Obat Asam Lambung Alami, Cocok Untuk Meredakan Gejala Saat di Rumah

By

Obat Asam Lambung Alami, Cocok Untuk Meredakan Gejala Saat di Rumah. Sebagian besar obat yang digunakan untuk mengatasi asam lambung, baik melalui resep ataupun obat apotek, biasanya telah melalui pengujian ketat sehingga bisa digunakan secara aman dan efektif. Lalu bagaimana jika Anda tidak memungkinkan untuk membeli obat ini? Atau bagaimana jika penyakit Anda datang tiba-tiba sementara Anda tidak memiliki persediaan obat yang pas? Untuk itu Anda mungkin akan mempertimbangkan pengobatan alami yang ada di rumah.

Anda mungkin pernah melihat daftar panjang obat herbal untuk menyembuhkan asam lambung, atau Anda mungkin pernah memiliki teman dan anggota keluarga yang pernah memiliki riwayat penyakit ini dan berhasil sembuh hanya dengan obat rumahan. Jadi apa lagi yang perlu Anda khawatirkan dari penggunaan herbal ini? Meskipun begitu, beberapa solusi mungkin hanya mengurangi efek sampingnya saja. Jadi untuk sakit yang terus berlanjut bisa menggunakan pengobatan dokter.

Solusi Obat Asam Lambung Rumahan yang Aman

  1. Baking soda

Sodium bikarbonat (baking soda) umumnya bersifat basa dan cukup aman untuk dikonsumsi sesekali. Inilah yang membuatnya cocok untuk dipakai sebagai obat asam lambung, meskipun penggunaannya harus dibatasi. Untuk menggunakannya maka campurkan setidaknya satu sendok teh soda kue dengan segelas air, lalu minum semuanya. Anda bisa mengulanginya sesuai kebutuhan, namun jangan melebihi dosis tujuh kali dalam sehari karena kandungan garamnya tinggi sehingga bisa menyebabkan mual dan pembengkakan.

obat asam lambung
obat asam lambung
  1. Permen karet

Orang yang mengalami gejala asam lambung umumnya bisa mendapatkan bantuan dengan cara mengunyah permen karet bebas gula selama 30 menit setelah makan. Hal ini telah dijelaskan dalam Journal of Dental Research, bahwa mengunyah permen karet bisa merangsang dan meningkatkan produksi air liur yang bisa membantu mencuci asam apapun. Jadi cobalah mengunyah permen karet setelah Anda makan dan perhatikan perbedaannya.

  1. Jus aloe vera

Lidah buaya (aloe vera) umumnya dikenal sebagai obat rumah untuk luka bakar,  namun penelitian baru-baru ini menemukan jika lidah buaya bisa dijadikan obat asam lambung. Tanaman ini dipercaya bisa mengatasi peradangan yang ada pada esofagus, sehingga bisa mengurangi rasa sakit yang diakibatkan oleh asam lambung. Bahkan tingkat efektivitas lidah buaya ini juga sebanding dengan obat-obatan standar seperti ranitidine dan omeprazole. Namun untuk mendapatkan khasiatnya maka Anda harus menemukan tanaman ini dalam bentuk jus (bukan gel).

  1. Buah pisang dan apel

Beberapa buah-buahan seperti pisang, semangka, dan apel umumnya bisa mencegah Anda dari penyakit asam lambung. Pisang sendiri memiliki sifat antasida alami yang dapat menangkal refluks asam. Jadi Anda bisa memakannya setiap hari untuk mengurangi ketidaknyamanan asam yang muncul setiap saat. Sementara apel bisa mengurangi ketidaknyamanan di malam hari. Anda bisa menikmatinya beberapa jam sebelum tidur.

  1. Teh jahe

Jahe adalah obat asam lambung yang sudah digunakan sejak lama untuk mengatasi berbagai masalah perut. Termasuk mampu mengatasi sakit perut ringan, gejala mual, hingga membantu mengurangi refluks asam (meskipun belum ada penelitian yang cukup untuk membuktikan hal ini). Anda bisa menyeduh beberapa irisan jahe ke dalam air hangat selama 30 menit,  lalu cobalah minum setiap hari sebelum makan untuk memaksimalkan penggunaannya

  1. Teh chamomile

Banyak orang percaya jika teh chamomile dapat membantu menyeimbangkan tingkat keasaman di perut Anda. Untuk itu cobalah minum secangkir teh ini antara 30 menit hingga satu jam sebelum tidur. Kandungan chamomile ini dipercaya dapat mengurangi tingkat stres, yang dapat berkontribusi terhadap naiknya asam lambung. Untuk menyajikannya maka cukup seduh kelopak bunga kering ini dalam air mendidih. Lalu biarkan selama 45 detik sebelum disaring, dan tambahkan madu atau lemon sesuai selera.

  1. Mustard

Mustard adalah salah satu komponen bumbu selain jahe yang dapat digunakan sebagai obat asam lambung. Bumbu ini memiliki kandungan mineral dan asam cuka yang dipercaya dapat menetralkan asam lambung. Ini juga mengandung alkali untuk menurunkan asam yang muncul akibat GERD. Cobalah mengkonsumsi bumbu ini setidaknya satu sendok teh ketika gejala asam lambung Anda muncul,  lalu lihat perkembangannya.

  1. Susu dingin

Bagi Anda yang tidak toleran terhadap laktosa, maka susu bisa membantu Anda dalam menstabilkan asam lambung di perut. Susu ini kaya akan kalsium yang dipercaya dapat mencegah penumpukan asam di perut. Satu-satunya hal yang harus Anda lakukan hanyalah minum segelas susu dingin setiap hari atau saat menderita keasaman di waktu tertentu. Simak obat ampuh lainnya disini.

  1. Cengkeh

Selama bertahun-tahun, cengkeh telah meraih tempat terkemuka dalam pengobatan tradisional China dan Ayurveda untuk mengobati gangguan pencernaan. Obat asam lambung ini bersifat karminatif, sehingga bisa mencegah pembentukan gas di saluran pencernaan. Untuk mendapatkan manfaatnya bisa dengan memakan langsung cengkeh dan kapulaga yang sudah dihancurkan dan dicampur dalam jumlah yang sama. Atau Anda bisa juga menambahkan cengkeh ke dalam masakan untuk mengurangi gejala perut kembung akibat asam.

  1. Buttermilk

Susu murni biasa mungkin bisa membantu Anda dalam meredakan gejala mulas akibat asam lambung,  namun Anda harus menunggu beberapa saat untuk merasakan khasiatnya. Beda dengan buttermilk, karena bisa mengurangi refluks asam dengan cepat. Secara umum produk susu fermentasi ini adalah tambahan makanan yang bagus untuk penderita GERD. Karena buttermilk ini mengandung asam laktat yang dapat menormalkan keasaman di lambung secara cepat.

  1. Cuka sari apel

Sebagian orang percaya bahwa untuk beberapa kasus, terjadinya refluks asam dikarenakan oleh kadar asam lambung yang terlalu sedikit. Jadi disitulah peran obat asam lambung ini masuk. Caranya campurkan 1-2 sendok teh cuka sari apel dalam secangkir air,  lalu minum sebanyak sekali atau dua kali sehari. Meskipun begitu penggunaannya harus hati-hati, karena kadar asam yang tinggi bisa memperparah gejala sakit Anda.

  1. Air kelapa

Ketika Anda minum air kelapa, maka pH asam pada tubuh Anda akan berubah menjadi basa. Ini sangat berguna untuk menetralkan kadar asam. Selain itu, air kelapa juga dapat membantu menghasilkan lendir di perut, yang berguna untuk melindungi perut dari efek bahaya yang ditimbulkan oleh produksi asam berlebih. Yang terakhir, air kelapa juga kaya akan serat sehingga dapat membantu pencernaan dan mencegah asam muncul kembali.

  1. Daun kemangi

Daun kemangi memiliki sifat menenangkan dan karminatif yang dipercaya bisa dipakai untuk obat asam lambung. Ini dapat memberikan Anda bantuan instan saat mengalami gejala keasaman. Jika Anda merasakan pertanda kemunculan gas asam lambung naik maka segera rebus 3-4 daun kemangi dalam air mendidih selama beberapa menit. Hirup uap yang timbul dalam rebusan tersebut, sehingga Anda bisa terbebas dari keasaman.

Berbagai tanaman herbal dan obat alami di atas bisa Anda temukan dengan mudah di rumah Anda. Jadi ini sangat cocok untuk menggantikan obat asam lambung yang tidak bisa Anda beli di rumah sakit atau apotek. Selain menggunakan bahan-bahan di atas,  cara lain mengobati asam lambung yakni dengan menghindari makanan atau apapun yang dapat memicu refluks asam. Jadi jangan terpaku hanya dengan penggunaan obat saja, tapi harus diimbangi dengan pola hidup sehat.

Tinggalkan komentar