Mudah Dan Murah Untuk Melakukan 8 Olahraga Sehat Di Rumah dengan Rutin

Mudah Dan Murah Untuk Melakukan 8 Olahraga Sehat Di Rumah dengan Rutin – Meski sedang sedang terbatas dan tidak bisa melakukan banyak aktifitas, bukan berarti kegiatan olah raga terhenti. Olahraga penting dilakukan secara rutin untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Aktivitas sehari-hari yang sangat padat bukan menjadi alasan untuk tidak melakukan olahraga, termasuk yang sibuk di rumah. Apabila tidak punya waktu untuk latihan di pusat kebugaran, melakukan olahraga di rumah pun bisa dilakukan.

Ada banyak pilihan jenis olahraga yang  bisa dilakukan di rumah saja, mulai dari yang membutuhkan perlengkapan dan peralatan tambahan, hingga yang tidak perlu membutuhkan perlengkapan dan juga peralatan. Oleh karena itu, mari simak ulasan berikut ini untuk memahami ragam olahraga yang bisa dilakukan dari rumah saja.

 olahraga sehat di rumah
olahraga sehat di rumah

Ragam Olahraga Sehat Di Rumah Yang Murah dan Mudah

Dari banyak macam olahraga yang mudah dan murah, berikut ini akan diulas mengenai ragam olahraga sehat di rumah. Uniknya, olahraga ini bisa dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja, serta tidak butuh biaya mahal. Yuk simak selengkapnya berikut ini.

Bird Dog

Namanya unik ya? Bird dog yang secara harfiah adalah burung dan anjing. Namun, ternyata jenis olahraga yang mudah dan murah satu ini memang unik dan secara visual seolah-olah sedang berpose seperti itu. Tujuan istilah ini hanya untuk mempermudah visualisasi saja, jadi jangan berpikiran yang macam-macam ya.  Sesuai dengan namanya, untuk melakukannya, pertama-tama harus memahami bahwa gerakan ini nantinya seperti pada burung yang dicampur dengan anjing. Secara spesifik, kedua gerakan tersebut adalah merangkak dan pose mengepakkan kedua tangan seperti dengan sayap burung.

Setelah memahami, maka langkah selanjutnya adalah memosisikan tubuh seperti sedang merangkak, dengan bantuan kedua lutut serta tangan sebagai penopang tubuh. Jika sudah tepat, maka mulailah masuk ke pose berikutnya, yaitu mengangkat salah satu tangan dengan kaki pada sisi yang berlawanan.  Jika sudah seimbang, maka pertahankan posisi tersebut selama 30-60 detik dan ulangi sebanyak 15 kali ulangan.  Mudah bukan olahraga sehat di rumah satu ini?

Bermain Hula Hoop

Punya anak di rumah? Atau ada anak-anak yang sedang bermain hula hoop? Jangan ragu untuk ikut memainkkanya. Karena olahraga satu ini meski hanya sering dimainkan oleh anak-anak, ternyata bisa menjadi pilihan dari salah satu jenis olahraga yang dilakukan selama di rumah saja. Uniknya lagi, olahraga yang sering dianggap hanya sebagai permainan ini, memang terlihat sederhana. Akan tetapi, siapa sangka ternyata efek yang ditimbulkannya sangat luar biasa.

Hula hoop merupakan olahraga yang banyak diandalkan oleh para perempuan untuk membentuk lekuk tubuh indah. Kemampuan dari permainan ini pastinya juga bisa dirasakan manfaatnya oleh semua orang, karena mudah dan murah. Lantaran olahraga sehat di rumah hula hoop ini, berguna untuk memberikan bentuk pinggul yang indah dan juga untuk melatih stamina bagian bawah tubuh. Untuk melakukannya tidak sulit, cukup putar dan lama-lama akan terbiasa. Jika sudah bisa, maka lakukan setiap hari minimal 10-30 menit dalam satu hari untuk manfaat optimal.

Jumping Jacks atau Lompat Katak

Olahraga satu ini lumrah dilakukan saat pemanasan  maupun menjadi menu olahraga. Cara melakukannya pun sangat mudah. Karena cukup mengambil posisi berdiri tegak dengan jarak kaki sejajar dengan jarak bahu. Kemudian meletakkan tangan di atas kepala dan mulai merendah serta melompat-lompat untuk berpindah posisi tanpa mengubah postur tubuh. Jika sudah cukup mahir, maka sambil melompat angkatlah kedua tangan ke atas dan lebarkan kedua kaki ke samping secara seimbang. Lalukan 15 kali ulangan setiap sesinya, dan jika memiliki stamina yang kuat dan sudah terbiasa, dalam satu hari bisa mengulang 3-5 sesi.

Lunge

Istilah untuk olahraga sehat di rumah satu ini mungkin belum familiar bagi kebanyakan orang. Jenis olah tubuh satu ini, meski belum terlalu banyak dikenal merupakan salah satu pilihan dari olahraga yang mudah dilakukan ketika di rumah saja. Langkah pertama, adalah  dengan memosisikan tubuh berdiri dengan posisi kaki yang di buka dengan jarak selebar bahu. Setelah itu majukanlah satu kaki ke depan. Selanjutnya adalah turunkanlah badan dengan posisi satu kaki di depan, sehingga kaki yang di ada depan membentuk sudut 90 derajat. Jika sudah berdirilah kembali. Setelah berdiri ulangi posisi di atas dengan kaki yang berbeda

Crunch

Gambaran mudah olahraga ini adalah dengan gerakan cruch adalah seperti sedang mengayuh sepeda dalam posisi tidur dengan posisi kepala sedikit terangkat.  Cara melakukannya adalah merebahkan tubuh dan meletakkan tangan di belakang kepala. Angkat sedikit kepala anda, kemudian angkat kaki dan lakukan gerakan mengayuh selama 45 detik diselingi istirahat selama 15 detik. Lakukan gerakan dalam 3 set.

Naik dan Turun Tangga

Bila rumah anda memiliki tingkat, maka melakukan olahraga sehat di rumah dengan cara naik turun tangga bisa menjadi pilihan. Walaupun nampaknya sederhana, tapi jenis olaraga ini bisa membakar kalori hingga 150 kalori, loh! Naik turun tangga bisa memperkuat otot dan tulang kaki, dan bila dilakukan dengan gerakan cepat bisa menjadi latihan kardio bagi jantung. Bila masih awal, jangan lakukan dengan cepat karena dapat mengakibatkan risiko cidera, seperti keseleo atau yang lebih berbahaya lagi bisa jatuh dari tangga.

Zumba

Olahraga satu ini dapat dilakukan di rumah saja, bahkan oleh ibu hamil. Karena ada banyak ragam gerakan zumba yang bisa digunakan oleh ibu hamil. Ciri khas dari olahraga satu ini adalah, jenis gerakan yang menyenangkan karena seolah menari dan juga iringan musik asyik yang membuat olah raga semakin nyaman. Tidak cukup itu saja, dalam gerakan zumba khusus ibu hamil, malah bisa digunakan juga untuk melancarkan persalinan. Jadi ketika sudah mulai pembukaan, maka untuk mengalihkan rasa sakit yang menyerang, ibu bisa berzumba ria. Jadi siapa saja bisa olahraga ya.

Baca artikel lain disini

Jalan Santai Halaman Depan ke Halaman Belakang

Olahraga sehat di rumah satu ini sangat dianjurkan oleh para dokter. Meskipun olahraga ini tergolong olahraga yang ringan tapi dengan berjalan kaki, otot-otot di seluruh tubuh akan bergerak dan bekerja dengan aktif. Setidaknya lakukan 30 menit setiap kalinya. Bisa dilakukan pagi atau sore. Usahakan 3 atau 4 kali berjalan kaki dalam seminggu.

Demikian ulasan mengenai macam dan jenis olahraga sehat di rumah yang bisa dilakukan oleh siapa saja dan di dalam rumah.Sebab tubuh membutuhkan olah raga agar tetap bugar dan sehat. Jadi, meski sedang di rumah saja, wajib untuk tetap berolahraga ya agar sistem imun teap kuat untuk melawan berbagai macam kuman dan penyakit.  Lakukan secara konsisten dan jangan kasih kendor meski sedang sibuk. Selamat mencoba.

About Aziza Linda Verra

Check Also

tips sehat hari ini

9 Tips Sehat Hari Ini, Langkah Sehat di Tahun 2021

sumbersehat – Tips sehat hari ini yang wajib Anda ketahui adalah langkah yang mudah diikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *