Obat Asam Urat Dari Pekarangan Rumah

Obat Asam Urat Dari Pekarangan Rumah, memang ada banyak. Namun, sebelum membahas apa jenis obat yang bisa digunakan harus tahu dulu apa yang dimaksud dengan penyakit asam urat. Lantaran banyak orang yang tidak memahami seperti apa sebenarnya penyakit asam urat tersebut. Selain itu, gejala yang ditimbulkan memang sangat umum dan bisa diserupai dengan gejala penyakit lain, sehingga semakin menyulitkan identifikasi sebenarnya.

Penyakit asam urat merupakan kondisi tubuh ketika mengalami rasa nyeri hebat, pembengkakan, dan adanya rasa panas terpusat di area persendian tubuh. Hampir semua sendi di tubuh berisiko terkena asam urat, akan tetapi jenis sendi yang paling sering terserang adalah sendi jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari-jari kaki. Pada umumnya, penyakit asam urat dapat lebih mudah menyerang laki-laki, khususnya untuk mereka yang berusia di atas 30 tahun.

Selain pada laki-laki, asam urat juga bisa kena di wanita. Biasanya penyakit ini muncul ketika memasuki masa menopause. Rasa sakit yang diderita, bisa berlangsung dalam rentang waktu tiga hingga sepuluh hari, dengan perkembangan gejala yang cepat dalam beberapa jam pertama. Banyak yang mengira gejalanya dikira penyakit rematik, padahal berbeda. Akibat rasa nyeri yang hebat tersebut, butuh obat asam urat untuk pertolongan pertama ketika serangan terjadi. Termasuk, mencegah agar serangan berikutnya tidak terjadi lagi. Untuk itu, mari simak dalam ulasan berikut ini.

obat asam urat
obat asam urat

Agar tidak salah dalam memahami penyakit asam urat, ada baiknya mengenali faktor-faktor pemicu yang dapat menyebabkan serangan terjadi. Misalnya adalah kosumsi makanan yang memiliki kadar zat purin tinggi, seperti pete, jengkol, jeroan hewan, hidangan laut ,dan daging merah. Kemudian bisa juga dipicu dengan kosumsi minuman tinggi gula dan alcohol, seperti tuak tape, cocktail dan lainnya. Bahkan dalam beberapa kasus bisa juga disebabkan karena kosumsi beberapa obat terntentu, seperti obat kemoterapi, aspirin dan sislosporin.

Dalam beberapa penelitan, ada yang menyebutkan jika penyebab penyakit asam urat ini karena pengaruh genetic keluarga. Sehingga meski sama-sama mengkosumsi makanan tertentu dalam jumlah sama, reaksinya terhadap tubuh berbeda-beda. Namun, apapun yang menjadi penyebabnya, jangan lalai dan abai terhadap kesehatan tubuh. Periksakan diri secepatnya pada dokter jika mengalami gejala-gejala seperti asam urat ini. Agar mendapatkan obat asam urat yang tepat guna.

Gejala, Faktor Yang Mempengaruhi, Dan Obat Asam Urat Yang Bisa Dijadikan Alternatif

Gejala Asam Urat 

Gejala umum yang sering dilaporkan adalah rasa nyeri dan sakit yang  hebat di persendian tubuh. Terutama saat malam atau ketika bangun tidur, hampir-hampir tidak bisa digerakkan. Rasa nyeri hebat tersebut, menjalar dan bertambah hebat lagi dalam hitungan beberapa jam saja, hingga muncul rasa panas seperti terbakar di persedian. Secara visual, ditandai dengan ruam atau warna kemerahan di persendian yang sedang terserang penyakit asam urat ini.

Ketika serangan mereda atau sembuh, bengkak dan merah pun akan berkurang. Meninggalkan rasa gatal hebat di persendian yang terserang, dan permukaan kulit pun seperti terkelupas-kelupas. Akan tetapi, meskipun gejala bisa mereda sendiri karena sistem imun tubuh yang bagus, tetap harus menghubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut. Kemudian mengkonsultasikan agar tidak terkena serangan di kemudian hari. Termasuk menyiapkan obat asam urat yang bisa digunakan untuk pertolongan pertama. 

Pengobatan Asam Urat

Sebelum memberikan obat, harus pasti dulu diagnosa apa yang diberikan terhadap gejala yang muncul. Untuk memastikan gejala dari indikasi penyakit asam urat yang muncul, biasanya dokter akan melakukan beberapa langkah diagnosis. Seperti mengecek riwayat penyakit dan pengobatan pasien, frekuensi dari gejala yang muncul, dan memeriksa lokasi sendi yang dikeluhkan. Setelah itu, lanjut ke pemeriksaan lain untuk menegaskan diagnosis yaitu dengan tes darah untuk ukur kadar kreatinin di dalam darah. Bisa juga dengan memerikas lewat urin dan foto ronsen, untuk deteksi kristal oksalat di dalam sendi.

Untuk mencegah kembalinya asam urat kembali, ada beberapa pengobatan yang bisa dipilih. Termasuk untuk pertolongan pertama ketika serangan terjadi. Akan tetapi sebelum membahas hal tersebut, ada baiknya untuk mematuhi anjuran dokter pada pola hidup sehat. Misalnya saja olah raga teratur, minum air putih dalam jumlah cukup dan mengatur jenis bahan makanan yang akan dikosumsi. Selanjutnya, baru rutin mengkosumsi obat asam urat yang disarankan atau obat alami yang bisa ditemui dari pekarangan rumah. Misalnya saja beberapa jenis tanaman berikut ini.

Tanaman Dari Pekarangan Rumah Untuk Asam Urat

Tanaman pertama adalah kunyit, misalnya jenis Curcuma longa Linn yang sejak zaman dahulu sudah dikenal sebagai rimpang kaya manfaat dan memberikan hasil nyata dalam beragam pengobatan. Kunyit ini mampu menjadi salah satu obat atau pertolongan untuk penyakit asam urat karena memiliki kemampuan sebagai anti inflamasi sehingga dapat meredakan peradangan yang terjadi pada sendi.

Tanaman kedua adalah sambiloto atau Andrographis paniculata, yang mengandung bahan-bahan aktif seperti keton, aldehid, alkane dan flavanoid. Selain itu, obat asam urat ini juga kaya akan natrium, kalium dan kalsium, yang sejak lama dikenal memiliki kemampuan untuk menetralisir tingginya asam urat di dalam tubuh. Kemudian, membantunya untuk tersekresikan agar di dalam tubuh tetap seimbang. Cara kosumsinya juga mudah, cukup rebus segenggam daunnya dalam tiga gelas air dan biarkan hingga menjadi satu gelas saja. Setelah itu bisa diminum dalam kondisi hangat atau dingin.

Tanaman ketiga adalah daun salam. Daun aromatic yang dikenal untuk beragam jenis masakan ini, ternyata bisa juga digunakan sebagai solusi pencegahan serangan asam urat. Karena di dalam daunnya ada kandungan senyawa pathenolide yang berguna utuk meredakan peradangan lantaran kemampuannya sebagai anti inflamasi. Selain itu, dalam daun salam juga terdapat antioksidan dan flavonoid yang bagus untuk sistem imun tubuh sehingga bisa membantu meredakan serangan yang terjadi.

Baca juga artikel menarik lainnya : disini

Tanaman jahe sejak zaman lampau sudah dikenal sebagai tanaman dengan 1001 manfaat, lantaran bahan jahe ini tercantum dalam beragam keperluan pengobatan, memasak, terapi dan lain sebagainya. Tidak heran jika jahe ini disebut sebagai tanaman favorit herbalis, karena kandungan cineole, aspartic, caprylic acid, farnesene, capsaicin, gingerdione dan beragam kandungan lainnya, memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Misalnya saja minyak atsiri pada jahe, ketika mengalami serangan asam urat, bisa berfungsi untuk meredakan rasa sakit, panas dan peradangan yang ada secara cepat. Sehingga obat asam urat harus selalu sedia di rumah.

Demikian ulasan singkat mengenai beragam obat asam urat yang bisa dijumpai di pekarangan rumah. Selain tanaman-tanaman di atas, seledri, daun sirih cina, kumis kucing, air lemon dan beragam bahan lain yang mudah dijumpai di sekitaran rumah. Namun sebelum menggunakan tanaman-tanaman tersebut, pastikan untuk cari referensi terpercaya melalui jurnal penelitian dan juga rekomendasi dokter. Sebab, sangat berbahaya jika mengkosumsi jenis tanaman tertentu dengan tujuan obat, tanpa tahu jenis bahan aktif yang terkandung. Kunci utama untuk jauh dari penyakit asam urat adalah menjaga pola hidup sehat. Salam sehat.

About Aziza Linda Verra

Check Also

olahraga sehat pagi hari

7 Daftar Olahraga Sehat Pagi Hari Untuk Usia 50 Tahun ke Atas

7 Daftar Olahraga Sehat Pagi Hari Untuk Usia 50 Tahun ke Atas – Menimbang apa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *