9 Jenis Nutrisi untuk Diet Sehat yang Harus Tetap Anda Perhatikan

By

sumbersehat.com – Dalam menjalani proses penurunan berat badan, biasanya orang-orang tidak terlalu peduli terhadap nutrisi untuk diet sehat yang harus dipenuhi. Padahal, pemenuhan kebutuhan nutrisi yang baik untuk tubuh akan sangat berpengaruh pada keberhasilan diet yang dijalani. Terlebih bila tujuan diet yang dilakukan yaitu demi kesehatan diri sendiri.

Pada umumnya, permasalahan kesehatan seperti obesitas, asam urat, dan migrain yang kerap mengincar para pelaku diet. Hal ini dikarenakan adanya ketidakseimbangan hormon yang terpengaruh saat pemenuhan nutrisi untuk melakukan diet tidak diperhatikan. Apa saja jenis nutrisi baik yang harus Anda penuhi selama melakukan diet sehat?

nutrisi untuk diet sehat

Inilah Daftar Nutrisi untuk Diet Sehat yang Tepat

Adapun beberapa nutrisi yang dibutuhkan dalam diet sehat adalah:

Vitamin C   

Tugas dari vitamin C yakni membantu tubuh dalam melakukan penyerapan zat besi. Vitamin C merupakan salah satu jenis nutrisi untuk diet sehat yang tidak boleh Anda abaikan. Keberadaannya akan mempercepat proses metabolisme lemak, sebagai antioksidan dan mengoptimalkan fungsi sel dalam tubuh. Anda bisa menambahkan menu seperti jeruk, berries, dan paprika dalam daftar makanan diet sehat Anda.

Zink dan Protein

Makanan yang memiliki kadar zinc atau seng yang tinggi akan membantu meningkatkan rasa kenyang. Tak hanya itu saja, zinc juga menjadi salah satu sumber nutrisi untuk diet sehat yang dibutuhkan tubuh untuk pengeluaran energi. Di samping itu, kebutuhan protein juga amat diperlukan untuk keseimbangan tubuh. Anda bisa menemukan banyak zinc dan protein dalam makanan laut dan aneka jenis kacang-kacangan.

Vitamin yang Larut dalam Lemak dan Asam Lemak

Maksud dari vitamin yang larut dalam lemak yaitu vitamin A, D, E, dan K, itu merupakan nutrisi untuk diet sehat. Sedangkan asam lemak yang dimaksud melingkupi omega 3 yang memiliki peran besar dalam proses penurunan berat badan. Asam lemak baik ini akan merangsang pertumbuhan sel baru dan menjaga pembuluh darah tetap stabil.

Pemenuhan nutrisi asam lemak tak jenuh akan bekerja optimal dalam menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol yang baik dalam tubuh. Anda bisa memenuhinya dengan konsumsi minyak zaitun, salmon, alpukat, dan ikan makarel. Kandungan vitamin B6 di dalam makanan tersebut adalah salah satu nutrisi yang bisa mengubah makanan menjadi energi.

Kandungan nutrisi untuk diet sehat pada vitamin dan asam lemak baik akan meningkatkan produksi serotonin dalam tubuh Anda. Tak hanya itu saja, neurotransmitter juga akan berfungsi secara maksimal dalam mengatur mood atau suasana hati Anda. Dengan memenuhi semuanya, kondisi tubuh Anda akan lebih stabil untuk menjalankan kegiatan sehari-hari.

Karbohidrat 

Sebagian besar orang beranggapan bahwa saat diet harus mengurangi karbohidrat secara drastis. Padahal, tubuh Anda tetap membutuhkannya meskipun sedang menjalani proses penurunan berat badan. Karbohidrat merupakan salah satu nutrisi untuk diet sehat yang wajib terpenuhi secara tepat. Jika karbohidrat tidak terpenuhi secara optimal, maka tubuh akan menghadirkan energi dengan mencuri dari cadangan lemak dan protein. 

Hal ini akan memberikan dampak buruk bagi keseimbangan tubuh Anda. Satu yang perlu diluruskan saat menjalani diet  yakni menjaga asupan karbohidrat yang bersumber dari makanan yang terkandung gula di dalamnya. Anda bisa mengakalinya dengan mengonsumsi sayur, buah, kacang-kacangan, dan makanan berserat alami yang bisa ditemukan di lingkungan sekitar.

Kalsium

Pemenuhan salah satu nutrisi untuk diet sehat satu ini bisa Anda dapatkan dari susu dan turunannya. Kalsium bertugas dalam membantu sel-sel berada dalam potensi maksimum mereka agar metabolisme tubuh tidak terhambat. Dengan kecukupan kalsium, Anda sudah membantu diri Anda untuk bisa mencerna makanan dengan baik dan bisa menyerap nutrisi tambahan lainnya secara maksimal.

Kalsium akan membantu dalam membangun kekokohan tulang dan gigi. Saat kalsium terjaga, maka hal tersebut juga akan memastikan jalannya laju darah secara normal dan mengatur kontraksi otot hingga detak jantung. Selain turunan susu, Anda bisa menemukan kalsium pada makanan sayur hijau, brokoli, tahu, tempe, dan kacang kedelai. Baca juga 10 Nutrisi Diet Sehat yang Wajib Dikonsumsi, Harus Tahu!

Zat Besi

Nutrisi saat diet yang harus Anda penuhi selanjutnya adalah zat besi. Banyak orang mengira, zat besi dan zinc adalah komponen yang sama. Padahal keduanya adalah zat yang berbeda meski masih dalam satu jenis pengelompokan yang sama yakni nutrisi mineral.  Zat besi berfungsi untuk mengalirkan oksigen ke seluruh sel di dalam tubuh. Jika oksigen tidak terpenuhi, maka tubuh akan cenderung mudah lelah dan lemas.

Bila Anda kekurangan nutrisi untuk diet sehat satu ini, maka kemungkinan besar penyakit anemia akan menyerang. Anemia merupakan salah satu penyakit defisiensi besi yang bisa menyerang siapa saja. Anda bisa meminimalisirnya dengan banyak mengonsumsi daging merah, ayam, sayur hijau, aneka jenis ikan dan kacang-kacangan. 

Magnesium

Keberadaan magnesium untuk tubuh yakni bisa mencegah kembung dan menjaga pencernaan Anda lebih baik. Sehingga magnesium menjadi nutrisi untuk diet sehat yang harus dipenuhi. Dengan memenuhinya, memungkinkan Anda membentuk otot baru yang bisa membakar lemak bahkan saat Anda tidak sedang berolahraga. Anda bisa mendapatkannya dari sayuran hijau, biji-bijian, ikan, tahu, yogurt dan lainnya. 

Kekurangan magnesium akan memperbesar peluang tulang yang mudah keropos karena magnesium dekat dengan pemenuhan vitamin D untuk tulang. Jika tidak terpenuhi dengan baik, maka kebutuhan tulang ini akan mencangkoknya dari kerja organ hati dalam menghasilkan sumber energi. Lebih jauh, bila organ hati bekerja terlalu keras akan berakibat buruk di kemudian hari.

Asam Folat

Kebutuhan asam folat sangat penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Terutama bagi perempuan di usia subur dan mulai merencanakan kehamilan. Pemenuhannya akan membantu mengurangi risiko bayi cacat lahir seperti bibir sumbing, kaki bengkok, hydrocephalus, hingga down syndrome.

Asam folat juga menjadi salah satu nutrisi untuk diet sehat yang tidak boleh Anda abaikan. Kehadirannya mengatur produksi sel darah putih untuk melawan berbagai macam penyakit. Anda bisa mendapatkannya dari makanan sayuran hijau, berries, dan kacang-kacangan. Jangan biarkan tubuh Anda kekurangan nutrisi baik, meski Anda sedang menjalankan program untuk menurunkan berat badan.

Serat

Memperbanyak serat merupakan salah satu usaha yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan. Anggapan bahwa serat sebagai salah satu faktor dominan yang menyukseskan program diet menjadi sebuah tolok ukur yang dipegang sebagian orang. Banyak pula yang salah kaprah dengan anggapan ini.

Serat memang menjadi salah satu nutrisi penting yang bisa menekan kecenderungan kenaikan berat badan. Hanya saja, bila tidak memperhatikan komponen nutrisi lainnya juga akan membuat tubuh Anda tidak berada dalam kondisi prima. Menurut American Heart Association, Anda tetap harus menyeimbangkan elemen vitamin, mineral, karbohidrat, dan lainnya untuk mendapatkan jantung yang sehat pula. 

Dari makanan apa saja serat bisa didapatkan? Anda bisa menyiasatinya dengan makan kacang-kacangan, jagung, nasi merah, gandum utuh, oatmeal, buah pir, brokoli, dan apel. Makanan-makanan tersebut sangat mudah didapatkan bukan?

Dalam menjalankan program penurunan berat badan, Anda harus memperhatikan beberapa jenis nutrisi untuk diet sehat di atas. Penjabaran yang telah dituliskan tersebut hanya sebuah gambaran agar Anda tetap menjaga asupan makan dengan bijak. Program penurunan berat badan akan semakin optimal bila Anda barengi dengan olahraga teratur dan istirahat yang cukup.

Tinggalkan komentar