17 Rekomendasi Menu Makanan Diet Kolesterol dan Asam Urat, Konsumsi Yuk!

sumbersehat.com – Makanan diet kolesterol dan asam urat sangat beragam dan pasti sering Anda konsumsi sehari-hari. Seperti yang kita tahu, diet adalah salah satu cara menjaga pola makan yang cukup efektif dilakukan ketika ingin mencapai target tertentu. Ketika dinyatakan mengidap kolesterol dan asam urat, tidak sedikit orang yang mencari informasi mengenai cara diet yang tepat.

Kadar asam urat dan kolesterol yang tinggi tentu saja tidak baik untuk kesehatan Anda dalam jangka waktu yang panjang. Jika dibiarkan, penyakit ini dapat menyebabkan komplikasi penyakit yang lainnya dan tentu saja lebih parah. Oleh sebab itu, diperlukan menu makanan bagi penderita asam urat dan kolesterol supaya tidak semakin parah.

makanan diet kolesterol dan asam urat

Rekomendasi Makanan Diet Kolesterol dan Asam Urat

Terdapat beberapa daftar makanan diet asam urat dan kolesterol yang baik untuk dikonsumsi, diantaranya :

Ubi jalar dan wortel

Makanan diet kolesterol dan asam urat pertama yang baik dikonsumsi adalah ubi jalar dan wortel. Kedua makanan yang berasal dari akar ini memiliki kandungan purin yang rendah, Purin adalah zat yang dicerna menjadi asam urat di dalam tubuh. Cara mengonsumsinya bisa dengan hanya direbus atau dikukus supaya lebih sehat.

Terung dan tomat

Terung dan tomat sangat baik digunakan sebagai makanan diet asam urat dan kolesterol. Makanan ini rendah purin dan memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Selain itu, tomat dapat dijadikan sebagai sumber likopen yang dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dan LDL. Tomat dapat Anda konsumsi sebagai jus atau salad yang segar.

Kacang-kacangan

Beberapa yang menderita asam urat dan kolesterol mungkin akan takut jika mengonsumsi kacang-kacangan. Padahal, kacang-kacangan dapat menjadi salah satu makanan diet kolesterol dan asam urat yang baik dikonsumsi. Dibandingkan dengan protein hewani, kacang-kacangan makanan yang aman walau memiliki kandungan protein tinggi.

Bayam

Bayam terkenal sebagai sayuran yang memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Ternyata bayam memiliki kandungan purin yang rendah sehingga aman dijadikan sebagai makanan diet asam urat dan kolesterol. Kandungan bayam terdapat zat lutein yang baik untuk kesehatan mata. Bayam juga berfungsi untuk melindungi kesehatan jantung agar terhindar dari lemak yang terdapat di pembuluh darah.

Ayam dan bebek

Daging memang tidak begitu dianjurkan bagi penderita kolesterol dan asam urat. Tetapi, jika mengonsumsi daging ayam dan bebek sebagai sumber protein masih dimaklumi. Karena daging ayam dan bebek memiliki kandungan purin yang rendah jika dibandingkan dengan daging merah. Cara mengolahnya dapat dengan dipanggang atau direbus supaya lebih sehat dan menambah kandungan lemak.

Telur

Bagi penderita kolesterol dan asam urat mungkin berfikir jika mengonsumsi telur sangat tidak baik. Padahal, telur dapat dijadikan makanan diet kolesterol dan asam urat asalkan telur yang digunakan adalah telur ayam, Hindari mengonsumsi telur bebek dan puyuh karena kandungan kolesterolnya sangat tinggi. Cara mengolahnya juga bervariasi dapat dengan di orak arik, dadar, bahan direbus.

Buncis

Makanan diet kolesterol dan asam urat selanjutnya adalah buncis. Makanan ini memiliki kandungan kadar lemak rendah dan lemak jenuh ganda. Selain itu, buncis juga dapat menjadi sumber karbohidrat yang baik untuk penderita penyakit diabetes. Cara mengonsumsinya dapat dengan direbus atau dibuatkan jus dan diminum setiap hari untuk menurunkan kadar kolesterol.

Jeruk nipis

Jeruk nipis selain menyegarkan juga dapat dijadikan makanan diet asam urat dan kolesterol. Jeruk nipis terdapat kandungan flavonoid yang dapat menghambat produksi kolesterol jahat. Selain itu, kandungan flavonoid juga dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

Kedelai

Kacang kedelai juga dapat dijadikan makanan diet kolesterol dan asam urat yang aman. Kacang kedelai menjadi bahan dasar utama dalam tahu, susu kedelai, dan tempe. Sehingga, semua makanan yang berbahan dasar kacang kedelai boleh dikonsumsi bagi penderita kolesterol dan asam urat. Karena dalam kedelai terdapat kandungan isoflavon yang dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh.

Beras merah

Beras merah selalu dijadikan alternatif bagi orang yang menghindari nasi putih ketika sedang diet. Beras merah dapat dijadikan makanan diet kolesterol dan asam urat karena memiliki kandungan selenium, magnesium, vitamin B, dan fitonutrien. Kandungan tersebut diyakini dapat menurunkan kadar lemak darah. Kandungan seratnya juga bisa menurunkan kadar gula dalam darah.

Gandum

Makanan diet kolesterol dan asam urat selanjutnya adalah gandum. Gandum memiliki nilai gizi yang baik dan dapat menurunkan kolesterol trigliserida dalam darah. Selain itu, gandum juga dapat mengatur kadar gula dalam darah. Anda dapat mengonsumsinya secara rutin ketika sarapan dalam bentuk sereal ataupun roti.

Biji bunga matahari

Biji bunga matahari atau yang lebih dikenal kuaci tidak hanya dijadikan cemilan saja. Tetapi kuaci juga dapat dijadikan sebagai makanan diet kolesterol dan asam urat. Kandungan sterol dalam kuaci dipercayai dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh.

Alpukat

Alpukat menjadi salah satu buah yang dapat dijadikan makanan diet asam urat dan kolesterol. Kandungan alpukat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Alpukat sering dijadikan sumber dari lemak tak jenuh tunggal yang membantu meningkatkan kadar HDL dan menurunkan LDL. Kandungan dalam alpukat seperti beta sterol merupakan jenis nabati yang diserap tubuh menjadi sumber makanan lain.

Anggur

Selain alpukat, buah anggur juga dapat dijadikan makanan diet kolesterol dan asam urat. Buah anggur dapat mencegah penggumpalan darah dan menangkal kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, anggur juga mempunyai kandungan serat yang banyak dan zat catechin yang dapat menurunkan kadar kolesterol.

Mangga

Buah tropical yang satu dapat menjadi makanan diet kolesterol dan asam urat. Buah mangga mengandung serat prebiotik yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Selain itu, kandungan pektin dan vitamin C dapat mengikis kolesterol LDL dan mencegah kolesterol jahat untuk teroksiasi.

Jambu merah

Buah jambu merah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan asam urat. Kandungan senyawa baik seperti vitamin C, E, flavonoid, karotenoid, dan selenium dapat mengurangi kandungan kolesterol jahat LDL. Konsumsi jus jambu merah secara teratur maka dapat menurunkan kolesterol hingga 50-80%.

Ikan salmon

Salmon merupakan salah satu ikan yang boleh yang dimakan penderita asam urat. Ikan salmon mengandung purin yang dapat menurunkan asam urat. Kandungan omega-3 didalamnya mampu mengurangi peradangan dan pembengkakan. Kandungan asam lemak jenuh ini juga dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Konsumsi ikan salmon dengan cara dipanggang atau dikukus supaya lebih sehat.

Demikian beberapa daftar makanan diet kolesterol dan asam urat yang aman untuk dikonsumsi. Mulai dari sayuran, buah, daging, hingga kacang-kacangan yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan asam urat. Walaupun tergolong aman, tetap saja tidak boleh berlebihan dalam mengonsumsinya. Konsumsi dengan porsi yang wajar sehingga tidak menimbulkan efek samping yang lainnya.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

olahraga sehat untuk diet

8 Kesalahan yang Umum Dilakukan Saat Olahraga Sehat untuk Diet

8 Kesalahan yang Umum Dilakukan Saat Olahraga Sehat untuk Diet – Setiap orang pasti sudah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *