Obat Asam Urat yang Alami dan Aman Untuk Dikonsumsi

By

Obat Asam Urat yang Alami dan Aman Untuk Dikonsumsi. Penyakit asam urat adalah sejenis penyakit yang menyerang sendi. Penyakit ini terjadi akibat tingginya kadar asam urat yang terkandung di dalam darah. Normalnya, asam urat akan larut di dalam darah dan keluar bersama dengan urine. Akan tetapi dalam  kondisi tertentu tubuh dapat memproduksi asam urat dalam jumlah yang tinggi dan berlebihan. Kondisi lain bisa karena tubuh mengalami gangguan saat membuang kelebihan asam urat sehingga asam urat tersebut menumpuk di dalam tubuh.

Penyakit asam urat biasanya lebih mudah menyerang kaum pria, terutama yang berumur 30 tahun ke atas. Para wanita pun tak jarang yang mengeluhkan tentang penyakit ini. Bagi kaum wanita, penyakit ini biasa menyerang pada usia menopause. Gejala nyeri yang dialami oleh pengidap asam urat bisa berlangsung terus-menerus selama 3 hingga 10 hari. Untuk meredakan rasa sakitnya, biasanya penderita akan mengkonsumsi obat asam urat yang diresepkan oleh dokter.

obat asam urat
obat asam urat

Penyakit asam urat ditandai dengan gejala nyeri yang amat sangat, adanya pembengkakan, dan terasa panas di daerah persendian. Semua bagian sendi yang ada pada tubuh mempunyai resiko yang sama untuk terkena penyakit ini, akan tetapi bagian-bagian sendi yang paling sering mengalami serangan adalah sendi yang ada di jari-jari tangan, bagian lutut, kaki di bagian pergelangan, serta sendi yang ada di jari-jari kaki.

Gejala penyakit asam urat seringkali disalahtafsirkan dengan gejala penyakit rematik. Banyak yang mengira dirinya mengalami rematik, padahal sebenarnya mengalami asam urat, atau sebaliknya. Hal ini disebabkan karena baik penyakit asam urat maupun rematik, keduanya memiliki gejala yang hampir sama yaitu mengakibatkan rasa nyeri, bengkak dan juga menimbulkan kemerahan pada sendi.

Ada perbedaan yang harus diketahui tentang kedua penyakit ini. Hal ini penting untuk menentukan jenis pengobatan yang akan diberikan kepada penderita, apakah memberikan obat asam urat, ataukah obat untuk penyakit rematik. Rematik (Rheumatoid Arthritis) adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh peradangan dan pembengkakan pada sendi sehingga menyebabkan rasa nyeri pada sendi di kedua sisi tubuh yang lalu dikuti dengan kaku pada sendi. Rematik hamper sama dan dapat disertai pembengkakan, warna merah, dan bila diraba akan terasa panas pada daerah yang nyeri.

Adapun penyakit asam urat terjadi akibat adanya kandungan asam urat yang berlebihan. Kandungan yang berlebih ini akan terkumpul di sendi, tulang dan jaringan tubuh. Biasanya rasa nyeri yang diakibatkan oleh asam urat akan muncul secara tiba-tiba, dan terasa di area jempol kaki, atau sendi-sendi yang ada di kaki. Rasa nyeri ini akan terasa baik hanya di salah satu kaki maupun keduanya.

Antara rematik dan asam urat memiliki perbedaan mengenai penyebab penyakitnya. Rematik dikategorikan sebagai penyakit autoimun, dan umumnya disebabkan oleh faktor genetik. Sedangkan penyakit asam urat umumnya disebabkan karena terlalu banyak makan makanan yang tinggi kandungan purin seperti kerang, daging, jerohan, ikan, roti, dan juga sereal. Oleh karena itulah obat asam urat dikonsumsi untuk menurunkan kadar purin di dalam tubuh.

Rematik dan asam urat juga memiliki perbedaan dalam faktor resiko. Rematik dapat menyerang baik usia muda maupun tua, walaupun sebagian besar kasus ditemukan pada kelompok usia di atas 60 tahun. Penyakit rematik juga lebih banyak ditemukan di kalangan wanita. Sedangkan penyakit asam urat lebih sering terjadi pada pria pelompok usia dewasa muda terutama yang mempunyai berat badan berlebih. Pola makan yang tidak sehat seperti minum minuman beralkohol dan konsumsi makanan tinggi lemak dan dengan pemanis tambahan semakin meningkatkan resiko terkena penyakit asam urat.

Mengkonsumsi obat asam urat yang diresepkan oleh dokter merupakan cara yang paling cepat untuk menurunkan kadar asam urat di dalam darah dan meredakan gejala sakit. Untuk mengatasi penyakit asam urat biasanya terdapat dua jenis pengobatan yaitu meringankan gejala penyakit, dan mencegah agar serangan penyakit tidak kembali terjadi. Dokter biasanya meresepkan obat-obatan golongan steroid sebagai anti nyeri dan anti radang. Adapun cara sederhana untuk meringankan rasa sakit, dapat dilakukan dengan cara menempelkan kantong berisi es pada bagian sendi yang sakit.   

Mengkonsumsi obat kimiawi bukan tidak membawa efek yang membahayakan bagi tubuh bila dilakukan secara terus menerus. Efek samping yang paling serius adalah terjadinya pembengkakan di area wajah hingga gagal ginjal. Hal inilah yang menyebabkan penderita asam urat akhirnya beralih ke pengobatan secara herbal yang dianggap lebih aman bagi tubuh, walaupun pengobatannya akan memakan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan pengobatan secara kimiawi.

Terdapat beberapa tumbuhan yang oleh masyarakat dianggap mampu berfungsi sebagai obat asam urat. Bagian tubuh dari tanaman-tanaman ini, seperti daun dan buah, dipercaya mampu mencegah menumpuknya kandungan asam urat di dalam tubuh, dan juga sebagai anti inflamasi dan mencegah peradangan sendi. Beberapa tanaman yang sering digunakan sebagai obat herbal antara lain adalah salam, sambiloto, sirsak, seledri, nanas, teh hijau.

Berikut Obat Asam Urat Yang Bisa Diguanakan

Daun salam

Daun Salam mengandung zat antioksidan, flavonoid, asam larut, vitamin A, dan vitamin C. Meminum air rebusan daun salam sehari dua kali dipercaya mampu mengurangi timbunan asam urat yang ada di persendian dengan cara meningkatkan keluarnya cairan urine dari dalam tubuh. Selain daun salam, adalah tanaman Sambiloto yang juga dianggap mampu menurunkan kadar asam urat yang berlebih di dalam tubuh.

Sambiloto

Tanaman Sambiloto juga sering dijadikan alternatif obat asam urat secara herbal. Tanaman ini mengandung  zat antioksidan, panikolin, alkene, keton, dan mineral. Meminum air rebusan daun sambiloto tiga kali sehari dipercaya mampu menurunkan produksi zat purin sehingga asam urat tidak menumpuk di dalam persendian. Walaupun rasanya sangat pahit, tanaman ini sering dimanfaatkan karena selain dianggap bisa  menyembuhkan asam urat, dia juga dijadikan sebagai alternatif untuk obat pencernaan dan penghambat sel kanker.\

Daun sirsak

Tanaman lain yang sering dijadikan obat herbal untuk mengatasi penyakit asam urat adalah Sirsak. Rebusan daun sirsak tua yang diminum bersama dengan sesendok madu setiap pagi dipercaya dapat menurunkan kadar asam urat. Daun sirsak memiliki kandungan berbagai zat seperti acetogenin, annocatalin, asam gentisic, annomuricin, caclourin dan asam linoleate yang bermanfaat untuk mengobati penyakit ini.

Baca juga artikel menarik lainnya : disini

Saat gejala nyeri timbul dan terjadi peradangan di sendi, maka kunyit dapat menjadi alternatif obat asam urat selanjutnya. Minumlah air rebusan kunyit secara rutin untuk mengurangi peradangan akibat asam urat. Kita dapat menambahkan satu sendok teh madu untuk menambah rasa. Untuk memberi efek anti peradangan secara ekstra, tambahkan juga kayu manis dan jahe pada saat merebusnya. Pada bagian yang sakit, orang biasanya menggunakan bubuk kunyit yang telah dicampur dengan minyak zaitun, dan balurkan pada sendi yang terasa nyeri.

Demikian penggunaan ramuan herbal sebagai obat asam urat seperti yang disebutkan di atas tentunya harus dikonsultasikan dulu ke tenaga medis, untuk mengetahui apakah ada efek samping yang bersifat negatif yang justru membahayakan organ tubuh yang lain. Adapun upaya yang paling baik untuk mengatasi penyakit asam urat tentunya dengan menjaga pola hidup seperti menjaga konsumsi makanan dan minuman, rajin berolahraga, istirahat yang cukup, dan selalu berpikir positif.

Tinggalkan komentar