10 Menu Makanan Protein untuk Diet yang Baik dan Ampuh

By

Sumbersehat.com – Menu makanan protein untuk diet merupakan bahan-bahan makanan yang memiliki kandungan protein yang baik bagi yang ingin menjalankan diet. Protein sangat baik bagi orang yang menjalankan diet karena disamping membuat kenyang prtein berguna banyak bagi tubuh. Terlebih, protein bisa membuat kalian merasa kenyang lebih lama.

Protein bisa dibedakan menjadi 2 macam yaitu protein hewani dan protein nabati. Kedua-duanya sama-sama memberikan dampak yang baik bagi pelaku diet. Lalu, apa saja sih menu menu makanan protein untuk diet yang baik?

menu makanan protein untuk diet

Daftar Isi Halaman

Daftar Menu Makanan Protein untuk Diet

Menu makanan protein untuk diet yang sangat dianjurkan diantaranya adalah:

Tuna

Tuna merupakan sumber protein hewani yang sangat tinggi. Tuna juga memiliki kadar lemak yang rendah sehingga sangat cocok untuk makanan pendamping saat diet. Tak hanya itu, tuna juga mengandung omega 3 yang berguna bagi tubuh.

Daging Sapi

Pasti hampir semua orang sudah mengenal daging sapi. Nah, daging sapi ini juga baik bagi kalian yang sedang berdiet. Tentu saja bukan sembarang daging sapi. Namun, kalian bisa memilih daging sapi yang tidak mengandung lemak yaitu pada daging bagian dalam, sirloin dan tenderloin.

Cara pengolahan daging sapi juga sangat mempengaruhi. Bisa-bisa jika kalian salah memasak daging sapi ini, protein yang terkandung di dalamnya akan hilang. Kalian bisa mengolah daging sapi ini dengan cara dipanggang.

Dada Ayam

Bagian dari ayam yang sangat kaya dengan protein yaitu pada bagian dada. Pada bagian dada ayam ini, kandungan proteinnya hampir 80% dari kalori. Tentu saja tanpa menyertakan kulitnya. Pengolahan dada ayam yang baik juga dengan cara dipanggang.

Susu

susu merupakan sumber protein hewani yang dikonsumsi dengan cara diminum. Susu yang baik untuk diet merupakan susu asli dari sapi maupun kambing atau juga susu khusus diet yang memiliki lemak rendah.

Susu baik untuk program diet karena susu memiliki kandungan protein yang tinggi yang bisa mengembalikan stamina saat sedang diet dan juga membantu pembentukan otot. Tak hanya itu, susu juga mengandung nutrisi dan kalsium tinggi yang bisa membantu proses pembakaran lemak.

Telur

Selain memiliki kandungan protein yang tinggi, telur juga memiliki kandungan kolin, lutein, vitamin D dan masih banyak lagi. Kandungan tersebut dapat membantu kalian dalam pelaksanaan diet. Namun, hindarilah pengolahan telur dengan cara digoreng. Cupuk rebus atau kukus telur tersebut.

Yogurt

Yogurt merupakan salah satu makanan probiotik yang terbuat dari susu dan dikenal cocok untuk para pelaku diet. Sebab, di dalam yogurt selain terdapat protein juga terdapat bakteri baik yang bisa menjaga kesehatan pencernaan.

Yogurt yang paling cocok digunakan saat diet yaitu jenis greek yogurt. Greek yogurt adalah jenis yogurt yang memiliki tekstur lebih kental dan krimi. Greek yogurt juga memiliki lebih banyak protein dan vitamin di dalamnya.

Keju

Keju dikenal dengan olahan susu yang tinggi lemak. Nah meskipun lemak yang terkandung di dalam keju ini tinggi, keju juga baik lho buat diet. Selain protein, kalsium yang terkandung di dalam keju ini akan membantu proses diet, sehingga kalian tidak akan mudah merasa lapar.

Beberapa jenis keju yang cocok digunakan saat diet yaitu keju mozarella, keju ricotta, keju parmesan, keju feta dan keju cottage. Keju-keju tersebut memiliki lebih sedikit lemak sehingga baik dikonsumsi saat diet.

Almond

Kacang almond juga termasuk menu makanan protein untuk diet. Kandungan protein di dalam almond bisa membantu kalian untuk menahan lapar dan meningkatkan metabolisme tubuh. Disamping itu, almond juga memiliki kandungan vitamin E, mangan dan juga kalsium. Almond juga memiliki serat yang tinggi. Almond bisa digunakan untuk camilan saat diet.

Gandum

gandum adalah salah satu biji-bijian yang sangat direkomendasikan sebagai makanan saat diet. Gandum memiliki sera, magnesium, vitamin B1 t dan protein yang tinggi. Serat ini akan membantu kalian untuk tetap merasa kenyang lebih lama. Sehingga, jadwal makan kalian akan tetap terjaga.

Brokoli

Salah satu sayuran yang memiliki kandungan protein tinggi yaitu brokoli. Selain protein brokoli juga mengandung karbohidrat tinggi. Mengkonsumsi brokoli saat diet akan membantu proses pencernaan, mempertahankan gula darah serta mencegah beberapa penyakit pencernaan lainnya.

Itulah beberapa menu makanan protein untuk diet yang baik. Semoga dengan adanya beberapa menu makanan protein untuk diet ini, kalian tidak bingung lagi untuk memilih protein pendamping diet.

Tinggalkan komentar