9 Kandungan Nutrisi Baik dan Manfaat Buah Naga Untuk Bayi

9 Kandungan Nutrisi Baik dan Manfaat Buah Naga Untuk Bayi. Buah naga sendiri memiliki beberapa jenis. Ada jenis yang jarang ditemukan di Indonesia seperti yang kulitnya berwarna kuning agak putih. Perbedaan cuaca mempengaruhi tumbuhnya tanaman naga ini. Buah naga termasuk klasifikasi tanaman kaktus dan masih satu marga dengannya. Hal ini bisa kita lihat dari bentuk daunnya dan kulit buahnya.

Yang sering kita temukan di pasaran atau kebun masyarakat, buah naga terbagi menjadi dua macam yaitu buah naga merah dan putih. Warna merah keunguan yang dihasilkan oleh buah naga menandakan adanya senyawa yang bisa mencegah kanker. Hal ini terjadi seperti tanaman cabai merah. Sedangkan, warna putih yang dihasilkan juga mengandung senyawa yang dapat mencegah adanya radikal bebas dalam tubuh.

Manfaat buah naga untuk bayi
Manfaat buah naga untuk bayi

Buah naga adalah buah yang baik untuk kesehatan tubuh khususnya untuk anak dan balita. Pada pertumbuhan anak atau usia emasnya, asupan bergizi seimbang sangat diutamakan untuk menunjang kesehatan seorang anak. Salah satu asupan baik bagi tubuh sang anak  adalah buah naga. Mengapa? Manfaat buah naga untuk bayi selain rasanya manis dan menyegarkan, ternyata buah naga memiliki kandungan vitamin dan nutrisi lain yang memiliki potensi luar biasa bagi tubuh. Dampak positif bagi kesehatan, buah naga bisa dibilang buah yang sangat baik.

Buah naga memiliki khas pada tanamannya. Bentuk kulit buah seperti sisik naga menjadi julukan mengapa buahnya dinamakan buah naga. Hal ini disebabkan karena adanya adaptasi lingkungan bagi tanaman buah naga, di mana bentuk fisiknya menandakan adaptasi terhadap suhu dan cuaca. Buah naga banyak ditemukan di Indonesia dan negara-negara tropis lainnya. Bahkan, pada musim panas sekali pun, tanaman buah naga ini tetap bisa tumbuh dengan baik. Berikut merupakan manfaat tanaman buah naga bagi kesehatan tubuh anak di usia emasnya.

Mencegah adanya radikal bebas

Manfaat buah naga untuk bayi salah satunya yaitu buah naga memiliki warna merah keunguan dan putih yang menandakan adanya senyawa antioksidan. Hal ini sangat berfungsi bagi anak dan balita. Anak dan balita yang banyak mengonsumsi buah naga akan menjadi lebih bugar dan segar tubuhnya. Hal ini dikarenakan senyawa antioksidan mencegah tumbuhnya radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas merupakan ion-ion yang menjadi penyebab utama tumbuhnya sel kanker dan penyakit kronis lainnya.

Selain itu, radikal bebas bisa menghambat pertumbuhan anak dan hal ini sangat berbahaya juga bagi kesehatan tubuh anak.

Meningkatkan daya imunitas tubuh

Seperti yang kita tahu, manfaat buah naga untuk bayi buah nagamengandung senyawa antioksidan dan vitamin untuk menjaga kebugaran tubuh. Hal ini menjadikan imunitas tubuh semakin baik. Anak di usia emasnya atau balita apabila mengonsumsi banyak buah khususnya buah naga maka imunitas yang terbentuk sangat baik.

Membantu pertumbuhan sel dan tulang-tulang

Kandungan kalsium dan fosfor pada makanan dapat membantu pertumbuhan sel tulang seseorang. Buah naga ternyata juga mengandung kalsium dan fosfor. Hal ini sangat berguna bagi pertumbuhan tulang anak dan giginya. Nutrisi tersebut sangat baik bagi pertumbuhan janin dan mensuplai kesehatan pada tubuh sang anak. Apabila banyak mengonsumsi buah naga, maka akan baik bagi pertumbuhan tulang janin yang dikandung.

Mengurangi peluang infeksi

Kandungan karoten pada buah naga juga sangat baik untuk mencegah terjadinya pendarahan atau infeksi kritis pada tubuh. Infeksi disebabkan karena adanya rusaknya inflamasi jaringan. Dalam hal ini, manfaat buah naga untuk bayi membantu tubuh anak untuk mengurangi terjadinya infeksi bahkan pendarahan.

Meningkatkan sumber energi bagi tubuh

Anak balita memerlukan banyak energi untuk menopang kebugaran dan kesehatan tubuhnya. Hal ini juga penting saat anak dan balita beraktivitas dan bermain membutuhkan banyak energi agar anak tidak lemas dan pingsan saat beraktivitas. Selain itu, anak dan balita harus kuat sehingga membutuhkan energi yang alami. Energi alami tersebut tentunya didapatkan dari sayuran, buah, ikan, daging dan sumber energi lainnya. Dalam hal ini, buah naga membantu meningkatkan energi tubuh pada ibu hamil dan bayinya.

Membantu kesehatan otot pada tulang

Otot-otot anak dan balita harus kuat yaitu dengan manfaat buah naga untuk bayi memudahkan anak bergerak dengan aktif saat beraktivitas. Hal ini juga menjadi hal penting pada saat anak balita. Anak balita harus memiliki otot dan tulang kuat untuk menopang tulang dan keseimbangan tubuh.

Omega-3 untuk kecerdasan anak

Omega-3 merupakan nutrisi yang baik bagi tubuh. Apalagi diperuntukkan bagi anak. Hal ini untuk menunjang kecerdasan otak dan merangsang sel saraf pada otak. Selain itu, kangdungan omega-3 juga berpotensi untuk meningkatkan insting pada anak agar tumbuh menjadi cerdas dan aktif. Hal ini juga sangat penting bagi anak saat dewasa nantinya.

Menjaga tekanan darah

Buah naga sehari-hari masyarakat nusantara ini ternyata mampu bermanfaat yang luar biasa untuk memelihara tekanan darah. Penenlitian yang telah dilakukan, manfaat buah naga untuk bayi buah naga dinilai mampu mengontrol menurunkan tensi darah. Buah nagadinilai mampu mengontrol pembuluh darah tak terkontrol dan lebih santai. Sehingga, aliran darah menjadi sangat lancar dan tensi di dalam darah berkurang. Khasiat buah naga jenis yang ini juga dihasilkan dari potensi antioksidan yang tinggi dan antibakteri. Percobaan yang dilakukan oleh beberapa ilmuwan dan peneliti di Indonesia ataupun luar negeri memperlihatkan bahwa bawang ini mampu dengan efisien menurunkan kadar lemak jahat pada tubuh anak.

Sebagai senyawa antiradang

Siapa sih yang masih merasa asing dengan buah manis yang jenis ini? Buah naga memang sering dimanfaatkan untuk cemilan dan olahan makanan Indonesia. Bukan hanya mudah didapatkan dan mampu menimbulkan cita rasa khas pada makanan, manfaat buah naga untuk bayi senyawa aktif pada buah naga mempunyai potensi antioksidan dan antiradang bagi imunitas tubuh. Riset menunjukkan bahwa buah naga mampu mencegah penyakit pilek, menyembuhkan bekas luka, mengurangi gejala sakit tulang, menghilangkan lemak jahat, mencegah pikun dan sel tumor, mengontrol fungsi hati dan otak, serta mencegah infeksi.

Perhatikan artikel menarik lainnya disini.

Melancarkan sel saraf otak

Buah naga bukan hanya bisa menimbulkan rasa yang khas pada makanan. Manfaat buah naga ini juga dinilai dapat menurunkan gejala peradangan pada anggota tubuh, seperti bengkak. Percobaan para ilmuwan dan peneliti lain memperlihatkan bahwa senyawa bioaktif yang banyak terkandung di dalam daging buah naga juga bisa secara efisien mengontrol gula dalam darah, lemak jahat, dan tensi darah, dan melancarkan sel saraf otak.

Demikian banyak manfaat buah naga untuk anak. Buah naga adalah salah satu buah yang menyehatkan bagu tubuh anak. Hal ini dikarenakan banyak kandungan nutrisi yang baik apabila rutin dikonsumsi. Olahan buah naga pada makanan juga diperlukan agar anak menyukai buah naga.

About Ibnu Khamill

Check Also

tips medical check up

6 Tips Medical Check Up, Biaya dan Prosenya, Dijamin Lolos!

sumbersehat.com – Tips medical check up menjadi trending belakangan ini. Masyarakat berlomba-lomba mendaftarkan diri mereka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *