Perencanaan 7 Hari Menu Makanan Diet GM Praktis dan Mudah, Simak!

sumbersehat – Menu makanan diet GM sebagai solusi untuk merencanakan program diet sehat. Diet GM adalah diet yang dilakukan dengan merencanakan asupan makanan yang masuk memiliki kandungan yang sedikit kalori dan kaya nutrisi. Bahwasanya tubuh membutuhkan banyak nutrisi yang menjadikan mudah untuk dicerna.

Sedikit kalori memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Diantaranya mampu memaksimalkan fungsi organ, memudahkan pencernaan, tidak khawatir menjadi lemak dan banyak manfaat lainnya untuk tubuh. Program ini dapat diuji coba selama 7 hari berturut-turut untuk melihat hasilnya. Daftar menu untuk diet GM secara keseluruhan berhubungan dengan buah dan sayur.

menu makanan diet gm

Inilah Menu Makanan Diet GM Selama 7 hari

Sebelum makan penting untuk memperhatikan kandungan nutrisi yang ada pada menu makanan tersebut. Diet GM akan sukses jika muncul kesadaran pribadi untuk mematuhi anjuran yang disarankan. Inilah contoh menu diet 7 hari yang dapat dijadikan referensi di rumah untuk menjalankan program diet:

Hari Pertama

Menu makanan diet gmdi hari pertama dianjurkan untuk makan buah sebanyak mungkin yang dapat dimakan. Jenis buahnya disarankan selain pisang, karena mengandung gula dan kalori yang cukup tinggi. Buah yang disarankan untuk dikonsumsi adalah segala jenis buah yang mengandung banyak air. Diantaranya, semangka, pir, melon, dan jenis buah lainnya.

Pemilihan buah yang mengandung banyak air sangat bagus untuk tubuh, karena dapat mencegah dari dehidrasi. Manfaat lainnya mampu membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Menu makanan diet GM memberi manfaat selain tubuh kembali ideal juga tubuh kembali sehat dan kuat karena metabolisme yang baik.

Hari Kedua

Hari kedua untuk menu makanan diet GM adalah segala jenis sayur-sayuran mentah maupun yang telah dimasak dengan direbus atau dipanggang. Untuk jumlahnya tidak terbatas, sesuai batas yang mampu dimakan. Untuk jenis sayurannya, kentang alangkah baiknya dihindari, kalaupun ingin memakannya maka saat pagi hari.

Sayuran pada dasarnya boleh dimasak, asalkan tidak digoreng menggunakan minyak. Minyak dapat menjadikan program diet menjadi gagal. Sayur-sayuran dapat menjadi makanan yang lezat apabila dapat mengolah dengan baik. Contohnya salad sayur, urap-urap, dan sayuran dengan aneka jenis olahan lainnya.

Hari Ketiga

Menu makanan diet GM untuk hari ketiga adalah perpaduan semua jenis sayuran dan buah-buahan. Untuk jenisnya alangkah baiknya menghindari pisang dan kentang. Jumlah yang dimakan sesuai dengan yang diinginkan masing-masing individu sanggup memakannya. Buah pisang dan kentang dilarang karena mengandung kalori yang cukup tinggi untuk tubuh.

Perpaduan ini dapat dikreasikan semaksimal mungkin dengan berbagai variasi menu. Jika ingin praktis, maka dapat dijadikan jus buah sayur. Kombinasi rasa dari kedua bahan akan menciptakan rasa yang pas dengan takaran yang tepat. Apabila ingin memberikan rasa manis pada jus, hindari pemakaian gula putih. Rasa manis dapat diperoleh dari buah itu sendiri atau dapat dicampur madu.

Menu diet buah dan sayur seminggu akan terasa hasilnya di tubuh. Pada hari ketiga menu diet GM merupakan perbaduan buah dan sayur sebagai bentuk perpaduan dua bahan yang telah disarankan sebelumnya. Menjalani program diet harus dengan hati senang tanpa beban. Rasa stres justru dapat memicu tubuh untuk menolak nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

Hari Keempat

Pada hari keempat adalah kebalikan dari menu hari pertama dan hari ketiga. Pada hari keempat disarankan hanya mengonsumsi pisang dan susu. Untuk jumlahnya yang boleh dikonsumsi paling banyak 6 buah untuk ukuran besar dan 8 buah untuk ukuran kecil. Jumlah susu yang boleh diminum adalah 3 buah dalam sehari. Jenis susu skim sangat disarankan.

Menu makanan diet GM berupa pisang dan susu sebagai upaya untuk menyeimbangkan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Hari keempat pada umumnya tubuh mulai terbiasa menyesuaikan menu diet GM. Tubuh kembali ideal seperti yang diharapkan dengan rutin dan sabar menjalani program diet GM.

Hari Kelima

Menu makanan diet GM hari kelima boleh makan protein, seperti daging sapi, daging ayam, atau ikan tanpa lemak. Untuk porsinya maksimal 2 kali dengan jumlah setiap porsinya sekitar 300 gram. Untuk cara memasak daging tersebut hindari menggunakan minyak. Jadi daging dapat diolah dengan cara dipanggang atau direbus beserta bumbu yang telah disiapkan.

Jika kurang menyukai menu daging, karena lebih memilih vegetarian, dapat diganti sumber protein dari nasi merah, nasi hitam, atau keju. Selain itu juga ditambahkan tomat sebanyak 6 buah. Secara khusus pada hari kelima ini, untuk minum harus ditambahkan sebanyak 2 gelas air putih. Tujuannya membuang asam urik, yakni zat kimia yang ada pada jenis daging-dagingan.

Hari Keenam

Hari keenam untuk menu makanan diet GM hampir sama seperti menu hari kelima, yakni dapat mengonsumsi jenis daging dan sayuran. Untuk jenis sayuran alangkah baiknya hindari kentang. Jumlah porsinya yang dapat dimakan jenis daging tanpa lemak sebanyak 300 gram dan sayuran sebanyak-banyaknya sesuai selera yag diinginkan.

Hari Ketujuh

Hari ketujuh atau dapat dikatakan sebagai hari terakhir menjalani program diet GM. Untuk menu pada hari ketujuh ini telah diperbolehkan makan nasi, namun hanya nasi merah atau nasi hitam yang disarankan. Selain itu juga diperbolehkan makan segala jenis buah dan sayuran. Untuk cara memasak sayuran tetap disarankan menghindari minyak.

Buah dan sayuran dapat dikonsumsi secara langsung atau dapat pula dijadikan jus terlebih dahulu. Untuk memberikan rasa manis dapat ditambah madu. Gula putih tetap tidak disarankan karena gula putih mengandung kalori yang cukup tinggi. Jumlah porsi yang boleh dimakan tidak dibatasi, sesuai kesanggupan dalam memakan, asal tidak melampaui batas.

Hal di atas adalah contoh menu diet 7 hari yang dapat dipraktikan di rumah untuk menjalani program diet GM. Sebelum melakukan diet sebaiknya melakukan pengukuran berat badan terlebih dahulu. Tujuannya setelah 7 hari menjalani program diet dapat ditimbang untuk mengetahui berat badan setelahnya.

Pada dasarnya jika berat badan banyak mengalami penurunan, maka kemungkinan besar dapat kembali lagi seperti semula dengan mudah. Untuk itu, penting untuk tetap mengonsumsi menu makanan diet GM, meskipun program diet telah berhenti. Tujuannya untuk menjaga tubuh tetap kembali ideal bahkan dapat berangsur turun seperti berat badan yang diinginkan.

Pantangan makanan saat diet GM adalah segala jenis makanan yang banyak mengandung kalori. Contohnya nasi putih, gula putih, minyak dan makanan lainnya. Konsisten untuk makan makanan dengan kandungan nutrisi yang baik adalah solusi terbaik untuk memiliki tubuh ideal. Program diet harus dijalankan sejala berkelanjutan tentunya dengan variasi menu yang berbeda.

Menu makanan diet GM adalah solusi untuk makanan sehat dengan rendah kalori, namun kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh. Menjaga lebih baik dari pada harus memulai dari awal. Keberhasilan program diet sejatinya butuh usaha keras dan kesadaran diri sendiri. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat untuk Anda yang menginginkan tubuh ideal dan sehat.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

Manfaat ketumbar untuk diet

Ketahui 4 Manfaat Ketumbar Untuk Diet, Badan Langsing dan Sehat

sumbersehat – Manfaat ketumbar untuk diet belum banyak diketahui oleh masyarakat umum. Namun belakangan hal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *