Nutrisi Bagi Kesehatan Jasmani dan Rohani

Sering berolahraga dan makan makanan bergizi mungkin membuat tubuh Anda tampak sehat. Namun kesehatan tidak bisa dilihat dari fisik saja, kondisi psikis Anda juga harus diperhatikan. Dalam sebuah pepatah dikatakan bahwa, “dalam tubuh yang sehat maka terdapat jiwa yang kuat”. Maka dari itu, Anda perlu memperhatikan keseimbangan nutrisi bagi kesehatan jasmani dan rohani untuk mencapai sehat yang sempurna.

Kesehatan Rohani Mempengaruhi Kesehatan Jasmani

Percayakah Anda bahwa kondisi mental yang baik dan pola pikir yang positif akan mengantarkan Anda untuk meraih segala tujuan kesehatan? Mungkin kedengarannya sangat aneh. Namun pikirkan kembali saat-saat dimana Anda atau orang lain yang Anda kenal begitu terobsesi dengan makanan dan penurunan berat badan. Ketika tiba dimana Anda berusaha keras untuk menekan pola makan, apakah saat itu Anda merasa baik secara spiritual atau malah tertekan?

kesehatan jasmani dan rohani
kesehatan jasmani dan rohani

Bandingkan kembali ketika Anda merasa nyaman dengan diri Anda sendiri. Apakah Anda akan mengalami gangguan kesehatan atau mental tertentu? Itulah pentingnya memahami kesehatan jasmani dan rohani. Orang yang mengalami kondisi pikiran yang tidak sehat akan tampak buruk pada fisik mereka. Perempuan yang mengalami stres berat akan berdampak pada siklus menstruasi yang tidak teratur, badan menjadi kurus, kulit pucat, kualitas tidur yang buruk, dan berbagai gejala kesehatan lainnya.

Nutrisi Untuk Kesehatan Jasmani

Nutrisi untuk kesehatan jasmani pada umumnya berupa segala tindakan yang tampak, yang berkaitan dengan jasmani atau fisik kita. Mulai dari apa yang kita makan, apa saja yang kita lakukan sehari-hari, dan bagaimana kita menjaga kondisi fisik tersebut agar tetap terlihat bugar dan menarik. Adapun beberapa contoh yang bisa Anda lakukan yaitu sebagai berikut.

Berolahraga secara rutin

Tidak dapat dipungkiri bahwa latihan olahraga dapat meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani seseorangsecara keseluruhan. Jika Anda perhatikan dengan baik, maka tidak ada jenis olahraga fisik di dunia ini yang akan membuat Anda stres. Bahkan jenis olahraga game sekalipun dapat meningkatkan kecerdasan intelektual serta mengurangi tingkat stres jika dilakukan dengan benar.

Menjaga pola hidup sehat

Pola hidup sehat bisa dimulai dengan mengatur jadwal tidur Anda. Mendapatkan tidur yang cukup akan membantu fisik Anda lebih bugar. Hindari kegiatan begadang terlalu sering, apalagi untuk hal-hal yang tidak bermanfaat seperti bermain game. Selain itu, upayakan untuk bangun lebih awal. Karena terlalu banyak tidur juga dapat memperburuk saluran pernapasan Anda.

Menghindari obat-obatan tertentu

Salah satu komponen dalam menjaga kesehatan jasmani dan rohani yaitu dengan menjaga tubuh tetap berfungsi sebagaimana mestinya. Untuk itu, jangan rusak diri Anda dengan mengkonsumsi obat-obatan yang bisa merusak saraf atau tubuh Anda. Segala macam obat-obatan seperti dopping, nikotin, dan sejenisnya umumnya hanya bersifat sementara. Setelah kadar obat itu habis, maka tubuh Anda akan kembali lebih buruk dari sebelumnya.

Makan makanan bergizi dan cukup

Makanan bergizi umumnya mengandung berbagai jenis mineral, protein, dan vitamin yang mencukupi. Komponen-komponen ini digunakan oleh tubuh untuk melawan penyakit. Selain itu, komponen makanan ini juga diperlukan untuk proses pertumbuhan. Namun bagaimana jika Anda termasuk jenis vegetarian? Atau bagaimana jika Anda mengalami masalah pada kadar gula? Maka untuk memenuhi gizi yang cukup bisa menggunakan suplemen atau mencari pengganti makanan yang lain.

Nutrisi Untuk Kesehatan Rohani

Sementara itu, nutrisi untuk kesehatan rohani umumnya tidak tampak secara nyata namun bisa kita rasakan manfaatnya. Proses menyeimbangkan kesehatan jasmani dan rohani seseorang bisa dimulai dengan menjaga spiritual mereka tetap baik. Caranya yaitu dengan melihat pada diri Anda sendiri, tentang apa yang Anda butuhkan. Langkah-langkahnya bisa dengan mengikuti ulasan berikut ini.

Mendekatkan diri kepada Tuhan

Cobalah untuk mengingat bahwa tidak ada orang lain yang dapat mengenali diri Anda, kecuali Tuhan dan diri Anda sendiri. Untuk itu tetap menjaga hubungan baik dengan Tuhan diperlukan supaya Anda tidak terlampau jauh dalam kesesatan. Umumnya, orang yang frustasi akan menyalahkan Tuhan dalam segala hal. Namun jika Anda lebih peka, hal tersebut hanya akan membawa diri Anda lebih tertekan dan kehilangan arah.

Berlatih mengontrol diri

Berlatih mengontrol diri berarti belajar untuk mengendalikan segala bentuk emosi yang berkaitan dengan kesehatan jasmani dan rohani. Dalam kasus penurunan berat badan di atas, maka contoh kontrol diri yang harus dilakukan yaitu dengan tidak memaksakan terlalu berat untuk mengurangi makanan Anda. Cukup lakukan diet dengan senang hati dan pikiran Anda tidak akan tertekan.

Contoh lain dari mengontrol diri yaitu tidak mudah marah. Umumnya orang yang gampang marah cenderung lebih mudah sakit kepala, terkena serangan jantung, dan juga dapat melukai fisik mereka. Seperti melampiaskan emosi mereka dengan memukul benda atau seseorang. Jadi, cobalah untuk mengontrol diri Anda sebaik mungkin. Caranya bisa dimulai dengan berpuasa.

Selalu berpikir positif

Pernahkah Anda berpikir bahwa seseorang bisa mengendalikan sesuatu dengan pikiran mereka? Ya, pola pikir seseorang bisa mempengaruhi kesehatan jasmani dan rohani mereka. Contoh saja, seseorang yang sakit. Tidak ada orang sakit yang akan sembuh jika mereka selalu berpikir tentang kematian dan hal-hal sedih lainnya. Yang ada penyakit mereka akan bertambah parah dan berakibat fatal.

Jadi cobalah untuk selalu berpikir positif atas segala sesuatu yang terjadi dimanapun Anda berada. Karena segala bentuk pikiran buruk hanya akan menambah cabang di dalam masalah Anda. Cara untuk bisa berpikir positif bisa dengan mengikuti kelas yoga atau meditasi. Yoga dan meditasi umumnya dapat membantu pikiran Anda tetap tenang. Selain itu, Anda juga bisa mencoba untuk melakukan perjalanan berlibur dan menikmati alam sekitar.  

Menjaga hubungan sosial

Menciptakan hubungan sosial yang harmonis juga dapat mempengaruhi kesehatan jasmani dan rohani Anda. Hubungan sesama manusia yang tidak sehat hanya akan menimbulkan kebencian dan kerusakan diri sendiri. Ingatlah, bahwa Anda tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Bahkan dalam keadaan yang sulit, Anda mungkin butuh bantuan seseorang untuk mencurahkan isi hati.

Mencintai diri sendiri

Setiap manusia adalah makhluk yang sempurna. Baik secara fisik maupun akal pikiran mereka. Namun tidak banyak manusia yang mampu menerima dan mensyukuri nikmat tersebut. Ketika Anda melihat diri Anda dalam kondisi yang buruk, maka hal itu hanya akan memicu pikiran-pikiran negatif. Sebaliknya ketika Anda percaya pada diri Anda, maka hal-hal baik di sekitar akan mengikuti kehidupan Anda.

Terakhir, pentingnya menjaga kesehatan jasmani dan rohani seseorang itu ibarat menanam suatu bunga. Jika benih yang diambil sudah bagus, maka Anda hanya perlu menyediakan wadah atau media tanam yang baik untuk menjaga tanaman itu tetap subur dan berbunga. Sama halnya diri Anda, jika Anda sayang dengan tubuh Anda maka jiwa Anda akan senang. Sebaliknya jika Anda melakukan kerusakan terhadap tubuh Anda, maka artinya jiwa Anda tidak sehat.

About Aziza Linda Verra

Check Also

cara menjaga kesehatan tenggorokan

Simak, 10 Cara Menjaga Kesehatan Tenggorokan Agar Corona Menghindar!

sumbersehat.com – Cara menjaga kesehatan tenggorokan menjadi ramai diperbincangkan terlebih saat pandemi menyerang. Masyarakat kembali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *