Obat Asam Lambung Paling Bagus dan Mudah Didapat

By

Obat Asam Lambung Paling Bagus dan Mudah Didapat. Bagi yang punya penyakit asam lambung atau maag pasti paham betul rasanya saat mau makan pun harus memilah dan memilih jenis makanan. Ada beberapa kandungan tertentu di dalam makanan yang tidak bisa sembarang di konsumsi oleh penderita asam lambung jika terlanjur mengonsumsi nya maka akan memicu rasa nyeri yang hebat pada area perut. Berikut penyebab penyakit gastritis (radang lambung)  dan apa saja obat yang dapat dikonsumsi untuk meredakannya.

Penyebab Penyakit Asam Lambung

Jika tidak memiliki riwayat sakit maag dalam kondisi normal, asam lambung yang terdapat di bagian dalam perut kita akan selalu berada disana menjalankan tugasnya membantu proses pencernaan makanan. Terdapat jaringan otot serupa cincin yang disebut sfingter esofagus yakni klep yang bisa membuka dan menutup, berfungsi untuk mengontrol asam lambung. Jika terjadi kelainan pada klep yaitu tidak bisa membuka dan menutup secara benar maka akan menyebabkan asam lambung naik ke atas dan akan menimbulkan rasa nyeri dan mual bagi tubuh. Kelainan pada klep ini disebut gastroesophageal reflux disease (GERD).

GERD dapat dipicu oleh beberapa jenis makanan seperti gorengan dan makanan berlemak. Kandungan dalam makanan berlemak dapat melemahkan kinerja sfingter esofagus akibatnya klep pengontrol asam lambung ini tidak dapat bekerja secara optimal dan menyebabkan asam lambung lolos dan naik hingga ke kerongkongan.  Selain itu makanan yang kaya akan lemak juga dapat menghambat proses pengosongan perut yang seharusnya rutin terjadi. Jika sudah begini obat asam lambung yang tepat dan ampuh sangat dibutuhkan. Berikut rekomendasi obat yang paling bagus dan mudah didapat.

Obat Asam Lambung Mudah dan Murah Didapat Dari Sekitar

Waisan

Waisan adalah obat yang mudah didapat di apotik dan tersedia di supermarket dan warung-warung di sekitar pemukiman masyarakat.  Kombinasi magnesium hidroksida, aluminium hidroksida, dan simetikon adalah bahan yang terkandung di dalamnya yang bekerja untuk menetralisir  asam lambung segera setelah dikonsumsi oleh penderita. Keunggulan dibanding dengan obat maag lainnya, Waisan tersedia dalam bentuk sachet  yang praktis. Dosis Waisan untuk dewasa diminum 3-4 x 1 sachet per hari, anak-anak  gunakan setengah dosisnya.  

obat asam lambung
obat asam lambung

Promag

Salah satu obat asam lambung yang cukup populer di kalangan  masyarakat adalah Promag.  Kombinasi magnesium  hidrosida,  hydrotalcit, dan simetikon yang terkandung di dalam Promag bekerja efektif untuk menetralkan asam lambung. Keunggulan Promag yaitu dapat dikonsumsi baik sebelum makan atau sesudah makan atau pun saat gejala maag mulai muncul.  Promag  memiliki rasa yang tidak pahit dan mudah dikunyah . Bagi sebagian penderita asam lambung mengonsumsi Promag juga memiliki Efek samping seperti sembelit, diare, mual, dan muntah.

Mylanta

Mylanta juga termasuk obat maag yang memiliki penggemarnya sendiri.  Obat ini dapat ditemukan dalam bentuk sirup dan tablet,  bisa dipilih sesuai selera. Mylanta mengandung kombinasi bahan aktif  seperti magnesium hidrosiksida, aluminium hidroksida,  dan simetikon. Kandungan tersebut dapat membantu menetralkan kadar asam lambung yang meningkat. Dosis obat Mylanta umumnya adalah 3-4 hari sekali 1 sendok takar atau 1 tablet untuk orang dewasa. Mylanta juga memiliki efek samping seperti  mual, sakit kepala, sembelit, dan diare.

Omeprazole

Omeprazole adalah salah satu obat maag yang cukup ampuh  apalagi jika sakit  yang di derita terdapat rasa panas yang menyerang ulu hati,  rasa tidak nyaman pada perut, kembung serta gangguan saluran pencernaan lainnya. Obat ini beredar dalam bentuk kapsul dan suntik dengan manfaatnya yang dapat mengurangi kadar asam lambung, Omeprazole masuk ke dalam kategori obat asam lambung yang harus dengan resep dan tentu membutuhkan anjuran  sebelum dikonsumsi.  Omeprazole tidak disarankan untuk ibu hamil.

Antasida Doen  

Antasida Doen  adalah obat maag yang berbentuk tablet kunyah. Kandungan dalam Antasida Doen hanya terdiri dari dua bahan aktif yaitu aluminium hidroksida dan magnesium hidroksida, sedangkan simetikon tidak terdapat di dalam Antasida Doen . Dua sbahan utama ini berfungsi untuk menetralkan asam lambung dan me-nonaktifkan pepsin sehingga rasa nyeri dan perih akibat maag dapat ditangani dengan baik. Dosis antasida Doen adalah 3-4 x sehari 1-2 tablet untuk orang dewasa, untuk anak-anak setengah dosisnya. Obat ini sebaiknya dikunyah dulu sebelum diminum.  

Camaag Mint

Camaag Mint adalah obat asam lambung  yang mengandung bahan aktif seperti magnesium hidroksida, aluminium hidroksida, dan simetikon yang cara kerjanya mirip dengan antasida lainnya, bedanya dosis Camaag Mint lebih besar per sendok takarnya, sehingga diharapkan lebih kuat menetralisir asam lambung. Camaag Mint tidak boleh digunakan terus-menerus hingga 2 minggu, karena dapat meningkatkan risiko efek samping obat seperti muntah, diare dan sembelit. Jika Camaag Mint dikonsumsi bersamaan dengan antibiotik jenis tetrasiklin maka sebaiknya diberikan jeda 1-2 jam untuk meminimalisir efek risiko interaksi obat.

Ranitidine

Ranitidin adalah salah satu obat maag yang umumnya diresepkan oleh dokter. Mengandung bahan aktif cimetidine dapat menghambat reseptor H2 pada gastrik parietal pada sel  lambung, sehingga diharapkan dapat menghambat efek histamin dan produksi asam lambung. Dengan berkurangnya produksi asam lambung, maka rasa sakit dan luka pada lambung akibat maag dapat sembuh secara perlahan. Selain itu cara kerja Ranitdine tidak menghambat produksi pepsin sehingga lebih aman untuk pencernaan.

Neosanmag Fast

Neosanmag Fast adalah obat asam lambung yang mudah ditemukan di apotik dengan kandungan fomatidine. kandungan aktif ini berfungsi sebagai penghambat reseptor H2 histamin yang diharapkan dapat menurunkan produksi dan keasaman asam lambung yang tersedia dalam bentuk tablet yang dapat dikunyah. Selain mengobati asam lambung, Neosanmag Fast ini termasuk obat bebas terbatas yang bisa digunakan untuk meredakan radang lambung dan gejala sindrom Zollinger-Ellison. Dosis Neosanmag Fast adalah 1 tablet per hari untuk dewasa dan anak umur diatas 12 tahun.

 Ranivel

Obat maag yang tersedia di apotik lainnya dari jenis penghambat reseptor H2 adalah Ranivel. Mengandung bahan aktif  yaitu ranitidin HCL yang cara kerjanya sama seperyi  ranitidin. Ranivel dapat menghambat reseptor H2 histamin dan hasilnya akan mengurangi asam lambung. Ranivel termasuk golongan obat keras yang hanya boleh dikonsumsi berdasarkan resep dari dokter dan tersedia dalam bentuk tablet dan sirup suspensi. Ibu hamil dan menyusui tidak disarankan mengonsumsi obat ini. Simak obat ampuh lainnya disini.

Protop

Protop adalah salah satu obat asam lambung  dari jenis penghambat pompa proton. Manfaat dan cara kerja Protop sama dengan omeprazole karena memiliki kandungan bahan aktif yang sama pula. Dari segi harga, Protop cenderung lebih mahal dibanding jenis antasida dan penghambat reseptor H2 lainnya. Namun kelebihannya, efek antisekresinya bisa dapat dirasakan 1-2 jam setelah penggunaan dan efeknya pun dapat bertahan hingga 3 hari kedepan.

Dari semua anjuran obat yang dapat dikonsumsi diatas, silahkan Anda memilih mana obat asam lambung  yang terbaik untuk Anda. Jika penyakit asam lambung yang diderita belumlah terasa parah atau kronis, bisa memilih obat yang kandungannya lebih ringan dan tentunya lebih mudah didapat di warung atau supermarket terdekat. Jika penyakit maag yang Anda derita mulia menuju ke arah yang kronis ada baiknya memilih obat asam lambung dengan resep dokter agar lebih aman dan terjamin.

Tinggalkan komentar