Menuai Manfaat Tanaman Herbal di Rumah

Menuai Manfaat Tanaman Herbal di Rumah – Tanaman herbal adalah jenis tanaman yang dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan, bahkan sebagian orang memanfaatkannya sebagai obat. Sesungguhnya alam sudah sangat baik memberi bekal hidup manusia, menyediakan sumber daya makanan, energi, dan segala sesuatu yang bisa diolah dengan mudah.

Tidak hanya di alam bebas, tanaman yang merupakan bahan pangan dan dimanfaatkan sebagai obat juga bisa disediakan di rumah, ditanam dan dirawat dengan mudah. Sebagian bahkan bisa tumbuh liar meski tanpa perawatan khusus.kita harus banyak bersyukur diberi kemudahan dan kebaikan alam yang melimpah. Jika tidak memiliki lahan yang cukup untuk bertanam pun, masih ada pot dan banyak media lain yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat berbagai jenis tanaman herbal tumbuh di sekitar rumah.

manfaat tanaman herbal
manfaat tanaman herbal

Sebelum membahas tentang beberapa manfaat tanaman herbal yang dapat tumbuh di sekitar rumah, ada baiknya kit akenali beberapa jenis tanaman herbal yang memungkinkan untuk ditanam, atau tumbuh liar di sekitar tempat tinggal. Agar sewaktu-waktu membutuhkan dapat digunakan tanpa bingung mencari informasi lagi. Jenis tanaman herbal yang dapat tumbuh di sekitar rumah diantaranya adalah golongan tanaman buah, tanaman obat, dan golongan tanaman berkhasiat.

Jenis Tanaman Herbal Rumahan

Tanaman buah

Beberapa tanaman herbal yang dapat ditanam di rumah sekaligus menghasilkan buah diantaranya adalah: pepaya, jeruk lemon, belimbing, mengkudu, jambu biji, srikaya, dan sirsak. Selain menghasilkan buah yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin tubuh, enak dinikmati, juga bisa dimanfaatkan sebagai obat berbagai penyakit. Meskipun tidak ada dosis khusus untuk takaran obat, hidup bersama alam selalu mengajarkan kita untuk dapat mengonsumsi berbagai buah dengan porsi “secukupnya”.

Manfaat tanaman herbal dari buah di sekitar rumah dapat menjadi penolong pertama sebelum tubuh memerlukan bantuan dokter. Seperti pepaya misalnya, buahnya yang matang memiliki rasa manis dan enak. Selain bisa dinikmati sebagai pencuci mulut, juga bisa membantu melancarkan pencernaan. Daun jambu biji dapat membantu menghentikan diare, buahnya yang berwarna merah dapat membantu meningkatkan trombosit dan memulihkan kondisi pasien DBD dengan cepat.

Begitu juga dengan tanaman buah yang lain, semua memiliki manfaat ganda selain sebagai buah dan sumber ketahanan pangan di rumah, juga dapat dimanfaatkan sebagai obat. Lemon yang memiliki rasa asam pun dapat dimanfaatkan sebagai peluruh lemak darah, sumber vitamin C, dan obat lambung. Maka sungguh, menanam berbagai macam buah di rumah tidak akan merugi. Beberapa tanaman buah tersebut juga bisa ditanam di pot agar tidak menghabiskan lahan.

Tanaman obat

Selain tanaman yang menghasilkan buah, manfaat tanaman herbal di sekitar rumah ada yang hanya bisa diambil sebagai obat. Seperti berbagai jenis rimpang: kunyit, laos, kencur, jahe, misalnya. Beberapa tanaman tersebut tidak dapat dinikmati sebagai buah yang langsung di makan, tapi jahe bisa digunakan sebagai pereda batuk, kunyit bisa digunakan sebagai antoksidan, pereda nyeri, dan sebagainya.

Tanaman berkhasiat

Tanaman buah dan obat cenderung mudah diidentifikasi dan diambil manfaatnya. Namun ada juga jenis tanaman yang memiliki khasiat khusus meskipun tidak memiliki buah atau rimpang yang tersembunyi di dalam tanah. Meskipun demikian, beberapa tanaman berkhasiat dapat digunakan sebagai obat untuk meredakan sakit, nyeri, atau menyembuhkan penyakit tertentu. Seperti kumis kucing, yang bisa dimanfaatkan oleh para penderita sakit ginjal dan hipertensi. Ada juga tanaman binahong yang dapat mempercepat penyembuhan luka bekas operasi.

Manfaat Tanaman Herbal di Rumah

Kita dapat mengambil banyak manfaat tanaman herbal dari hobi bertanam di rumah. Berbagai tanaman yang tumbuh dan terawat tidak akan membuat pemiliknya rugi. Justru hukum alam bekerja dengan sangat efektif: siapa yang membagi kebaikan pada makhluk lain, maka makhluk lain pun tidak akan ragu berbagi kebaikan dengannya. Kita menanam, merawat tanaman, membiarkannya tumbuh subur di sekitar rumah, mereka memberi manfaat di saat pemiliknya membutuhkan. Beberap amanfaat lain yang bisa diambil dari hobi bertanam tanaman herbal adalah:

Membuat rumah jadi adem

Warna hijau, merah, kuning, dan berbagai buah yang tumbuh di halaman tentu membuat pemandangan jadi adem. Ini baik untuk meredakan stres, menyehatkan mata, sekaligus membuat penghuninya merasa bahagia. Meskipun, tentu saja perawatan berbagai tanaman tersebut membuthkan waktu dan tenaga khusus. Tapi jika mengingat begitu banyak manfaatnya, siapa bisa merasa rugi memiliki mereka?

Mudah mendapat obat

Dengan menanam berbagai tanaman herbal di rumah, manfaat tanaman herbal sebagai obat akan sangat terasa ketika kita, keluarga, tetangga, atau orang-orang di sekitar mengalami sakit. Sebelum pergi ke dokter yang tentu membutuhkan biaya dan sebagainya, tanaman obat di sekitar rumah dapat meringankan sakit yang belum parah atau belum membutuhkan penanganan medis. Jadi, yuk manfaatkan lahan yang ada untuk bertanam.

Mengusir serangga

Beberapa tanaman herbal dapat mengusir serangga. Tentu bukan berarti tanaman tersebut dapat bergerak bebas untuk menghalau serangga yang datang. Melainkan beberapa tanaman seperti serai, lavender, jintan, jeruk, memiliki aroma yang tidak disukai serangga. Sehingga jika tanaman tersbut ada di sekita rumah, serangga enggan mendekat. Anda dapat menanam tanaman jenis ini di tempat strategis yang mungkin menjadi sarang serangga, misalnya dekat kolam.

Persediaan bahan dapur

Manfaat tanaman herbal sebagai persediaan bahan dapur tentu tidak perlu diragukan lagi. Berbagai tanaman yang tersedia di rumah, memiliki multi fungsi baik sebagai obat, penambah nilai estetika, juga dapat dimanfaatkan sebagai bumbu dan persediaan pangan. Sungguh, hobi bertanam dapat sangat menghasilkan, terutama untuk mengurangi budget konsumsi yang biasanya mendominasi pengeluaran.

Cara Menanam dan Waktu Panen Tanaman Herbal

Setelah mengetahui jenis dan manfaat berbagai macam tanaman herbal, mungkin Anda tertarik untuk menekuni hobi bertanam di rumah. Untuk itu, Anda perlu tahu cara menanamnya. Ada jenis tanaman yang dapat ditanam dari tunas atau umbinya, ada juga yang bisa ditanam dari biji. Beberapa jenis tanaman bahkan dapat dengan mudah distek kemudian tumbuh subur di media tanam yang baru. Maka sebelum menanam, pastikan Anda mengenal karakteristik tanaman sehingga tidak salah langkah yang berujung pada kerugian.

Manfaat tanaman herbal di sekitar rumah hanya dapat dinikmati ketika berhasil dalam menanam dan merawatnya samapai menghasilkan. Tidak mungkin pepaya dapat berbuah jika tidak bisa tumbuh dengan baik, kan? Jika Anda mendapat bibit pepaya yang sudah tumbuh, pastikan ia ditanam di tempat yang tepat, tidak terlalu banyak sinar matahari dan mendapat cukup air setiap hari, sehingga ia dapat tumbuh dan berbuah pada saatnya.

Artikel lainnya bisa simak disini.

Setiap tanaman herbal memiliki waktu yang berbeda hingga dapat diambil manfaatnya. Untuk jenis rempah dan rimpang seperti serai, sudah bisa diambil batangnya setelah ditanam beberapa bulan. Tandanya adalah ketika sudah banyak tumbuh tunas baru dan menjadi rumpun. Untuk jahe, kencur, kunyit, dan rimpang lain, tunggu sampai ada rimpang yang tumbuh di dalam tanah. Meski memiliki jangka waktu yang berbeda, setiap tanaman herbal dapat bermanfaat pada waktunya.

Demikian beberapa manfaat tanaman herbal yang dapat diambil dari berbagai jenis tanaman di rumah. Sebagian perlu ditanam, dirawat, dan dijaga sampai menghasilkan manfaat sesuai tujuannya ketika ditanam. Sebagian dapat tumbuh liar meski tanpa perawatan khusus. Pastikan Anda dapat mengenali tanaman herbal yang benar untuk obat yang tepat sesuai dengan sakitnya.

About Aziza Linda Verra

Check Also

manfaat rumput mutiara

10 Manfaat Rumput Mutiara untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya yang Mudah

sumbersehat.com - Manfaat rumput mutiara tak hanya sebagai obat tradisional yang dipercaya mampu mengobati kanker. Khasiat lain yang tak kalah jitu adalah kandungan kimia rumput mutiara yang juga mampu mengobati penyakit ringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *