3 Obat Alami Sakit Pundak Paling Ampuh Lengkap Dengan Penyebabnya

Merasa sakit pundak yang menyiksa aktivitas? Tapi malas untuk berobat ke dokter? Dari pada bingung dan terus mengeluh menahan sakit yang tidak ada ujungnya, mending menggunakan obat alami sakit pundak. Sakit pundak bisa diredakan dengan alami tanpa terkontaminasi bahan kimia, dan aktivitas bisa kembali dilakukan tanpa adanya hambatan yang menyiksa.

Sakit pundak yang sering dialami bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor. Entah itu karena cedera ketika olahraga, ataupun cedera ketika melakukan pekerjaan. Dan keluhan ini sering dialami oleh banyak orang.

Penyebab sakit pundak

Hal pertama yang perlu kamu ketahui sebelum menggunakan obat alami sakit pundak adalah penyebabnya. Selain disebabkan oleh kegiatan berolahraga atau melakukan pekerjaan yang kurang terkontrol sakit pundak bisa disebabkan oleh beberapa faktor berikut.

1. Pundak kaku

Permasalahan pundak kaku sering terjadi akibat adanya peradangan pada jaringan yang menempel di sekitar sendi pundak. Apabila kondisi ini tidak segera diobati, maka akan bisa bertahan hingga bertahun-tahun. Tentu ini akan sangat mengganggu aktivitasmu di setiap harinya.

2. Terjadinya permasalahan cedera pada otot pundak

Keadaan seperti ini bisa mengakibatkan dirimu menahan siksaan sakit pundak. Karena, disekitaran pundak terdapat berbagai otot dan tendon yang biasa disebut dengan rotator cuff. Otot dan tendon pada pundak ini memiliki fungsi yang sangt krusial, di mana berfungsi untuk menjaga sendi pada pundak. Selain itu memiliki tugas untuk menjaga kerja dari pergelangan lengan ke atas dan melingkar.

Oton dan tendon rotator cuff ini bisa cedera atau sobek. Adapun beberapa faktor yang bisa mengakibatkan permasalah seperti itu diantaranya, karena seseorang jatuh, sering melakukan gerakan berulang pada pundak yang tak terkontrol, atau terjadi karena seseorang meregangkan tangan ke atas secara berlebihan.

Apabila seseorang sudah mengalami permasalahan seperti ini, maka saat melakukan sesuatu akan merasakan sakit yang sangat luar biasa. Bahkan tidak bisa mengangkat barang atau memutar lengan.

3. Bursitis

Bursitis adalah suatu kondisi peradangan pada bursa (bursitis) seseorang yang terjadi akibat seseorang terlalu sering melakukan gerakan pundak yang berlebihan. Bursa yang dimaksud di sini itu adalah sebuah kantung yang terletak di seputaran persendian yang berisi cairan, yang di mana memiliki fungsi sebagai pelumas untuk memperkecil gesekan antara otot dan tulang, termasuk juga pada sendi pundak.

Ketika kamu sudah mengalami masalah ini, jangankan mengangkat beban berat, saat bersisir rambut atau mengenakan pakaian saja kan terasa sakit yang sangat menyiksa.

Cara Mengatasi

Setiap masalah tentu ada solusinya, begitu juga ketika kamu mengalami sakit pundak tentu ada cara untuk mengatasinya agar kondisi kembali pulih. Berikut ini adalah cara mengaplikasikan obat alami sakit pundak.

1. Menggunakan bawang putih

Obat alami sakit pundak yang pertama adalah bawang putih. Di samping bahannya yang mudah kamu dapatkan karena bahannya ini merupakan bumbu dapur sehari-hari, cara pengimplementasiannya pun sangat mudah.

Ketika kamu mengalami sakit pundak, kamu bisa dengan mengkonsumsi dua sampai tiga siung bawang putih di setiap harinya. Atau jika tidak suka memakan bawang putih secara langsung, kamu bisa mamanfaatkan minyak bawang putih yang dioleskan pada bagian pundak yang sakit kemudian dipijat memutar secara perlahan. Adapun cara mendapatkan minyak bawang putih ini adalah sebagai berikut.

  • Siapkan 10 siung bawang putih dan 10 ml minyak kelapa asli
  • Kemudian tuangkan semua bahan tersebut pada pengorengan
  • Gorenglah menggunakan api kecil
  • Tunggu hingga bawang putih berubah warna menjadi cokelat
  • Kemudian angkat
  • Oleskan minyak bawang putih itu pada pundak dan pijat memutar secara perlahan
  • Diamkan beberapa menit
  • Mandilah hingga bersih

Kegiatan tersebut bisa kamu lakukan secara rutin disetiap harinya selama 15 hari, atau hingga sakit di pundak sudah tidak terasa lagi.

2. Kompres dengan es

Kamu bisa menggunakan kompres es batu apabila sakit pada pundak dialami akibat cedera fisik, atau sakit pada pundak kamu bengkak dan terasa panas. Pembengkakan ini terjadi akibat adanya cedera pada bagian pundak yang menyebabkan aliran darah sangat cepat menuju bagian cedera itu. Sehingga akan terjadi kebocoran jaringan tubuh pada area tersebut.

Fungsi kompres es batu di sini adalah untuk menyempitkan pembuluh darah pada area yang cedera, sehingga aliran darah bisa kembali normal pada lokasi tersebut. Dengan demikian, pembengkakan yang terjadi bisa segera kempis atau kembali normal. Selain itu, es batu di sini juga berperan untuk mengatasi rasa nyeri dengan cara membuat rasa sensitifitas saraf yang sakit berkurang secara perlahan.

Adapun cara melakukan kompres es batu untuk mengurangi rasa sakit pada pundak adalah sebagai berikut

  • Siapkan es batu dan lap
  • Bungkus es batu tersebut menggunakan lap
  • Tempelkan pada bagian pundak yang sakit
  • Lakukan kegiatan mengompres ini selama 5-10 menit
  • Bisa diulangi kembali setelah 3 atau 4 jam kemudian

Mudah bukan cara menggunakan obat alami sakit pundak menggunakan kompres dari es batu?

3. Kompres hangat

Selain melakukan kompres dingin menggunakan es batu, kamu juga bisa menggunakan obat alami sakit pundak dengan cara kompres hangat. Kompres hangat bisa dilakukan ketika sakit pundak itu sudah kamu alami dalam jangka waktu yang lama.

Tujuan dari kompres hangat ini adalah untuk memperlebar pembuluh dara pada bagain yang sakit. Sehingga aliran darah dan oksigen dapat berjalan dengan lancar menuju area yang cedera. Kompres ini juga bisa membantu untuk mengurangi rasa nyeri yang tidak nyaman, membantu untuk merelaksasi otot, mengurangi rasa kaku pada bagian otot, dan juga meningkatkan waktu gerak pada bagian yang terasa sakit.

Penting menjadi catatan kamu, kompres hangat tidak boleh digunakan bagi mereka yang baru mengalami cedera kurang dari 48 jam atau 2 hari. Kompres hangat ini baru bisa dilakukan setelah seminggu dari waktu cedera apabila menggunakan kompres dingin tidak kunjung membuahkan hasil. Bila kamu menggunakan kompres hangat secara langsung setelah cedera dialami, maka suhu hangat yang ditimbulkan saat menggunakan kompres hangat akan memperburuk pembengkakan dan meningkatkan rasa sakit atau nyeri. Dan kompres hangat tidak dianjurkan juga bagi mereka yang mengalami cedera yang masih bengkak ataupun luka yang terbuka.

Cara menggunakan kompres hangat sebagai obat alami sakit pundak pun sangat mudah.

1. Cara pertama

Cara pertama yang bisa dilakukan saat kompres hangat adalah menggunakan handuk

  • Siapkan handuk yang bersih, air hangat sekitar 1 ember kecil dengan suhu 30-40 derajat C
  • Rendam handuk pada air hangat beberapa saat
  • Angkat handuk dan peras
  • Tempelkan pada bagian yang cedera

2. Cara kedua

Cara kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan botol kemasan air mineral

  • Siapkan botol kemasan air mineral dan air hangat dengan suhu 30-40 derajat C
  • Masukkan air hangat ke dalam botol kemasan air mineral
  • Tutup botol
  • Tempelkan pada bagian yang terasa sakit

Catatan penting, ketika menggunakan kompres hangat ini pastikan untuk tidak langsung menempelkan pada bagain kulit saat masih panas yang tinggi, karena ini bisa menyebabkan cedera baru lagi. Ketika melakukan kompres hangat, jangan lebih dari 20 menit. Jikalaupun lebih dari 20 menit, harus mendapatkan saran daru pihak medis.

Itulah 3 cara menggunakan obat alami sakit pundak yang mudah dilakukan di rumah. Ketika melakukan cara ini pastikan untuk tidak berlebihan, jika berlebihan bisa menimbulkan masalah baru yang terjadi. Selamat mencoba!

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

cara menghilangkan sesak di dada

11 Cara Menghilangkan Sesak di Dada yang Cepat Sembuhkan dan Mudah Dilakukan

sumbersehat.com – Cara menghilangkan sesak di dada mungkin menjadi hal yang belum diketahui oleh beberapa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *