7 Menu Diet Sehat Tanpa Nasi untuk Menurunkan Berat Badan

By

Sumbersehat.com – Menu diet sehat tanpa nasi bisa menjadi salah satu pilihan cara menurunkan berat badan yang aman sekaligus menyehatkan bagi tubuh kalian. Apalagi saat ini bentuk tubuh menjadi hal yang dipertimbangkan dalam berbagai aspek, mulai dari mencari pekerjaan, sampai hubungan asmara kalian.

Untuk mendapatkan bentuk tubuh yang indah, kalian harus menurunkan berat badan berlebih yang ada ditubuh kalian. Bukan hanya sekedar untuk memperindah penampilan, tetapi juga untuk menjaga kesehatan kalian agar terhindar dari kemungkinan obesitas. Nah, berikut ini 5 menu diet tanpa nasi yang bisa kalian coba.

Inilah 7 Menu Diet Sehat Tanpa Nasi Pengganti Karbohidrat

Nasi merupakan sumber karbohidrat yang dikonsumsi oleh hampir semua masyarakat khususnya Indonesia. Tapi apakah kalian tau? Nasi bisa menyebabkan berat badan berlebih jika dikonsumsi berlebihan. Karena dalam nasi terdapat kadar gula yang cukup tinggi.

Baca juga : Ketahui 7 Daftar Menu Diet Pemula yang Sehat dan Enak

Maka dari itu, ketika kalian memutuskan diet, ada baiknya kalian menghindari nasi putih untuk menjadi sumber karbohidrat dalam tubuh kalian. Berikut ini sumber karbohidrat pengganti nasi yang mengenyangkan dan bisa menurunkan berat badan kalian dengan efektif:

Oatmeal

Oatmeal merupakan menu diet sehat tanpa nasi yang enak dan sehat. Kandungan karbohidrat dalam oatmeal dapat membuat kalian kenyang lebih lama. Selain itu dengan mengkonusmsi oatmeal bagi penderita kolesterol kalian oatmeal dapat menurunkan kadar gula darah.

Makanan yang kaya akan serat ini terbuat dari tanaman haver dan bebas lemak jenuh. Bukan hanya menyehatkan, kalian bisa mengkonsumsi oatmeal dengan berbagai kreasi, bisa mencampurkan dengan buah-buahan, seperti pisang, apel, atau bisa dengan tambahan protein dari susu dan telur.

Ubi Jalar

Selanjutnya, ada ubi jalar atau dikenal dengan “sweet potato”. Sesuai dengan namanya ubi jalar ini rasanya manis, sehingga bisa menjadi menu diet tanpa nasi. Selain alami, juga sangat mudah kalian jumpai di Indonesia, karena mereka sangat mudan untuk ditanam.

Ubi jalar  ini bisa umumnya berwarna ungu, kuning atau orange. Dengan mengkonsumsi ubi jalar bisa membuat kalian kenyang lebih lama lho! Cukup efektif bukan mengganti nasi dengan ubi jalar.

Singkong

Singkong merupakan saudara dari ubi jalar, karena mereka hampir mirip, hanya saja singkong memiliki rasa yang tawar. Cara memasaknya pun mudah, kalian bisa merebus, mengukus, atau memanggang nya untuk dinikmati. Dan sama seperti ubi jalar singkong sangat mudah kita temui.

Jagung

Ada berbagai jenis jagung yang dapat kalian temui, dengan warna kuning, putih bahkan merah. Tidak sedikit yang tau, bahwa jagung juga memiliki sumber karbohidrat yang bia menggantikan nasi sebagai makanan pokok kalian. Dan jagung ini juga sangat mudah kalian peroleh, jadi cocok sebagai menu diet tanpa nasi.

Kentang

Kentang juga merupakan keluarga ubi-ubian dan termasuk menu diet sehat tanpa nasi. Banyak artis yang menggunakan kentang sebagai pilihan menu diet mereka. Jadi, apa kalian mau coba juga? Selain dengan mengganti karbohidrat, kalian juga bisa mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat dan vitamin.

Pisang

Siapa yang ga tau pisang? Hampir semua kalangan mengetahui buah yang satu ini. Dan banyak orang yang menyukai buah yang satu ini, mulai dari balita, anak-anak hingga dewasa. Cara mengkonsumsinya pun tidak usah kalian olah lagi, karena berupa buah yang bisa kalian santap langsung, atau jika kalian ingin mengkreasikannya, kalian bisa membuat banana smothies dengan menggunakan madu sebagai pemanis.

Baca juga : 7 Menu Diet Sehat 30 Hari dengan Nasi yang Sangat Menggiurkan

Mangga

Mungkin tak banyak yang tau, mangga bisa menjadi satu opsi menu diet sehat tanpa nasi, selain rasanya yang manis, mangga kaya akan serat dan vitamin. Sama halnya dengan pisang, kalian bisa mengkonsumsi mangga dengan berbagai kreasi, seperti jus mangga, mango smothies, atau bisa dijadikan salad. Tapi, anda tidak bisa memilih mangga sebagai menu harian karena bisa terjadi gangguan kesehatan nanti.

Sayur-sayuran

Kalian juga bisa mengkonsumsi sayur-mayur dengan cara menjadikan mereka salad atau olahan lainnya. Selain bisa membuat berat badanmu turun, sayur-mayur sangat menyehatkan lho! karena memiliki serat yang tinggi dan berbagai macam vitamin yang tentunya dibutuhkan oleh tubuh kalian.

Nah, gimana? Mudah bukan menu diet sehat tanpa nasi? Mengganti nasi dengan sumber karbohidrat lainnya yang alami dan sehat, dapat menjadi cara menurunkan berat badan. Tentunya harus kalian imbangi dengan olahraga yang teratur. Selain itu, menu diet sehat tanpa nasi ini bisa menjadi lifestyle kalian untuk hidup yang lebih sehat!

Tinggalkan komentar