C yang tinggi. Hal ini bertujuan agar kekebalan tubuh Anda meningkat.

12. Sup Ayam

Sup ayam tidak hanya memberikan sensasi hangat pada tubuh. Bahkan, asupan ini juga dapat digunakan sebagai obat batuk dan flu untuk ibu menyusui. Sup ayam yang hangat dapat memberikan asupan energi yang cukup bagi ibu yang sedang menyusui. Sehingga tubuh tetap bugar.

Sup ayam bisa jadi obat flu dan batuk untuk ibu menyusui paling enak dan pastinya bagus untuk ibu hamil dan menyusui.

13. Daun Thymi

Daun thymi biasanya dikonsumsi dalam sediaan sirup. Anda bisa mendapatkannya pada berbagai apotik terdekat. Meski demikian, Anda pun dapat membuatnya sendiri di rumah. Ambil sekitar satu genggam daun thymi. Anda campurkan dengan 1,5 gelas air dan masak hingga mendidih. Jangan lupa di saring agar hasilnya lebih baik. Untuk meminumnya bisa ditambahkan perasan lemon, jeruk nipis atau bahkan madu.

Nah itulah beberapa jenis obat flu dan batuk untuk ibu menyusui yang aman dikonsumsi bahkan memiliki manfaat lain yang jauh lebih bagus untuk Ibu hamil dan menyusui. Selain obat di atas, masih banyak jenis obat lainnya, jangan lupa berlangganan agar tidak ketinggalan info upate nya.

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

cara menghilangkan sesak di dada

11 Cara Menghilangkan Sesak di Dada yang Cepat Sembuhkan dan Mudah Dilakukan

sumbersehat.com – Cara menghilangkan sesak di dada mungkin menjadi hal yang belum diketahui oleh beberapa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *