Meski Di Rumah Aja Yuk Olahraga Sehat Di Rumah ! Berikut 7 Jenisnya

Meski Di Rumah Aja Yuk Olahraga Sehat Di Rumah! Berikut 7 Jenisnya – Tidak hanya pada saat new normal dan harus di rumah saja, tapi akan lebih bagus lagi jika melakukannya setiap hari agar tubuh menjadi sehat dan senantiasa bugar. Melakukan olahraga tidak harus dengan alat yang mahal dan gerakan yang berat. Olahraga yang ringan sekalipun akan sangat bermanfaat untuk tubuh dan memperpanjang usia.

Hal tersebut terjadi karena olahraga harus tetap dilakukan lantaran tubuh didesain untuk bergerak. Jika tidak banyak bergerak dengan pola sedentary life yang berkepanjangan, dikhawatirkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan kedepannya. Untuk itu, mari menjaga kesehatan dengan berolahraga. Tidak harus menunjungi tempat kebugaran atau mendatangkan instruktur pribadi, sebab bisa dilakukan sendiri dan tetap di rumah saja. Untuk itu, mari simak dalam ulasan berikut ini.

olahraga sehat di rumah
olahraga sehat di rumah

Jenis Olahraga Sehat Di Rumah

Ada banyak macam olahraga sehat di rumah yang bisa dilakukan tanpa banyak modal untuk membeli peralatan atau menyewa instruktur pribadi. Untuk itu, mari simak dalam ulasan berikut ini.

Push Up

Push-up dapat memicu perkembangan massa otot. Meski kelihatannya gerakan ini hanya fokus pada bagian atas tubuh yaitu lengan dan dada, tapi sebenarnya push-up juga dapat memperkuat bagian tubuh lainnya. Bila melakukan gerakan push-up dengan benar maka otot-otot lain seperti otot perut, punggung, dan tungkai juga ikut aktif.  Coba saja rasakan ketika sedang melakukannya, otot-otot di bagian tersebut akan bergerak dan terasa tertarik.

Melakukan olahraga sehat di rumah push-up sebanyak 15 kali sehari secara rutin dapat membantu mengencangkan lengan, perut, bokong, dan tungkai Anda. Lakukan gerakan push-up dengan tepat yaitu mengaktifkan otot lengan dan dada. Jangan mengangkat tubuh dengan mendorong bagian perut, bokong atau bagian kaki. Saat posisi turun, bagian dada jangan sampai menempel lantai. Tahan tubuh menggantung sekitar 5 cm di atas lantai. Saat berada di posisi ini, tubuh harus berada segaris mulai dari kepala, bokong, hingga kaki.

Sit Up

Sit Up adalah bentuk olahragayang tidak memerlukan alat. Mudah untuk dilakukan, dapat dilakukan di manapun dan kapan pun, olaraga ini mempunyai manfaat yang cukup besar. Tidak hanya untuk melatih otot perut saja, Sit Up juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Jika belum terbiasa melakukannya, Anda bisa lakukan aktivitas ini selama 5-10 menit saja.  Lain waktu Anda bisa meningkatkan durasu latihan sedikit demi sedikit agar hasil maksimal segera terasa.

Pull Up

Berkebalikan dengan sit up yang harus dilakukan dengan posisi telentang, pull up ini dilakukan dengan tertelungkup dan focus untuk menarik otot-otot paha, pinggul serta punggung. Caranya seperti melakukan push up, hanya saja ini dilakukan dengan bantuan tumpuan pada tungkai kaki. Bisa juga dengan cara meminta tolong anggota keluarga untuk memegangkan kaki, sehingga tidak terlepas saat melakukannya. Olahraga sehat di rumah ini akan semakin menyenangkan jika dibarengi dengan pasangan atau teman, karena bisa saling bergantian memegangi dan juga menyemangati.

Plank

Olahraga satu ini merupakan olahraga yang terbilang cukup mudah,  murah karena bisa dilakukan tanpa alat dan instruktur pribadi. Plank ini membutuhkan kekuataan dan koordinasi seluruh tubuh. Karena pada saat melakukan plank, seluruh otot-otot tubuh akan dipaksa bekerja, mulai dari otot lengan, bahu, punggung, perut, paha dan juga tungkai kaki. Tidak heran jika untuk pemula yang melakukan ini, paling kuat di awal hanya sekitar 10-10 detik saja. Namun, jika dilakukan secara terus-menerus, maka bisa semakin bertambah seiring intensitasnya.

Olahraga sehat di rumah ini dapat dilakukan dengan menggunakan posisi standard dahulu. Yaitu, menyerupai posisi hendak push up. Hanya saja, bagian lengan yang menyangga, bukan bagian telapak tangan seperti pada posisi push up. Jika sudah, maka usahakn untuk menahan badan tetap dalam posisi tersebut. Selama yang dimampu dan lakukan minimal 5-10 kali dalam satu sesi. Maka, lakukan saja selama 20 hari dan lihat hasil menakjubkannya.

Jika sudah semakin mahir dalam melakukan plank posisi standard, maka beralihlah melatih posisi side plank. Posisi ini merupakan variasi dari plank standard, yang mana posisi tubuh miring dan hanya bertumpu pada satu tangan. Sedangkan satu tangan yang lain, terangkat tinggi menjauhi kepala. Lakukan posisi ini berulang, dengan repitisi yang sama seperti plank standard. Jika sudah mulai terlatih , maka tambahi durasi berlatihnya.

Squat

Pilihan selanjutnya untuk adalah dengan melakukan olahraga squat. Jenis olah tubuh satu ini memang memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Untuk melakukannya, ambil posisi tubuh sempurna dengan berdiri dan jarak antara kedua kaki kurang lebih sejajar dengan olahraga sehat di rumah  posisi bahu. Kemudian, letakkan tangan di belakang telinga dan bersatu di belakang kepala. Setelah itu, mulailah untuk bergerak nain dan turun tnap bergeser atau mengubah posisi tangan. Ulangi squat ini dalam 15 kali pengulangan dan setiap hari percepat kembali jarak pengulangannya.

Jika semakin mahir, maka mulailah berlatih jump squat. Posisi ini sama dengan posisi squat, yakni berdiri tegak dan jarak antara kedua kaki kurang lebih sejajar dengan posisi bahu. Kemudian taruh tangan di belakang kepala dan lakukan lompatan seperti untuk mengubah posisi poros tubuh. Sekilas seperti gaya katak yang sedang melompat, namuan gerakan ini dijamin membuat energy terkuras dan keringat pun mengalir deras.

Wall Sit

Seperti namanya, olahraga sehat di rumah ini merupakan satu lagi olahraga yang menggunakan media tembok untuk berlatih. Olahraga ini sanngat mudah dilakukan, karena semua orang juga bisa, dan yang terpenting  adalah tidak membutuhkan property apapun untuk menunjangnya. Karena untuk melakukannya, sangat mudah. Cukup ambil posisi bersandar dengan tegak dan sejajar pada tembok, lalu mulailah memerosotokan diri dengan pelan hingga antara kaki dan tembok terbentuk sudut 90 derajat. Tahan di posisi itu hingga beberapa detik dan ulangi dalam 15 kali pengulangan.

Baca artikel lain disini

Single Leg Balance Stick

Jenis olahraga mudah dan murah selanjutnya adalah single leg balance stick. Olahraga ini sangat mudah dilakukan dan bisa juga untuk melatih keseimbangan tubuh. Terlihat remeh gerakannya, namun jika dilakukan secara benar dan dalam repetisi yang pas, maka rasakan saja tarikan pada otot-otot lengan dan kaki ketika melakukannya. Adapun cara melakukannya adalah dengan meletakkan satu tangan dan satu kaki dalam posisi terangkat, sehingga hanya berdiri dalam satu tumpuan. Lakukan dalam minimal 15 kali pengulangan dan setiap pengulangan minimal 30 detik.

Demikian ulasan mengenai ragam dan cara melakukan olahraga sehat di rumah. Sehingga tidak ada alasan untuk tidak olahraga, sebab semua bisa dilakukan dalam kodisi apa saja dan dimana saja. Sebab, olahraga dapat membantu tubuh untuk tetap sehat dan bugar. Selamat mencoba.

About Aziza Linda Verra

Check Also

olahraga sehat untuk wanita

1 Alasan Penting Dibalik Olahraga Sehat Untuk Wanita yang Banyak Dilakukan

1 Alasan Penting Dibalik Olahraga Sehat Untuk Wanita yang Banyak Dilakukan. Olahraga merupakan hal yang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *