4 Metode Diet Keto : Cara Penerapan, Menu Anjuran, dan Efek Sampingnya

sumbersehat – Permasalahan berat badan bisa menjadi salah satu momok tersendiri bagi seseorang. Oleh karenanya, banyak pakar kesehatan atau ahli gizi yang membuat beberapa teknik untuk menurunkan berat badan. Salah satunya dengan metode diet keto. Apakah Anda sudah pernah mendengarnya?

Secara umum, definisi diet keto adalah metode yang membuat tubuh dapat melepaskan keto dalam aliran darah. Sebagian besar sel dalam tubuh menggunakan gula darah yang bersumber dari karbohidrat sebagai sumber energi. Faktanya, pola diet ini sudah ada sejak 100 tahun silam. Biasanya disarankan untuk anak-anak yang kerap epilepsi dan kejang-kejang. Disinyalir bahwa diet keto dapat menurunkan risiko kejang pada tubuh.

metode diet keto

Inilah Manfaat Menjalankan Metode Diet Keto

Tak hanya fokus pada penurunan berat badan saja, diet keto juga memiliki beberapa manfaat lainnya untuk kebaikan tubuh Anda:

  • Metode diet keto yang dilakukan dengan benar akan membantu tubuh untuk merasa kenyang lebih lama.
  • Meski kalori yang masuk tubuh lebih rendah, Anda tetap bisa menjaga kadar gula dara tetap stabil.
  • Kolesterol HDL akan semakin baik. Pada umumnya, pembatasan garam termasuk dalam teknik diet keto ini menjadi salah satu faktor kunci untuk diterapkan.

Cara Penerapan Diet Keto

Metode diet satu ini mengedepankan konsumsi makanan yang rendah karbohidrat dan rendah gula. Saat minim karbo dan gula, maka tubuh akan beradaptasi menyeimbangkan kekuatannya dengan mengambil lemak dan keton sebagai bahan bakar. Dibutuhkan waktu sekiar 2-4 hari untuk hal tersebut. Proses pembakaran lemak ini bisa berbeda hasilnya pada setiap orang.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Diet Keto

Program diet keto memiliki pantangan dan jenis makanan yang aman dikonsumsi. Sebelum memulai, ada baiknya Anda memahami beberapa jenis makanan atau minuman yang bisa dikonsumsi atau dihindari. Dengan patokan ini, Anda akan lebih mudah menerapkannya selama proses diet keto berlangsung.

  • Mengecek kondisi kesehatan sebelum melakukan diet
  • Hindari makanan yang mengandung gula berlebihan
  • Perbanyak minum air putih, wajib pada jam 3 sore dan jam 9 malam
  • Batasi jumlah makanan berbahan dasar tepung dan turunannya
  • Kurangi buah yang mengandung rasa manis tinggi. Hanya diperbolehkan untuk alpukat dan keluarga berry.
  • Tidak disarankan mengonsumsi makanan siap saji dan minum alkohol

Selain menghindari pantangan, Anda juga perlu memahami bahwa dalam tahapan metode diet keto juga terdapat beberapa tahapan ‘penerimaan tubuh’. Kondisi fisik seseorang perlu beradaptasi kembali ketika menjalankan sebuah aturan baru yang tidak biasa.

Tahapan Diet Keto

Adapaun tahapan-tahapan yang harus dijalankan selama diet keto adalah:

Fase Induksi

Fase induksi merupakan cara tubuh beradaptasi untuk memproses seluruh elemen nutrisi dalam tubuh. Tak seperti diet ala DEBM yang mengedepankan protein dari hewani, diet keto meminta Anda untuk berhati-hati pada protein hewani seperti telur. Anda hanya perlu memastikan bahwa asupan mineral dan cairan cukup untuk menjadi bahan bakar mengelola energi yang ada.

Fase Konsolidasi

Saat Anda sudah lulus tahapan dalam fase induksi, Anda diperbolehkan melangkah pada fase konsolidasi. Tahap konsolidasi ini memakan waktu sekitar 1 bulan. Mempertahankan aturan makan pada fase induksi, ditambah dengan konsumsi sayuran dan sumber protein nabati sudah bisa dilakukan.

Fase pemeliharaan

Fase pemeliharaan dalam metode diet keto menjadi fase terakhir. Anda sudah diperbolehkan mengonsumsi karbohidrat dengan takaran sebesar 130 gram setiap harinya. Anda bisa mengonsumsi sayur dengan kandungan karbohidrat tinggi dan buah-buahan. Kontrol gula darah Anda agar tidak melebihi 90 mg/dt. Hal ini dimaksudkan agar tubuh Anda tetap berada pada kondisi terbaiknya untuk berakvitas.

Menu Simpel Menjalankan Diet Keto

Selama menjalankan metode diet keto, Anda bisa mengikuti beberapa menu makanan sehat berikut ini:

Sarapan

Anda bisa mengonsumsi 3 butir telur dengan tambahan tomat atau mentimun. Anda bisa menggoreng atau merebusnya sesuai selera. Untuk minum, silahkan membuat teh hangat tanpa gula atau air putih hangat. Metode diet keto ini bagus untuk memperbaiki massa otot tubuh Anda secara signifikan.

Makan Siang

Salad sayur bayam dengan minyak zaitun ditambah burger yang dilengkapi sayur pendukung, keju dan alpukat bisa disantap dengan nyaman. Selingan cemilan buah berries bisa dipilih sebagai pelengkap.

Makan Malam

Anda bisa mengonsumi daging panggang dengan marinasi garam, dengan brokoli, tomat ceri, dan asparagus sebagai penyeimbangnya. Diet ini kurang maksimal dalam pemenuhan nutrisi lengkap dalam tubuh. Oleh karenanya, teknik menurunkan berat badan dengan diet keto tidak direkomendasikan untuk dilakukan dalam jangka panjang. Maksimal hanya diperbolehkan selama 2 bulan saja.

Efek Samping Diet Keto

Meski dinyatakan sebagai salah satu metode diet keto yang aman, sebaiknya Anda juga perlu mengetahui beberapa efek samping dari diet keto ini.

Meningkatkan Risiko Osteoporosis

Metode diet ini meminta Anda untuk mengonsumsi makanan yang tinggi lemak dan protein, serta rendah karbohidrat. Pada dasarnya diet tinggi protein ini dapat berpengaruh pada jumlah kalsium yang terbuang dalam tubuh saat buang air kecil. Hal ini tentu akan berefek pada munculnya risiko osteoporosis atau pengapuran tulang dan sendi. Meski demikian, kebenaran mengenai anggapan ini masih membutuhkan penelitian lebih jauh.

Degup Jantung Lebih Cepat

Dikarenakan adanya batasan garam dan gula, kemungkinan denyut jantung Anda berdetak lebih cepat juga semakin tinggi. Oleh karenanya, Anda harus memastikan bahwa konsumsi garam untuk tubuh telah terpenuhi secara cukup ketika menjalankan metode diet keto ini.

Dapat Menimbulkan Kram pada Otot

Efek samping kram otot kemungkinan bisa terjadi dalam prosesnya. Kondisi ini dipengaruhi karena berkurangnya mineral dalam tubuh, hingga dehidrasi. Asupan protein yang meningkat juga meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Maka tidak mengherankan bila hal tersebut menyebabkan nyeri sendi dan otot.

Gangguan Pencernaan

Jika Anda menjalankan metode diet keto, mungkin saja akan mengalami gangguan pencernaan. Mengubah pola makan artinya mengubah pula kebiasaan tubuh secara signifikan. Bila Anda tidak mengimbanginya dengan air putih minimal sebanyak 8 gelas sehari, maka asupan serat Anda tidak terpenuhi maksimal. Tak perlu risau bila kemudian Anda mengalami sembelit. Anda bisa menyiasatinya dengan asupan sayur yang tinggi serat.

Rentan Bau Mulut

Bau mulut disebabkan oleh aseton yang menyerupai zat keton tubuh. Dengan pembatasan minyak dan konsumsi tinggi lemak maka hal ini membuat aseton semakin tinggi. Faktor inilah yang membuat bau mulut terasa lebih menyengat. Meski demikian, umumnya bau mulut hanya terjadi pada awal proses saja. Hal ini bukanlah sesuatu yang harus Anda khawatirkan berlebihan.

Memperparah Penyakit Ginjal

Diet keto tidak disarankan untuk pasien ginjal. Diet tinggi protein akan memperberat kerja ginjal. Diet keto hanya bisa dilakukan jika memang kondisi tubuh Anda benar-benar fit. Diet dengan tinggi protein juga akan membuat pasien batu ginjal semakin tersiksa.

Kesuksesan dalam menurunkan berat badan menggunakan metode diet keto tergantung pada masing-masing individu.Ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter, terkait dengan metode diet paling aman untuk tubuh Anda. Jangan sampai, tujuan untuk mendapatkan berat ideal dengan cara sehat, justru menjadi merugikan. Waspadai juga efek samping yang timbul saat Anda sedang menerapkan pola diet satu ini,

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

11 Cara Menurunkan Berat Badan Dalam Seminggu Secara Alami

11 Cara Menurunkan Berat Badan Dalam Seminggu Secara Alami

Cara menurunkan berat badan dalam seminggu secara alami merupakan cara yang paling bagus untuk dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *