Ketahui 7 Multivitamin untuk Ibu Hamil Muda, Agar Tidak Salah Konsumsi!

Sumbersehat.com – Jika baru hamil, maka wajib tahu multivitamin untuk ibu hamil muda. Kehamilan meningkatkan kebutuhan wanita akan mikro dan makronutrien. Hal ini karena untuk memenuhi kebutuhan nutrisi diri sendiri dan bayi yang sedang tumbuh.

Vitamin dan mineral memainkan peran penting dalam pertumbuhan ibu dan janin. Selain itu, juga bermanfaat untuk pensinyalan sel. Mengetahui jenis vitamin untuk ibu hamil, dapat memastikan anda mendapatkan asupan nutrisi yang tepat. Mau tahu multivitamin untuk ibu hamil muda? Simak ya!

Inilah 7 Multivitamin untuk Ibu Hamil Muda yang Perlu Anda Ketahui

Memenuhi asupan vitamin merupakan suatu keharusan. Anda harus menjadi ibu hamil yang cerdas agar tidak salah asupan vitamin. Berikut vitamin yang harus anda penuhi di masa-masa awal kehamilan, diantaranya:

1. Vitamin A

Multivitamin untuk ibu hamil muda yang harus anda penuhi adalah vitamin A (betakaroten). Vitamin A bermanfaat baik untuk organ-organ janin mulai dari mata, hati, tulang, jantung, paru-paru hingga sistem saraf. Jika anda ingin janin sehat di awal kehamilan, maka penuhi asupan vitamin A.

Anda bisa mendapatkan vitamin A dari beberapa makanan sehat untuk ibu hamil seperti susu, telur, buah dan sayur. Kebutuhan vitamin ini saat hamil sekitar 770 mcg dan dosis maksimal konsumsi perhari adalah 1000 mcg. Pastikan tidak mengonsumsi lebih dari dosis maksimal.

Baca juga : Mau Sehat saat Hamil? Ikuti 12 Tips Ibu Hamil Sehat Berikut Ini!

2. Vitamin B6

Jenis vitamin untuk ibu hamil yang anda butuhkan selanjutnya adalah vitamin B6. Vitamin trimester 1 ini bisa meredakan gejala morning sickness. Jadi, anda bisa mengurangi rasa mual, pusing dan beberapa gejala lain. Pakar kesehatan mengungkapkan asupan harian vitamin B6 selama kehamilan adalah 2,5 mg.

3. Asam Folat

Mengonsumsi asam folat atau vitamin B9 juga dapat membuat janin sehat. B9 merupakan vitamin saat hamil trimester pertama. Anda sangat membutuhkan asam folat setelah terjadi pembuahan karena ini bisa mempengaruhi tumbuh kembang janin.

Fungsi vitamin ini adalah untuk pembentukan sel darah merah, menghindari kerusakan tabung saraf si kecil, hingga mencegah berbagai komplikasi. Tak hanya baik untuk janin saja, tapi juga dapat membuat ibu hamil sehat terlindungi dari serangan beragam penyakit. Asupan asam folat harian adalah 800 mcg.

Untuk mendapatkan asam folat, anda bisa makan brokoli dan bayam serta beberapa sayuran yang berwarna hijau gelap lain. Asam folat termasuk multivitamin untuk ibu hamil muda yang tersedia di pasaran. Jadi, anda mudah mendapatkannya.

4. Vitamin B12

Nutrisi makro selama kehamilan Vitamin B12 sangat penting untuk sintesis DNA (produksi DNA baru). Serta menjaga fungsi darah dan neurologis (otak) yang normal. Karena itulah vitamin B12 termasuk multivitamin untuk ibu hamil muda.

Asupan vitamin B12 harian yang direkomendasikan untuk semua wanita hamil adalah 2.6μg. Anda bisa memperoleh vitamin saat hamil ini daging merah, produk susu, ikan, ayam dan telur. Selain itu, anda juga bisa membelinya dalam bentuk suplemen di apotek. Alangkah baikny, konsultasikan kepada dokter dulu.

5. Vitamin K

Peran paling penting dari vitamin K adalah mengatur pembekuan darah. Sehingga, vitamin K termasuk jenis vitamin untuk ibu hamil muda. Kekurangan vitamin K dapat menyebabkan gangguan perdarahan, khususnya peningkatan waktu pembekuan, yang mungkin sangat berbahaya selama persalinan.

Asupan vitamin K yang rendah juga dikaitkan dengan peningkatan risiko patah tulang pinggul. Kebutuhan multivitamin untuk ibu hamil muda ini sekitar 60μg setiap hari selama kehamilan. Sedangkan sumber makanan yang mengandung vitamin K adalah bayam, salad sayur, brokolo, minyak nabati dan lainnya.

6. Vitamin C

Yang termasuk multivitamin untuk ibu hamil mudah selanjutnya adalah Vitamin C merupakan vitamin yang larut dalam air. Selain itu, juga disebut asam askorbat atau L-askorbat. Vitamin C adalah mikronutrien penting untuk memastikan kesehatan gigi yang baik untuk wanita hamil dan janinnya.

Asupan vitamin C yang cukup juga meningkatkan penyerapan zat besi non-hem seseorang. Banyak sekali fungsi vitamin c bagi kesehatan ibu dan janin. Asupan vitamin C bisa diperoleh dari buah jeruk, buah berry, buah kiwi, sayuran kecambah hingga brokoli.

Baca Juga : 16 Manfaat Black Garlic atau Bawang Putih Hitam Bagi Kesehatan Tubuh

7. Vitamin D

Fungsi Vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium dan fosfor. Ini juga merupakan nutrisi penting untuk fungsi kekebalan tubuh yang optimal, menjaga kesehatan kulit dan kekuatan otot. Mengonsumsi vitamin saat hamil trimester pertama dapat membuat anda tetap bugar selama hamil.

Kebutuhan vitamin D selama masa kehamilan sebesar 5,0μg setiap hari. Vitamin D bisa anda dapatkan saat mengonsumsi margarine, ikan salmon dan juga suplemen vitamin D. Mudah sekali mendapatkan multivitamin untuk ibu hamil muda ini, baik secara online maupun offline.

Sekarang, anda sudah tahukan apa saja vitamin saat hamil trimester pertama. Setelah itu, anda harus berusaha memenuhi semua asupan tersebut agar anda dan bayi sehat sampai setelah melahirkan.

Itulah 7 multivitamin untuk ibu hamil muda yang wajib penuhi. Disamping multivitamin, anda juga harus minum yang cukup, berolahraga dan tidur nyeyak.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat tapak liman

11 Manfaat Tapak Liman dari Mengatasi Diare sampai Kanker

sumbersehat.com - Manfaat tapak liman telah digunakan sejak lama sebagai obat herbal beragam penyakit yang sangat efektif dalam penyembuhannya. Kandungan beberapa senyawa bioaktif, bahan kimia alami dan minyak essential

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *