10 Nutrisi Diet Sehat yang Wajib Dikonsumsi, Harus Tahu!

By

sumbersehat.com – Nutrisi diet sehat menjadi bagian penting saat menjalani diet. Saat menjalani program diet, tidak jarang banyak orang yang melakukan diet tanpa mempertimbangkan nutrisinya. Padahal nutrisi yang diperlukan tubuh harus dipenuhi agar program diet berhasil. 

Selain itu, tidak mempertimbangkan nutrisi saat diet juga bisa menghambat metabolisme tubuh. Hal ini tentu bisa membuat program diet tidak berjalan lancar. Bagi Anda yang menjalani program diet, sebaiknya perhatikan nutrisi yang tidak boleh terlewatkan. Simak yuk ulasan tentang nutrisi diet sehat!

nutrisi diet sehat

Inilah 10 Nutrisi Diet Sehat yang Harus Anda Ketahui

Berikut nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh saat menjalani program diet. 

Vitamin A

Vitamin A menjadi salah satu nutrisi diet sehat yang tidak boleh dilewatkan. Vitamin A berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan mata, dan pertumbuhan jaringan tubuh. Kekurangan vitamin A bisa mengakibatkan berbagai penyakit seperti kulit kering, mudah terserang infeksi, dan masalah kesuburan. 

Agar terhindar dari dampak buruk saat menjalani diet, sebaiknya jangan lupa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A. Hal ini bertujuan agar tubuh tetap sehat dan program diet bisa berjalan lancar. Berbagai makanan yang mengandung vitamin A antara lain apel, anggur, wortel, dan brokoli. 

Vitamin C

Nutrisi diet sehat yang tidak boleh dilewatkan yaitu vitamin C. Vitamin C berperan penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga kesehatan tubuh tetap terjaga saat diet. Adanya vitamin C dalam menu diet bisa membantu Anda terhindar dari berbagai masalah kesehatan, seperti flu. Selain itu, vitamin C juga membantu tubuh untuk menyerap zat besi dan mengoptimalkan fungsi sel.

Jika Anda tidak menambahkan vitamin C dalam menu diet, tentu proses diet tidak akan berjalan lancar. Kekurangan vitamin C juga rentan terkena berbagai penyakit seperti kelelahan, menurunnya daya tahan tubuh, dan lain sebagainya. Makanan yang banyak mengandung vitamin C antara lain jeruk, stroberi, cranberry, dan paprika. 

Vitamin B6

Nutrisi diet sehat penting yang tidak boleh dilewatkan saat diet yaitu vitamin B6. Perannya yang penting dalam mengubah makanan menjadi energi, membuat vitamin B6 sangat diperlukan untuk diet. Hal ini karena makanan yang dikonsumsi tidak menumpuk menjadi lemak. Sehingga membuat proses penurunan berat badan lebih optimal. Selain itu, vitamin B6 juga membantu produksi serotonin dalam tubuh.

Produksi serotonin yang stabil bisa membuat suasana hati lebih bahagia, sehingga terhindar dari depresi. Sebagian orang yang mengalami depresi atau suasana hati buruk cenderung ingin terus mengunyah camilan. Hal ini tentu berdampak buruk pada program diet yang sedang dijalankan. Ada berbagai makanan yang mengandung vitamin B6, diantaranya yaitu alpukat, pisang, ubi, telur, dan ikan salmon. 

Vitamin D

Nutrisi diet sehat yang tidak boleh dilewatkan yaitu mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin D. Makanan yang mengandung vitamin D bisa membuat Anda tetap fokus dan suasana hati tetap baik. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D, maka bisa meminimalkan risiko depresi. 

Depresi bisa menyebabkan keinginan mengonsumsi makanan berlebih, sehingga mengganggu program diet. Maka dari itu agar diet berjalan lancar, sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung vitamin D. Selain menyehatkan, vitamin D juga membuat suasana hati lebih bahagia. Berbagai sumber alami yang mengandung vitamin D antara lain sereal, minyak ikan, dan sinar matahari.

Vitamin E

Nutrisi penting yang tidak boleh dilewatkan saat diet yaitu vitamin E. Vitamin E berfungsi sebagai antioksidan, meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi risiko penyumbatan pembuluh darah, dan bagus untuk perawatan kulit. Adanya kemampuan dalam perawatan kulit, membuat vitamin E banyak dimanfaatkan untuk campuran kosmetik. 

Kekurangan vitamin E bisa menimbulkan berbagai penyakit seperti melemahnya otot dan kerusakan saraf. Maka dari itu agar program diet berjalan lancar, usahakan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E. Selain bisa menurunkan berat badan, konsumsi vitamin E juga membuat kulit lebih sehat dan cerah. Makanan yang mengandung vitamin E antara lain biji bunga matahari, almond, selai kacang, dan hazelnut. 

Zinc dan Protein

Zinc dan protein menjadi nutrisi diet sehat yang diperlukan saat menjalani program diet. Hal ini karena makanan yang kaya zinc dan protein bisa membantu meningkatkan rasa kenyang, sehingga bisa menekan nafsu makan. Kurangnya asupan zinc bisa meningkatkan berbagai risiko penyakit seperti rambut rontok, fungsi neurologis yang buruk, dan lain sebagainya. Sumber makanan yang mengandung zinc dan protein antara lain kacang polong serta makanan laut. 

Kalsium

Nutrisi diet sehat yang tidak boleh dilewatkan yaitu kalsium. Konsumsi kalsium per hari sesuai jumlah yang disarankan sangat efektif menurunkan berat badan. Kalsium berfungsi melancarkan metabolisme tubuh. Selain itu, kalsium juga membuat otot-otot dalam tubuh dapat bekerja lebih baik. 

Kekurangan kalsium bisa berdampak buruk pada tubuh dan menimbulkan berbagai risiko penyakit. Penyakit yang diakibatkan kekurangan kalsium antara lain osteoporosis, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan kanker. Ada berbagai jenis makanan yang mengandung kalsium, antara lain tahu, susu, ikan salmon, dan keju. Baca juga 6 Kandungan Nutrisi Ini Harus Ada di Menu Makan Malam untuk Diet Sehatmu.

Magnesium

Selanjutnya yang nutrisi diet sehat yang tidak boleh dilewatkan saat diet yaitu magnesium. Magnesium sangat diperlukan selama proses diet, karena bisa mencegah kembung. Selain itu, magnesium juga bisa mengurangi risiko terkena gangguan kesehatan seperti diabetes, osteoporosis, tekanan darah tinggi, dan kram otot. Ada berbagai jenis makanan yang mengandung magnesium, diantaranya yaitu kacang-kacangan, sayuran hijau, ikan, pisang, tahu, dan tempe. 

Zat Besi

Zat besi menjadi salah satu nutrisi diet sehat penting yang diperlukan saat menjalani program diet. Kurangnya zat besi saat diet membuat tubuh rentan mengalami anemia. Hal ini tentu bisa membuat Anda merasa mudah lelah dan menurunnya kinerja di kantor. 

Maka dari itu agar tidak terkena anemia dan tubuh tetap sehat, sebaiknya selalu konsumsi makanan yang mengandung zat besi. Selain anemia, kekurangan zat besi bisa menyebabkan berbagai penyakit lain seperti jantung berdebar-debar, rambut rontok, dan sindrom kaki gelisah. 

Terdapat berbagai sumber alami yang mengandung zat besi, salah satunya bayam. Anda bisa mengonsumsi bayam saat pagi dan siang hari. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi secara rutin, tentu tubuh menjadi lebih sehat dan tidak mudah lelah.

Serat

Serat merupakan nutrisi diet sehat yang tidak boleh dilewatkan. Makanan yang mengandung serat bisa mengenyangkan tanpa menaikkan berat badan, karena rendah kalori. Selain mengenyangkan, serat juga berfungsi menurunkan kolesterol dan berbagai penyakit mematikan. 

Tubuh yang kekurangan serat rentan mengalami berbagai risiko penyakit seperti gula darah tidak stabil, meningkatnya kadar kolesterol, dan sembelit. Makanan yang mengandung serat antara lain beras merah, brokoli, tomat, kacang-kacangan, alpukat, dan jagung. 

Terdapat berbagai nutrisi diet sehat yang tidak boleh dilewatkan, mulai dari vitamin A hingga serat. Kekurangan nutrisi di atas bisa membuat program diet yang Anda lakukan tidak berjalan secara maksimal. Bahkan tak jarang kekurangan nutrisi penting saat diet bisa menimbulkan berbagai penyakit. 

Tinggalkan komentar