Manfaat dan 5 Menu Sarapan Sehat yang Murah dan Mudah Dibuat

By

sumbersehat.com – Menu sarapan sehat semestinya menjadi bagian dari keseharian kita. Menjaga kondisi tubuh dengan menyediakan nutrisi yang tepat sebelum beraktifitas akan membuat tubuh lebih sehat. Kadar gula darah juga akan lebih terkontrol dan pastinya badan akan lebih kuat diajak menjalankan kegiatan seharian.

Sayangnya masih banyak yang belum menjalankan kebiasaan sarapan. Sebagian beralasan tidak sempat menyediakan menu sarapan sehat. Sebagian lain memang sengaja tidak sarapan pagi karena menganggap sarapn pagi hanya akan menambah berat badan yang tidak diinginkan. Padahal sesungguhnya tidaklah demikian. Jadi apa saja sebenarnya fakta tentang sarapan sehat sebenarnya!

menu sarapan sehat

Manfaat Sarapan Sehat

Namun andai tahu manfaatnya dan mengetahui menu sarapan sehat simple, maka tidak akan ada alasan untuk meninggalkan sarapan pagi lagi. Begitu pentingnya sarapan sehingga para praktisi kesehatan pun sangat menyarankan untuk mengkonsumsi menu sehat sebelum menjalankan aktifitas harian. Mau tahu manfaat sarapan sehat bagi tubuh? Berikut penjabarannya:

Menjaga berat badan yang stabil

Tahukah bahwa anggapan yang menyatakan bahwa menghindari sarapan akan menjaga bobot tubuh ideal. Sayangnya anggapan tersebut berkebalikan dengan faktanya. Dengan melewati menu sarapan sehat justru akan membuat perut meronta menahan lapar. Efeknya dalam perjalanan menuju waktu makan siang, akan mencari camilan-camilan yang membuat kenyang sementara.

Contohnya camilan kue-kue kering atau junk food yang banyak mengandung gula dan kurang serat. Kondisi seperti ini kurang menguntungkan bagi kesehatan tubuh dan cenderung meningkatkan berat badan berlebih. Cobalah menyisihkan sedikit waktu untuk menyantap menu sarapan sehat sebelum memulai aktifitas. Maka tubuh akan lebih nyaman menunggu jadwal makan selanjutnya tanpa mencuri-curi makan camilan.

Sumber tenaga yang vital

Dengan mengkonsumsi sarapan sehat maka tubuh akan lebih siap dan bertenaga menghadapi aktivitas harian. Konsumsilah sarapan yang banyak mengandung protein. Sebaiknya jangan sarapan asal merasakan kenyang saja. Namun konsumsi menu sarapan sehat di pagi hari juga harus dengan bijak. Dengan konsumsi protein tubuh akan merasa kenyang lebih lama.

Kinerja otak meningkat

Konsentrasi tinggi merupakan salah satu manfaat yang didapat bila seseorang mencukupi nutrisi untuk tubuhnya. Otak sebagai organ tubuh yang paling penting tentunya membutuhkan makanan. Glukosa yang berasal dari makanan yang mengandung karbohidrat yang cukup adalah dua kandungan zat yang diperlukan. Dalam rangka menjalankan kinerjanya agar lebih optimal.

Mencegah penyakit diabetes

Penyakit diabetes dapat dicegah dengan mengkonsumsi makanan sehat. Salah satu di antaranya adalah menu sarapan sehat yang tinggi serat seperti gandum serta sayur dan buah-buahan. Kandungan ketiganya merupakan kombinasi yang sangat baik bagi menu sehat di pagi hari. Menurut penelitian, orang yang melewatkan sarapan akan lebih resisten terhadap insulin sehingga lebih beresiko terkena diabetes.

Mencegah penyakit maag

Dengan kondisi lambung yang terisi maka asam lambung akan ternetralisir oleh makanan. Selain itu gesekan lambung tidak akan membuat lambung luka karena perlindungan dari makanan yang masuk di pagi hari. Orang yang tidak sarapan lambungnya akan berada dalam kondisi kosong sehingga menyebabkan perih dan penyakit maag akan mudah menghampiri.

Menu Sarapan Sehat dan Murah

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, maka sebaiknya perhatikan asupan dalam piring sarapan. Banyak orang yang enggan sarapan berat dan berbagai penyebab di antaranya waktu terbatas atau belum ingin makan banyak di pagi hari. Mulut juga kadang masih terasa asam. Sebab itu kita simak menu sehat, segar, nikmat berikut:

Roti Gandum

Menu sarapan yang sehat pertama yang sangat baik untuk tenaga dan pencernaan adalah makanan dari gandum. Gandum merupakan salah satu menu sarapan yang mengandung karbohidrat kompleks yang dapat membuat perut kenyang. Selain itu kandungan seratnya juga baik untuk pencernaan. Baca juga 8 Aturan dan Menu Sarapan Diabetes yang Harus Anda Dipatuhi.

Untuk menambah selera, dapat juga ditaburkan wijen, atau dioles mentega tanpa lemak dan diberi selai kacang. Dapat juga ditambahkan sayuran segar di dalamnya seperti sandwich dan tambahkan dressing yang sedap. Seperti dressing rosemary, kacang almond, dan lain-lain. Bila suka yogurt dapat juga ditambahkan pada sayuran segarnya.

Pancake

Menu sarapan sehat sederhana selanjutnya adalah pancake. Resep ini cukup bahkan sangat mudah. Bahan-bahan yang diperlukan adalah 2 buah pisang ambon, 2 butir telur, 50 gram oatmeal, 5 strawberry (bila suka yang agak asam tidak masalah kok untuk menu sarapan). Terakhir 2 sendok makan margarin.

Caranya sangat mudah, hancurkan pisang dengan cara menekannya dengan garpu atau diulek. Kemudian campurkan dengan telur lalu aduk rata. Masukan potongan strawberry, diikuti oleh oatmeal. Aduk kembali dan tambahkan oatmeal sesuai selera. Dapat juga dikurangi bila suka konsistensi yang ringan. Lalu panggang. Tadaa. Menu sarapan sehat ini siap disantap. Tambahkan madu murni sebagai olesan. Hm.. Enaak.

Telur dadar

Siapa yang tidak kenal menu satu ini. Juara sekali ya menu andalan anak sekolah. Selain mudah juga menyehatkan. Kandungan protein yang tinggi pada telur sangat dibutuhkan untuk menambah tenaga. Menu sarapan sehat dan murah yang satu ini sangat layak dijadikan pilihan lho.

Cara membuatnya juga sangat mudah. Ambil 2 butir telur dan pecahkan. Tambahkan garam, lalu goreng dengan sedikit minyak. Untuk rasa dan gizi yang lebih tinggi, bisa juga ditambahkan bawang merah, daun bawang, sedikit tomat, kol, dan sayuran lain sesuai selera saja. Makan dengan nasi putih atau nasi merah akan lebih baik.

Keju, apel, atau alpukat

Menu sarapan sehat ini lebih mudah dari resep sebelumnya. Cukup siapkan sebuah apel. Lalu campurkan dengan potongan keju kotak-kotak. Campurkan apel atau alpukat dengan potongan keju. Siap disantap pada pagi hari. Sangat nikmat dan mudah sekali kan cara pembuatannya. Dijamin sehat dan bergizi tinggi.

Biskuit dan kopi

Kandungan kafein dalam kopi dapat meningkatkan kewaspadaan diri. Kafein bila dikonsumsi dalam jumlah secukupnya memang sangat baik untuk kesehatan. Memang banyak saat ini kopi instan banyak dijual di pasaran. Namun akan lebih baik bila memilih kopi asli ya. Tambahkan sedikit gula sebagai penyedap rasa kopi.

Untuk menu sarapan sehat dengan kopi, bisa ditambahkan biskuit untuk menambah efek kenyang. Namun pilihlah biskuit gandum yang lebih menyehatkan. Juga pilih biskuit dengan kadar gula yang rendah. Dengan demikian selain tingkat kewaspadaan meningkat, rasa kenyang juga didapatkan. Anda dapat beraktivitas dengan tenang sampai tiba waktu makan berikutnya.

Nah begitulah manfaat menyediakan dan mengkonsumsi menu sarapan sehat bagi tubuh. Jangan ragu untuk mulai mengolah makanan yang sehat baik untuk menu sarapan, makan siang, maupun makan malam. Sesuaikan kondisi tubuh dengan dengan menu-menu yang seimbang nutrisinya agar hasilnya lebih optimal bagi tubuh.

Tidak sulit juga kan menghadirkan menu sarapan sehat? Bila sebelumnya memang tidak terbiasa sarapan, maka bisa dilakukan dengan membiasakan mengisi perut terlebih dulu. Bisa dimulai dengan sarapan yang paling mudah dan bertahap. Tidak perlu juga terlalu memaksakan di awalnya. Jalani saja dengan penuh kesadaran bahwa sarapan ini akan membawa manfaat bagi tubuh jangka panjang.

Tinggalkan komentar