Coba Metode Diet Air Putih! Memungkinkan Turun Hingga 15 Kilo Lo…

sumbersehat – Air putih menjadi salah satu elemen cairan yang berperan penting dalam menyeimbangkan metabolisme tubuh. Meski tak banyak orang yang menjalankannya, sebenarnya Anda bisa menurunkan berat badan dengan metode diet air putih.

Cara diet dengan konsumsi air putih tengah populer di kalangan para wanita. Simpel, praktis, dan tidak membutuhkan usaha ekstra untuk melakukannya. Melakukan kegiatan harian dengan menyelipkan air putih dalam pelaksanaannya tidak akan terlalu sulit untuk dilakukan. Percayakah bahwa Anda bisa turun mencapai 15 kilo dalam 2 bulan dengan diet air putih?

metode diet air putih

Tips Menjalankan Metode Diet Air Putih

Beberapa tips di bawah ini bisa Anda lakukan dalam menjalankan pola diet air putih. Teknik untuk menurunkan berat badan satu ini mengharuskan Anda untuk memperbanyak cairan pada waktu-waktu tertentu. Bagaimana langkah yang bisa dilakukan? berikut penjelasannya:

Mengganti Minuman Manis dengan Air Putih

Minuman manis dan dingin memang selalu menyegarkan. Terlebih bila cuaca terlalu panas dan gerah di siang hari. Meski demikian, bila Anda sedang menjalankan diet air putih, maka sebaiknya gantilah minuman dingin yang manis tersebut dengan air putih ditambah es. Umumnya, minuman kemasan yang diproduksi secara massal tetap mengandung kalori dan menggunakan pemanis buatan dari olahan bahan kimia.

Menaikkan Konsumsi Air pada Masa Produktif

Masa produktif yang dimaksud yaitu waktu-waktu terbaik dalam sehari untuk beraktivitas. Baik di saat jam kerja harian Anda atau di saat Anda bisa memaksimalkan potensi diri. Air putih akan membantu menguatkan metabolisme tubuh, sehingga bisa menaikkan konsentrasi. Metode diet air putih yang dilakukan saat kondisi Anda berada pada titik puncak akan membantu kerja hati.

Tugas hati adalah membantu tubuh untuk membakar lemak. Bila hati harus menjalankan tugasnya di luar kapasitas, maka pembakaran lemak tidak akan optimal. Lemak yang tidak terbakar dengan sempurna akan mengendap dalam tubuh. Hal itulah yang menyebabkan penumpukan lemak, sehingga menyebabkan obesitas.

Meminum 2 Gelas sebelum Makan

Langkah awal agar Anda terbiasa dengan teknik diet ini yakni dengan membiasakan diri minum 2 gelas air sebelum makan. Hal ini akan membantu Anda lebih kenyang, sehingga dapat mengurangi nafsu makan. Bukankah hampir semua orang pernah merasakannya? Makan dengan diselingi minum akan membuat perut terasa lebih penuh, kemudian membuat begah dan ingin berhenti makan?

Mengurangi Konsumsi Garam

Sebanyak 98 persen tubuh manusia didominasi oleh kandungan air. Mengalihkan garam pada air putih bukan berarti Anda tidak mengonsumsi garam sama sekali. Hanya saja, menguranginya dalam porsi yang wajar tentu akan memberikan dampak baik untuk tubuh.

Aturan Diet Air Putih yang Harus Anda Tahu

Anda harus memahami pola diet yang akan dijalankan sebelum terjun malakukannya. Oleh karena itu, bagi Anda yang hendak mempraktikkan metode diet air putih, sebaiknya memahami beberapa aturan dietnya secara umum yang terangkum di bawah ini!

Latihan

Bila Anda baru pertama kali mencoba melakukannya, sebaiknya latihan terlebih dahulu. Biarkan tubuh Anda beradaptasi dengan pola aturan baru yang berubah. Kurangi porsi makan Anda secara bertahap dalam tiga hari untuk mengetahui respon tubuh. Bila mengalami pusing, kejang, tubuh lebih lemas, maka sebaiknya hentikan niat untuk melanjutkannya.

Hindari Olahraga Berat

Saat sedang melakukan diet air putih, sebaiknya Anda tidak menjalankan olah raga berat yang menguras tenaga. Anda bisa menggantinya dengan jalan santai 30 menit atau pemanasan ringan di dalam rumah. Olah raga berat akan mempercepat detak jantung, sehingga akan berefek pada kondisi tubuh Anda.

Lakukan Diet Air Putih selama 3 Hari

Para praktisi kesehatan tidak menyarankan untuk melakukan metode diet air putih dalam jangka panjang. Durasi paling lama adalah sekitar 3 hari saja. Anda bisa mengulanginya setelah memberikan jeda dalam satu atau dua hari setelahnya. Jangan terburu nafsu untuk langsung melahap aneka makanan, karena hal tersebut akan merusak pola alami tubuh, sehingga akan sulit beradaptasi kembali.

Meminum Air Putih Lebih Banyak

Dikarenakan diet ini hanya memperbolehkan konsumsi air putih saja selama prosesnya, maka Anda butuh cairan lebih. Mengonsumsi air putih sebanyak 4-5 liter sehari menjadi hal wajib yang harus Anda perhatikan. Alangkah lebih bijak bila Anda berkonsultasi dengan dokter jika hendak melakukan pola diet satu ini.

Manfaat Diet Air Putih

Metode diet air putih dipercaya tak hanya mampu membuat seseorang bisa menurunkan berat badannya. Terdapat manfaat lain yang bisa dirasakan seseorang yang menjalankan metode diet air putih ini. Apa saja?

Menurunkan tekanan darah

Para penderita hipertensi biasanya akan mengalami kecemasan berlebih, gemetar saat terlalu lelah, serta mudah mual dan pusing. Saat Anda melakukan diet air putih, kemungkinan keluhan di atas akan berkurang, karena air putih cukup baik sebagai salah satu faktor yang bisa menurunkan kadar tekanan darah dalam tubuh.

Mengistirahatkan pencernaan

Diet air putih tak ubahnya seperti puasa. Saat puasa, pencernaan tidak akan mengolah bahan makanan yang dikonsumsi. Oleh karena itu, metode diet air putih ini bisa mengistirahatkan pencernaan Anda dari pekerjaan yang terlalu keras. Dengan demikian, tubuh Anda bisa mencapai kondisi terbaiknya hingga memungkinkan Anda untuk lebih produktif.

Mengurangi stress

Setelah tubuh Anda beradaptasi dengan metode diet air putih ini, maka bukan hal yang mustahil juga akan mengurangi stress. Hal ini dikarenakan asupan oksigen dapat mengalir maksimal hingga ke otak dengan bantuan air putih yang mengandung mineral. Saat stress mulai berkurang, Anda bisa memaksimalkan waktu untuk sesuatu yang penting, baik untuk pekerjaan maupun keluarga.

Mengurangi risiko munculnya penyakit kronis

Tubuh yang bugar dan lebih rileks akan memicu tindak laku positif. Tidak mengonsumsi makanan yang bisa menimbulkan efek samping pada diabetes atau asam urat, tentu akan menguntungkan Anda. Diet air putih ini bisa menjadi pilihan baik untuk dilakukan.

Siapa yang Tidak Boleh Menjalankan Diet Air Putih

Sebenarnya metode diet air putih aman dilakukan. Hanya saja, cara diet air putih ini tidak disarankan pada orang-orang yang sedang dalam perawatan atau dalam kondisi di bawah ini:

  • Gangguan makan dan pencernaan
  • Sedang hamil atau menyusui
  • Kekurangan berat badan atau dalam kategori malnutrisi
  • Memiliki diabetes tipe 1
  • Memiliki masalah jantung
  • Sedang mengonsumsi obat dokter

Mengapa metode ini dilarang pada orang-orang yang disebutkan di atas? Hal ini dikarenakan tujuan diet air putih yaitu menurunkan berat badan, padahal orang-orang dengan kondisi di atas sangat membutuhkan kebaikan nutrisi dan vitamin lain dalam proses pemulihan. Jika hanya mengandalkan air putih saja, bukan sehat yang didapat, melainkan justru kondisi kesehatan yang akan memburuk.

Metode diet air putih ini sangat mudah dilakukan. Tidak ada pantangan serius yang harus Anda hindari. Menjaga asupan nutrisi tubuh dan menambahkan air putih sebagai langkah tambahan dalam menurunkan berat badan bukanlah hal sulit. Jadi, kapan Anda berencana mempraktikkan metode diet satu ini?

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

olahraga sehat untuk diet

8 Kesalahan yang Umum Dilakukan Saat Olahraga Sehat untuk Diet

8 Kesalahan yang Umum Dilakukan Saat Olahraga Sehat untuk Diet – Setiap orang pasti sudah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *