8 Aturan dan Menu Sarapan Diabetes yang Harus Anda Dipatuhi

By

Sumbersehat.com – Menu sarapan diabetes harus diperhatikan dan aturan makannya pun harus dipatuhi penderita diabetes. Makanan yang diperlukan penderita diabates adalah yang kaya akan serat dan antioksidan. Anda yang memiliki diabetes, proses metabolisme harus baik dan lancar.

Salah satu yang harus dilaksanakan oleh penderita adalah tidak boleh melewatkan sarapan. Anda wajib tahu aturan dan menu sarapan untuk diabetes yang tepat, sehingga bisa menjaga kadar gula darah tetap normal. Berikut ini aturan dan menu sarapan untuk penderita diabetes!

menu sarapan diabetesInilah Aturan dan Menu Sarapan Diabetes yang Harus Dipatuhi

Ada beberapa aturan sarapan yang harus dilaksakan oleh penderita, sehingga kadar gula darah normal. Aturan dan menu tersebut adalah:

Jangan lewatkan sarapan

Bahkan jika gula darah Anda tinggi di pagi hari, jangan melewatkan sarapan. Orang dengan diabetes memiliki fluktuasi gula darah yang bisa lebih stabil ketika mereka makan yang cukup sepanjang hari. Namun, bukan berarti berlebihan. Makan penderita diabetes adalah porsi sedikit atau secukupnya saja.

Justri jika melewatkan sarapan dapat menyebabkan makan berlebihan di waktu selanjutnya karena kelaparan dan kadar gula darah rendah. Oleh karena itu, sarapan adalah langkah terbaik untuk menjaga gula darah tetap normal di pagi hari.

Pilih makanan yang ramah diabetes

Anda harus memahami menu sarapan diabetes yang tepat dan lebih baik buat masakan sendiri. Bagi penderita diabetes, makan makanan seimbang adalah langkah tepat. Anda perlu memiliki menu sarapan untuk diabetes separti kombinasi karbohidrat, protein, dan sedikit lemak.

Tambahkan sereal dengan buah

Anda bisa mencobat menu sarapan untuk penderita diabetes seperti sereal yang mengandung setidaknya 5 gram serat per porsi. Lalu, tambahkan buah segera seperti raspberry atau blueberry. Makanan ini bisa menjadi sarapan anda setiap hari untuk menjaga kadar gula darah dan kesehatan pencernaan anda.

Taburkan 1 atau 2 sendok makan bubuk biji rami

Menambahkan 1 atau 2 sendok makan bubuk biji rami pada sereal dan yoghurt anda termasuk menu sarapan diabetes yang tepat. Makanan ini kaya akan protein dan serat, biji-biji kecil ini bagi bagi gula darah dan jantung Anda.

Selain itu, makanan tersebut juga mengandung asam lemak yang bermanfaat untuk memproduksi asam lemak omega-3 yang biasa didapat dari ikan. Dan, seperti ikan, biji rami menurunkan kolesterol dan membantu menjaga peradangan lagi.

Makan oatmeal selama beberapa hari seminggu

Oatmeal adalah salah satu menu sarapan untuk penderita diabetes yang ramah. Makanan ini mengandung 4 gram serat per cangkir, yang membantu menjaga kadar gula darah stabil pada orang dengan diabetes tipe 2. Tambahkan kismis dan kayu manis jika Anda suka.

Makan susu atau yogurt tanpa lemak sebagai sarapan

Menu sarapan diabetes selanjutnya adalah susu atau yoghurt tanpa lemak. Menurut penelitian, penderita diabetes yang mengonsumsi susu tanpa lemak secara rutin bisa terhindar dari sindrom metabolik. Sindrom metabolik ini bisa meningkatkan risiko diabetes dan penyakit jantung.

Vitamin D, yang ada di dalam susu, mampu membantu tubuh memenuhi kadar insulin dan kalsium. Jika tubuh terpenuhi, maka kadar kolesterol dalam tubuh menjadi lebih rendah. Pastikan pula jangan menambahkan gula pada susu anda. Pilih susu sapi murni atau yoghurt murni.

Makan buah jeruk saja bukan jusnya

Jeruk juga termasuk menu sarapan diabetes yang baik. Tapi jika dibuat jus, maka kandungan karbohidratnya lebih tinggi dan kandungan seratnya berkurang. Oleh karena itu, lebih baik konsumsi buah jeruk saja daripada jusnya. Buah akan membuat Anda merasa lebih puas dan kenyang.

Tambahkan kayu manis pada teh atau kopi Anda

Kayu manis adalah bahan alami yang dapat menurunkan kadar gula darah. Cara untuk mendapatkan lebih banyak kayu manis sebagai penurun gula darah adalah dengan menambahkan batang kayu manis ke teh Anda.

Atau membuat teh kayu manis dengan mengaduk batang kayu manis dalam secangkir air panas. Atau tambahkan setengah sendok teh bubuk kayu manis ke dalam bubuk kopi sebelum menyeduhnya. Ini bisa memberikan manfaat kesehatan bagi anda penderita diabates, dibandingkan dengan menambahkan gula.

Itulah beberapa aturan dan menu sarapan diabetes yang wajib anda patuhi agar bisa selalu sehat dan bugar.

Tinggalkan komentar