7 Obat Asam Lambung yang Bebas dan Bisa Dibeli di Apotek

7 obat asam lambung yang bebas dan bisa dibeli di apotek. Rasa sakit akibat penyakit lambung adalah satu dari sekian banyak keluhan yang dikeluhkan oleh banyak orang. Hal ini karena penyakit asam lambung ini dapat dialami oleh siapa saja, tidak hanya orang dewasa namun dapat juga dialami oleh anak-anak. Hal ini karena penyakit ini tidak dibatasi usia pengidapnya. Apa sih sebenarnya yang menyebabkan munculnya penyakit asam lambung?

Sebenarnya, asam lambung adalah zat yang secara alamiah diproduksi oleh tubuh. Zat ini memiliki kegunaan dalam mencerna makanan dan mencegah terjadinya infeksi yang diakibatkan oleh bakteri di saluran pencernaan. Meski begitu, ada kalanya tubuh memproduksi zat asam ini melebihi dari kebutuhan tubuh. Kelebihan produksi asam lambung ini menyebabkan munculnya berbagai permasalahan dengan lambung, salah satunya adalah penyakit asam lambung atau yang biasa dikenal dengan maag ini.

Ada berbagai faktor yang menyebabkan munculnya penyakit asam lambung ini, di antaranya adalah kelebihan berat badan, seringnya mengonsumsi makanan dengan kadar lemak tinggi, stres berat, hingga kebiasaan-kebiasaan buruk seperti merokok dan minum minuman beralkohol. Faktor-faktor tersebut akan menyebabkan tingginya produksi asam lambung yang membuat tubuh memunculkan gejala-gejala penyakit asam lambung. Jika sudah demikian, maka diperlukan adanya treatment untuk meredakan rasa nyeri terbakar di bagian dada tersebut, salah satunya adalah dengan mengonsumsi obat asam lambung.

Obat Asam Lambung yang Dapat Dibeli di Apotek

Jika gejala penyakit asam lambung seperti yang ditandai dengan adanya rasa nyeri terbakar di bagian dada, mual dan sesak napas, langkah yang dapat dilakukan untuk meredakannya adalah dengan mengonsumsi obat. Selain berbagai obat tradisional, untuk mengobati asam lambung dapat juga dengan mengonsumsi obat-obatan konvensioal yang aman dikonsumsi. Berikut adalah 7 obat asam lambung yang dapat dibeli di apotek terdekat dari lokasi Anda.

obat asam lambung
obat asam lambung

Promag

Promag merupakan salah satu obat asam lambung yang masih termasuk dalam obat jenis antasida. Ya, obat antasida adalah obat yang cara kerjanya adalah dengan menetralkan lambung. Promag dan beberapa jenis obat antasida lainnya adalah obat yang paling mudah ditemukan, hal ini karena obat ini dapat secara bebas Anda beli di apotek maupun toko-toko kelontong yang biasanya juga menjual obat-obat mual maupun obat sakit kepala.

Obat asam lambung yang satu ini merupakan obat yang terbuat dari kombinasi antara magnesium hidroksida, simetikon, dan hydrotalcit yang secara efektif dapat meredakan dan menetralkan asam lambung. Obat ini bisa dikonsumsi sesudah maupun sebelum makan.

Mylanta

Obat asam lambung berikutnya adalah mylanta. Sama seperti promag, obat ini tidak terasa pahit, karenanya obat ini tidak terlalu dihindari jika anak mengonsumsinya. Mylanta merupakan salah satu obat yang termasuk dalam jenis antasida lainnya. obat ini tersedia dalam bentuk cair maupun tablet kunyah. Cara kerja obat ini adalah dengan menetralkan lambung.

Obat asam lambung yang satu ini merupakan obat yang terbuat dari kombinasi beberapa bahan aktif yakni alumunium hidroksida, simetikon dan tentunya adalah magnesium hidroksida. Berbagai bahan aktif dari mylanta tersebut dapat secara efektif membantu lambung netral kembali, sehingga rasa sakit maupun perasaan nyeri terbakar di bagian dada tersebut berangsur-angsur akan hilang.

Polysilane

Selain promag dan mylanta, obat asam lambung yang mudah ditemukan di pasaran baik di apotek maupun di toko-toko kelontong adalah polysilane. Obat yang satu ini merupakan obat yang tersedia dalam berbagai bentuk, yakni sebagai obat cair (sirup), obat kunyah (tablet) hingga granul. Oleh karenanya, untuk mengonsumsi polysilane ini dapat dipilihkan sesuai dengan kebutuhanmaupun kemudahan mengonsumsinya saja. meski begitu, mengonsumsi obat ini tetap harus menggunakan dosis yang wajar.

Cara kerja obat asam lambung ini adalah dengan menetralkan lambung. Hal ini karena obat ini juga mengandung bahan aktif yang dapat meredakan penyakit asam lambung, yakni simetikon, alumunium hidroksida dan magnesium hidroksida. Berbagai bahan aktif tersebut merupakan bahan yang biasanya memang terdapat pada obat jenis antasida lainnya yang memang sudah terbukti ampuh untuk menetralkan lambung kembali.

Antasida Doen

Obat asam lambung berikutnya adalah antasida doen. Seperti namanya, obat ini masih termasuk ke dalam jenis obat antasida yang berfungsi untuk menetralkan lambung sama seperti promag, mylanta, maupun polysilane. Namun berbeda dengan obat-obat sebelumnya, Antasida Doen terbuat dari bahan aktif magnesium hidroksida dan alumunium hidrksida yang tanpa menggunakan bahan simetikon.

Obat asam lambung ini harus dikonsumsi dengan dosis yang wajar untuk menghindari timbulnya berbagai efek samping. Yakni diminum 3 hingga 4 kali sehari dengan 1 sampai dengan 2 tablet untuk orang dewasa. Sedangkan untuk anak-anak diberikan setengah dari dosis orang dewasa. Karena obat ini obat yang tidak pahit, obat ini dapat dikunyah dulu supaya juga lebih mudah larut dan diserap oleh tubuh.

Gastran

Obat asam lambung berikutnya yang dapat ditemukan di apotek adalah gastran. Obat ini berbentuk tablet dan memiliki rasa yang tidak pahit, melainkan rasa yang menyerupai menthol. Cara kerja obat ini adalah menetralkan lambung. Sama seperti obat jenis antasida lainnya, obat ini terbuat dari kombinasi berbagai bahan aktif seperti magnesium hidroksida, magnesium hidroksida dan juga simetikon.

Dengan kandungan berbagai bahan aktif tersebut, obat asam lambung ini secara efektif dapat digunakan untuk mentralisir tingginya produksi asam lambung. Sehingga rasa sakit yang berdenyut denyut hingga rasa terbakar di bagian dada tersebut akan secara berangsur-angsur berkurang. Meski begitu, pengonsumsian obat ini tetap harus menggunakan dosis yang wajar. Sebab jika tidak bergitu, dapat memungkinkan kita merasakan efek samping penggunaan obat seperti pusing, sakit kepala, hingga sesak napas.

Ranitidine

Obat asam lambung berikutnya adalah Ranitidine. Obat ini termasuk pada jenis obat penghambat reseptor histamin. Ya, obat ii adalah obat yang berfungsi untuk menghambat produksi zat yang dapat mamacu tingginya tubuh memproduksi asam lambung. Dengan demikian, secara efektif kadar asam lambung akan menurun, sehingga rasa sakit yang muncul mereda dengan sendirinya.

Obat ini adalah obat asam lambung yang pada umumnya sering diresepkan dokter ketika kita mengeluhkan sakit pada bagian lambung. Meski begitu, pengonsumsian obat yang terbuat dari bahan aktif cimetidine ini harus sesuai dengan dosis yang wajar. Keunggulan dari obat yang satu ini adalah cara kerjanya dalam tubuh tidak mengganggu pemroduksian pepsin, sehingga tidak mengganggu kerja pencernaan lainnya. Simak obat ampuh lainnya disini.

Omeprazole

Berbeda dengan beberapa obat asam lambung sebelumnya, omeprazole adalah obat yang untuk dapat mengonsumsumsinya harus dengan resep dokter. Hal ini karena obat ini bukanlah obat yang bebas diperjualbelikan.

Nah, demikian adalah paparan mengenai bebeberapa obat yang bisa Anda beli di apotek. Oleh karenanya, Anda tidak perlu lagi risau dan kebingungan mencari obat untuk keluhan yang diakibatkan oleh kondisi kehehatan lambung Anda ini, hal ini karena obat-obatan tersebut dapat dengan mudah Anda dapatkan di apotek. Meski begitu, apabila dengan cara pengobatan ini tidak kunjung memberikan kesembuhan, sangat disarankan untuk mengonsultasikannya ke dokter.

About Aziza Linda Verra

Check Also

manfaat tapak liman

11 Manfaat Tapak Liman dari Mengatasi Diare sampai Kanker

sumbersehat.com - Manfaat tapak liman telah digunakan sejak lama sebagai obat herbal beragam penyakit yang sangat efektif dalam penyembuhannya. Kandungan beberapa senyawa bioaktif, bahan kimia alami dan minyak essential

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *