6 Menu Makanan Diet Ibu Hamil yang Wajib Diketahui!

sumbersehat – Ibu hamil yang mengalami obesitas dapat melakukan diet dengan memperhatikan menu makanan diet ibu hamil. Selama masa kehamilan, seorang ibu biasanya membutuhkan tambahan kalori sekitar 300 kalori per hari. Bertambahnya berat badan adalah hal yang wajar bagi setiap ibu hamil. Akan tetapi apabila berlebihan maka sang ibu harus membatasi makan dengan menu makanan.

Pada menu makanan diet ibu hamil, dokter biasanya akan menyuruh ibu untuk membatasi asupan kalori dan memperbanyak protein serta serat. Melakukan diet yang terlalu ketat juga tidak baik karena dapat menghilangkan nutrisi penting yang sangat dibutuhkan ibu dan janin yang ada di dalam kandungan. Berikut adalah cara melakukan diet yang tepat agar ibu dan janin tetap sehat.

menu makanan diet ibu hamil

Inilah Menu Makanan Diet Ibu Hamil yang Seimbang

Ibu hamil boleh saja melakukan diet untuk menjaga berat badan agar tidak melonjak, atau dengan tujuan untuk membatasi jumlah kalori. Menjalani diet saat hamil harus hati-hati agar tidak membawa dampak buruk bagi ibu dan janin yang dikandungnya. Berikut menu makanan diet ibu hamil yang harus dikonsumsi agar tidak kekurangan asupan zat gizi yang penting.

Telur Kaya Protein

Telur sangat aman dikonsumsi oleh ibu hamil, kecuali bagi ibu yang memiliki riwayat alergi. Telur sangat baik dijadikan pilihan menu makanan diet saat hamil karena tinggi protein. Telur memiliki 9 asam amino esensial yang sangat penting bagi kebutuhan nutrisi ibu hamil. Makanan ini juga mengandung vitamin dan mineral penting seperti vitamin A, B kompleks, D, asam folat, selenium, dan zinc.

Telur mengandung asam folat yang sangat penting bagi perkembangan janin dan mencegah cacat lahir pada bayi. Dokter menyarankan untuk mengonsumsi telur sebagai menu makanan diet ibu hamil secara rutin bagi ibu yang tidak mengidap penyakit kolesterol. Telur mengandung kolin yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak janin secara keseluruhan.

Vitamin A, B kompleks, dan antioksidan yang terkandung di dalamnya dapat membantu memelihara daya tahan tubuh dan menangkal radikal bebas. Hal ini menyebabkan ibu hamil tidak rentan terhadap serangan bakteri dan virus penyebab penyakit. Makan telur sebagai menu makanan diet untuk bumil dapat memberi energi karena protein di dalamnya adalah sumber energi yang tinggi.

Manfaat telur dalam menu makanan ibu hamil adalah dapat mengatasi stres. Telur mengandung kolin yang dapat melawan gen pengatur hormon kortisol penyebab stres dan kecemasan. Selama hamil, kulit kering dan jerawat kerap kali menjadi gangguan. Makan telur secara rutin dapat mengatasi masalah ini karena kandungan antioksidan dan mineralnya yang dapat menjaga kesehatan kulit.

Buah Sumber Vitamin

Jangan lewatkan makan buah dalam menu makanan diet ibu hamil. Buah-buahan mengandung vitamin, mineral, dan serat yang sangat baik sebagai sumber nutrisi bagi ibu dan janin yang sedang dikandung. Beta karoten yang terkandung di dalam buah membantu perkembangan jaringan dan sel pada janin. Nutrisi ini juga penting untuk membangun sistem kekebalan tubuh bagi ibu dan janin.

Vitamin C di dalam buah berguna untuk menjaga daya tahan ibu hamil. Mengonsumsi buah dalam menu makanan diet ibu hamil sangat penting karena vitamin C dibutuhkan untuk perkembangan tulang dan gigi anak. Vitamin C membantu proses penerapan zat besi di dalam tubuh sehingga ibu hamil tidak mudah terkena anemia.

Buah-buahan mengandung asam folat, yaitu turunan vitamin B yang sangat esensial selama kehamilan. Asam folat mencegah cacat lahir pada janin yang berhubungan dengan otak dan sumsum tulang belakang. Serat yang dikandungnya sangat baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Serat berfungsi untuk melancarkan sistem pembuangan, mencegah sembelit, dan menghindari penyakit ambeien.

Sayuran Tinggi Nutrisi

Saat melakukan diet, ibu hamil jangan sampai melewatkan konsumsi sayuran dalam menu makanan diet ibu hamil. Selain kaya serat, sayuran juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk ibu dan janin yang ada di dalam kandungan. Beberapa sayur yang bagus untuk dikonsumsi oleh ibu hamil adalah brokoli, bayam, sawi, kangkung, pare dan kacang.

Brokoli mengandung kalsium dan asam folat yang tinggi. Kedua zat gizi ini sangat penting bagi perkembangan tubuh dan otak janin. Sayuran ini juga mengandung vitamin A, C, K, B6 serta antioksidan yang berguna bagi kesehatan mata, kulit, dan tulang. Brokoli kaya serat yang baik untuk pencernaan ibu hamil. Kandungan kolin dapat membantu mengatasi stres dan cemas yang sering melanda ibu hamil.

Sayur bayam sering ditambahkan di dalam menu makanan diet pada ibu hamil. Sayuran ini mengandung zat besi tinggi yang dibutuhkan untuk membentuk sel darah merah. Kecukupan zat besi ini menghindari ibu hamil dari anemia. Bayam kaya akan asam folat, dan kalsium bagi pembentukan tulang dan gigi bayi. Kalsium juga diperlukan untuk menghindari pengeroposan tulang pada ibu hamil.

Sama halnya dengan bayam dan brokoli, sawi hijau juga kaya akan asam folat. Sayuran ini mengandung aneka vitamin C, B6, riboflavin, dan antioksidan yang bagus untuk menjaga daya tahan ibu hamil. Kandungan seratnya yang tinggi mencegah ibu hamil dari sembelit dan gangguan wasir.

Ikan Salmon Kaya Omega 3

Ibu dapat menambahkan ikan salmon dalam menu makanan diet ibu hamil. Ikan salmon mengandung sumber asam lemak Omega 3 dan DHA yang sangat baik untuk perkembangan otak janin. Perlu diingat saat dikonsumsi, ikan salmon harus dalam kondisi matang sempurna dan jangan makan secara berlebihan.

Kacang-kacangan untuk Mengemil

Mengonsumsi kacang-kacangan akan memenuhi kebutuhan protein nabati bagi ibu hamil yang sedang berdiet. Kacang dapat mencukupi kandungan tiamin, asam lemak omega 3, dan serat nabati. Ibu hamil dapat menyantap walnut yang ditambahkan ke dalam sereal saat sarapan.

Ibu hamil tentu sering merasa lapar, otomatis hal ini membangkitkan keinginan untuk ngemil. Bila ingin mengemil, ibu bisa merebus kacang tanah atau polong tanpa tambahan gula dan garam. Ibu hamil juga bisa menambahkan cemilan seperti kacang almond dan mete tanpa garam dalam menu makanan diet ibu hamil.

Almond mengandung asam folat yang sangat baik untuk perkembangan otak janin. Mete banyak mengandung zat besi sehingga ibu hamil tidak mudah terserang anemia. Ibu hamil bisa menambahkan selai kacang buatan sendiri saat sarapan dengan roti gandum. Kombinasi ini selain mendapatkan kebaikan dari kacang, juga mendapatkan karbohidrat alami yang menjadi sumber energi bagi ibu hamil.

Jangan Lupakan Air Putih

Air putih penting bagi ibu hamil, terutama saat melakukan diet. Air putih menjaga tubuh dari kekurangan cairan yang dapat menyebabkan lemas dan mudah lelah. Pada orang normal, jumlah asupan air putih minimal 2 liter sehari. Namun jumlah ini akan bertambah hingga dua kali lipat untuk ibu hamil.

Demikianlah ulasan mengenai menu makanan diet ibu hamil yang harus dipenuhi. Selain melakukan pola makan sehat untuk memenuhi nutrisi, ibu hamil harus melakukan olah tubuh ringan untuk menjaga elastisitas tubuhnya. Lakukan jogging, senam ringan, atau yoga khusus ibu hamil agar tubuh tetap bugar selama kehamilan.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

olahraga sehat penurun berat badan

Diet Dengan Mengatur pola Makan dan Melakukan 5 Olahraga Sehat Penurun Berat Badan

Diet Dengan Mengatur pola Makan dan Melakukan 5 Olahraga Sehat Penurun Berat Badan – diet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *