Waspadai Rasa Nyeri Perut Kanan Bawah Saat Hamil Muda!

Nyeri Perut Kanan Bawah Saat Hamil Muda – Rasa nyeri perut kanan bawah saat hamil mudah, tentunya menjadi salah satu hal yang wajib Anda waspadai. Sebab  hal ini dapat membahayakan kandungan Anda. Meskipun sebenarnya sangat wajar jika saat Anda hamil, Anda mengalami kram perut. Tapi akan menjadi bahaya dan perlu Anda waspadai jika diikuti dengan gejala-gejala lainya, seperti pendarahan pada vagina, lemas, pusing, dan gejala lainnya.

Nyeri perut kanan bawah saat hamil muda memiliki tingkatan sakit atau tingkat rasa nyeri yang berbeda-beda. Maka dari itu, Anda yang sedang hamil wajib tahu bagaimana rasa nyeri yang sedang Anda rasakan. Hal ini dilakukan agar Anda tahu tindakan apa yang harusnya dilakukan.

Jika rasa nyeri perut kanan bawah saat hamil muda  terus berlanjut selama 10-12 minggu, maka ada baiknya Anda segera konsultasi ke dokter kandungan untuk penanganan yang tepat. Lantas apa saja penyebab nyeri perut kanan bawah saat hamil muda? Nah, berikut adalah beberapa penyebabnya.

Penyebab Nyeri Perut Kanan Bawah Saat Hamil Muda

Rasa nyeri dibagian perut kanan bawah saat hamil muda, bisa saja disebabkan oleh beberapa hal berikut ini.

1. Terdapat Gas yang Berlebihan di Perut

Saat hamil, hormon progestron akan meningkat, hal ini akan menyebabkan otot dinding saluran pencernaan lebih rileks serta akan lebih lambat dalam mencerna makanan. Ketika makanan terlalu lama berada di usus besar, maka akan makin banyak gas yang diproduksi. Gas yang berlebihan inilah, yang dapat menyebabkan rasa nyeri perut di bagian kanan bawah saat hamil muda. Selain di perut, biasanya gas akan menjalar di bagian punggung dan dada, sehingga bisa saja mengakibatkan rasa tak enak pada bagian tersebut.

2. Perubahan Ukuran Rahim

Saat usia  kehamilan semakin bertambah, dan ukuran janin pun akan semakin membesar maka akan terjadi perubahan ukuran rahim. Sehingga, jaringan ikat atau ligamen penghubung tulang panggul dan rahim akan meregang. Peregangan inilah yang mengakibatkan rahim akan terasa kencang. Dengan perubahan ukuran rahim serta rahim yang semakin kencang inilah, yang bisa saja mengakibatkan Anda merasakan nyeri perut kanan bawah saat hamil muda.

3. Setalah Berhubungan Seks

Berhubungan seks saat hamil muda juga dapat menjadi salah satu pemicu nyeri perut kanan bawah saat hamil muda. Hal ini dapat terjadi dikarenakan vagina serta rahim mengalami sensasi berdenyut saat orgasme, yang dapat mengakibatkan rasa kram perut setelahnya.

Itulah beberapa penyebab yang mungkin menjadi pemicu rasa nyeri perut kanan bawah saat hamil muda. Rasa nyeri tentunya dapat Anda ringankan. Nah, berikut adalah beberapa cara meringankan rasa nyeri perut kanan bawah saat hamil  muda yang bisa Anda ikuti.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Sakit Punggung Saat Hamil dengan Aman

Cara Meringankan Rasa Nyeri Perut Kanan Bawah Saat Hamil Muda

Tentunya rasa nyeri perut saat hamil menjadi hal yang mengganggu serta menimbulkan rasa tak nyaman. Untuk itu, agar sedikit meringankan rasa nyeri pada bagian perut Anda, maka Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Banyak Minum Air Putih

Banyak minum air putih, menjadi Salah satu cara yang bisa Anda ikuti ketika rasa nyeri perut bagian kanan saat hamil muda menyerang Anda. Terlebih lagi jika rasa nyeri ini diakibatkan oleh sembelit. Selaian meminum air putih, Anda juga dianjurkan untuk makan makanan yang mengandung banyak serat, seperti buah dan sayuran. Serat dipercaya dapat memperlancar pencernaan. Tapi jika cara tersebut tetap tidak dapat mengatasi masalah Anda, maka lebih baik Anda segera datang ke dokter kandungan untuk konsultasi.

2. Gerak Perlahan

Untuk sedikit mengatasi rasa nyeri yang Anda rasakan, maka ada baiknya Anda membiasakan diri untuk bergerak secara perlahan dan hati-hati. Gerak secara berlahan dapat menurunkan resiko rasa sakit seperti kram atau nyeri yang Anda rasakan.

3. Mengubah Posisi Saat Berbaring

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa rasa nyeri perut bagian kanan bawah saat hamil muda bisa saja disebabkan oleh ligamen, untuk itu agar rasa nyeri tak semakin bertambah parah, Anda bisa mengubah posisi berbaring Anda. Cobalah berbaring miring di sisi yang berlawanan dengan sisi perut yang sakit. Jika rasa sakit di sebelah perut kanan, maka Anda bisa berbaring miring dengan perut sisi sebelah kiri Anda.

4. Kompres Dengan Air Hangat

Mengompres dengan air hangat juga menjadi salah satu hal yang dapat Anda lakukan untuk meredakan rasa nyeri pada perut Anda. Anda bisa mengompres perut Anda dengan botol berisi air hangat. Kompreslah sekitar 30 menit agar meredakan rasa nyeri yang Anda rasakan.

5. Berolahraga Ringan

Berolahraga juga menjadi salah satu cara yang dapat Anda lakukan. Yoga menjadi salah satu olahraga ringan yang dapat Anda lakukan untuk meredakan nyeri perut Anda. Olahraga yoga memang sangat cocok untuk dilakukan oleh ibu hamil, terutama setelah melewati usia kehamilan 3 bulan.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meredakan nyeri perut kanan bawah saat hamil mudah. Meskipun sebenarnya nyeri atau kram perut saat hamil adalah hal yang normal, tapi tetap saja harus Anda waspadai, sebab ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi jika rasa nyeri perut tetap berlanjut. Berikut beberapa kondisi serius yang dapat menyebabkan rasa nyeri pada perut saat hamil muda.

Kondisi Serius yang Dapat Menyebabkan Rasa Nyeri Pada Perut Saat Hamil

1. Kehamilan Ektopik

Kehamilan di luar kandungan atau yang lebih dikenal dengan istilah media sebagai kehamilan ektopik, merupakan salah satu kondisi serius yang bisa saja terjadi dan menyebabkan rasa nyeri atau kram pada bagian perut. Kehamilan ektopik diakibatkan karena terjadinya pembuahan sel telur di laur rahim. Tak hanya rasa nyeri, gejala dari kondisi ini antara lain timbul rasa nyeri pada rongga panggul, pusing, lemas, nyeri bahu, dan pendarahan pada vagina. Kondisi ini jelas harus segera ditangani oleh dokter.

2. Keguguran

Jika Anda mengalami rasa nyeri pada perut saat hamil muda dan disertai dengan flek atau pendarahan selama beberapa hari, maka hal tersebut bisa menjadi tanda dari keguguran. Untuk itu, agar mendapatkan penanganan yang lebih tepat maka Anda harus segera ke dokter kandungan.

3. Infeksi Saluran Kemih

Saat hamil, sangat rentang untuk ovarium mengalami infeksi. Salah satunya adalah infeksi saluran kemih. Hal ini  juga mengharuskan Anda untuk segera ke dokter kandungan agar dapat segera ditangani. Selain melakukan semua anjuran dari dokter, Anda juga perlu istirahat yang cukup untuk mempercepat proses pemulihan.

Itulah beberapa kondisi yang mungkin terjadi dan serta dapat menyebabkan rasa nyeri perut bagian kanan bawah saat hamil muda. Hamil muda adalah kondisi yang sangat rawan, untuk itu jika Anda mengalami keluhan seperti rasa nyeri, pusing, lemas, pendarahan di vagina, dan sebagainya, maka ada baiknya Anda segara datang ke dokter kandungan untuk berkonsultasi, dan agar mendapat penanganan yang tepat.

About Alvindayu

Check Also

cara menghilangkan sesak di dada

11 Cara Menghilangkan Sesak di Dada yang Cepat Sembuhkan dan Mudah Dilakukan

sumbersehat.com – Cara menghilangkan sesak di dada mungkin menjadi hal yang belum diketahui oleh beberapa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *